... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Do’a Ketika Menyembelih Hewan Qurban

Penyembelihan hewan qurban adalah ibadah yang telah diatur oleh syariat, mulai dari jenis hewan yang akan disembelih hingga pada tata cara penyembelihannya. Tidak seperti menyembelih hewan pada umumnya, dalam penyembelihan hewan qurban ada beberapa tatacara yang harus diperhatikan agar sesembelihannya diterima oleh Allah. Salah satunya adalah anjuran untuk mengucapkan doa:

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

“Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah (qurban) ini dari-Mu, dan untuk-Mu, atas nama saya,”

Dan jika menyembelih hewan qurban milik orang lain, maka membaca:

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنْ فُلَانٍ

“Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah (qurban) ini dari-Mu, dan untuk-Mu, Qurban ini atas nama fulan,” (dengan menyebut namanya) ditambah:

اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ

“Ya Allah, terimalah qurban ini dari fulan dan keluarga fulan,” (dengan menyebut namanya)

Namun yang wajib adalah membaca basmalah, adapun yang lainnya hukumnya sunnah. Diriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata, “Rasulullah SAW berkurban dengan dua kibas yang gemuk, bertanduk, beliau menyembelihnya sendiri, membaca basmalah dan bertakbir, dan meletakkan kaki beliau di atas sisi tubuh sembelihannya,”  (HR. Bukhari-Muslim)

Dalam riwayat yang lain, dari ‘Aisyah bahwa Rasulullah SAW menyuruh (untuk mendatangkan) kibas yang bertanduk untuk disembelih, maka beliau bersabda kepada ‘Aisyah;

“Bawakan pisau itu kemari, lalu beliau bersabda, ‘Tajamkan dengan batu,’ maka ‘Aisyah melakukannya. Lalu Nabi mengambil pisau dan kibasnya, dan langsung merebahkannya lalu menyembelihnya. Kemudian bersabda, ‘Dengan nama Allah, Ya Allah terimalah (kurban ini) dari Muhammad, dan keluarganya, dan dari umat Muhammad, lalu beliau menyembelihnya’.”  (HR. Muslim)

Imam At-Tirmidzi meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, “Saya termasuk yang ikut shalat ‘ied di tempat shalat bersama Rasulullah SAW. Ketika beliau menyelesaikan khutbahnya, lalu turun dari mimbar, maka didatangkan kepada beliau seekor kibas seraya beliau menyembelihnya sendiri dan bersabda:

بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ هَذَا عَنِّي وَعَمَّنْ لَمْ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِي

‘Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, (kurban) ini dariku, dan dari siapapun yang belum berkurban dari umatku’.” (Dishahihkan oleh Tirmidzi dalam Shahih Tirmidzi)

Dalam riwayat yang lain disebutkan:

اَللّهُمَّ إِنَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ

Ya Allah, qurban ini dari-Mu dan untuk-Mu”. (Lihat: Irwa’ Ghalil, hal; 1138, 1152)

“Allahumma Minka” artinya: Kurban ini adalah pemberian dan rizki yang aku terima dari-Mu. “wa laka” artinya: hanya untuk-Mu. (lihat: Syarhul Mumti’: 7/492)

 

Fakhruddin

https://islamqa.info/ar/36733


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Do’a Ketika Menyembelih Hewan Qurban”

  1. Terimakasih, bertambah lagi ilmu saya setelah membaca artikel ini.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Prancis

Diduga Gelapkan Dana Publik, Pengadilan Perancis Sita Properti Rifaat Assad

Pengadilan Perancis pada Jum'at (09/09) akhirnya memerintahkan penyitaan properti milik Rifaat Assad. Penyitaan dilakukan untuk menghindari penjualan properti yang dimiliki paman Bassar Assad itu.

Sabtu, 10/09/2016 20:07 0

Suriah

Jabhah Fath Syam Umumkan Sejumlah Serangan Isytihadiyah di Aleppo

Jabhah Fath Syam mengumumkan telah melakukan 14 kali aksi bom syahid di kota Aleppo dan sekitarnya dalam jangka waktu 100 hari.

Sabtu, 10/09/2016 19:30 0

Opini

Keberhasilan Pendidikan dengan Penerapan Islam Kaffah

Pendidikan merupakan poros utama dalam kehidupan, dengan sebuah harapan dari pendidikan inilah generasi penerus yang mampu melanjutkan kehidupan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Sabtu, 10/09/2016 18:13 0

Pakistan

Kekerasan Terbaru di Kashmir, Polisi India Pukuli Puluhan Warga

Laporan mengatakan bahwa beberapa orang terluka setelah bentrokan pecah di desa Razwein dan Dardpora setelah pasukan keamanan India mencoba untuk menggagalkan rapat umum pro-kemerdekaan Kashmir.

Sabtu, 10/09/2016 16:00 0

Indonesia

Gubernur Jatim Tolak Usulan Pelarangan HTI

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo akhirnya tidak menyetujui permintaan Kapolda Jatim, Irjen Pol Anton Setiadji untuk melarang ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Sabtu, 10/09/2016 15:34 2

Arab Saudi

Arab Saudi Dukung Langkah Militer Turki di Suriah

Pemerintah Arab Saudi dan Turki dilaporkan memiliki sikap yang sama dalam menyikapi permasalahan di Suriah.

Sabtu, 10/09/2016 14:57 0

Palestina

Israel Hancurkan Ratusan Pohon Milik Petani Palestina

Pasukan pendudukan bersama para pemukim Israel telah menghancurkan dan menumbangkan 867 pohon milik para petani Palestina di Tepi Barat sejak bulan Agustus.

Sabtu, 10/09/2016 14:10 0

Yaman

Ranjau Darat Syiah Hutsi Tewaskan Puluhan Warga Sipil

Sejak Mei 2015 hingga April 2016, 39 warga sipil Yaman tewas akibat ranjua darat yang ditebar milisi Syiah Hutsi. Bulan lalu, 11 warga sipil termasuk 7 anak juga tewas akibat senjata itu.

Sabtu, 10/09/2016 13:29 1

Tarbiyah Jihadiyah

Pertolongan Allah Pasti Akan Tiba

Kabar gembira dari Rabbul ‘Izzati, bahwa ketika cobaan memuncak beratnya, maka kelapangan pun semakin dekat datangnya. Ketika kesusahan semakin kuat menghimpit, pertolongan pun semakin dekat datangnya. Ketika kesulitan semakin menghimpit, kemudahan pun akan datang.

Sabtu, 10/09/2016 12:30 0

News

Pemimpin Al-Qaidah: Peristiwa 9/11 Akan Terus Terulang Hingga AS Mengakhiri Kejahatannya

dr. Aiman Azh-Zhawahiri kembali menegaskan bahwa Barat tetap menjadi target utama Al-Qaidah. Hal itu diungkapkannya dalam rilis video, Sabtu (10/09), sehari menjelang 15 tahun serangan 11 September 2001 atau serangan 9/11 terhadap menara kembar WTC.

Sabtu, 10/09/2016 12:02 1

Close