... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Tuntaskan Kemiskinan Bukan Hanya Tinggal Ambil Dana Zakat

Foto: Baznas

KIBLAT.NET – Sebuah usaha dalam rangka mencapai suatu kebaikan adalah hal yang patut untuk diberi apresiasi. Apatah lagi jika kebaikan tersebut bersifat umum, kebaikan yang dapat dirasakan dalam skala luas, maka hal itu lebih patut lagi.

Dalam perkara ini, sebuah usaha yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Negara Indonesia adalah niat mulia yang patut diberi apresiasi. (Baca juga: Bappenas Bakal Gunakan Dana Zakat BAZNAS untuk Pengentasan Kemiskinan)

Seperti yang sedang ramai diberitakan belakangan ini, dalam rangka mengentaskan kemiskinan, BAPPENAS menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) –sebuah lembaga amil zakat yang resmi milik pemerintah– untuk merealisasikan hal tersebut.

Secara sekilas, dalam kacamata sosial, yang demikian itu merupakan langkah awal akan kerja sama untuk mencapai kebaikan. Tapi jika mau diperhatikan lebih lanjut, ada modus simbisosis komensalisme di sana. Pemerintah dapat dana zakat dari umat Islam, tapi umat Islam dapat apa?

Menjadi sebuah penetapan baku bila mana zakat yang diberlakukan secara baik dan dikelola sebagaimana mestinya akan menghapus kemiskinan secara luar biasa. Tidak diragukan lagi, karena memang setiap hukum Islam adalah mengandung kemaslahatan.

Banyak contoh kasus yang bisa ditemukan dalam lembaran kehidupan pemerintahan-pemerintahan terdahulu yang memiliki kemitmen memegang teguh hukum Islam. Lihatlah di era Khalifah Umar bin Abdul Aziz, ketika aturan Islam ditegakkan sebagaimana mestinya, zakat digulirkan dengan baik, maka tidak akan ditemui program khalifah yang bersifat pengentasan kemiskinan. Untuk apa mengentaskan sesuatu yang memang tidak ada wujudnya?

BACA JUGA  Orientasi Penerapan Hukum Islam

Baca halaman selanjutnya: Pemilahan Hukum Islam yang...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tolak Pemimpin Kafir, Habib Rizieq: Ayat Suci akan Selalu di Atas Ayat Konstitusi

Habib Rizieq mengaku pernah diperingatkan agar tak mengkritik konstitusi, terutama terkait pemimpin non muslim. Undang-undang di Indonesia membolehkan orang kafir menjadi kepala daerah. Sementara Islam mengharamkannya.

Ahad, 18/09/2016 16:25 1

Indonesia

Di Masjid Istiqlal, Ustadz Bachtiar Nasir: Umat Islam Berjamaah dalam Shalat, Juga dalam Perjuangan

Ulama yang akrab dipanggil UBN, pun menegaskan bahwa penyelenggara acara Tabligh Akbar dan Doa Bersama di Istiqlal sepakat bahwa tak ada politik praktis di masjid. Acara yang digelar di Masjid Istiqlal pun tak akan membawa nama calon tertentu menjelang Pilkada DKI Jakarta.

Ahad, 18/09/2016 13:49 0

Indonesia

Polisi Kerahkan Ratusan Personil Kawal Doa Bersama untuk Ibukota di Masjid Istiqlal

Acara Tabligh Akbar dan Doa Bersama sempat dikabarkan akan dibatalkan, terkait masalah izin. Ditanya perihal itu, Roma mengatakan bahwa perizinan menjadi kewenangan Polda Metro Jaya.

Ahad, 18/09/2016 13:40 0

Indonesia

Doa Bersama untuk Ibukota, Puluhan Ribu Umat Islam Padati Masjid Istiqlal

Sejumlah tokoh terpantau berada di barisan depan shalat Dzuhur berjamaah. Hadir diantaranya Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab, Amien Rais, dan Bachtiar Nasir.

Ahad, 18/09/2016 13:16 0

Indonesia

Meski Dibatalkan Sepihak, Panitia Akbar dan Doa Bersama Tetap Ajak Umat ke Masjid Istiqlal

Panitia Akbar dan Doa Bersama dalam siaran persnya menyatakan pembatalan kegiatan sepihak oleh pengelola Masjid Istiqlal, padahal kelengkapan administrasi sudah dipenuhi dan panitia siap berkomitmen dengan segala aturan yang ada.

Ahad, 18/09/2016 13:10 0

Inggris

Ribuan Warga London Gelar Unjuk Rasa Sambut Pengungsi Suriah

"Katakan dengan keras, katakan dengan jelas, pengungsi diterima di sini,"

Ahad, 18/09/2016 07:39 0

Yaman

Di KTT Non Blok, Yaman Desak Iran Hentikan Intervensi

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Yaman Abdulmalak Al-Makhlafi dalam pidato yang disampaikannya dalam pertemuan persiapan KTT Gerakan Non Blok (BNB)

Ahad, 18/09/2016 06:25 0

Analisis

Lima Belas Tahun Serangan 9/11 Berlalu, Al-Qaidah Semakin Kuat (Bag3-Tamat)

“Selama kejahatan-kejahatan itu masih kalian lakukan, peristiwa 11 September akan terus berulang ribuan kali dengan izin Allah. Kami akan terus mengintai kalian sampai hari kiamat, Insya Allah, jika permusuhan kalian tidak berhenti,” tegas pemimpin al-Qaidah itu.

Sabtu, 17/09/2016 21:16 0

Indonesia

Rencana Bappenas Gunakan Dana Zakat untuk Program Pemerintah Dikritik

Direktur An-Nasr Institute, Munarman menegaskan pemerintah harusnya konsisten mengatur umat Islam di Indonesia, khususnya dalam perkara syariat.

Sabtu, 17/09/2016 20:49 1

Munaqosyah

Demonstrasi Dalam Kacamata Ulama Kontemporer

Demonstrasi merupakan perkara baru di dalam syariat Islam. Oleh karena itu para ulama kontemporer berbeda pendapat pula dalam menghukumi hal tersebut. Ada yang membolehkan ada yang melarang dan ada yang merinci.

Sabtu, 17/09/2016 18:30 10

Close