... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Deteksi Dini Luput, Intelijen Dinilai Lemah

Foto: Logo BIN

KIBLAT.NET, Jakarta – Aktifis mahasiswa Mahyudi Rumata menyebut bahwa saat ini intelijen Indonesia lemah dalam deteksi dini. Penyanderaan WNI yang dilakukan oleh Abu Sayyaf disebut sebagai salah satu indikasi.

“Intelijen adalah sistem utama dalam sistem pertahanan kita dan jika intelijen kita lemah, bukan tidak mungkin negara kita lemah dan hancur,” Mahyudi, dalam diskusi ‘Deteksi Dini Intelijen Lemah, Apa Kata Mahasiswa?’ di Jakarta, Senin (29/08).

Badan Intelijen Negara (BIN) merupakan lembaga negara yang menangani urusan intelijen di dalam negeri maupun luar negeri. Tetapi faktanya telah tejadi banyak kasus yang menunjukkan lemahnya kerja intelijen negara.

“Faktanya adalah hari ini di laut kita terjadi pembajakan, Abu Sayyaf misalnya,” ujarnya.

“Yang harus disalahkan adalah pendeteksian dini. Intelijen kita lemah,” imbuh Mahyudi.

Aktifis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu juga menilai hal itu terjadi karena BIN tidak maksimal melakukan kerja-kerja keintelijenanya. Padahal, lembaga itu bertugas mengkoordinasikan masalah intelijen.

Karenanya ia meminta agar BIN melakukan deteksi dini dengan sematang-matangnya. “Karena ini mestinya tidak terjadi,” kata Mahyudi.

Dia pun menganggap sistem koordinasian di BIN harus diperbaiki, baik sistem maupun personilnya. Orang-orang yang ada di Badan Intelijen Negara seharusnya mempunyai kecakapan.

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Terungkap, PBB Salurkan Jutaan Dolar kepada Rezim Bashar Assad

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memberikan 5 juta dolar untuk mendukung bank darah nasional Suriah yang dikendalikan oleh departemen pertahanan Assad. Lembaga amal Suriah, The Syria Trust yang didirikan dan diketuai oleh istri Assad, Asma menerima total $ 8,5 juta dari dua badan PBB.

Selasa, 30/08/2016 18:54 0

Suriah

Ganasnya Serangan Rezim Suriah, Para Pelayat Pun Menjadi Sasaran

Seorang saksi melaporkan ketika serangan pertama terjadi, mereka yang melayat langsung berhamburan melarikan diri. Namun, usaha mereka sia-sia karena serangan berikutnya berjalan begitu cepat. Ambulans yang tiba setelah bom pertama pun hancur dalam serangan berikutnya.

Selasa, 30/08/2016 17:05 0

Afghanistan

Syaikh Dzawahiri Seru Pejuang Suriah Bentuk Dewan Terpadu Seperti Taliban

Terkait tujuan Dewan Terpadu, ia menjelaskan bahwa tujuannya adalah menentukan perkara prioritas, membagi-bagi perkarang penting, mencurahkan upaya kepada hal yang selayaknya dicurahkan dan menjaganya dari dispersi dan kehilangan.

Selasa, 30/08/2016 17:03 0

Suriah

Pasukan Turki dan FSA Bersiap Serang Kurdi di Manbij

Pasukan Turki bersama oposisi Suriah dilaporkan telah menuju ke kota Manbij, Suriah utara. Beberapa waktu lalu, pasukan Kurdi yang didukung Amerika Serikat merebut wilayah itu dari kelompok ISIS.

Selasa, 30/08/2016 13:32 0

Turki

Turki: Kami Hanya Ingin Mengusir ISIS dan Kurdi, Tidak Menduduki Suriah

Kurtumulus menegaskan tujuan operasi Turki tersebut untuk membersihkan ISIS dan memblokir PKK Kurdi beserta afiliasinya yang ingin meluaskan wilayah.

Selasa, 30/08/2016 12:40 0

Suriah

Pasukan Oposisi Suriah Usir Kurdi dari Pinggiran Jarabulus

Turki memanfaatkan kelompok-kelompok oposisi Suriah yang bisa diajak kerja sama untuk mengamankan kota-kota di Suriah yang berbatasan dengan Turki dari ISIS dan Kurdi. Jika memerangi ISIS mendapat restu dari AS, namun memerangi Kurdi masih menjadi perdebatan kedua negara.

Selasa, 30/08/2016 11:44 0

Info Event

BMH Sinergi Himpun Qurban Dengan Kitabisa.com

Kesamaan value dan tujuan memberi akses kemudahan serta mengedukasi masyarakat seputar qurban melatarbelakangi kerjasama ini berjalan.

Selasa, 30/08/2016 11:00 0

Suriah

AS dan Rusia Bahas Sasaran Bersama di Aleppo

Jika menolak, mereka akan menjadi target serangan. Rencana ini, kata sumber, bertujuan membersihkan Alepo dan sekitarnya dari gerilyawan.

Selasa, 30/08/2016 10:30 0

Iran

Lagi, Instruktur Militer Iran Tewas Akibat Bertempur di Suriah

Seperti dinukil dari Al-Jazeera, media menyebut Mustafa Rashid Bur sebelumnya terluka parah dalam pertempuran sengit dengan kelompok “takfiri” di front Aleppo. Iran menyebut seluruh faksi anti rezim Bashar Assad di Suriah kelompok “takfiri”. Sementara tidak disebutkan pangkat tentara nahas itu.

Selasa, 30/08/2016 10:00 0

Syam

ISIS Akui Alami Kemunduran Besar

Pengakuan itu dijalaskan dalam rilis video terakhir berjudul “Waliyubliyal Mukminina Minhu Balaan Hasana” beberapa hari lalu, seperti dilansir Arabi21 pada Ahad (28/08/2016). Pernyataan itu mengatakan bahwa kebatilan akan kalah sementara kebenaran akan menang.

Selasa, 30/08/2016 09:12 0

Close