... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dibanding Masa Uni Soviet, Jemaah Haji Rusia Meningkat 400 Persen

Foto: Jamaah haji di Mekkah/ilustrasi

KIBLAT.NET, Jeddah – Jumlah jemaah haji asal Rusia telah mengalami peningkatan pesat, dibandingkan sebelum pecahnya Uni Soviet. Tahun ini umat Islam dari Negeri Beruang Merah yang menunaikan rukun Islam kelima mencapai 16.000 orang.

Konsul Jenderal Rusia di Jeddah, Bahauddin Olleaq mengungkapkan bahwa jumlah jemaah haji Rusia kini meningkat 400 persen jika dibandingkan pada masa Uni Soviet. Kemudahan yang diberikan oleh Arab Saudi menjadi salah satu pendorong peningkatan itu.

“Arab Saudi telah memberikan kontribusi terhadap meningkatnya para jemaah Rusia, melalui persiapan yang sangat baik dan fasilitas yang bagus yang disediakan bagi para jemaah agar mereka melakukan ibadah mereka dengan mudan, tenang, dan nyaman,” kata Olleaq, Sabtu (10/09).

Dia menambahkan bahwa kerajaan Saudi telah mengalami peningkatan dalam persiapan infrastruktur dan layanan kepada para tamu Allah. Menurutnya perluasan dua masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, merupakan sebuah prestasi internasional. Perluasan itu bermanfaat bagi jemaah haji dan umrah.

Menurut Olleaq, jemaah haji asal Rusia telah datang ke tanah suci sejak 400 tahun yang lalu. Tetapi, jumlah mereka mulai meningkat ketika memasuki tahun 1990an.

Di masa Uni Soviet, lanjut Olleaq, para jemaah calon haji asal Rusia menghadapi kesulitan besar untuk datang ke Arab Saudi. Sementara, menurutnya, krisis Suriah juga berdampak pada hilangnya akses berhaji lewat darat bagi warga Rusia. Selama ini biaya perjalanan darat relatif lebih murah.

Sumber: Saudi Gazette
Reporter: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

IHSD Seru Muslimah Berhijab Syar’i

Aksi ini bertujuan agar kaum muslimah, khususnya di Indonesia bisa menggunakan hijab secara syar'i

Ahad, 11/09/2016 09:53 0

Fikih

Do’a Ketika Menyembelih Hewan Qurban

Penyembelihan hewan qurban adalah ibadah yang telah diatur oleh syariat, mulai dari jenis hewan yang akan disembelih hingga pada tata cara penyembelihannya. Tidak seperti menyembelih hewan pada umumnya, dalam penyembelihan hewan qurban ada beberapa tatacara yang harus diperhatikan agar sesembelihannya diterima oleh Allah. Salah satunya adalah disunnahkan untuk mengucapkan doa

Ahad, 11/09/2016 08:32 1

Opini

Keberhasilan Pendidikan dengan Penerapan Islam Kaffah

Pendidikan merupakan poros utama dalam kehidupan, dengan sebuah harapan dari pendidikan inilah generasi penerus yang mampu melanjutkan kehidupan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Sabtu, 10/09/2016 18:13 0

Indonesia

Gubernur Jatim Tolak Usulan Pelarangan HTI

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo akhirnya tidak menyetujui permintaan Kapolda Jatim, Irjen Pol Anton Setiadji untuk melarang ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Sabtu, 10/09/2016 15:34 2

Tarbiyah Jihadiyah

Pertolongan Allah Pasti Akan Tiba

Kabar gembira dari Rabbul ‘Izzati, bahwa ketika cobaan memuncak beratnya, maka kelapangan pun semakin dekat datangnya. Ketika kesusahan semakin kuat menghimpit, pertolongan pun semakin dekat datangnya. Ketika kesulitan semakin menghimpit, kemudahan pun akan datang.

Sabtu, 10/09/2016 12:30 0

Fikih

Menggabungkan Qurban dan Aqiqah Dalam Satu Sembelihan, Bolehkah?

Qurban dan aqiqah adalah dua ibadah yang sama-sama menyembelih hewan. Keduanya memiliki hukum yang sama, yakni sunnah mu’akkadah. Waktu serta tatacara pelaksanaanya juga jelas ditetapkan dalam syariat. Ibadah qurban dilaksanakan pada hari raya Idul Adha dan tiga hari tasyrik, sedangkan akikah pada hari ke-7, 14, dan 21 dari kelahiran. Lantas bagaimana jika waktu akikah dan kurban bertepatan pada hari yang sama, apakah boleh pelaksanaannya disatukan sekaligus dalam satu sembelihan?

Sabtu, 10/09/2016 10:30 1

Indonesia

Koalisi Perempuan Khawatir Aparat Intervensi Keluarga, Guru Besar IPB: Tidak Logis

Guru Besar Departemen Ilmu Keluarga Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. DR. Ir. Euis Sunarti, M.Si, mengatakan bahwa tidak masalah ada intervensi terhadap keluarga, selama dilakukan untuk tujuan yang baik

Jum'at, 09/09/2016 19:48 0

Indonesia

Peduli Sahabat Dukung Perubahan Pasal Perzinaan dalam KUHP

Yayasan Peduli Sahabat mengemukakan dukungannya terhadap perubahan pasal 284, 285, dan 292 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang mengatur perzinaan, pemerkosaan dan homoseksual.

Jum'at, 09/09/2016 18:57 0

Indonesia

Koalisi Perempuan Nilai Pelaku Zina Hanya Pendosa, Bukan Penjahat

Koalisi Perempuan Indonesia menilai perubahan pasal 284 KUHP sebagaimana dimohonkan dalam uji materi akan memperluas subjek hukum perzinaan. Menurut mereka, para pelaku zina cukup menjadi pendosa bukan penjahat.

Jum'at, 09/09/2016 18:15 0

Rohah

Rahasia Mengapa Setan Takut kepada Umar bin Khattab

Setan sangat takut terhadap Umar, seperti sabda Nabi “Apabila Umar berjalan di suatu lorong atau lembah, setan akan mengambil jalan di lorong atau lembah yang lain.”

Jum'at, 09/09/2016 16:30 0

Close