... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kasus Penistaan Agama Kelompok Gafatar Dilimpahkan Ke Kejaksaan

Foto: Logo Gafatar

KIBLAT.NET, Jakarta – Mabes Polri telah melimpahkan kasus dugaan penistaan agama dan perbuatan makar oleh kelompok Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Tiga orang tersangka diserahkan ke pihak kejaksaan, termasuk pimpinannya Ahmad

Ahmad Musadeq yang mengaku sebagai nabi, bersama dua orang lainnya Mahful Muiz Tumanurung dan Andi Chaya ditahan di Bareskrim Mabes Polri sejak 25 Mei 2016. Kini mereka bersama sejumlah barang bukti telah dilimpahkan kepada pihak Kejaksaan Agung yang diteruskan ke Kejaksaan Cibinong.

“Dari penyidikan terhadap Gafatar, kami sudah menetapkan tersangka yakni Musadeq selaku messias atau nabi, Andri Chaya selaku Presiden Negeri Karunia Semesta Alam, dan Mahful Muis Tumanurung sebagi wakil presiden,” kata Analis Kebijakan Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri, Kombes Marsudi di Mabes Polri Jakarta, Kamis (15/09).

“Dari hasil penyidikan sudah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan sehingga hari ini akan dilakukan penyerahan tahap 2,” imbuhnya.

Ketiga tersangka dianggap bersalah melakukan penistaan agama Islam atau pemufakatan jahat untuk melakukan makar juncto perbuatan berlanjut dan atau penyertaan. Hal itu sebagaimana dimaksud Pasal 156 A KUHP dan atau Pasal 110 Ayat (1) KUHP juncto Pasal 107 Ayat (1) dan (2) KUHP juncto 64 Ayat (1) KUHP dan atau 55 Ayat (1) ke-1E KUHP.

Ahmad Musadeq dan dua orang lainnya telah diserahkan ke jaksa penuntut umum Kejaksaan Agung. Selanjutnya mereka akan diproses oleh pihak Kejaksaan Negeri Cibinong.

BACA JUGA  Pandemi Virus Wuhan, PP Parmusi Tunda Pelaksanaan Muktamar ke-IV

“Mengingat locus delicti berada dalam wilayah hukum Kejaksaan Negeri Cibinong Bogor,” terang Marsudi.

Polri telah menyita sejumlah alat bukti terkait tindak pidana yang dilakukan kelompok Gafatar. Selain buku-buku ajaran ajaran sesat, sebanyak 15 buah laptop, handphone, notebook dan beberapa dokumen penting seperti akta pengorbanan sampai akta aqiqah anak dari pengant aliran Gafatar juga berhasil diamankan.

Gerakan Fajar Nusantara dianggap sebagai perubahan bentuk dari Al Qiyadah Al Islamiyah, yang telah ditetapkan sebagai aliuran sesat oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan dilarang Kejaksaan Agung pada 2007. Setahun berikutnya Ahmad Musadeq yang menjadi pimpinannya dan mengaku sebagai nabi dan divonis penjara 4 tahun.

Sumber: Okezone
Reporter: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Saudi: Pelayanaan Jamaah Haji Tahun Ini Sukses

"Pelaksanaan ibadah haji tahun ini tanpa ada insiden. Ini sekaligus menjawab seluruh kebohongan dan fitnah yang dihembuskan oleh para pendengki kepada Kerajaan, yang meragukan kemampuan Kerajaan melayani jamaah haji di Baitul Haram," tegas Faishal

Kamis, 15/09/2016 18:06 0

Rohah

“Ayam dan Merpati yang Ikut Berperang”

Seseorang menemui Syaikh Utsaimin lalu bertanya. "Wahai Syaikh, dalam hadits disebutkan bahwa 'Tidak ada taruhan dalam lomba kecuali dalam perlombaan memanah, pacuan unta, dan pacuan kuda'. Lantas, bagaimana dengan lomba ayam dan merpati?"

Kamis, 15/09/2016 17:32 0

Iran

Penasehat Khamenei Tebar “Ancaman” ke Pemerintah Saudi

Mayor Jenderal Yahya Safavi memperingatkan bahwa penguasa Arab Saudi tengah menguji kesabaran Iran. Ia mencatat selama ini negaranya telah menahan diri untuk melakukan praktek-praktek "keras" para penguasa.

Kamis, 15/09/2016 16:16 1

Irak

Klaim Ibrahim al-Jafari dan Fakta Pembersihan Ahlus Sunnah di Iraq

Ibrahim al-Jafari adalah perdana menteri Iraq dalam Pemerintahan Transisi Iraq antara tahun 2005 dan 2006. Dia menjadi Menteri Luar Negeri sejak 2014, dan merupakan salah satu politisi Syiah paling senior Iraq yang menjadi terkenal setelah invasi AS tahun 2003.

Kamis, 15/09/2016 14:23 0

Afrika

Boko Haram Ancam Bunuh Presiden Nigeria

Dalam sebuah rekaman video terbaru, Boko Haram mengancam untuk membunuh presiden dan kepala staf angkatan darat Nigeria.

Kamis, 15/09/2016 14:16 0

Turki

Seorang Pejabat AKP Tewas Ditembak di Depan Rumah

Seorang politisi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) ditembak mati pada Rabu (14/09) di depan rumahnya di wilayah tenggara Turki yang dihuni mayoritas Kurdi.

Kamis, 15/09/2016 13:39 0

Arab Saudi

Jamaah Haji Mulai Tuntaskan Prosesi Haji

KIBLAT.NET, Mekkah - Sebagian jamaah haji, Rabu (14/09), menuntaskan prosesi pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Para jamaah melempar tiga Jumrah di Mina kemudian menuju Mekkah untuk melakukan Tawaf Wada (tawaf perpisahan).

Kamis, 15/09/2016 11:06 0

Afghanistan

Taliban Sita 200 Kendaraan Lapis Baja Pasukan Lokal

“Kami kehilangan 200 kendaraan lapis baja selama dua atau tiga bulan akiat ketidakmampuan kami,” ungkap Rahmatullah Nabil, mantan pejabat intelijen Afghanistan, kepada televisi lokal Afghanistan, Tolo TV.

Kamis, 15/09/2016 09:43 1

Suriah

Tokoh Oposisi Sekuler Suriah Ragu Gencatan Senjata Berlangsung Lama

Ketua sementara Koalisi Nasional untuk Oposisi Suriah ini mengungkapkan, rezim masih mempersulit bantuan masuk ke wilayah oposisi. Rezim Suriah, katanya, mensyaratkan bantuan masuk ke wilayah oposisi dengan koordinasi pasukannya.

Kamis, 15/09/2016 08:53 0

Palestina

Hamas Gelar Pemilu Internal Awal 2017

Mantan penasihat senior Hamas, Ahmed Yousef menyatakan pada Rabu (14/09) bahwa pemilihan akan diadakan pada bulan Maret atau April dan akan dilanjutkan dengan pemilihan pemimpin baru Hamas.

Kamis, 15/09/2016 07:33 0

Close