... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

PM Turki: Tidak Ada Tempat Bagi Assad di Masa Depan Suriah

Foto: PM Turki Tidak Ada Tempat Bagi Assad di Masa Depan Suriah (foto:AP)

KIBLAT.NET – Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan bahwa Assad tidak memiliki tempat di masa depan Suriah. Yildirim berbicara dalam pertemuan dengan perwakilan media asing di Istanbul, Sabtu 20 Agustus 2016.

Namun, Yildirim mengatakan negaranya bersedia untuk menerima peran Presiden Suriah Bashar Assad selama masa transisi di Suriah.

“Suriah Bisa membawa Assad di jangka panjang? Tentu saja tidak,” kata Yildirim. “Amerika Serikat tahu dan Rusia tahu bahwa Assad tidak muncul untuk menjadi seseorang yang dapat membawa (orang-orang) bersama-sama.”

“Mungkin ada pembicaraan (dengan Assad) untuk transisi. Transisi dapat difasilitasi. Tapi kami percaya bahwa seharusnya tidak ada (pemberontak Kurdi), Daesy (ISIS) atau Assad di masa depan Suriah,” katanya, menggunakan akronim Arab untuk kelompok Daulah Islam.

“Dalam enam bulan ke depan dari kita, kita akan memainkan peran yang lebih aktif,” kata Yildirim. “Ini berarti tidak membiarkan Suriah untuk dibagi berdasarkan garis etnis … memastikan bahwa pemerintahnya tidak berdasarkan etnis.”

Komentar itu muncul setelah pasukan Assad mulai menyerang posisi Kurdi minggu ini. Serangan mengakibatkan beberapa pejabat Kurdi berspekulasi bahwa pemulihan hubungan Suriah-Turki sedang berlangsung dengan mengorbankan otonomi Kurdi di Suriah utara.

“Akan ada konsesi pada pertanyaan Kurdi,” kata Nasser Haji Mansour, seorang penasihat Pasukan Demokratik Suriah yang didominasi Kurdi. “Saya tidak tahu di mana ini akan mengarah.”

BACA JUGA  Kepala Intelijen Turki dan Suriah Bertemu di Moskow

Istanbul prihatin dengan pertumbuhan kekuatan pasukan Kurdi Suriah yang didukung AS melintasi perbatasan dan bergerak ke arah otonomi Kurdi atau kemerdekaan. Pemerintah Suriah juga gelisah dengan pasukan Kurdi di utara.

Damaskus menahan diri dari menyerang pasukan Kurdi di tanah mereka, yang didapat dengan mengalahkan kelompok Negara Islam (ISIS) di beberapa pertempuran. Ini sementara memperluas jejak otonom bagi Kurdi.

Namun pada hari Jumat, komando umum militer Suriah mengeluarkan pernyataan mengacu pada kekuatan internal polisi Kurdi Asayesh sebagai sayap militer Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Pernyataan militer tampaknya menjadi konsesi kepada pemerintah Turki, yang berjuang melawan pemberontakan Kurdi sendiri di tenggara dan telah lama menekan pemerintah Suriah untuk melabeli gerakan politik Kurdi Suriah sebagai perpanjangan dari PKK yang dilarang Turki.

Pertempuran meletus antara pasukan Asayesh Kurdi dan militer Suriah pekan ini atas kontrol dari kota utara Hasakeh. Dengan pesawat-pesawat tempur Suriah menyerang posisi Kurdi di dalam kota. Ini adalah serangan pertama Suriah ke Kurdi untuk perang Suriah.

Reporter: Salem
Sumber: AP

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Meski Walikota Solo Telah Meletakkan Batu Pertama, Warga Tetap Tolak Pembangunan RS Siloam

Aksi penolakan RS. Siloam juga dilakukan pada pada Februari silam. Menurut Endro, lokasi tersebut berpotensi dilakukannya pemurtadan. "LUIS keberatan karena Siloam berpotensi melakukan pemurtadan di kawasan sekitar. Siloam kan RS berbasis idiologis milik James Riady," ucapnya.

Sabtu, 20/08/2016 23:02 0

Artikel

Titik Tolak Menjadi Mukmin Sejati

Menjadi orang Islam berarti siap diatur dengan hukum Islam. Tidak hanya dalam perkara ibadah, tapi juga melingkupi seluruh sisi aturan hidup. Ketika seseorang mengucapkan kalimat syahadat maka secara otomati ia harus siap meninggalkan semua tradisi lamanya atau budayanya yang bertentangan dengan hukum Islam.

Sabtu, 20/08/2016 13:35 0

Rohah

Kisah Persahabatan Antara Penduduk Jannah dan Penduduk Neraka

Pria itu berkata, ‘Aku punya teman yang mengatakan, ‘Apakah kamu termasuk orang yang percaya...?’ ‘Dia di Neraka,’ jawab malaikat. ‘Lihatlah ke bawah...!’

Jum'at, 19/08/2016 19:02 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Menangkal Mitos [Ust. Abu Harits, Lc.]

KIBLAT.NET – Fathu Makkah menjadi momen bersejarah penting bagi umat Islam. Saat itu, berhala-berhala di...

Jum'at, 19/08/2016 13:09 0

Indonesia

Istilah Kemerdekaan RI saat 17 Agustus Ditolak, Kenapa?

Tanggal 17 Agustus adalah kemerdekaan 'Bangsa Indonesia', bukan kemerdekaan 'Republik Indonesia (RI)'. Makanya, istilah Kemerdekaan RI itu harus diubah

Jum'at, 19/08/2016 11:00 0

Indonesia

Satgas Tinombala Evakuasi Jenazah Anggota MIT yang Terbunuh 17 Agustus

KIBLAT.NET, Poso – Tim evakuasi Satuan Tugas Operasi Tinombala 2016 sektor II wilayah Poso Pesisir...

Jum'at, 19/08/2016 08:47 0

Artikel

71 Tahun Bom Atom, Menguak Wajah Asli Teror Amerika (Bag.2)

Rakyat Pakistan, Afghanistan, Yaman, dan Somalia adalah un-people, dengan serangkaian serangan drone tak bermoral yang sudah memakan korban ribuan orang. Serangan drone sejatinya adalah kampanye teror. Chomsky menyebutnya sebagai “kampanye teror global paling ekstrim yang pernah saya ingat”.

Kamis, 18/08/2016 19:02 0

Artikel

71 Tahun Bom Atom, Menguak Wajah Asli Teror Amerika (Bag.1)

Kengerian tersebut tidak berhenti di situ. Tiga hari kemudian, 9 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom berikutnya di Nagasaki. Beberapa bulan setelahnya, banyak orang tewas karena dampak kebakaran, radiasi, dan cedera lainnya. Dampak akut dari bom tersebut menewaskan 90 ribu hingga 146 ribu orang di Hiroshima, dan 39 ribu hingga 80 ribu di Nagasaki. Sebagian besar dari mereka adalah rakyat sipil tak berdosa, termasuk puluhan ribu anak-anak.

Kamis, 18/08/2016 18:56 0

Opini

Refleksi 17 Agustus: Menyambut Kembali Abu Bakar Ba’asyir sebagai Seorang Manusia

Ustadz Abu Bakar Ba'asyir, sebagai salah satu sosok eksis yang di Ratu Adil kan, dalam perjalanan perjuangannya, juga terkesan “menikmati” peran tersebut.

Kamis, 18/08/2016 13:20 0

Indonesia

‘Kemerdekaan Umat Sesungguhnya adalah Tak Jadi Budak Musuh Islam’

Merdeka dalam pandangan Islam adalah ketika manusia menjadi hamba Allah. Jadi bagi umat Islam, mewujudkan kemerdekaan itu artinya dia harus berjuang untuk menegakkan Islam dengan sesungguh-sungguhnya

Rabu, 17/08/2016 22:56 0

Close