... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Protes Tenaga Asing, Ratusan Warga Iraq di Zubair Turun ke Jalan

Foto: Perusahaan minyak di Basra

KIBLAT.NET, Zubair – Ratusan warga Iraq dari wilayah selatan Iraq di provinsi Zubair turun ke jalan menuntut hak pekerjaan pada Ahad (07/08). Warga pun sempat memblokir jalan menuju ladang minyak sehingga terlibat bentrok dengan aparat keamanan.

Menurut laporan AFP, polisi menahan puluhan demonstran. “Tidak ada korban dari pengunjuk rasa maupun aparat,” kata seorang responden.

Zubair terletak di dekat Basra, kota pelabuhan utama Iraq. Sekitar 450 kilometer (280 mil) tenggara Baghdad.

Para pengunjuk rasa mencoba untuk memblokir akses ke beberapa ladang minyak di wilayah itu untuk untuk menuntut pekerjaan di sektor industri minyak, yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa.

Ekspor dari ladang minyak Iraq selatan sendiri bulan lalu mencapai 3,2 juta barel. Negara ini merupakan produsen minyak nomor empat di dunia dan memiliki cadangan terbesar kelima di dunia.

“Minyak Zubair ini sedang dicuri oleh pencuri,” teriak para pengunjuk rasa. “Ini minyak kita, kita memiliki hak untuk itu.”

“Saya lulus dari teknik komputer lima tahun yang lalu dan saya masih belum menemukan pekerjaan,” kata salah seorang demonstran, Ahmed Hassan al-Tamimi.

Ia pun mengatakan bahwa sebagian besar pemuda di Zubair menganggur. Perusahaan-perusahaan minyak membawa orang-orang dari provinsi lain untuk dipekerjakan.

“Tak ada yang peduli tentang daerah kami karena kami bukan milik pihak manapun dan tidak memiliki koneksi,” imbuhnya.

BACA JUGA  Insiden Desak-desakan di Perayaan Asyura di Karbala, 31 Tewas dan 71 Terluka

Meskipun kaya minyak, wilayah Basra termasuk daerah miskin. Sehingga warga pun melakukan protes keras atas kondisi ini sejak musim panas lalu.

Reporter : Ibas Fuadi
Sumber : AFP

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Akan Menggunakan UU Konflik Sosial untuk Menyelesaikan Kasus Tanjungbalai

"Kepolisian Daerah Sumatera Utara akan menangani kerusuhan di Kota Tanjungbalai dengan menggunakan UU nomor 7 tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial yang lebih mengedepankan aspek kemanusiaan dan kemasyarakatan," katanya seperti dilansir Tribun Medan pada Senin (08/08).

Senin, 08/08/2016 17:20 0

Opini

Adzan, Bukan Hanya Sebuah Panggilan Shalat Jamaah

Di dalam Islam, adzan merupakan syiar yang agung. Mendapatkan keutamaan besar bagi yang mengumandangkannya dan pahala bagi yang menyegerakan penyambutannya. Bagi yang menjawab setiap kalimat adzan yang dikumandangkan muadzin juga akan menjadi sebab penghapusan dosa orang tersebut.

Senin, 08/08/2016 15:30 0

Info Event

Yuk, Ikuti Seminar Kemuslimahan “Hijrah itu Mudah, Istiqomah?” di UMS

IMM Kompon Inter. KH. Mas Mansur UMS) akan mengadakan SEMKESMUS (Seminar Kemuslimah) yang rencana diadakan pada Ahad, 18 September 2016. Bertempat di Gedung Auditorium Moh. Djazman UMS. Ini merupakan kali keduanya IMM Kompon Inter. KH. Mas Mansur UMS akan mengadakan SEMKESMUS.

Ahad, 07/08/2016 06:06 0

Indonesia

6 Anggota Kitabah Gonggong Rebus di Batam Belum Jadi Tersangka

KIBLAT.NET, Batam - Penyidik Densus 88 hingga kini belum menetapkan enam anggota Kitabah Gonggong Rebus (KGR) sebagai tersangka kasus terorisme. Keenam pelaku masih menjalani pemeriksaan untuk mendalami keterlibatan mereka.

Ahad, 07/08/2016 05:29 0

Rohah

Berani Amat Makmum Ini Tampar Imamnya

"Jika kamu menamparnya tanpa alasan, aku akan menghukummu," kata Al-Mutawakil.

Sabtu, 06/08/2016 18:52 0

Info Event

JITU Bandung Gelar Diskusi Kudeta Turki dalam Bingkai Media

Organisasi profesi jurnalis, Jurnalis Islam Bersatu (JITU) cabang Bandung akan menggelar diskusi bertajuk ‘Kudeta Turki dalam Bingkai Media’ bertempat di Gedung Wakaf99, Jl. Sidomukti no 99 H Bandung, Ahad (7/8/2016).

Sabtu, 06/08/2016 13:13 0

Indonesia

Pasukan Tambahan Operasi Tinombala Dipesan untuk Raih Simpati Masyarakat Poso

Saat melakukan pelepasan, ia berpesan kepada para prajurit untuk tetap waspada pada Mujahidin indonesia Timur (MIT) meskipun pemimpin mereka, Santoso telah terbunuh.

Sabtu, 06/08/2016 11:32 0

Indonesia

Lagi, 1 Anggota Kelompok Santoso Menyerahkan Diri

Jumri alias Tamar dengan diantar kakak iparnya, Andreas menemui Satgas Intelijen Imbangan Poso yang dipimpin Letkol Kav. Abdul Rahman pada pukul 04.00 wita di Dusun Ratulene Kelurahan Kasiguncu Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso.

Sabtu, 06/08/2016 10:59 0

Rohah

Subhanallah, Orang Ini Tetap Menyampaikan Ilmu Hingga Ajal Tiba

Saya beranjak pergi, tapi belum lagi sampai pintu keluar, aku mendengar wanita menangis. Ternyata, beliau telah meninggal. Bahkan ketika sakaratul maut menjelang, beliau masih gemar menyampaikan ilmu. Itulah yang nampak dari ulama saleh yang mencintai ilmu dan mengharap keberkahan darinya.”

Sabtu, 06/08/2016 10:52 0

Indonesia

Kasus Siyono Tak Kunjung Selesai, Ini Kata Kuasa Hukum

Ketua tim kuasa hukum keluarga Siyono, Trisno Raharjo mengatakan bahwa ada beberapa saksi yang dipanggil pihak kepolisian untuk diminta keterangan terkait kasus kematian Siyono di tangan Densus 88.

Sabtu, 06/08/2016 08:40 0

Close