... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Retorika Lemah AS di Somalia

Foto: Peta Somalia. (Foto: Think link)

KIBLAT.NET – Menjelang akhir masa pemerintahannya, Obama dan para petinggi militer AS masih terus berupaya menutupi operasi-operasi serangan langsung mereka di balik misi sebagai penasehat dan pendukung “operasi kontra terorisme” oleh militer dan pemerintahan negara-negara asing.

Pada hari Selasa (27/09) kemarin, Komando Amerika Serikat untuk wilayah Afrika (AMICOM) mengumumkan sebuah program/misi yang dinamakan “serangan untuk pertahanan diri” melawan kelompok al-Syabab, cabang al-Qaidah di Somalia dan Afrika Timur. Misi tersebut diklaim untuk melindungi para penasehat militer AS yang telah bergabung dengan pasukan kontra-teroris Somalia.

Dalam rilis pers-nya, AFRICOM menyatakan: “Pada tanggal 26 September, melalui koordinasi dengan Pemerintah Federal Somalia, pasukan Amerika Serikat melancarkan serangan untuk mempertahankan diri melawan al-Syabab, sebuah kelompok teroris yang terkait dengan al-Qaidah di Caba, dekat Kismayo, Somalia.”

Selama operasi kontra-terorisme yang dipimpin oleh Somalia, sekelompok pejuang al-Syabab menyerang dan mengancam keamanan serta keselamatan pasukan Somalia dan kolega-kolega mereka dari penasehat militer AS. Pasukan Somalia kemudian membalas serangan dan mengaku menewaskan beberapa militan. Namun demikian, pejuang al-Syabab kembali dan terus menyerang pasukan Somalia. Hal ini mendorong AS melancarkan “serangan pertahanan-diri” untuk menetralisir ancaman. Menurut sumber militer, empat pejuang dilaporkan tewas.

Sebuah sumber berita Somalia, Garowe Online, mengatakan serangan AS itu menargetkan kamp-kamp pelatihan al-Syabab di mana dilaporkan sejumlah komandan al-Syabab berhasil ditangkap, termasuk 5 militan lainnya juga dilaporkan tewas.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Baca halaman selanjutnya: Serangan terbaru AFRICOM yang...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

Mantan Presiden Israel Shimon Peres Temui Ajal

Sejak pertengahan September, Perez dirawat di ruang perawatan intensif di rumah sakit Tel Hashomer di Tel Aviv. Dia dirawat akibat terserang stroke berat. Sejak saat itu ia koma hingga akhirnya meninggal.

Rabu, 28/09/2016 10:25 0

Indonesia

Sinergi Foundation Resmi Jadi Lembaga Amil Zakat

Pemerintah secara resmi mensahkan Sinergi Foundation (SF) sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) setelah melakukan proses verifikasi administrasi dan program secara faktual. Putusan tersebut dikeluarkan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia bernomor DJ.III/564 tahun 2016.

Rabu, 28/09/2016 06:53 0

Suriah

Dari Aleppo, Omran Daqneesh Balas Surat Alex Bocah Amerika

Surat bocah Amerika bernama Alex (6 tahun) kepada Barack Obama yang meminta agar Omran Daqneesh dijadikan saudara dan mengajaknya tinggal di New York mendapatkan balasan dari Omran Daqneesh.

Selasa, 27/09/2016 18:57 1

Indonesia

Tak Hanya AIDS, Penyakit Mengerikan Ini Intai Para Pezina

Dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin dr. Dewi Inong Irana, SpKK menegaskan bahwa perzinaan akan bermuara pada penyakit menular seksual. Salah satu yang membahayakan adalah kanker sarkoma kaposi.

Selasa, 27/09/2016 18:20 1

Suriah

Hanya Ada 30 Dokter yang Bekerja di Aleppo Timur

"Saat ini hanya 30 dokter yang aktif di wilayah Aleppo Timur," kata Abdurrahman Umar, dokter anak yang bekerja di bawah payung Medical Association Suriah-Amerika (MASA). Laporan itu disampaikan dalam jumpa pers di Jenewa, seperti dilansir Reuters Arabic.

Selasa, 27/09/2016 17:30 0

Suriah

Mejelis Islam Suriah Seru Umat Islam Dunia Gelar Solidaritas untuk Aleppo

Majelis Ulama Suriah mengumumkan bahwa Jum'at pekan ini menjadi hari solidaritas untuk Aleppo. Untuk itu, kaum muslimin di seluruh dunia dihimbau untuk dapat berpartisipasi di hari tersebut.

Selasa, 27/09/2016 16:15 0

Palestina

Facebook Blokir Akun Jurnalis Palestina

Kesepakatan yang terjalin antara Facebook dan Pemerintah Israel membuat akun-akun milik jurnalis Palestina diblokir.

Selasa, 27/09/2016 15:22 0

Afrika

Al-Shabab Somalia: Puluhan Milisi Pro-Pemerintah Menyerahkan Diri

Media Al-Andalus menyiarkan bahwa puluhan milisi pro-pemerintah menyerahkan diri kepada Harakah Al-Shabab di Somalia tengah.

Selasa, 27/09/2016 14:02 0

Suriah

Milisi Syiah Ini Sesumbar Akan Mensyiahkan Aleppo

Akram al-Kaabi, pemimpin milisi Syiah Irak dari Harakat al-Nujaba mengatakan bahwa Aleppo akan menjadi kota Syiah. Hal itu dikatakannya dalam sebuah video saat mengunjungi anggotanya di Aleppo.

Selasa, 27/09/2016 13:15 0

Turki

Drone Targetkan Milisi PKK di Tenggara Turki

Tiga milisi Partai Pekerja Kurdistan (PKK) tewas pada Senin (26/09) oleh serangan pesawat tak berawak (drone) Turki di provinsi Hakkari, tenggara Turki.

Selasa, 27/09/2016 12:30 0

Close