... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Prihatin Kondisi Kepemudaan, Syabab JATIM Fokus Garap Tiga Hal lni

KIBLAT.NET – Kebobrokan moral anak muda, khususnya yang berada di wilayah Jawa Timur (JATIM), menjadi acuan pengurus Syabab Hidayatullah (organisasi kepemudaan milik ormas Hidayatullah) JATIM, dalam merumuskan program-program kerja di rapat kerja (raker), yang dilaksanakan belum lama ini.

“Kita sangat prihatin dengan kondisi pemuda yang semakin tergerus moralnya. Usia produktif yang mereka miliki, justru digunakan untuk hal-hal yang bisa merusak masa depan mereka, seperti narkoba, pergaulan bebas, dan aktivitas buruk lainnya,” terang Muh. Idris, M.Pd.I, ketua Syabab JATIM.

Di lain pihak, sambungnya, pemerintah belum juga menemukan formula yang pas untuk menyelamatkan generasi muda ini. Padahal, mereka adalah generasi pelanjut bangsa, yang akan memimpin negeri ini sepuluh atau dua pukuh tahun ke depan.

Karena itu, kandidat doktor pendidikan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ini, mengurai, bahwa organisasi kepemudaan yang di bawah kendalinya, akan memfokuskan program ke tiga sektor;

Pertama, menggalakan dakwah bil lisan. Gerakan dakwah ini, terang dosen STAI Luqman Al-Hakim, Surabaya ini, nantinya akan memfokuskan garapannya ke Mahasiswa universitas-universitas umum, dengan langkah pembentukan komunitas pesantren mahasiswa.

“Tekhnis pelaksanaanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan pemukiman kost-kostan mahasiswa. gerakan pembinaan ini bertujuan untuk menjadikan tempat tinggal sebagai komunitas yang melaksanakan ajaran Islam. Materi yang dapat dilaksanakan adalah Gerakan Dakwah Mengajar dan Belajar Al Quran (GranD MBA),” jelasnya.

BACA JUGA  Din Syamsuddin Kritisi Soal Simplifikasi Kasus Penusukan WIranto

Kemudian program yang kedua adalah menghidupkan Dakwah Bil Qolam. Selain dalam rangka mengasah intelektualitas pemuda, program ini bertujuan untuk mengajak para pemuda ikut aktif menyoroti isu-isu yang berkembang, kemudian mencoba memberikan gagasannya dengan cara menulis di berbagai media masa.

“Harus diakui, pertumbuhan tekhnologi dan informasi yang sangat pesat seperti saat ini, dakwah dengan pena juga menjadi hal yang sangat urgen. Karena tidak sedikit, kesesatan ataupun kerusakan moral bangsa dengan jalur satu ini, sehingga perlu adanya pencegahan.”

“Kita ajak para pemuda untuk berada di garda terdepan dalam aktivitas ini, dengan cara terlebih dahulu mengasah kemampuan menulis mereka dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan,” tuturnya.

Sedangkan dakwah yang ketiga yang hendak menjadi garapan Syabab JATIM adalah Dakwah Bil Jasad atau olah jasad/tubuh.

Idris mengungkapkan, seorang pemuda muslim, tidak hanya dituntut sehat ruh dan intelektual saja. Namun badan pun harus sehat dan prima sehingga maksimal dalam mengemban amanah.

Karena itu, sambungnya, Latihan-latihan jasadiyah perlu dilaksanakan secara terstruktur untuk membentuk badan yang proporsional sehingga dapat dilihat sebagai profil da’i yang “eye catching.”

“Jadi, tiga program inilah yang hendak kita gulirkan dalam kurun waktu 5 tahun kepengurusan kedepan. Mudah-mudah Allah mempermudah segala proses pelaksanaannya dan meridhainya,” pungkas laki-laki asal Makassar ini.

 

Berita kiriman: Robinsah
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Imam Masjid di New York Ditembak Mati oleh Pria Bersenjata

KIBLAT.NET – Seorang Imam Masjid di New York ditembak mati oleh pria bersenjata. Seorang pria...

Ahad, 14/08/2016 11:34 0

Suriah

Pernah Berharap Syahid, Penyelamat Bayi Ajaib Itu Kini Gugur di Aleppo

Khaled Omar Harrah, relawan penyelamat yang menghabiskan hampir tiga tahun di medan konflik Suriah itu kini gugur akibat serangan di Aleppo. Ia pernah berharap Allah memperhitungkannya sebagai syahid bila mati karena menyelamatkan bayi usia 10 hari dari reruntuhan.

Ahad, 14/08/2016 11:05 0

Suriah

Jubir Jabhah Fath Syam (JFS) Ungkap Alasan JN Lepas dari Al-Qaidah

Sebagai keputusan strategis, jihad JFS akan terbatas pada wilayah Suriah, juga untuk mencegah AS Barat rusak revolusi Suriah dengan alasan Al-Qaidah

Ahad, 14/08/2016 10:10 3

Suriah

Jubir JFS: Iran Sedang Berusaha Tingkatkan Moral Tentara Bayaran

KIBLAT.NET – Juru bicara resmi Jabhah Fath Syam (JFS), Hussam Asy-Syafi’i, dalam sebuah pernyataan baru-baru...

Ahad, 14/08/2016 08:48 0

Suriah

Jerman Jajaki Bantuan Kemanusiaan Melalui Udara Untuk Warga Aleppo

Jerman jajaki bantuan kemanusiaan melalui udara untuk warga Aleppo yang terkepung. Menteri luar negeri Jerman mengatakan bantuan kemanusiaan sangat dibutuhkan di kota Aleppo Suriah yang terkepung dan mungkin perlu untuk memulai "jembatan udara" untuk membawanya.

Ahad, 14/08/2016 07:27 0

Suriah

Ribuan Warga Kurdi Kembali ke Manbij Setelah ISIS Meninggalkan Kota

Ribuan warga Kurdi kembali ke Manbij setelah isis meninggalkan kota, Sabtu (13,8). Warga yang sebelumnya mengungsi itu mengalir kembali ke kota di Suriah utara ini, setelah tentara Kurdi yang didukung AS mengalahkan tentara Negara Islam dari kubu terakhir mereka.

Ahad, 14/08/2016 06:23 0

Suriah

Rusia Bunuh Lebih dari 100 Warga Untuk Ujicoba Perang Baru di Suriah

KIBLAT.NET – Rusia bunuh lebih dari 100 warga untuk ujicoba perang baru di Suriah. Komite...

Ahad, 14/08/2016 05:47 0

Suriah

Oposisi Suriah Tewaskan 7 Tentara Assad di Aleppo Selatan

Brigade Abu Imarah dari barisan oposisi Suriah mengumumkan telah menewaskan tujuh tentara Rezim Bashar Assad dalam pertempuran di Aleppo selatan. Selain itu, oposisi juga berhasi menangkap seorang tentara Assad berpangkat letnan.

Sabtu, 13/08/2016 18:44 0

Suriah

Milisi Kurdi Dikabarkan Rebut Manbij dari ISIS

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dilaporkan telah merebut kota Manbij, Suriah dari kelompok ISIS pada Jum'at (12/08).

Sabtu, 13/08/2016 16:17 0

Afghanistan

Dubes Afghanistan Benarkan Pemimpin ISIS Khurasan Terbunuh di Nangharhar

"Saya dapat mengonfirmasikan bahwa pemimpin ISIS Khurasan, Hafiz Saeed Khan bersama dengan komandan seniornya tewas dalam serangan drone AS pada 26 Juli di distrik Kot provinsi Nangharhar," katanya.

Sabtu, 13/08/2016 14:30 0

Close