... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI: Pemerintah Tidak Perlu Kelola Zakat, Cukup Mengawasi

Foto: Majelis Ulama Indonesia (MUI)

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pemerintah untuk tidak ikut mengurusi pengelolaan zakat, dan cukup berposisi sebagai pengawas.

Ketua MUI KH Ma’ruf Amin menanggapi wacana pemerintah yang akan menggunakan dana untuk program pengentasan kemiskinan. Menurutnya pengelolaan zakat oleh masyarakat sudah tepat.

“Biarkan saja dikelola oleh lembaga zakat, oleh masyarakat saja,” kata Kiai Ma’ruf kepada Kiblat.net saat ditemui usai rapat pimpinan MUI di Kantor MUI Pusat Jakarta, Selasa (20/09).

Kiai Ma’ruf menambahkan bahwa pemerintah sebaiknya menjalankan perannya sebagai pengawas pengelolaan zakat. Jika terlibat dalam pengelolaannya dikhawatirkan akan mengurangi kinerja pengawasan.

Menurut ulama yang juga Rais Aam PBNU itu pemerintah telah mengurusi banyak hal. Karenanya, dia mengimbau agar pemerintah tak masuk dalam urusan pengelolaan zakat.

“Tidak perlu masuk di situ, pengawasannya saja,” pungkas Kiai Ma’ruf.

Melalui Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, pemerintah berencana menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz). Rencananya, pemerintah akan menggunakan dana zakat umat Islam untuk program pengentasan kemiskinan.

Potensi zakat Indonesia sendiri cukup besar, dengan perkiraan mencapai sekitar Rp 200 triliun. Namun, capaian dana zakat tahun lalu hanya sebesar Rp 4 triliun. Sementara pada 2016 Baznas menargetkan Rp 5 triliun dari pengumpulan zakat.

Reporter: Imam S.
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Syaikh Al-Muhaisini: Jika Jihadis Diserang, IM dan Salafi Dapat Menjadi Target Berikutnya

Jika Amerika dan Rusia telah menghabisi kalangan yang mereka sebut 'teroris', kata al-Muhaisini, maka kalangan moderat akan menjadi target selanjutnya.

Selasa, 20/09/2016 20:30 0

Suriah

Iran Bertekad Beri Dukungan Apa Saja Kepada Assad

Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Husain Jabir Anshari, Senin (19/09), menyampaikan kepada rezim Suriah bahwa Iran bertekad memberi dukungan apa saja untuk memerangi pejuang Suriah.

Selasa, 20/09/2016 20:00 0

Suriah

Pasukan Assad Serang Konvoi Bantuan Kemanusiaan untuk Suriah

Dalam insiden ini, Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah mengatakan terdapat 12 orang yang tewas dalam penyerangan, termasuk sopir truk.

Selasa, 20/09/2016 19:07 0

Tarbiyah Jihadiyah

Definisi dan Lima Adab Dalam Jihad (2/2)

Karena jihad adalah ibadah yang bersifat jama’iyyah maka kita harus hidup dalam satu barisan bersama saudara-saudara yang lain. Jika akhlak kita tidak lemah lembut dan pemurah terhadap ikhwan-ikhwan, itu akan sangat menyakitkan mereka. Boleh jadi kita berjihad, namun kita telah membuat sepuluh orang lari dari jihad gara-gara kelakuan kita sendiri. Dengan begitu, secara tidak langsung kita telah memalingkan orang dari jalan Allah.

Selasa, 20/09/2016 18:30 0

Tarbiyah Jihadiyah

Definisi dan Lima Adab Dalam Jihad (1/2)

Semua fuqaha’ mendefinisikan bahwa al-jihad adalah memerangi orang-orang kafir dengan senjata sampai mereka taslim (memeluk agama Islam) atau membayar jizyah dengan rasa patuh sedang mereka dalam keadaan hina. Tidak ada lagi tempat untuk menakwilkan makna jihad dengan pengertian lain, seperti berjihad dengan pena, berperang melawan hawa nafsu, berjihad dengan media massa, berjihad dengan lisan, berjihad dengan dakwah, dan lainnya.

Selasa, 20/09/2016 18:00 0

Irak

PM Iraq Sesumbar Rebut Mosul dalam Waktu Dekat

Perdana Menteri Iraq, Haider al-Abadi menyatakan bahwa pasukannya yang didukung oleh koalisi Internasional akan merebut kembali Mosul dalam waktu dekat.

Selasa, 20/09/2016 17:32 0

Amerika

Senat AS Akan Voting RUU Pelarangan Penjualan Senjata ke Saudi

RUU tersebut diajukan Anggota Senat dari Partai Republik, Ran Paul dan Mike Lee, dan dari Partai Demokrat, Chris Murphy dan Al Franken, pada delapan September lalu. Para pendukung RUU mengatakan bahwa AS akan mencegah penjualan tank Abrams dan peralatan militer lainnya kepada Arab Saudi, jika RUU tersebut disahkan oleh Senat dan DPR serta ditandatangani oleh Presiden Barack Obama.

Selasa, 20/09/2016 17:00 0

Yaman

Rudal Syiah Hutsi Dihalau Pasukan Saudi

Pasukan koalisi Teluk yang dipimpin Arab Saudi berhasil mencegat tembakan rudal balistik yang diluncurkan oleh milisi Syiah Hutsi.

Selasa, 20/09/2016 16:22 0

Afghanistan

Jet Tempur AS Tewaskan Delapan Polisi Afghanistan

NATO membenarkan adanya serangan itu. Tetapi bersikeras bahwa target serangan sudah tepat, yakni pihak yang akan menimbulkan ancaman kepada pasukan Afghanistan.

Selasa, 20/09/2016 12:30 0

Amerika

AS: Bom New York Serangan Teroris

"Seluruh data meyakinkan bahwa ledakan yang terjadi Sabtu lalu di lingkungan Chelsea Manhattan akibat aksi teroris," kata pernyataan Walikota New York, seperti dilansir Al-Jazeera, Senin (19/09).

Selasa, 20/09/2016 11:04 0

Close