... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

M. Natsir dan Tokoh Islam Internasional

KIBLAT.NET, Jakarta – Sepak terjang Pendiri Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, M. Natsir, dalam dunia dakwah di Indonesia diakui oleh sejumlah tokoh Islam internasional. Kendati tidak masuk daftar tokoh pahlawan nasional, namanya hangat di kalangan ulama dan pemimpin Muslim dunia.

Salah satunya Dr. Yusuf Al-Qardhawi. Setiap berkunjung ke Indonesia, yang ditanya pertama kali adalah M. Natsir. Bahkan, ketika Al-Qardhawi berpidato di acara Partai Keadilan (Sebelum PKS), ia meminta kepada bangsa Indonesia untuk berterima kasih kepada M. Natsir

“Yang ditanyakan Dr. Yusuf al-Qardhawi pertama kali saat berkunjung ke Indonesia adalah Pak Natsir, bukan presiden. Jadi kalau ada yang memperdebatkan apakah pak Natsir pahlawan nasional atau bukan, toh dia sudah di skala internasional,” ujar Mudir Ghazwul Fikry Dewan Dakwah, ust. H.T. Romly Qomaruddien, MA dalam acara ‘Pengi’tirafan Pemikiran dan Perjuangan Bapak M. Natsir’ di gedung Dewan Dakwah, Jakarta pada Kamis (01/09).

Dia menambahkan, bangsa ini harus berterima kasih kepada Pak Natsir. Laki-laki ini adalah orang yang berupaya membebaskan negara dari cengkeraman, kristenisasi dan komunisme. Qardhowi juga membuat buku yang berjudul Al-Islam Fi Qornil Isrin (Islam di Abad 20), di situ disebutkan peran Natsir mengharu-birukan tanah air ini.

Menurut Qamaruddien, itu karena hitmat pak Natsir di tanah air, itu sudah terbaca, terekam dengan jelas oleh tokoh-tokoh kelas dunia. Termasuk, kata dia, Raja Faisal yang sangat perhatian terhadap dunia Islam pada saat itu. Raja Faisal menjanjikan hadiah apa saja yang diminta kepada Pak Natsir jika sudah bebas dari rezim orde lama.

BACA JUGA  Santri Pesmadai Gelar Ngaji On The Road IV

Apa yang diminta? Tak ada kepentingan pribadi. Dia hanya meminta Raja Saudi kala itu mempermudah anak-anak Indonesia yang ingin belajar ke Arab Saudi.

“Kami ingin tuan raja bisa memperhatikan anak-anak kami. Yang dimaksud anak-anak pak Natsir adalah anak idiologis, bukan anak biologis, anak Indonesia untuk bisa belajar di timur tengah khususnya di Saudi,” jelas Qamaruddien menjelaskan perkataaan M. Natsir.

Ia menegaskan bahwa pendidikan M. Natsir berteraskan tauhid, intregralitas ilmu antara aqli dan naqli (menjunjung tinggi kemerdekaan akal, tapi tidak merusak agama). “Kalau sekarang kan menjunjung tinggi akal, tetapi merusak agama. Pak Natsir tidak, ia menjunjung tinggi akal tapi tidak merusak agama,” jelasnya

Pak Natsir juga menyebutkan bahwa tiga benteng umat adalah menguatkan masjid, menguatkan kampus dan pondok pesantren itu menjadi basis kekuatan yang bisa membentengi umat. “Makanya beliau di kampus mengakar, di masyarakat mengakar,” ucapnya.

Qamaruddien menambahkan, ada kebiasaan M. Nastir yang membuat kita takjub. Dia memiliki kebiasaan salat tahajud (salat malam), yang menurutnya pandangan ibadah itu sebagai ‘pembajak jiwa’. Maka seorang aktivis Islam harus melakukan salat malam.

“Da’i, aktivis, guru, politikus, yang berkiprah untuk Islam, maka harus salat malam. Itu yang disebut pak Natsir sebagai pembajak jiwa. Maka seorang aktivis yang tidak salat malam, tidak memiliki pembajak jiwa, kata pak Natsir,” jelasnya.
Ketika M. Natsir meninggal, lanjutnya, para ulama mengatakan bahwa ia adalah seorang muallim, guru. Bahkan lawannya, Jalaluddin Rahmat menulis buku ‘Kembalinya sang Guru’. “Perdana menteri Jepang saat itu juga melayangkan surat telegram bahwa meninggalnya Pak Natsir lebih dahsyat dari dentuman bom Hiroshima dan Nagasaki,” ungkapnya.

BACA JUGA  Kemenag Tengah Siapkan Inovasi, Daftar Haji Bisa Secara Daring

Maka, ia berpesan kepada seluruh gerakan dakwah di Indonesia agar mempelajari sejarah para pendahulu bangsa, terlepas dari berbagai perbedaan pandangan. “Makanya Zaman Pak Natsir dulu nggak ada yang teriak-teriak antar kelompok, karena mereka mampu duduk bareng, berdialog,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

One comment on “M. Natsir dan Tokoh Islam Internasional”

  1. Mohammad Fadli

    Sejarah spt inilah yg hrs terus disampaikan ke genarasi muda bahwa ada tokoh nasional yg terlupakan dlm berjuang unt kemajuan agama dan bangsa

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Saudi: 1 Dzul Hijjah Sabtu Besok, Wukuf Arafah 11 September

KIBLAT.NET – Arab Saudi mengumumkan bahwa pada hari Jumat ini merupakan penggenap untuk bulan Dzul...

Jum'at, 02/09/2016 07:18 0

Suriah

Jerman Desak PBB Terapkan Sanksi Terhadap Suriah Meskipun Berisiko Diveto Rusia

KIBLAT.NET – Pemerintah Jerman mendesak PBB untuk mencari sanksi terhadap Suriah atas dua serangan gas...

Jum'at, 02/09/2016 06:45 0

Suriah

Oposisi Suriah Akan Nyatakan Rencana Transisi Pekan Depan

KIBLAT.NET – Oposisi Suriah akan menyatakan rencana transisi politik untuk membantu mengakhiri perang lima tahun...

Jum'at, 02/09/2016 06:03 0

Suriah

AS dan Rusia Saling Klaim Jadi Pembunuh Al-Adnani

Terkait hal ini, dua negara besar, Amerika Serikat dan Rusia saling mengeluarkan pernyataan yang mengklaim sebagai pembunuh Al-Adnani.

Kamis, 01/09/2016 19:30 0

Rusia

Ikuti AS, Rusia Minta Turki Berhenti Menyerang Kurdi

Sebagaimana Amerika Serikat, Rusia juga menghimbau kepada Turki untuk menghentikan serangan terhadap Kurdi YPG di Suriah atau kepada setiap faksi yang memerangi ISIS. Demikian dikutip dari Reuters, Rabu (31/08).

Kamis, 01/09/2016 18:05 0

Arab Saudi

Arab Saudi: Kami Tidak Akan Biarkan Hutsi Ambil Alih Yaman, Titik

Arab Saudi menegaskan tidak akan membiarkan pemberontak Syiah Hutsi yang didukung Iran mengambil alih Yaman. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir dalam KTT G20 di Beijing, Rabu (31/08).

Kamis, 01/09/2016 13:14 0

Afghanistan

Taliban Rilis Video Tawanan Pasangan Suami Istri

Dalam video kurang dari dua menit itu, mereka mendesak negara masing-masing menekan pemerintah Afghanistan untuk menghentikan keputusan eksekusi mati terhadap anggota Taliban.

Kamis, 01/09/2016 11:30 0

Artikel

Keutamaan Awal Bulan Dzulhijjah

“Tidak ada hari dimana amal sholeh di dalamnya lebih dicintai Allah dibandingkan sepuluh hari-hari ini, Mereka bertanya, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah?’ Beliau menjawab, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya. Dan tidak kembali sedikitpun darinya.” (HR. Bukhori)

Kamis, 01/09/2016 10:45 0

Video Kajian

Tadzkirah: Tiga Perkara yang Berbeda dari Dzahirnya

KIBLAT.NET – Allah SWT ternyata banyak memberikan kejutan bagi hamba-hambanya. Salah satu contoh, Allah SWT...

Kamis, 01/09/2016 09:45 0

Iran

Lagi, Seorang Jenderal dari Garda Revolusi Iran Tewas di Aleppo

KIBLAT.NET – Ahmad Ghulami, seorang brigadir jenderal dari Garda Revolusi Iran telah tewas dalam pertempuran...

Kamis, 01/09/2016 07:17 0

Close