... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Satgas Tinombala Kembali Lumpuhkan Anggota MIT

KIBLAT.NET, Poso – Anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) kembali tertembak. Adji Pandu Suwotomo Alias Sabron tewas ditembak Satgas Tinombala di Poso Pesisir Selatan pada Senin, (19 /09/2016). Menurut informasi yang dikumpulkan bahwa sekitar pukul 08.15 WITA, Anggota Satgas Tinombala melumpuhkan Sabron di perkebunan warga di wilayah Tombua, Dusun Gantinadi, Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan.

Sabron diperkirakan berkelompok bersama Basri dan istrinya serta Andika. Sementara Basri dan istrinya sudah tertangkap pada (Rabu,14/09/2016) sedangkan Andika telah meninggal tenggelam saat mencoba melarikan diri menyusuri sungai. Saat itu, Sobron berhasil melarikan diri. Hingga akhirnya pada Senin pukul 08.15 WITA, Sobron ditembak oleh Tim Charlie 16 Brimob Polda Sulteng.

Seperti informasi yang berhasil dihimpun, saat itu Charlie 16 melaksanakan patroli di sekitar wilayah perkebunan Tombua Dusun Gantinadi Desa Tangkura Poso Pesisir Selatan. Tiba-tiba tim melihat orang tidak dikenal (OTK) dan langsung ditembak setelah sebelumnya menurut informasi tim telah memberikan tembakan peringatan namun OTK tersebut dikatakan melawan sehingga ditembak mati. OTK tersebut belakangan dinyatakan bernama Sobron.

Dikabarkan, saat itu terjadi kontak tembak dan diduga Sobron melakukan perlawanan sehingga Sobron ditembak mati, namun Komandan Sektor III Satgas Tinombala AKBP Guruh Arif Darmawan enggan memberi komentar lebih lanjut terkait penembakan anggota MIT tersebut. AKBP Guruh hanya membenarkan ada satu anggota MIT yang tertembak dan terjadi kontak tembak saat bertemu dengan tim patroli dari satgas Operasi Tinombala.

BACA JUGA  PTUN Jabar Terima Gugatan Pengacara Habib Bahar

“Tim kita melaksanakan patroli kemudian bertemu dengan orang ini, kemudian kita amankan. Nanti aja lain-lain, kemudian selaian kita amankan dan evakuasi pelaku kita juga mendapatkan dan sudah kita amankan beberapa barang bukti bom lontong,” ungkap AKBP Guruh saat ditemui usai evakuasi di TKP.

Sementara itu, sampai saat ini, Satgas Operasi Tinombala belum menemukan senjata yang digunakan Basri, yang menurut dari warga bahwa pencarian sudah sepekan tapi belum menemukan.

Setelah jenazah kelompok MIT asal pulau Jawa bernama Adji Pandu Suwotomo alias Sabron berhasil dievakuasi, jenazah langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palu untuk dilakukan proses identifikasi lebih lanjut.

Sedangkan barang bukti Sabron anggota MIT diidentifikasi oleh Tim Laboratorium Forensik Lapangan di Mapolres Poso. Barang bukti berupa 1 buah rangsel yang terbuat dari karung beserta isinya, 1 buah sleeping bag warna merah, bom lontong 2 buah dan parang 2 buah.

Repoeter: Ahmad Sutedjo
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Soal Kepemimpinan, Jangan Sampai Kita Jadi Yahudi dan Nasrani Tanpa Sadar

Ayat tersebut berlaku sepanjang masa baik pada masa Nabi saw, Sahabat, Tabi’in bahkan hingga saat ini. Tidak benar jika ayat tersebut hanya berlaku pada masa dulu dan tidak berlaku pada masa sekarang. Dengan demikian, ayat ini masih tetap relevan dan berlaku sepanjang masa. Maka, seorang mukmin jangan sampai menjatuhan pilihan kepada orang kafir. Karena ekses dari perbuatannya akan menjadikannya seorang yahudi atau nasrani dengan tanpa disadarinya.

Senin, 19/09/2016 22:48 0

Afrika

Al-Shabab Serang Ibukota Somalia, Seorang Jenderal Tewas

"Ada ledakan berat yang disebabkan oleh mobil sarat bahan peledak di sepanjang jalan industri, beberapa anggota militer tewas dalam insiden termasuk seorang komandan senior," imbuh pejabat keamanan Abdiaziz Mohamed kepada Reuters.

Senin, 19/09/2016 18:40 0

Suriah

Pendiri Ahrar Syam: AS, Rusia dan Iran Sama-Sama Penjajah

"Amerika bodoh, lupa bahwa sebagian besar penderitaan Suriah disebabkan olehnya," katanya seperti dikutip Zaman el-Wasl, Ahad (18/09).

Senin, 19/09/2016 17:31 0

Pakistan

Serangan di Kamp Militer Uri, India: Pakistan adalah Negara Teroris

India secara langsung menuding Pakistan terlibat dalam serangan mematikan di sebuah kamp militer di Uri, Kashmir yang menewaskan 17 tentara. Tidak hanya itu, label "negara teroris" juga disematkan India terhadap negara tetangganya tersebut.

Senin, 19/09/2016 16:36 0

Tazkiyah

Menjadi Muslim Berkarakter

Tentu saja karakteristik seorang muslim tidaklah muncul begitu saja, melainkan dengan upaya dan kesungguhan hati. Bagi seorang muslim, berakhlaq mulia dan menampakkan karakternya adalah sebuah ibadah. Tidak mengherankan, jika selevel Heraklius, Kaisar Romawi terkagum-kagum dengan kuatnya karakter Islam yang dimiliki oleh Abdullah bin Hudzafah al Sahmi salah seorang sahabat Nabi SAW.

Senin, 19/09/2016 15:45 0

Info Event

Ikutilah! Diskusi HAM di Antara Toleransi & Penodaan Agama di Masjid Al-Fajr Bandung

Diskusi akan digelar pada Sabtu, 22 Dzulhijjah 1437 / 24 September 2016 Pkl.09.30-12.00 WIB bertempat di Masjid Al Fajr Jl. Cijagra Raya No.39 Buah Batu Bandung. Pembicara : 1. K.H. Athian Ali M. Da’i, Lc. M.A., Ketua Forum Ulama Ummat Indonesia (FUUI), Ketua Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Pusat; 2. Dr. H. Abdul Chair Ramadhan, S.H., M.H., M.M., Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI Pusat, Lektor Universitas Krisnadwipayana, Pengurus Dewan Pakar ANNAS Pusat.

Senin, 19/09/2016 15:40 0

Tazkiyah

Bilakah Seorang Muslim Mengalami Krisis Identitas?

Kondisi sebagian kaum muslimin yang mengikuti pola dan gaya hidup orang –orang kafir seperti pada zaman saat ini menunjukkan adanya krisis karakter sebagai muslim pada diri mereka. Ditambah lagi, kejahilan mereka terhadap profil figur yang baik. Sementara dalam Al Qurân bertaburan suri tauladan yang baik, terlebih khusus lagi adalah Nabi Muhammad -shallallahu 'alaihi wa sallam.

Senin, 19/09/2016 15:32 0

Pakistan

Kamp Militer India Diserang, 17 Tewas

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Namun Direktur umum militer India (DGMO) langsung menuding penyerang sebagai anggota Jaish-e-Muhammad, kelompok militan Kashmir yang diduga memiliki hubungan dengan Pakistan.

Senin, 19/09/2016 14:33 0

Suriah

Ingkari Gencatan Senjata, Pasukan Assad Serang Empat Wilayah di Aleppo

Pasukan Bashar Assad berjanji akan mematuhi gencatan senjata hingga Ahad tengah malam. Namun belum genap waktunya, empat serangan udara Assad telah menghantam wilayah Karam al-Jabal, Karam al-Beek, Sakhour dan Sheikh Hadar di Aleppo.

Senin, 19/09/2016 13:40 0

Palestina

Hamas Bantah Rencana Ismail Haniyeh Tinggal di Luar Jalur Gaza

Kelompok perjuangan rakyat Palestina, Hamas menyatakan bahwa wakil pemimpinnya Ismail Haniyeh akan kembali ke Jalur Gaza setelah kunjungannya ke Qatar. Pada hari Sabtu sebelumnya, pemimpin yang tiba di kota Doha, Qatar menyatakan bahwa Haniyeh akan kembali ke Jalur Gaza setelah melakukan kunjungan.

Senin, 19/09/2016 13:19 0

Close