... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Belajar Memuliakan Guru dari Negeri Sakura Sampai ke Mekkah

KIBLAT.NET – Seperti biasa pagi itu dia membawa tas dipenuhi buku-buku pelajaran, dengan harapan semoga kelak generasi bangsa ini bisa cerdas. Tolong jangan katakan berapa gajinya, itu terlalu menyakitkan tak sebanding dengan apa yang telah mereka lakukan. Walaupun istana presiden dikepung guru honorer, menjerit meminta honor gaji, tetap tak bergeming. Mungkin bagi pemimpin kita urusan mengecilkan speaker masjid lebih menarik perhatian mereka dari pada urusan keringat guru.

Guru pahlawan tanpa jasa menjadi simbol keabadian, jasanya terukir hingga nafas memisahkan raga. Yah itulah selayaknya sikap seorang murid mengingat kebaikan gurunya. Tapi apa boleh buat zaman telah berubah dulu guru adalah teladan, raja yang harus dihormati kini terbalik guru adalah “mesin” yang harus sabar meihat runtuhnya moralitas kaum muda.

Kita patut mengerut dada melihat kasus pengeroyokan guru oleh orangtua murid di Makasar. Ini adalah secuil kisah pilunya dunia pendidikan. Padahal jauh dari negeri sakura enam hari setelah bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada 1945, yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat pada Perang Dunia II (1942-1945), Kaisar Hirohito (bertakhta 1926-1989) berupaya membangun kembali bangsanya yang sudah porak-poranda.

Ia memerintahkan menteri pendidikannya untuk menghitung jumlah guru yang tinggal dan masih hidup. Satu sumber menyebutkan bahwa jumlah guru yang tersisa di Jepang pada saat itu adalah sebanyak 45.000 orang. Sejak itu, Kaisar Hirohito gerilya mendatangi para guru yang tinggal itu dan memberi perintah juga arahan. Rakyat Jepang sangat menjunjung titah dari Kaisar dan dilaksanakan dengan penuh komitmen dan konsekuen.

BACA JUGA  Wahai Mahasiswa, Gunakan Rumus Ini Saat Datangnya Ujian

Para guru dikumpulkan dan diberikan tugas berat membangun Jepang menjadi bangsa yang unggul, restorasi Jepang membangkitkan bangsanya menjadi lebih baik. Tentu di sini ada peran seorang guru, maka wajar di Jepang seorang guru sangat dihormati. Bahkan, kita melihat kebudayaan Jepang melalui serial Doraemon sosok guru sangat ditakuti, seorang siswa dilarang memandang wajah gurunya apabila sedang ditegur, dia akan terus membungkuk sebagai rasa penyesalan.

Lantas bagaimana dengan ajaran Islam? Dalam kitab Ta’lim Muta’allim dijelaskan bagaimana cara menghormati guru, di antaranya; tidak boleh berjalan di depan gurunya, tidak duduk di tempat yang diduduki gurunya, bila di hadapan gurunya tidak memulai pembicaraan kecuali atas izinnya. Murid mestilah mendapatkan ridha dari gurunya.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (SAW) bersabda: “Pelajarilah ilmu, pelajarilah ilmu dengan ketenangan dan sikap hormat serta tawadhu’lah kepada orang yang mengajarimu.”

Ilmu tidak akan dapat diperoleh secara sempurna kecuali dengan diiringi sifat tawadhu’ murid terhadap gurunya, karena keridhaan guru terhadap murid akan membantu proses penyerapan ilmu, tawadhu’ murid terhadap guru merupakan cermin ketinggian sifat mulia si murid. Sikap tunduk murid kepada guru justru merupakan kemuliaan dan kehormatan baginya.

Perilaku para sahabat, yang memperoleh tarbiyah langsung dari Rasulullah SAW patut dijadikan contoh. Ibnu Abbas, sahabat mulia yang amat dekat dengan Rasulullah mempersilahkan Zaid Bin Tsabit, untuk naik di atas kendaraannya, sedangkan ia sendiri yang menuntunnya. Islam sangat memuliakan guru bukan hanya pada tataran teori, tapi mampu melahirkan pola sikap amaliyah sehari-hari, buah dari ilmu dan ketaqwaannya.

BACA JUGA  Budaya IDI Sebagai Strategi Ciptakan Generasi Muslim Cerdas dan Berilmu

Maka wajar apabila hingga detik ini teladan ulama dan imam mazhab, namanya masih hidup di antara kita, tapi sekarang sebaliknya kita sangat sulit melahirkan generasi sehebat mereka. Mungkinkah karena sikap kita belum mampu seperti mereka yang telah memuliakan gurunya? Wallahu’Alam

 

Ditulis Oleh: Anastasia (Alumni Pendidikan Bahasa Jerman UPI Bandung)

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Prihatin Kondisi Kepemudaan, Syabab JATIM Fokus Garap Tiga Hal lni

KIBLAT.NET – Kebobrokan moral anak muda, khususnya yang berada di wilayah Jawa Timur (JATIM), menjadi...

Ahad, 14/08/2016 18:47 0

Amerika

Imam Masjid di New York Ditembak Mati oleh Pria Bersenjata

KIBLAT.NET – Seorang Imam Masjid di New York ditembak mati oleh pria bersenjata. Seorang pria...

Ahad, 14/08/2016 11:34 0

Suriah

Pernah Berharap Syahid, Penyelamat Bayi Ajaib Itu Kini Gugur di Aleppo

Khaled Omar Harrah, relawan penyelamat yang menghabiskan hampir tiga tahun di medan konflik Suriah itu kini gugur akibat serangan di Aleppo. Ia pernah berharap Allah memperhitungkannya sebagai syahid bila mati karena menyelamatkan bayi usia 10 hari dari reruntuhan.

Ahad, 14/08/2016 11:05 0

Suriah

Jubir Jabhah Fath Syam (JFS) Ungkap Alasan JN Lepas dari Al-Qaidah

Sebagai keputusan strategis, jihad JFS akan terbatas pada wilayah Suriah, juga untuk mencegah AS Barat rusak revolusi Suriah dengan alasan Al-Qaidah

Ahad, 14/08/2016 10:10 3

Suriah

Jubir JFS: Iran Sedang Berusaha Tingkatkan Moral Tentara Bayaran

KIBLAT.NET – Juru bicara resmi Jabhah Fath Syam (JFS), Hussam Asy-Syafi’i, dalam sebuah pernyataan baru-baru...

Ahad, 14/08/2016 08:48 0

Suriah

Jerman Jajaki Bantuan Kemanusiaan Melalui Udara Untuk Warga Aleppo

Jerman jajaki bantuan kemanusiaan melalui udara untuk warga Aleppo yang terkepung. Menteri luar negeri Jerman mengatakan bantuan kemanusiaan sangat dibutuhkan di kota Aleppo Suriah yang terkepung dan mungkin perlu untuk memulai "jembatan udara" untuk membawanya.

Ahad, 14/08/2016 07:27 0

Suriah

Ribuan Warga Kurdi Kembali ke Manbij Setelah ISIS Meninggalkan Kota

Ribuan warga Kurdi kembali ke Manbij setelah isis meninggalkan kota, Sabtu (13,8). Warga yang sebelumnya mengungsi itu mengalir kembali ke kota di Suriah utara ini, setelah tentara Kurdi yang didukung AS mengalahkan tentara Negara Islam dari kubu terakhir mereka.

Ahad, 14/08/2016 06:23 0

Suriah

Rusia Bunuh Lebih dari 100 Warga Untuk Ujicoba Perang Baru di Suriah

KIBLAT.NET – Rusia bunuh lebih dari 100 warga untuk ujicoba perang baru di Suriah. Komite...

Ahad, 14/08/2016 05:47 0

Suriah

Oposisi Suriah Tewaskan 7 Tentara Assad di Aleppo Selatan

Brigade Abu Imarah dari barisan oposisi Suriah mengumumkan telah menewaskan tujuh tentara Rezim Bashar Assad dalam pertempuran di Aleppo selatan. Selain itu, oposisi juga berhasi menangkap seorang tentara Assad berpangkat letnan.

Sabtu, 13/08/2016 18:44 0

Suriah

Milisi Kurdi Dikabarkan Rebut Manbij dari ISIS

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dilaporkan telah merebut kota Manbij, Suriah dari kelompok ISIS pada Jum'at (12/08).

Sabtu, 13/08/2016 16:17 0

Close