... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki dan Oposisi Suriah Rebut Jarablus dari ISIS

KIBLAT.NET – Tank Turki dan ratusan pejuang oposisi masuk jauh di dalam wilayah Suriah pada operasi yang dimulai Rabu kemarin lusa. Dalam hitungan jam, mereka berhasil mendesak ISIS dari kota perbatasan kunci Suriah, Jarablus.

Serangan darat dan udara diluncurkan oleh Ankara dalam konflik Suriah – membuat kemajuan pesat menuju Jarablus sepanjang hari. Para pejuang oposisi merebut desa-desa sekitar kota Jarablus yang sebelumnya dikuasai ISIS.

“Jarablus sekarang dapat dianggap sepenuhnya dibebaskan,” Ahmed Othman, seorang komandan FSA, mengatakan kepada Al Jazeera dari tempat kejadian, Kamis (25/8). Sementara juru bicara pemberontak lainnya mengatakan para pejuang ISIS telah melarikan diri ke arah Al-Bab ke barat daya.

“Serangan dimulai di pagi hari dan kami mampu mengendalikan sejumlah desa dekat kota. Setelah beberapa jam dan setelah mengendalikan bukit yang mengelilingi kota, ISIS merasa bahaya. Sejumlah besar pejuang ISIS menarik diri ke selatan menuju Al-Bab, yang masih dalam kontrol ISIS.”

Jarablus, sebuah kota strategis di perbatasan dengan Turki, telah dikuasai oleh ISIS selama dua tahun. Kelompok ini sekarang hanya menguasai satu kubu di timur laut Suriah, Al-Bab.

Dalam konferensi pers pada hari Rabu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan operasi itu juga menargetkan pejuang milisi Kurdi. Milisi Kurdi sangat ditentang oleh Ankara namun didukung oleh AS sebagai sekutu penting dalam perang melawan ISIS. Dalam hal ini, Kurdi juga telah mendekati Jarablus.

“Kami telah mengatakan ‘cukup sudah’ … ini sekarang perlu diselesaikan,” kata Erdogan.

Joe Biden, wakil presiden AS yang bertemu Erdogan di Ankara pada Rabu, meyakinkan Turki bahwa Washington telah menginstruksikan Kurdi YPG bahwa bila mereka melintasi barat Sungai Efrat bisa berarti mereka kehilangan dukungan Amerika.

“Mereka tidak bisa, dan tidak akan mendapatkan dukungan Amerika jika tidak menjaga periode komitmen,” katanya.

Pemerintah Turki menuduh YPG menjadi perpanjangan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang terlarang. Negara Turki telah mengobarkan perang terhadap kelompok separatis ini selama lebih dari 20 tahun.

“The YPG telah menjadi mitra tanah terkuat koalisi pimpinan AS di perang melawan ISIS, namun kepemimpinan Turki menginginkan AS untuk memutuskan hubungan dengan faksi Kurdi,” kata Al Jazeera melaporkan dari Gaziantep di sisi Turki dari Suriah perbatasan-Turki.

Sumber-sumber keamanan dikutip televisi Turki mengatakan kontingen kecil pasukan khusus telah melakukan perjalanan ke Suriah untuk mengamankan daerah sebelum operasi darat besar.

Turki ingin menunjukkan keseriusannya terhadap ISIS, yang telah disalahkan atas serangkaian serangan di dalam negeri, termasuk serangan baru pada pernikahan Kurdi di Gaziantep yang menewaskan 54 orang, banyak dari mereka anak-anak.

Reporter: Salem
Sumber: Al-Jazeera


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kemenag Minta Saudi Pulihkan Kuota Haji Setelah Renovasi Masjidil Haram Selesai

“Kemudian ketika Presiden Jokowi bertamu ke kerajaan Arab Saudi kan juga dijanjikan kuota, tapi realisasinya belum. Mudah-mudahan tahun 2017,” tuturnya.

Kamis, 25/08/2016 19:06 0

Indonesia

Itjen Kemenag: 177 Calon Haji Lewat Filipina Adalah Korban, Jangan Dipidana!

Inspektur Jendral Kementrian Agama , Muhammad Jasin mengatakan bahwa 177 calon haji yang berangkat secara illegal melalui Filipina adalah korban. Maka, ia meminta agar 177 Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut tidak dipidanakan.

Kamis, 25/08/2016 18:00 0

Indonesia

Industri Rokok Rampas Masa Depan Ekonomi Bangsa Indonesia

"Industri rokok kita anggap merampas masa depan ekonomi. Kita di masa depan punya bonus demografi artinya kita punya tenaga kerja yang melimpah baik yang skilled atau non-skilled," katanya kepada Kiblat.net di Gedung Muhammadiyah Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis, (24/08).

Kamis, 25/08/2016 17:30 0

Indonesia

Haji Adnan Arsal: Presiden Harus Berikan Amnesti pada Seluruh Mantan Kombatan Poso

Tokoh Muslim Poso KH. Adnan Arsal berharap agar para DPO sisa anggota Santoso diberi pengampunan. Jika tidak, hal itu akan menambah panjang proses penyelesaian kekerasan di Poso. Karena menurutnya, sejak perjanjian Malino semua yang terlibat konflik telah diberikan pengampunan hukum baik dari kubu merah (kristen) maupun dari kubu putih (Islam).

Kamis, 25/08/2016 15:55 0

Rohah

Mimpi Bertemu Abdullah bin Mubarak

Ibnu Al-Mubarak berkata, ‘Dia telah mengampuniku karena perjalananku mencari hadits. Aku nasihatkan kepadamu untuk berpegang teguh pada Al-Qur’an'.”

Kamis, 25/08/2016 15:40 0

Profil

Ilyas Kashmiri, Manusia Berbahaya dari Kashmir (1/2)

"Saya telah mempelajari seni peperangan dari Arab. Orang-orang Arab bertempur di Afghanistan, termasuk orang Mesir dan Palestina telah mengadopsi dan menggabungkan strategi perang Rusia dan Amerika. Saya adalah salah seorang yang ahli dalam hal itu. Kami telah melatih anak-anak kita dengan style itu, sehingga kemampuan bertempur mereka lebih baik dari pada tentara Angkatan Darat India." Jelas komandan Ilyas Kashmiri ketika diwawancarai Muhammad Amir Khakwani Zangar, jurnalis Daily Express bahasa Urdu.

Kamis, 25/08/2016 14:50 0

Indonesia

Sisa Anggota Santoso Dihimbau Menyerah, Komnas HAM Bangun Posko Kemanusiaan

Sementara itu, Tokoh Muslim Poso KH Adnan Arsal menanggapi secara positif upaya dari Komnas HAM dan Mer-C serta aparat. Kendati begitu, Haji Adnan berharap agar langkah tersebut betul-betul terwujud dan para DPO diberi keamanan saat menyerahkan diri dan keringanan hukum saat proses hukuman.

Kamis, 25/08/2016 14:14 0

Indonesia

Komnas HAM Apresiasi Jika Penyelesaian DPO Poso Pakai Pendekatan Persuasif

Komnas HAM juga menyambut baik dengan dikeluarkannya maklumat dari Kapolda yang menghimbau (anggota Santoso, red) untuk menyerahkan diri dan akan diperlakukan dengan cara manusiawi dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Kamis, 25/08/2016 13:55 0

Indonesia

Klinik Hidayatullah Disambut Antusiasme Masyarakat

KIBLAT.NET, Malang – Kepala Desa Gading Kulon, Malang, Wahyu Eddy Prianto mengapresiasi positif dan mendukung...

Kamis, 25/08/2016 13:31 0

Suara Pembaca

Surat Terbuka untuk KH Said Aqil Siradj

Saya berharap, pimpinan NU kembali kepada kontribusi kerja nyata bagaimana membangun generasi yang mampu berpikir dan berkarya dengan keilmuan dan keimanan, bukan hanya selalu dan seringkali melontarkan pernyataan yang destruktif. Ingat NU, itu bukan “Nasi Uduk” yang menjadi sarapan pagi, namun tidak mampu bertahan hingga siang dan malam hari.

Kamis, 25/08/2016 13:23 0

Close