... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kapolri: Polisi Harus Melakukan Pendekatan ke Media

Foto: Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Imam S.)

KIBLAT.NET, Surabaya – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, salah satu masalah terbesar yang dihadapi Polri saat ini adalah rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap institusi yang kini dipimpinnya tersebut.

Karena, dia paham benar bahwa media adalah satu pihak yang memberi pengaruh besar terhadap persepsi kepercayaan publik.

“60 persen persepsi publik ditentukan oleh persepsi media. Karena itu, jajaran polri harus approach dengan media. Polisi harus melakukan pendekatan ke media. Itu yang kami lakukan sekarang,” paparnya.

Saat berkunjung ke Gedung Graha Pena Surabaya (Jawa Pos) pada Jumat (2/9), Tito berharap bantuan media massa dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi Polri.

“Kami meminta dukungan dari Jawa Pos Group yang memiliki networking terbesar di Indonesia untuk membantu pemberitaan positif tentang kinerja kepolisian demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, peraih bintang Adhimakayasa sebagai lulusan terbaik Akpol 1987 itu menyempatkan diri berdiskusi dengan para pemimpin redaksi Jawa Pos Group dari seluruh Indonesia.

Hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji, Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Pol Iriawan, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kakorlantas Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan jajaran perwira tinggi serta menengah kepolisian.

Sementara dari jajaran Jawa Pos Group selain para pimred, hadir Dirut Jawa Pos Holding Ratna Dewi, Dirut Jawa Pos Grup Suhendro Boroma, Direktur Jawa Pos Koran Leak Kustiya, dan Pemimpin Redaksi Jawa Pos Nurwahid.

BACA JUGA  Cegah Corona, Walikota Pekalongan Berlakukan Jam Malam

Tito menyampaikan bahwa kepercayaan publik yang rendah berdampak buruk bagi institusi kepolisian maupun bangsa dan negara.

Dampak bagi kepolisian berupa pengurangan kewenangan atau reposisi. Sedangkan dampak buruk bagi bangsa dan negara karena dapat mengancam keutuhan NKRI.

Sebab, menurut Tito, Polri adalah lembaga vertikal terbesar di Indonesia. Saat ini, Polri memiliki sekitar 434.000 anggota dengan 5.500 polres, 50.000 polsek, dan 70.000 personel babinmas di semua desa di seluruh Indonesia.

“Kalau kepercayaan publik rendah, dampaknya negatif dan berpengaruh terhadap keutuhan bangsa dan negara ini,” kata mantan kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) itu.

Tito menyampaikan bahwa masalah utama dari turunnya kepercayaan publik terhadap kepolisian adalah kinerja dan kultur.

Kinerja menyangkut pelayanan publik, penegakan hukum, pemberantasan kejahatan, penanganan kerusuhan dan lainnya.

Sedangkan kultur berkaitan dengan sikap korup anggotanya, arogansi, dan kekerasan yang berlebihan.

Untuk itu, pihaknya berusaha menaikkan citra kepolisian yang turun itu dengan meningkatkan kepercayaan publik.

Salah satunya lewat ekspose kegiatan polisi yang positif dan prestasi kepolisian ke masyarakat lewat media massa. “Nggak perlu tinggi-tinggi, cukup sudah baik,” katanya.

Misalnya pemberitaan soal inovasi pelayanan publik, kinerja reserse, penanganan narkoba, dan stabilitas kamtibmas termasuk penanganan terorisme.

Tito mencontohkan keberhasilan Polres Sidoarjo yang meluncurkan inovasi Panic Button untuk memberikan pelayanan pelaporan dari masyarakat secara cepat.

BACA JUGA  KAMMI Sebut Tenaga Kesehatan Berguguran Karena Negara Lalai, Desak Jokowi Minta Maaf

Inovasi ini diharapkan bisa dicontoh oleh jajaran kepolisian lain di Indonesia. “Saya tak pernah bosan mendorong jajaran di daerah agar terus berinovasi memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kami ingin terus berusaha menaikkan kepercayaan itu,” pungkasnya.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Alamsyah

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Profil

Ilyas Kashmiri, Arsitek Jihad Asia Selatan (2/2)

Akhirnya, Ilyas mendapatkan anugerah yang selama ini ia impikan. Tepat pada 3 Juni 2011, sebuah pesawat tanpa awak Amerika membombardir daerah Ghwakhwa, Waziristan Selatan. Sembilan mujahidin termasuk Ilyas Kashmiri syahid dalam serangan itu. Sedangkan korban lain ada tiga mujahid yang terluka. Lala Wazir, juru bicara Mullah Nazir seorang komandan Thaliban mengkonfimasi secara resmi berita itu.

Sabtu, 03/09/2016 12:52 0

Suriah

Ratusan Warga Suriah Tinggalkan Al-Mukdhamiyah yang Terkepung

KIBLAT.NET, Damaskus – Ratusan warga sipil di pinggiran Al-Mukdhamiyah di Damaskus, Jumat (02/09), mulai meninggalkan daerah-daerah yang dikontrol pejuang Suriah. Rezim menganggap pengosongan daerah tersebut merupakan ampunan bagi warga yang menentangnya. Rezim berupaya mengamankan wilayah sekitar Damaskus.

Sabtu, 03/09/2016 10:46 0

Irak

Gudang Amunisi Milisi Syiah di Baghdad Meledak, Roket-Roket Beterbangan

KIBLAT.NET, Baghdad – Sebuah gudang senjata dan amunisi milik milisi Syiah yang tergabung dalam Al-Hasd Al-Syakbi di Baghdad Timur meledak. Akibatnya, roket dan amunisi beterbangan sehingga mengenai rumah warga.

Sabtu, 03/09/2016 09:34 0

Suriah

Pejuang Suriah Tembak Jatuh Helikopter Militer di Hama

Jaisyul Izzah, salah satu faksi di bawah naungan Free Syrian Army (FSA), mengaku di balik jatuhnya helikopter pada Jumat sore itu. Helikopter itu jatuh di desa Khithab, barat laut kota Hama.

Sabtu, 03/09/2016 08:42 0

Australia

Militer AS ke Australia: Pilih Kami atau Cina?

Dalam komentarnya di radio Australia, asisten kepala staf militer AS, Kolonel Tom Hanson memberi peringatan kepada Australia untuk menentukan sikap, antara bergabung denga aliansi Amerika Serikat atau lebih memilih meningkatkan hubungan ekonomi dengan Cina.

Jum'at, 02/09/2016 16:00 0

Afghanistan

Taliban Lancarkan Serangan Mematikan di Awal September

Serangan terbaru pejuang Taliban menargetkan markas pemerintah di distrik Charkh Logar pada Kamis (01/09) dini hari. Setidaknya, 41 tentara tewas dalam serangan ini, selain banyak korban luka lainnya.

Jum'at, 02/09/2016 15:20 0

News

ICMI Gelar Pertemuan dengan BNPT, Apa Sih yang Dibahas?

Menurut Jimly, di kampus-kampus juga ada pengajian-pengajian yang tidak rasional. Peserta yang mengikutinya akan mengalami perubahan, seperti celana menjadi mengatung (tidak isbal).

Jum'at, 02/09/2016 14:31 0

Afrika

AS Klaim Anggota ISIS di Libya Tersisa 200 Orang

Dari 8.000 anggotan ISIS di Libya, hanya 200 orang yang tersisa. Demikan dikatakan juru bicara Pentagon, Kapten Jeff Davis seperti dikutip dari Antiwar, Kamis (01/09). Davis menambahkan bahwa posisi mereka saat ini sedang terkunci.

Jum'at, 02/09/2016 14:15 0

Artikel

5 Amalan Utama di Awal Bulan Dzulhijjah

Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada hari dimana amal sholeh di dalamnya lebih dicintai Allah dibandingkan sepuluh hari-hari ini, Mereka bertanya, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah?’ Beliau menjawab, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya. Dan tidak ada yang kembali sedikitpun.” (HR. Bukhari)

Jum'at, 02/09/2016 10:30 0

Arab Saudi

Saudi: 1 Dzul Hijjah Sabtu Besok, Wukuf Arafah 11 September

KIBLAT.NET – Arab Saudi mengumumkan bahwa pada hari Jumat ini merupakan penggenap untuk bulan Dzul...

Jum'at, 02/09/2016 07:18 0

Close