Istri Basri, Nurmi Menyerahkan Diri

KIBLAT.NET, Poso – Basri alias Bagong alias Ayas alias Opa ditangkap Satuan Tugas Operasi Tinombala 2016 hari ini, Rabu (14/09), di Dusun Gantinadi Desa Tangkura Kecamatan Poso Pesisir Selatan. Basri yang disebut-sebut sebagai orang kedua Mujahidin Indonesia Timur setelah Santoso ditangkap tanpa perlawanan setelah lokasi persembunyiannya disergap anggota Satuan Tugas Operasi Tinombala.

Penyergapan dilakukan setelah pengembangan informasi dari warga yang mendapatkan jenazah Andika di sungai Puna Desa Tangkura Kecamatan Poso Pesisir.

“Tim langsung melakukan patroli setelah mendapat laporan dari warga ada jenazah yang hanyut, saat patroli itulah tim menyergap Basri dari belakang dan Basri langsung ditangkap kemudian diamankan,” ungkap seorang sumber dari salah satu Komandan Operasi Tinombala di lokasi kejadian.

Setelah penangkapan Basri, Nurmi Usman alias Oma yaitu istri Basri akhirnya menyerahkan diri. Basri ditangkap pukul 10.00 wita dan dibawa ke Polsek Poso Pesisir Selatan, sedangkan Nurmi menyerahkan diri sekitar pukul 13.00 wita.

“Iya memang Basri yang ditangkap tadi, cuma bedanya dia gondrong kalau di foto DPO itu kita lihat tidak gondrong. Baru dia senyum-senyum saja tadi saat ditangkap,” kata warga desa Tangkura yang tidak ingin disebut namanya.

Saat menyerahkan diri Nurmi terlihat menggunakan jubah berwarna krem menutupi seluruh badannya dan menggunakan cadar, serta mengenakan celana panjang ditutup kain sarung lengkap dengan kaus kaki loreng. Nurmi dibawa menuju seberang desa Tangkura melewati jembatan gantung kemudian dipindahkan ke mobil milik TNI. Tangannya terlihat tidak dalam kondisi diikat atau diborgol.

BACA JUGA  Slamet Maarif: Reuni 212 Tahun Ini Ditunda

Sekitar pukul 11.40 wita, Basri dan jenazah Andika diberangkatkan menuju Mapolda Sulteng. Sementara istri Basri sekitar pukul 13.20 wita diamankan ke Polsek Poso Pesisir Selatan di Desa Patiwunga yang nantinya akan dibawa ke Mapolda Sulteng.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat