... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ratusan Warga Poso Hadiri Pemakaman Andika, Anggota MIT

KIBLAT.NET, Poso – Jenazah Andika Eka Putra alias Andika alias Hilal, Kamis malam (15/09/2016( sekitar pukul 23.30 WITA tiba di rumah keluarganya di Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Poso Kota. Ratusan pelayat menghantarkan jenazah sampai ke rumah orang tuanya hingga ke pemakaman.

Pantauan Kiblat.net, para pelayat berasal dari berbagai wilayah di kelurahan Poso Kota maupun Poso Pesisir. Pekikan takbir terus terdengar sejak iring-iringan jenazah melewati jalan kota Poso menuju rumah duka di kelurahan Tegal Rejo, Poso Kota.

Andika adalah salah satu DPO anggota Mujahidin Indonesia Timur yang ditemukan meninggal di sungai Puna di Poso Pesisir Selatan pada 14/09/2016. Jasadnya ditemukan warga Desa Tangkura mengambang. Diduga, Andika mencoba melarikan diri dari kejaran Satgas Tinombala namun terseret arus hingga akhirnya tenggelam.

Keluarga dan teman Andika mengatakan bahwa anggotanya keluarganya itu merupakan nak yang sholeh. Berusia sekitar 20 tahun, Andika adalah anak yang berprestasi di sekolahnya dan juga sempat menjadi aktivis Islam di kampusnya. Andika juga sempat menimba menimba ilmu di Pondok Pesantren dan menjadi salah satu santri lulusan terbaik.

“Andika itu pintar, rajin dan sholeh. Saya belum pernah melihat orang yang di ijazahnya nilai matematikanya 10, tapi Andika nilai matematikanya 10 di ijazahnya,” ungkap Yudi, teman seangkatan Andika di sekolah yang ikut melayat.

BACA JUGA  Ini Seruan Pejuang Palestina di Panggung Reuni 212

Firasat Keluarga

Di mata keluarga, Andika adalah anak penurut. Andika sangat disayangi ibunya karena sifat Andika yang penurut kepada orangtuanya. Sampai ibunya mendapat kabar melalui mimpi tentang tanda-tanda anak kesayangannya itu akan meninggal. Ibunya memendam kegelisahan dan hanya menceritakan mimpinya ke pamannya Andika namun keluarga mengatakan itu hanya mimpi biasa.

“Ibunya itu kemarin cerita ke pamannya Andika, ibunya mimpi ketemu Andika dan datang ke rumah ini tapi dengan luka-luka di badanya dan lukanya itu hanya dibalut dengan bendera hitam dia juga datang bersama temannya bernama Sabron. Ibunya juga heran dia tidak pernah kenal nama temanya itu tapi kok jelas di ingatannya namanya Sabron. Setelah datang kemudian dia pamit dan pergi melambaikan tangan da da.. ,“ ujar Pak Ngilman, kerabat dekat Andika, menuturkan cerita ibu Andika.

Sekitar pukul 23.45 WITA, jenazah langsung ditandu oleh ratusan umat Muslim yang hadir menuju tempat pemakaman yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari rumah Andika di kelurahan Tegalrejo Poso. Pekikan takbir terus terdengar dari para pelayat dan pria maupun wanita menghantarkan jenazah Andika. Keluarga Andika pun dengan mantap mengatakan bahwa Andika adalah pejuang Islam.

“Saya ini pamanya , saya pahamlah sedikit ilmu agama saya lihat dari warga yang hadir saya terharu. Insyaallah Andika ini syahid dan diterima amalannya,” ungkap paman Andika yang tidak ingin disebut namanya.

BACA JUGA  Soal Ledakan di Malam Reuni 212, Panitia: Semua Barang Bukti Sudah di Polisi

Andika sendiri telah bergabung dengan Mujahidin Indonesia Timur dan meninggalkan rumah sudah setahun yang lalu yaitu pertengahan tahun 2015 setelah Idul Fitri.

“Hari ini sudah pas satu tahun mas, Andika pergi dari rumah ini dan bergabung dan orang di gunung,” ungkap keluarga lain yang turut hadir di pemakaman.

Kini anggota MIT berjumlah sekitar 11 orang setelah Andika syahid, Basri dan istrinya tertangkap.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

One comment on “Ratusan Warga Poso Hadiri Pemakaman Andika, Anggota MIT”

  1. frederik

    Innalillahi wa ina ilahi roji’un………..

    Tempatkanlah beliau dalam jannah-Mu yang agung
    yaa Allah……………………..

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Politisasi Agama

Kita tentu tidak setuju kalau agama hanya digunakan untuk kepentingan politik jangka pendek memenangkan pemilu. Apalagi kemudian setelah menang pemilu, agama ditinggalkan seperti yang selama ini terjadi. Tradisi elit-elit politik cenderung mendadak Islami menjelang pemilu. Mulai dari pakai kopiah, sholat jum’at , sampai kunjungan ke pesantren dan majelis ta’lim. Setelah menang pemilu, wassalam.

Jum'at, 16/09/2016 10:48 0

Rohah

Kemenangan dan Ghanimah

Dalam sebuah pertempuran terakhir, dalam serangan kesepuluh, bangsa Afghan menyebutnya dengan pertempuran Shasyat Wasah (63), pada tahun 1363 H bertepatan 1984 M. Dalam pertempuran tersebut Rusia menurunkan sekitar 300 pesawat, 500 tank. Pertempuran pun berjalan sengit. Tank-tank berhasil dihancurkan, terbengkalai, dan terbalik di sungai.

Jum'at, 16/09/2016 10:15 0

Amerika

Saudi Minta PBB Adili Iran Terkait Pelanggaran di Yaman

Koresponden Al-Jazeera di Amerika Serikat, Kamis (15/09), melaporkan bahwa delegasi Arab Saudi untuk PBB, Abdullah Al-Mu'allami, telah menyerahkan surat tersebut. Dalam surat itu, Saudi mendesak Dewan Keamanan PBB mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran keputusan PBB di Yaman.

Jum'at, 16/09/2016 09:45 0

Amerika

AS dan Rusia Tambah Masa Gencatan Senjata di Suriah

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dan Rusia, John Kerry dan Sergei Lavrov, mengumumkan menambah masa gencatan senjata di Suriah selama 48 jam. Gencatan fase pertama yang juga berlangsung selama 48 jam selesai pada 15 September kemarin.

Jum'at, 16/09/2016 08:45 0

Suriah

Jaringan HAM: Rezim Assad Langgar Gencatan Sebanyak 28 Kali

Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah (SNHR) menyatakan pada Kamis (15/09) bahwa rezim Assad dan sekutunya telah melakukan serangan di provinsi Daraa, Homs, Idlib, Aleppo, Quneitra dan Lattakia dalam 48 jam terakhir.

Jum'at, 16/09/2016 07:45 0

Turki

Kepala Staf Militer Turki dan Rusia Gelar Pertemuan Tertutup di Ankara

Dikutip dari Anadolu Agency pada Kamis (15/09), Kepala Staf Militer Turki dan Rusia, Jenderal Halusi Akar dan Jenderal Valery Garasimov, menggelar pertemuan tertutup di Markas Staf Militer Turki di Ankara.

Jum'at, 16/09/2016 07:13 0

Video Kajian

Bedah Buku: Muslim Hebat [Ust. Abu Umar Abdillah] Bag 1

Ada beberapa motto bijak yang membuat para orang tua gagal termotivasi, diantaranya : “Belajar di...

Jum'at, 16/09/2016 06:00 0

Arab Saudi

Gubernur Makkah: Kelancaraan Haji Tahun Ini Jawab Fitnah Iran

"Saya berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa untuk membimbing mereka dan mencegah mereka dari kejahatan dan sikap salah mereka terhadap orang-orang muslim Arab di Irak, Suriah, Yaman dan di seluruh dunia,"

Kamis, 15/09/2016 22:41 0

Analisis

Lima Belas Tahun Serangan 9/11 Berlalu, Al-Qaidah Semakin Kuat (Bag-2)

Berakhirnya peran Usamah Bin Ladin seharusnya menyadarkan Barat, bahwa al-Qaidah masih belum sepenuhnya bisa mereka pahami, dan secara konsisten mereka salah dalam menilai al-Qaidah

Kamis, 15/09/2016 20:40 0

Amerika

CIA Akui Amerika Tak Punya Solusi untuk Krisis Suriah

"Selama 36 tahun saya bekerja dalam bidang keamanan nasional, masalah ini adalah yang paling rumit yang pernah saya temui," kata Direktur CIA John Brennan

Kamis, 15/09/2016 20:03 0

Close