... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Nahi Munkar Bukan Hak Mutlak Penguasa

Foto: FPI Demo anti miras

KIBLAT.NET – Sebaik-baik umat manusia adalah umat Nabi Muhammad ﷺ dan sebaik-baik generasi Islam adalah para sahabat, karena mereka mendapatkan  tarbiyah langsung dari Rasulullah ﷺ. Dalam sebuah hadits, beliau bersabda,

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ

“Sebaik-baik umat manusia (umat Islam) adalah pada masaku(masa sahabat) kemudian setelah mereka (masa tabi’in), kemudian setelah mereka(masa tabi’u at-tabi’in).” (HR.Bukhari no.2652, Muslim no.6635).

Syarat Menjadi Khoirunnas

Tidaklah para sahabat dikatakan sebagai sebaik-baik generasi hanya karena bertemu dengan Rasulullah ﷺ saja, melainkan disana ada amal lain yang menjadikan mereka menyandang predikat khairunnas (sebak-baik manusia); yaitu amar makruf nahi munkar.

Allah ﷻ berfirman,

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

“Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma´ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Ali Imran:110).

Imam as-Syaukani berkata, “Sesungguhnya mereka dikatakan sebagai khairu al-ummah jika menegakkan amar makruf nahi munkar, manakala mereka meninggalkannya, hilanglah gelar tersebut dari mereka, oleh karena itu Mujahid berkata, “Sesungguhnya mereka mendapatkan predikat khairu al-ummah  berdasarkan syarat-syarat yang tercantum dalam ayat di atas.” (As-Syaukani, Fathul Qadir,(Daru al-Fikr, Bairut, 1997, cet-3) vol.1, hlm.472).

BACA JUGA  Tak Terbukti Bersalah, Wartawan Ranu Muda dan Aktivis LUIS Divonis Bebas

Kedudukan Amar Makruf Nahi Munkar

Amar makruf adalah memerintahkan segala sesuatu yang diperintahkan oleh syari’at, sedangkan nahi munkar adalah mencegah segala sesuatu yang di larang oleh syariat. (Imam Abu Abdillah Muhamd Muflih al- Maqdisi, al- Adab asy- Syari’ah, (Muassasah ar-Risalah, bairut, 1996, cet-2)  vol. 1, hlm. 179).

Menjadi sebuah pertanyaan, kenapa syarat seseorang menjadi khairu al-umah harus ada padanya sifat amar makruf nahi munkar? Karena amar makruf nahi munkar merupakan amalan yang amat berat dan dibenci banyak orang, sedangkan balasan sesuai dengan kadar amal perbuatan, maka sangat pantas kalau Allah ﷻ memberi gelar tersebut untuk mereka yang menegakkan syariat ini.

Penyempitan Makna Nahi Mungkar

Banyak kalangan masyarakat yang dengan mudah menerima amar makruf, karena menyeru kepada kebaikan sejalan dengan fitrah manusia. Berbeda dengan nahi munkar yang justru sering mendapat penolakan. Penolakan sering muncul ari elaku kemunkaran itu sendiri.

Namun dewasa ini ada sebagian kelompok yang beranggapan bahwa tuntunan Nabi ﷺ ini, hanya dengan lisan dan hati saja, sedangkan nahi munkar menggunakan tangan atau kekuatan hanya berlaku bagi orang-orang tertentu  yang memiliki kekuasan; yaitu para penguasa, bahkan tak jarang mereka menyebut kelompok yang melakukan nahi munkar dengan tangan atau kekuatan sebagai kelompok radikal, teroris, khawarij, bahkan yang terbaru, salah satu ormas Islam yang aktif mengamalkan syariat ini disebut sebagai Front Penghancur Islam. Wallahu musta’an.

BACA JUGA  Saudi, UEA, Mesir dan Bahrain Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Baca halaman selanjutnya: Nahi Mungkar Hak Siapa?...

Halaman Selanjutnya 1 2 3 4
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Capres Amerika Bilang Pengungsi Suriah Merusak Kualitas Hidup

Calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali mengeluarkan pernyataan yang menghina pengungsi Suriah. Trump menyebut pengungsi Suriah akan merusak kualitas hidup.

Kamis, 22/09/2016 18:42 0

Indonesia

Ratusan Keluarga Terkena Dampak Banjir Bandang di Garut

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa bantuan untuk korban bencana longsor dan banjir bandang yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang sudah disalurkan. Bantuan tersebut, kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, ialah berupa makanan, peralatan tidur, hingga dapur umum.

Kamis, 22/09/2016 17:47 0

Manhaj

Mengenal Asal Usul dan Ajaran Sekte Syi’ah

Imam Abul Hasan Al-Asy’ari menulis: “Mereka dinamakan Syi’ah karena mereka mendukung Ali bin Abi Thalib RA dan mendahulukannya atas seluruh sahabat Rasulullah SAW lainnya.”

Kamis, 22/09/2016 17:30 0

Turki

Turki Kembali PHK Ratusan Staf Kementerian Terkait Kudeta

Pemerintah Turki dilaporkan kembali mem-PHK ratusan anggota staf kementeriannya. Menteri Tenaga Kerja Turki, Mehmet Muezzinoglu mengatakan pada Kamis (22/09), ada 785 anggota kementerian tenaga kerja Turki yang dipecat karena terlibat jaringan Fetullah Gulen.

Kamis, 22/09/2016 17:01 0

Suriah

Ahrar Syam: Penyatuan Antar Faksi di Suriah Berpedoman pada Musyawarah

"Semua faksi di Suriah tergabung di dalamnya. Pembentukan dewan ini -dengan izin Allah- akan dapat menguatkan para pasukan secara politik dan militer," kata tokoh senior Ahrar Syam ini.

Kamis, 22/09/2016 15:56 0

Indonesia

Hakim MK: Pandangan Konservatif dan Liberal Saling Beradu dalam Sidang Uji Materi Pasal Perzinaan

Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menyebut bahwa persidangan uji materi pasal perzinaan KUHP merupakan perang pandangan konservatif dan liberal.

Kamis, 22/09/2016 15:11 0

Rohah

Tentara Rusia: Ketika Mendengar Suara Allahu Akbar, Kami Terkencing di Celana

Karena rasa takutnya terhadap “Allahu Akbar”, mereka menyangka bahwa “Allahu Akbar” adalah salah satu jenis roket. Kemudian mereka mencari senjata penangkal roket Allahu Akbar. Di stasiun televisi Rusia, salah seorang prajurit yang baru kembali dari Kabul diwawancarai. “Bagaimana keadaan kalian?” Maksudnya bagaimana keadaan pasukan Rusia di Kabul. Ia menjawab, “Ketika kami mendengar suara Allahu Akbar, kami terkencing di celana.”

Kamis, 22/09/2016 14:28 0

Rusia

Rusia Akan Tambah Kapal Induk di Laut Mediterania, Dekat Suriah

Menteri Pertahanan Rusia Sergeri Shoigu mengatakan bahwa Moskow telah mengirimkan kapal induk andalannya untuk memperkuat pasukannya di Mediterania timur yang dekat dengan Suriah.

Kamis, 22/09/2016 13:09 0

Indonesia

Di Hari Perdamaian Sedunia, Mahasiswa Patani Sebut Patani Masih Jauh dari Kata Damai

“Oleh karena berbagai perundingan belum menemukan persetujuan dari pihak terkait, berbagai peristiwa konflik yang terjadi di Patani (Selatan Thailand) sampai saat ini dan semakin meningkat. Kekerasan konflik di Patani (Selatan Thailand) saat ini bukan lagi hal yang baru, ini telah berlangsung bertahun-tahun,” ujar Aiman dalam pers rilisnya pada Kamis, (22/09).

Kamis, 22/09/2016 12:06 0

Amerika

Obama Minta Warga Palestina Akui Legitimasi Israel

"Warga Palestina akan berada dalam kondisi lebih baik jika menolak hasutan dan mengakui legitimasi Israel," kata Obama dalam pidatonya di hadapan Majelis Umum PBB di

Kamis, 22/09/2016 10:51 0