Taliban Pakistan Bangkit, Bentuk Pasukan Khusus di Swabi

KIBLAT.NET, Swabi – Gerakan Taliban di Pakistan atau Tehrik-e-Taliban Pakistan (TTP) membentuk pasukan khusus yang mendapat pelatihan militer intensif di distrik Swabi, Pakistan barat laut, yang dekat ibukota Islamabad.

Umar Media, media resmi TTP memposting sebuah video pelatihan pada Kamis (22/09) di Youtube, yang menampilkan pasukan khusus Taliban di Swabi. Pasukan terlihat membawa RPG dengan berbagai posisi yang berbeda. Mereka dilatih untuk menembak dan menghancurkan tank yang bergerak. Setelah pelatihan, para tentara Taliban menembakkan hulu ledak RPG dari atas lereng gunung.
Pasukan khusus dari TTP ini juga biasa disebut “Unit Khusus Mujahidin” dan “Satuan Tugas Khusus”. Unit ini bertugas melakukan pembunuhan tokoh militer dan politik Pakistan, serta melakukan serangan bom dan berbagai serangan yang lebih terkoordinasi, seperti serangan pada September 2015 lalu di sebuah kamp angkatan udara di Peshawar. Awal tahun ini, grup khusus itu telah menewaskan tujuh polisi yang mengawal petugas vaksinasi polio.

Dahulu TTP pernah mempromosikan Unit Khusus Mujahidin tersebut, dan telah menerima instruksi dari kamp pelatihan pusat “Mehdi Alaih Rizwan”. Lokasi kamp pelatihan belum diungkapkan, namun diyakini terletak di Pakistan wilayah kesukuan.

Militer Pakistan senidiri mengklaim bahwa kabupaten barat laut seperti Swabi, Swat, Mardan, dan Nowshera telah dibersihkan dari Taliban. Antara tahun 2007 dan 2009, Taliban dilaporkan telah menguasai sejumlah besar di wilayah Pakistan barat laut itu. Video ini tampaknya menunjukkan bahwa Taliban Pakistan telah bangkit kembali.

BACA JUGA  Yuk, Ikuti! Serial Webinar: Kiat Selamat Meski Hirup Udara Hoaks

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: The Long War Journal

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat