... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Lemahnya Pemerintah Atas Peredaran Obat dan Pelayanan Kesehatan

KIBLAT.NET – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan vaksin palsu di sejumlah daerah. Temuan itu didapat setelah melakukan penelusuran di seluruh wilayah di Indonesia. Hasilnya ditemukan 37 fasilitas layanan kesehatan di 9 Provinsi yang mendapatkan vaksin dari sumber yang tidak resmi atau berupa vaksin palsu.

Dari 39 sampel vaksin ditemukan empat sampel yang isinya palsu dan satu sampel diduga palsu karena label yang tidak sesuai. Namun, tidak diungkap dari provinsi mana keempat sampel yang isinya palsu itu. Peredaran obat ini melibatkan jalur yang panjang, mulai dari produsen, distributor, penjual, fasilitas layanan kesehatan (RS, Klinik, Puskesmas, dan lainnya), tenaga kesehatan (Dokter, Bidan, Perawat), dan sebagainya.

Pun melibatkan manajemen, administrasi dan pencatatan baik di tingkat Lembaga Pemerintahan (kementrian kesehatan pusat sampai daerah), manajemen fasilitas pelayanan kesehatan, produsen, distributor dan sebagainya. Kejadian vaksin palsu inipun pernah terjadi sebelumnya di tahun 2014.

Beredarnya vaksin palsu secara luas, apalagi telah berlangsung bertahun-tahun, menunjukkan betapa lemahnya pengawasan pemerintah atas peredaran obat dan pelayanan kesehatan, termasuk dalam hal penanganan limbah, sebab bisa saja pelaku mendapatkan botol yang sama dari limbah.

Ini juga menunjukkan lemahnya pengawasan terhadap fasilitas pelayanan kesehatan terutama swasta; juga menunjukkan lemahnya pengecekan, pelaporan, pengawasan, pembinaan terhadap fasilitas pelayanan kesehatan, terutama pelayanan kesehatan swasta.

Hal itu diperparah lagi oleh hukuman terhadap pelaku pemalsuan yang tidak memberi efek jera. Seperti dalam Kompas.com (30/06/2016) memuat bahwa hukuman bagi pemalsu obat masih ringan sehingga tidak ada efek jera. Peredaran vaksin palsu itu menunjukkan kegagalan negara untuk memberikan dan menjamin pelayanan kesehatan yang baik dan aman bagi masyarakat.

BACA JUGA  Utang dan Kemandirian Ekonomi Bangsa

Islam memiliki segenap aturan dan sistem yang bisa menjamin pelayanan kesehatan yang baik untuk rakyat. Sistem islam terutama sistem ekonomi islam akan bisa memberikan jaminan atas pemenuhan kebutuhan pokok untuk seluruh rakyat.

Karena itu, penerapan syariah secara kaffah itulah yang harus segara diwujudkan bersama oleh kita. Dengan negara menerapkan aturan Islam secara kaffah masyarakat akan terjamin dalam berbagai aspek baik ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan segala aspek kehidupan.

 

Penulis: Ferawati, ibu rumah tangga tinggal di Lembang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Timur Tengah

Nasehat Abu Qatadah Al-Filistini kepada Mujahidin Jabhah Fath Syam

Jabhah Nushrah sudah tidak ada lagi di Suriah, berganti nama menjadi Jabhah Fath Syam. Sebagai seorang ahli ilmu yang konsen memperhatikan perkembangan jihad dan mujahidin, Syaikh Abu Qatadah Al-Filastini memberikan nasehat berharga kepada para mujahidin yang tergabung dalam kelompok yang terbentuk di akhir Juli 2016 tersebut.

Sabtu, 13/08/2016 13:05 0

Suriah

21 Warga Sipil Terbunuh oleh Serangan Udara Rusia di Aleppo dan Idlib

Selain di wilayah Aleppo, jet tempur rezim Assad dan Rusia juga menyerang wilayah pedesaan yang dikuasai pejuang oposisi di provinsi Idlib. Pemboman pada Jum'at (12/08) ini sendiri telah membunuh sebelas warga sipil dan melukai 20 orang lainnya.

Sabtu, 13/08/2016 11:35 0

Turki

Turki dan Iran Perkuat Kerja Sama terkait Krisis Suriah

Keduanya berjanji untuk meningkatkan kerjasama dan mengedepankan dialog terbuka meskipun terjadi perbedaan sikap terkait krisis yang terjadi sejak 2011 lalu.

Sabtu, 13/08/2016 11:05 0

Artikel

Larangan itu Tidak Hanya dari Al-Qur’an Saja

Mereka lalu berkumpul dan Nabi mengimami mereka shalat. Setelah shalat, beliau berdiri dan bersabda, ‘Apakah ada salah seorang dari kalian yang cuma berbaring di ranjangnya seraya menganggap dan mengira bahwa sesungguhnya Allah tidak mengharamkan sesuatu kecuali apa yang ada di dalam Al-Qur’an?

Sabtu, 13/08/2016 10:15 0

Turki

Gulen Meminta Dilakukan Penyelidikan Internasional terhadap Kudeta Turki

Fethullah Gulen (75) yang dituding mendalangi kudeta Turki menyerukan penyelidikan internasional yang independen atas kudeta di Turki bulan lalu. Ia pun siap bertindak kooperatif jika memang penyelidikan itu mengharuskannya diekstradisi ke Turki.

Sabtu, 13/08/2016 09:45 0

Amerika

HRW Salahkan Umat Islam terkait Larangan Aktivitas LGBT di Indonesia

HRW menuding umat Islam bertanggung jawab atas larangan LGBT di Indonesia.

Sabtu, 13/08/2016 08:59 0

Indonesia

Terdakwa Pembunuh Mertua Daeng Koro Akui Seluruh Keterangan Saksi

“Benar pak, tidak ada tanggapan saya,” ujar Fandi dengan nada suara kecil.

Jum'at, 12/08/2016 19:48 0

Indonesia

Sidang Pembunuhan Mertua Daeng Koro: Dua Pengacara Menolak Jadi Kuasa Hukum Terdakwa

“Saya baru tahu hari ini setelah mendengar bahwa yang menjadi korban itu adalah tante saya ibu Nafisa, saya merasa kurang enak menjadi pengacara terdakwa,” ungkap pengacara itu.

Jum'at, 12/08/2016 19:35 0

Foto

Sadis! Begini Cara Iran Eksekusi Mati Tahanan

Cara seperti ini juga dilakukan oleh ISIS di Raqqah di Suriah dan Mosul di Irak.

Jum'at, 12/08/2016 19:00 0

Rohah

Skak Mat, Pendeta Ini Termakan Argumen Sendiri

"Kami menikahi wanita Yahudi karena kami beriman kepada Musa, kami pun menikahi wanita Nasrani karena beriman dengan Isa. Nah, jika kalian beriman kepada Muhammad, kami akan nikahkan kalian dengan anak-anak perempuan kami." kata Imam Al-Baqilani sembari tersenyum.

Jum'at, 12/08/2016 17:17 0

Close