... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

PBB Menuntut Jawaban Untuk Gencatan Senjata Aleppo Hari Ini

Foto: Anggota Pertahanan Sipil dengan darah di baju mereka berdiri setelah serangan udara ganda pada oposisi yang di lingkungan Bab al-Nairab Aleppo, Suriah, 27 Agustus 2016. (foto: REUTERS / Abdalrhman Ismail)

KIBLAT.NET – Utusan PBB untuk Suriah Staffan de Mistura mendesak pihak yang bertikai segera berkomitmen untuk gencatan senjata kemanusiaan 48-jam di kota Aleppo. Ia meminta itu dipastikan hari ini, Minggu (28/8).

Staffan de Mistura telah memimpin seruan global untuk jeda kemanusiaan. PBB dan kelompok bantuan seperti Palang Merah mengatakan sangat dibutuhkan oleh warga sipil yang terperangkap di tengah-tengah pertempuran brutal antara pasukan rezim dan oposisi.

De Mistura mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Sabtu (27/8) bahwa ia menyesal beberapa kamp oposisi telah menyatakan keengganan untuk menyetujui rencana tersebut, tanpa merinci sifat keprihatinan mereka.

“Utusan khusus menyeru semua pihak terkait untuk mengerahkan segala upaya agar pada Minggu ini, 28 Agustus 2016, kita tahu di mana kita berdiri,” kata pernyataan kantor de Mistura.

Utusan PBB itu menambahkan bahwa pengiriman awal bantuan menyelamatkan jiwa harus dilakukan melalui jalur strategis Castello Road. Rezim telah mengambil alih Castello Road pada bulan Juli, memotong rute pasokan terakhir untuk Aleppo yang dikuasai oposisi.

PBB telah memiliki bantuan yang siap untuk disalurkan ke kota, katanya. Pengiriman pertama akan disalurkan kepada 80.000 orang di wilayah timur Aleppo yang dikendalikan oposisi serta orang-orang di barat yang dikendalikan pemerintah, kata pernyataan itu.

“PBB siap untuk bergerak,” tambahnya. “Orang-orang menderita dan membutuhkan bantuan. Waktu adalah esensi. Semua harus menempatkan penduduk sipil Aleppo di tempat pertama dan menggunakan pengaruh mereka sekarang. “

BACA JUGA  Soal Aliran Pengungsi, Erdogan Ultimatum Uni Eropa

Pertarungan brutal untuk Aleppo, kota kedua Suriah, intensif dua bulan yang lalu. Setelah tiga pekan dikepung, oposisi berhasil membuka jalur di selatan. Namun, pertempuran terus berlanjut sampai ke dekat garis pasokan bantuan kemanusiaan. Tempat ini telah dibombardir hampir setiap hari, yang mempengaruhi pasokan datang ke lingkungan yang dikuasai oposisi kota.

Sekitar 250.000 orang tinggal di wilayah timur kota, sementara 1,2 juta lainnya tinggal di lingkungan barat. Lebih dari 290.000 orang telah tewas di Suriah sejak konflik dimulai lebih dari lima tahun yang lalu.

Reporter: Salem
Sumber: Al-Arabia

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Marahnya Nabi Ketika Ada Keringanan Diabaikan

“Kalau ada yang mudah mengapa harus milih yang susah.” Demikian salah satu ungkapan yang sering kita dengar ketika seseorang menolak cara yang susah sementara ada cara yang lebih mudah. Memang benar, sesuatu yang susah bukanlah pilihan yang tepat bagi siapa pun. Tidak hanya manusia, bahkan dalam ketentuan syariat Islam pun demikian.

Sabtu, 27/08/2016 17:19 0

Rohah

“Wahai Para Pencuri, Baca Tulisan Ini Sebelum Engkau Masuk”

Menyusul maraknya kasus pencurian dan perampokan di kotanya, pemilik kedai kopi di Brooklyn, New York, Abdul Elenani memiliki cara unik menghadapi hal itu.

Sabtu, 27/08/2016 15:26 0

Rohah

Ketika Pemabuk Diangkat Menjadi Imam

Konon, ada seorang lelaki bernama Bakri Musthafa. Ia selalu memakai pakaian ulama, surban dan jubah. Namun ia sering meminum khamer, berzina, serta melakukan perbuatan maksiat lainnya.

Sabtu, 27/08/2016 11:30 0

Tarbiyah Jihadiyah

Menjadi Muslim Seutuhnya, Kenapa Tidak?

Banyak yang bertanya-tanya, mengapa orang-orang kafir bisa bersatu di atas kebatilannya, sedang orang-orang Islam bercerai berai di atas kebenarannya? Jawabannya sederhana sekali: orang kafir baik lahir maupun batinnya kafir. Baik lahir maupun batin mereka yang tersembunyi sama-sama batil.

Sabtu, 27/08/2016 11:03 0

Indonesia

Kala Keluarga Mertua Daeng Koro Teriaki Saksi Polisi di Persidangan

"Huuuu... pembohong...," teriak kerabat dan keluarga sembari mencibir bahwa keterangan istri terdakwa dan saksi penyidik tidak benar.

Sabtu, 27/08/2016 09:31 0

Indonesia

Lakukan Penyidikan Penahanan 177 WNI, Polri Kirim Tim Ke Filipina

Sejauh ini, Mabes Polri telah mengantongi tujuh perusahaan travel dan KBIH yang diduga telah memberangkatkan calon jemaah haji menggunakan paspor palsu

Jum'at, 26/08/2016 21:09 0

Tazkiyah

Kalian adalah Para Saksi Allah di Dunia

Rasulullah bersabda, “Siapa yang telah kalian puji dengan kebaikan, maka telah wajib baginya surga. Dan siapa yang telah kalian cela dengan keburukan, maka telah wajib pula baginya neraka. Kalian adalah para saksi Allah di muka bumi, kalian adalah para saksi Allah di muka bumi.” (HR Muslim)

Jum'at, 26/08/2016 15:00 0

Artikel

Ketika Amar Makruf Nahi Mungkar Ditinggalkan

Amar makruf dan nahi mungkar memiliki peranan penting dalam Islam. Hikmah yang terkandung di dalamnya pun tidak sedikit. Di antaranya, selain menjadi sarana untuk menyampaikan hujjah kepada pelaku maksiat, ia juga merupakan petunjuk ilahi dalam usaha mengurangi angka kriminalitas atau menghilangkannya dari tengah-tengah umat. Sehingga dengan demikian, masyarakat dapat hidup nyaman dan sentosa.

Jum'at, 26/08/2016 11:15 0

Video Kajian

Cara Pengobatan Nabi [Ust. Abu Umar Abdillah] Bag 1

KIBLAT.NET – Pengobatan medis zaman sekarang kian maju dan canggih. Pengobatan tradisional pun sudah banyak...

Jum'at, 26/08/2016 08:58 0

Indonesia

Kemenag Minta Saudi Pulihkan Kuota Haji Setelah Renovasi Masjidil Haram Selesai

“Kemudian ketika Presiden Jokowi bertamu ke kerajaan Arab Saudi kan juga dijanjikan kuota, tapi realisasinya belum. Mudah-mudahan tahun 2017,” tuturnya.

Kamis, 25/08/2016 19:06 0

Close