... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Belajar dari M. Natsir, Pentingnya Guru dan Orang Tua dalam Tarbiyah Islamiyah

Foto: M. Natsir

KIBLAT.NET, Jakarta – Setiap tokoh hebat pasti memiliki orang tua yang hebat pula. Begitu pun tokoh intelektual Indonesia, Muhammad Natsir. Sejak kecil, ia sudah belajar agama karena orang tuanya sudah sadar tentang pentingnya pelajaran agama.

“Pak Natsir memiliki orang tua yang sadar akan ilmu agama. Meskipun dia sekolah di sekolah Belanda, tapi ketika malam dia berada di Madrasah,” kata cendekiawan muslim, Ir. Ahmad Nurhono, Msc dalam acara ‘Pengi’tirafan Pemikiran dan Perjuangan Bapak M. Natsir’ di gedung Dewan Dakwah, Jakarta pada Kamis, (01/09).

Ia juga menjelaskan bahwa di samping orang tua yang hebat, ada juga peran gurunya di belakang. Seperti Tariq bin Ziyad, ada Musa bin Nashir sebagai mentornya.

“Pak Natsir berpengaruh dalam masalah keislaman karena ada gurunya, Ahmad Hasan. Meskipun gurunya banyak, tapi yang paling dasar adalah dia. Dia lah yang mematangkan pondasi keislaman pak Natsir, dan juga yang mengajari Pak Natsir Bahasa Arab,” tuturnya.

Saat berada di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), M. Natsir sudah menjadi editor majalah Pembela Islam. Ia juga menulis sebuah tesis yang berjudul ‘Pengaruh Penanaman Tebu dan Pabrik Gula bagi Rakyat di Pulau Jawa’. Ketika membela umat Islam, ia mematangkan ide ghazwul fikry dan mempersatukan ummat.

“Bahkan ia berdebat dengan pak Soekarno soal negara dan Islam, dan dia mendapat besiswa untuk sekolah ke luar negeri tapi ia tolak karena ingin mendidik bangsa Indonesia. Pak Natsir juga setiap malam membaca kitab Tafsir Al-Manar dalam Bahasa Arab dan Inggris,” tuturnya.

BACA JUGA  PERSIS: Pelarangan Cadar Menyalahi Hukum

Maka, ia berpesan kepada para pemuda agar mencari mentor atau guru yang benar-benar mumpuni dan jelas. Sebab, M. Natsir bisa menjadi pejuang hebat karena hal tersebut.

“Pak Natsir adalah salah satu intelektual yang hebat. Dia adalah pemikir, pembaharu, tidak terjebak antara sekulerisme dan liberalism atau ekstrim kanan. Kalian harus punya mentor yang hebat, hebatnya pak Natsir karena memiliki itu. Akhirnya ia menjadi pejuang yang hebat,” pungkasnya.

 

Reporter: Taufik Izhar
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

5 Amalan Utama di Awal Bulan Dzulhijjah

Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada hari dimana amal sholeh di dalamnya lebih dicintai Allah dibandingkan sepuluh hari-hari ini, Mereka bertanya, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah?’ Beliau menjawab, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya. Dan tidak ada yang kembali sedikitpun.” (HR. Bukhari)

Jum'at, 02/09/2016 10:30 0

Arab Saudi

Saudi: 1 Dzul Hijjah Sabtu Besok, Wukuf Arafah 11 September

KIBLAT.NET – Arab Saudi mengumumkan bahwa pada hari Jumat ini merupakan penggenap untuk bulan Dzul...

Jum'at, 02/09/2016 07:18 0

Suriah

Jerman Desak PBB Terapkan Sanksi Terhadap Suriah Meskipun Berisiko Diveto Rusia

KIBLAT.NET – Pemerintah Jerman mendesak PBB untuk mencari sanksi terhadap Suriah atas dua serangan gas...

Jum'at, 02/09/2016 06:45 0

Suriah

Oposisi Suriah Akan Nyatakan Rencana Transisi Pekan Depan

KIBLAT.NET – Oposisi Suriah akan menyatakan rencana transisi politik untuk membantu mengakhiri perang lima tahun...

Jum'at, 02/09/2016 06:03 0

Suriah

AS dan Rusia Saling Klaim Jadi Pembunuh Al-Adnani

Terkait hal ini, dua negara besar, Amerika Serikat dan Rusia saling mengeluarkan pernyataan yang mengklaim sebagai pembunuh Al-Adnani.

Kamis, 01/09/2016 19:30 0

Rusia

Ikuti AS, Rusia Minta Turki Berhenti Menyerang Kurdi

Sebagaimana Amerika Serikat, Rusia juga menghimbau kepada Turki untuk menghentikan serangan terhadap Kurdi YPG di Suriah atau kepada setiap faksi yang memerangi ISIS. Demikian dikutip dari Reuters, Rabu (31/08).

Kamis, 01/09/2016 18:05 0

Arab Saudi

Arab Saudi: Kami Tidak Akan Biarkan Hutsi Ambil Alih Yaman, Titik

Arab Saudi menegaskan tidak akan membiarkan pemberontak Syiah Hutsi yang didukung Iran mengambil alih Yaman. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir dalam KTT G20 di Beijing, Rabu (31/08).

Kamis, 01/09/2016 13:14 0

Afghanistan

Taliban Rilis Video Tawanan Pasangan Suami Istri

Dalam video kurang dari dua menit itu, mereka mendesak negara masing-masing menekan pemerintah Afghanistan untuk menghentikan keputusan eksekusi mati terhadap anggota Taliban.

Kamis, 01/09/2016 11:30 0

Artikel

Keutamaan Awal Bulan Dzulhijjah

“Tidak ada hari dimana amal sholeh di dalamnya lebih dicintai Allah dibandingkan sepuluh hari-hari ini, Mereka bertanya, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah?’ Beliau menjawab, ‘Meskipun berjihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya. Dan tidak kembali sedikitpun darinya.” (HR. Bukhori)

Kamis, 01/09/2016 10:45 0

Video Kajian

Tadzkirah: Tiga Perkara yang Berbeda dari Dzahirnya

KIBLAT.NET – Allah SWT ternyata banyak memberikan kejutan bagi hamba-hambanya. Salah satu contoh, Allah SWT...

Kamis, 01/09/2016 09:45 0

Close