... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Polisi Akan Menggunakan UU Konflik Sosial untuk Menyelesaikan Kasus Tanjungbalai

Foto: Kerusuhan di Tanjungbalai.

KIBLAT.NET, Medan – Anggota DPR RI Fadly Nurzal mengungkapkan bahwa penanganan kasus di Tanjungbalai diselesaikan menggunakan undang-undang konflik sosial. Keputusan itu ia dapatkan saat melakukan silaturahim dengan tokoh masyarakat Tanjungbalai dan Asahan bersama Kapolda Sumut Irjen Raden Budi Winarno.

“Kepolisian Daerah Sumatera Utara akan menangani kerusuhan di Kota Tanjungbalai dengan menggunakan UU nomor 7 tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial yang lebih mengedepankan aspek kemanusiaan dan kemasyarakatan,” katanya seperti dilansir Tribun Medan pada Senin (08/08).

“Upaya mengedepankan UU tersebut sangat diperlukan untuk menjaga kekerabatan di Tanjungbalai cukup erat, meski selama ini masyarakatnya multietnis,” sambungnya.

Selain itu ia juga menyesalkan tentang konflik yang terjadi di Tanjungbalai. Ia meminta kepada masyarakat untuk bisa mengambil hikmah dari konflik tersebut dan menjaga hubungan kekerabatan.

“Kita menyesalkan konflik ini terjadi, sungguh ini di luar dugaan. Semoga dengan kejadian ini semua kita dapat mengambil hikmahnya dan menemukan kembali formula yang utuh untuk menjaga kekerabatan itu,” ulasnya.

Sebelumnya, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara juga menyatakan penanganan pasca-kerusuhan bernuansa SARA di Tanjung Balai, Sumatera Utara, sebaiknya tidak menggunakan pendekatan pidana (criminal justice system).

“Pendekatan ini bisa memicu konflik lanjutan yang meluas ke daerah lain. Penanganan kerusuhan di Tanjungbalai harus menggunakan undang-undang Nomor 7 tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial,” kata Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara Abdul Hakim Siagian,” jelasnya.

BACA JUGA  Muslim Life Festival Akan Digelar Lagi Tahun Depan

Reporter: Taufiq Ishak
Sumber: Tribun Medan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Begini Peran Jaisyul Fath dan Fath Halab dalam Pembebasan Aleppo

Mujahidin kemudian melakukan konsolidasi untuk melakukan ofensif dalam rangka menembus blokade musuh dengan fokus di area bagian selatan Aleppo, termasuk distrik Ramousa yang terdapat banyak fasilitas dan instalasi militer.

Senin, 08/08/2016 16:21 0

Opini

Adzan, Bukan Hanya Sebuah Panggilan Shalat Jamaah

Di dalam Islam, adzan merupakan syiar yang agung. Mendapatkan keutamaan besar bagi yang mengumandangkannya dan pahala bagi yang menyegerakan penyambutannya. Bagi yang menjawab setiap kalimat adzan yang dikumandangkan muadzin juga akan menjadi sebab penghapusan dosa orang tersebut.

Senin, 08/08/2016 15:30 0

News

I’dad Diusulkan Masuk dalam Undang-Undang Terorisme

Menurut Tito, UU Terorisme yang saat ini digunakan masih lemah. "Undang-undang ini lemah karena tidak menyebutkan adanya pencegahan terorisme," ungkapnya.

Senin, 08/08/2016 14:30 0

News

“Penanganan Terorisme Jangan Seperti Masa Lalu, Negara Jadi Aktor, Umat Islam Dikorbankan”

"Fakta historis, terjadinya terorisme di Indonesia hampir pelakunya adalah umat Islam. Tapi yang menarik, gerakan komando jihad mereka justru disponsori oleh Intelijen," ungkap Busyro.

Senin, 08/08/2016 13:54 0

Suriah

Warga Aleppo Turun ke Jalan Rayakan Kemenangan Mujahidin

Di lokasi lain di Aleppo Timur, kantor berita Reuters melaporkan bahwa warga hanya bisa turun ke jalan beberapa saat. Mereka membubarkan diri setelah mendengar raungan suara jet tempur dari udara.

Senin, 08/08/2016 09:46 0

Suriah

Allahu Akbar, Mujahidin Jebol Blokade Aleppo

Ahrar Syam melaporkan bahwa pejuangnya berhasil merebut kota Ar-Ramusah di pinggiran Barat Laut Aleppo. Dengan kemajuan ini, tambah pernyataan Ahrar, mujahidin berhasil membuka jalan menuju Aleppo (Timur).

Senin, 08/08/2016 08:55 0

Suriah

Serangan Rezim Targetkan Rumah Sakit, 10 Warga Sipil Suriah Gugur

Dua orang wanita dan tiga anak-anak turut menjadi korban meninggal

Ahad, 07/08/2016 22:16 0

Yaman

Tak Ada Kata Sepakat, Perundingan Yaman Dihentikan Sementara

Akan ada jeda selama satu bulan sebelum muncul keputusan selanjutnya

Ahad, 07/08/2016 10:26 0

Palestina

Israel Membunuh 60 Warga Palestina, Termasuk 16 Anak-Anak Sejak Januari

KIBLAT.NET – Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan Jumat bahwa otoritas pendudukan Israel...

Ahad, 07/08/2016 09:00 0

Iran

Iran Eksekusi 20 Sunni, Ulama: Itu Bisa Kobarkan Ketegangan Sektarian

KIBLAT.NET – Ulama Sunni terkemuka di Iran mengatakan eksekusi terhadap Sunni pekan lalu bisa mengobarkan...

Ahad, 07/08/2016 08:00 0

Close