... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

“Ayam dan Merpati yang Ikut Berperang”

Foto: Ilustrasi. (Quotesgram)

KIBLAT.NET – Seseorang menemui Syaikh Utsaimin lalu bertanya. “Wahai Syaikh, dalam hadits disebutkan bahwa ‘Tidak ada taruhan dalam lomba kecuali dalam perlombaan memanah, pacuan unta, dan pacuan kuda’. Lantas, bagaimana dengan lomba ayam dan merpati?”

Mendengar pertanyaan itu, tanpa ba bi bu Syaikh langsung menjawab dengan lugas, “Sabda Nabi SAW di atas menunjukkan bahwa lomba itu memiliki peran dalam perang. Jika ayam atau merpatimu engkau gunakan untuk berperang ya tidak apa-apa, jika tidak ya jangan.”

Di lain waktu Syaikh juga mendapat pertanyaan yang “unik”. “Bolehkah saya membeli ayam, sehingga ketika ayam itu berkokok, saya langsung dapat meminta karunia dari Allah SWT,” kata penanya yang teringat hadits Rasul SAW yang menyebut bahwa saat terdenger kokok ayam di malam hari, dianjurkan berdoa karena bisa menjadi doa yang maqbul.

Syaikh pun menjawab, “Saya tidak tahu mengenai hukum membeli ayam itu. Namun, saya mengkhawatirkan satu hal jika Anda membelinya. ‘Bagaimana coba jika saat Anda sudah terlanjur membelinya, ayam Anda malah diam tidak berkokok’.”

“Glek.” si penanya langsung diam. Melihat itu Syaikh berkata lagi, “Alhamdulillah. Meski begitu saya tetap yakin, bahwa Anda tetap berdoa meminta karunia Allah SWT baik saat ayam berkokok maupun tidak.”

Penulis: M. Rudy
Sumber: Muslim Matters

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

DPR Minta BNPT Buat Rumusan yang Jelas tentang Terorisme

BNPT juga diminta untuk menyusun road map atau peta jalan, dan SOP dalam program pembinaan terhadap narapidana terorisme, mantan teroris, keluarga, dan jaringannya

Kamis, 15/09/2016 17:03 0

Iran

Penasehat Khamenei Tebar “Ancaman” ke Pemerintah Saudi

Mayor Jenderal Yahya Safavi memperingatkan bahwa penguasa Arab Saudi tengah menguji kesabaran Iran. Ia mencatat selama ini negaranya telah menahan diri untuk melakukan praktek-praktek "keras" para penguasa.

Kamis, 15/09/2016 16:16 1

Irak

Klaim Ibrahim al-Jafari dan Fakta Pembersihan Ahlus Sunnah di Iraq

Ibrahim al-Jafari adalah perdana menteri Iraq dalam Pemerintahan Transisi Iraq antara tahun 2005 dan 2006. Dia menjadi Menteri Luar Negeri sejak 2014, dan merupakan salah satu politisi Syiah paling senior Iraq yang menjadi terkenal setelah invasi AS tahun 2003.

Kamis, 15/09/2016 14:23 0

Afrika

Boko Haram Ancam Bunuh Presiden Nigeria

Dalam sebuah rekaman video terbaru, Boko Haram mengancam untuk membunuh presiden dan kepala staf angkatan darat Nigeria.

Kamis, 15/09/2016 14:16 0

Turki

Seorang Pejabat AKP Tewas Ditembak di Depan Rumah

Seorang politisi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) ditembak mati pada Rabu (14/09) di depan rumahnya di wilayah tenggara Turki yang dihuni mayoritas Kurdi.

Kamis, 15/09/2016 13:39 0

Arab Saudi

Jamaah Haji Mulai Tuntaskan Prosesi Haji

KIBLAT.NET, Mekkah - Sebagian jamaah haji, Rabu (14/09), menuntaskan prosesi pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Para jamaah melempar tiga Jumrah di Mina kemudian menuju Mekkah untuk melakukan Tawaf Wada (tawaf perpisahan).

Kamis, 15/09/2016 11:06 0

Afghanistan

Taliban Sita 200 Kendaraan Lapis Baja Pasukan Lokal

“Kami kehilangan 200 kendaraan lapis baja selama dua atau tiga bulan akiat ketidakmampuan kami,” ungkap Rahmatullah Nabil, mantan pejabat intelijen Afghanistan, kepada televisi lokal Afghanistan, Tolo TV.

Kamis, 15/09/2016 09:43 1

Suriah

Tokoh Oposisi Sekuler Suriah Ragu Gencatan Senjata Berlangsung Lama

Ketua sementara Koalisi Nasional untuk Oposisi Suriah ini mengungkapkan, rezim masih mempersulit bantuan masuk ke wilayah oposisi. Rezim Suriah, katanya, mensyaratkan bantuan masuk ke wilayah oposisi dengan koordinasi pasukannya.

Kamis, 15/09/2016 08:53 0

Palestina

Hamas Gelar Pemilu Internal Awal 2017

Mantan penasihat senior Hamas, Ahmed Yousef menyatakan pada Rabu (14/09) bahwa pemilihan akan diadakan pada bulan Maret atau April dan akan dilanjutkan dengan pemilihan pemimpin baru Hamas.

Kamis, 15/09/2016 07:33 0

News

Masuk Turbulensi, Siapkan Pengorbanan

Akhirnya sadarlah para pejuang Islam bahwa momentum Idul Adha ini harusnya menjadi pemantik arti penting pengorbanan sesungguhnya. Masa-masa perjuangan saat ini telah masuk ke dalam era turbulensi sebagai sebuah konsekuensi. Tiada perjuangan yang tanpa pengorbanan. Berkorban secara serius menguasai peta konstelasi medan perjuangan di tengah belantara fitnah dan makar.

Rabu, 14/09/2016 20:18 0

Close