... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tentara Yaman Dekati Perang Perebutan Ibukota Dengan Kelompok Hutsi

Foto: Kelompok Hutsi di Sanaa (foto: Reuters)

KIBLAT.NET – Tentara Yaman dan sekutunya dalam Komite Perlawanan Rakyat telah mencapai pinggiran Ona rute yang menghubungkan ibukota Sanaa dan kota Marib, Sabtu (3/9). Kemajuan ini dicapai setelah mereka mengambil kendali pegunungan dan dataran tinggi yang menghadap wilayah itu, kata sumber-sumber militer.

Tentara dan komite tersebut sama-sama setia kepada pemerintah yang diakui secara internasional yang dipimpin oleh Presiden Abdur Rabb Manshur Hadi. Mereka mencoba untuk merebut kembali Sanaa, yang masih di bawah kendali milisi Hutsi yang didukung Iran.

Huthi mempertahankan kontrol atas Sanaa setelah upaya kudeta mereka pada bulan September tahun 2014.

Sementara itu di Taiz, tentara dan komite membela wilayah mereka terhadap serangan sekitar 35 Brigade dari kelompok Hutsi. Pertahanan terpusat di Madrat, Gunung al-Han dan daerah al-Sayahi barat, semuanya di barat daya kota Taiz.

Sumber-sumber di komite juga melaporkan Hutsi telah gagal dalam upaya infiltrasi ke Sharaf Assalo, sebuah kawasan yang terletak sebelah selatan kota Taiz.

Bentrokan baru-baru ini menyebabkan 29 Hutsi tewas, sementara satu pejuang pro-pemerintah terbunuh, kata sumber-sumber. Setidaknya 17 pejuang dari kelompok pro-pemerintah juga terluka.

Kematian Komandan Hutsi

Sumber juga mengatakan bahwa serangan udara oleh Koalisi yang dipimpin Saudi telah menewaskan dua komandan lapangan Hutsi, Aqeel Ali Ahmed Naji dan Amin Faisal Moawad, di Shada di provinsi Saada, berbatasan dengan Arab Saudi di barat laut.

Sumber suku setempat menegaskan bahwa serangan udara koalisi menargetkan bala bantuan militer Hutsi di wilayah perbatasan Saudi.

Arab Saudi dan sebagian besar sekutu Teluk Arab campur tangan dalam perang saudara Yaman pada bulan Maret 2015 setelah gerakan Hutsi bersenjata telah mendorong pemerintah Hadi ke pengasingan di Arab Saudi.

Reporter: Salem
Sumber: Al-Arabiya


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dua Anggota DPRD Ikut Tandatangani Penolakan Pendirian RS. Siloam Solo

KIBLAT.NET, Solo- Atas nama pribadi, dua anggota DPRD Surakarta ikut menandatangani penolakan pendirian RS Siloan....

Ahad, 04/09/2016 10:20 0

Indonesia

Operasi Tinombala Berlanjut, Tahun Ini Ditargetkan Rampung

Pengejaran terhadap para anggota Mujahidin Indonesia Timur masih terus dilakukan. Kali ini Operasi Tinombala memasuki tahap keempat dengan strategi pendekatan persuasif.

Sabtu, 03/09/2016 19:51 0

Indonesia

Hanya Satu Nama, Penunjukan Kepala BIN Sulit Digugat DPR

KIBLAT.NET, Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi Golkar, Meutya Hafid mengatakan, penunjukan Kepala Badan Intelijen Indonesia (BIN) merupakan hak prerogatif presiden.

Sabtu, 03/09/2016 13:26 0

Indonesia

Kapolri: Polisi Harus Melakukan Pendekatan ke Media

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, salah satu masalah terbesar yang dihadapi Polri saat ini adalah rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap institusi yang kini dipimpinnya tersebut.

Sabtu, 03/09/2016 12:57 0

Profil

Ilyas Kashmiri, Arsitek Jihad Asia Selatan (2/2)

Akhirnya, Ilyas mendapatkan anugerah yang selama ini ia impikan. Tepat pada 3 Juni 2011, sebuah pesawat tanpa awak Amerika membombardir daerah Ghwakhwa, Waziristan Selatan. Sembilan mujahidin termasuk Ilyas Kashmiri syahid dalam serangan itu. Sedangkan korban lain ada tiga mujahid yang terluka. Lala Wazir, juru bicara Mullah Nazir seorang komandan Thaliban mengkonfimasi secara resmi berita itu.

Sabtu, 03/09/2016 12:52 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Beri Amnesty Bagi Sisa MIT, Begini Tanggapan BNPT

"Itu (pemberian amnesty) nanti ada formatnya, kita melibatkan komnas HAM juga. Kita akan fasilitasi apapun kemauan pemerintah," katanya kepada Kiblat.net usai bertemu dengan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Jakarta pada Jumat (02/09).

Sabtu, 03/09/2016 11:20 0

Indonesia

Ratusan Anggota TNI Dipulangkan dari Poso

Kurang lebih sekitar 900 personil pasukan TNI yang berada di bawah kendali Operasi Tinombala 2016 dipulangkan dari Poso, Sulawesi Tengah.

Jum'at, 02/09/2016 17:05 0

Indonesia

Belajar dari M. Natsir, Pentingnya Guru dan Orang Tua dalam Tarbiyah Islamiyah

“Pak Natsir memiliki orang tua yang sadar akan ilmu agama. Meskipun dia sekolah di sekolah Belanda, tapi ketika malam dia berada di Madrasah,” kata cendekiawan muslim, Ir. Ahmad Nurhono, Msc dalam acara ‘Pengi’tirafan Pemikiran dan Perjuangan Bapak M. Natsir’ di gedung Dewan Dakwah, Jakarta pada Kamis, (01/09).

Jum'at, 02/09/2016 10:53 0

Artikel

5 Amalan Utama di Awal Bulan Dzulhijjah

Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada hari dimana amal sholeh di dalamnya lebih dicintai Allah dibandingkan sepuluh hari-hari ini, Mereka bertanya, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah?’ Beliau menjawab, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya. Dan tidak ada yang kembali sedikitpun.” (HR. Bukhari)

Jum'at, 02/09/2016 10:30 0

Indonesia

M. Natsir dan Tokoh Islam Internasional

KIBLAT.NET, Jakarta – Sepak terjang Pendiri Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, M. Natsir, dalam dunia dakwah di Indonesia diakui oleh sejumlah tokoh Islam internasional. Kendati tidak masuk daftar tokoh pahlawan nasional, namanya hangat di kalangan ulama dan pemimpin Muslim dunia.

Jum'at, 02/09/2016 10:02 1

Close