... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Politisi PDI-P Ini Curiga Ada Permainan Intelijen dalam Kerusuhan Tanjungbalai

Foto: Anggota Komisi C DPRD Sumatera Utara, Sutrisno Pangaribuan.

KIBLAT.NET, Medan – Anggota DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan, mengatakan terjadinya aksi yang berbau SARA di Tanjung Balai, dinilainya sebuah kegagalan Intelijen.

Sebab, semua instansi pemerintahan memiliki fungsi dan tim intelijennya sendiri. Namun, dari semua tim intelijen pemerintahan itu satupun tidak adanya mampu melakukan deteksi dini untuk mencegah adanya aksi tersebut.

“Semua instansi pemerintahan kan ada intelnya. Lalu apa tugas dan fungsi intelijen itu? Bahkan ada yang namanya Badan Intelijen Negara (BIN) apa tugas dan fungsinya? Mengapa justru konflik SARA yang muncul? Jangan-jangan ini dikendalikan oleh mereka (Intelijen),” tutur Sutrisno, Rabu (3/8), seperti dilansir dari Waspada.

Menurutnya, meski Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian membantah adanya gerakan intelijen di Tanjung Balai, namun Politisi PDIP ini berkeyakinan ada pihak-pihak tertentu yang menginginkan terjadinya kerusuhan di Tanjung Balai agar dana dan anggaran pengamanan serta fungsi tertentu dinaikkan atau pebentukan lembaga.

“Saya curiga ada permainan agar anggaran pada bagian dan fungsi tertentu dinaikkan. Namun, bila itu terjadi sangat konyol, mengapa? Sebab, dengan kejadian ini ada warga yang menjadi korban dan dikorbankan justru untuk kepentingan anggaran yang lebih besar. Padahal, tanpa adanya konflik tersebut jika pemerintah daerah meminta anggaran khusus untuk itu (intelijen) kita (DPRD-Sumut) juga akan menganggarkan itu,” ujar Sutrisno.

Ditambahkan, untuk instansi kepolisian saja memiliki Satuan Kerja (Satker) bidang intelijen. Misalnya Polda Sumut memiliki Direktorat Intelkam, Polres Tanjung Balai memiliki Sat Intelkam dan polsek memiliki Unit Intelkam.

BACA JUGA  Musisi Hijrah Minta Jam Pelajaran Agama Anak Sekolah Ditambah

Selain itu, juga ada Satker Bhabinkamtibmas yang sehari-harinya melakukan komunikasi dan pendekatan kepada masyarakat. Namun, dengan adanya kejadian itu dianggap semua Satker telah gagal melaksanakan fungsinya.

“Itu hanya pada isntansi kepolisian saja, belum lagi BIN dalam hal ini yang patut dipertanyakan. Kemudian, pada unsur pemerintahan ada Kesbangpollinmas, serta instani lainnya. Semua telah gagal bekerja,” tegasnya.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Turki ke AS: Tidak Ada Waktu Lagi Menunggu Ekstradisi Gulen

“Kami tidak ada waktu lagi untuk menunggu sampai enam bulan atau satu tahun, dan itu sama sekali tidak bisa diterima,” tegasnya

Rabu, 03/08/2016 13:15 0

Inggris

Koran Inggris Sebut Pertempuran Aleppo Sangat Menentukan

Koran yang berdiri sejak 1785 ini mengatakan bahwa oposisi mengerahkan seluruh kekuatan untuk pertempuran yang bertujuan meruntuhkan pengepungan terhadap Aleppo. Ini merupakan paling penting bagi kedua pihak.

Rabu, 03/08/2016 11:50 0

Artikel

Makna Seruan Adzan Bagi Umat Islam

Ibnu Utsaimin berkata, “Kewajiban adzan dan iqamah telah dinyatakan oleh Nabi SAW dalam banyak riwayat. Keharusan melantunkannya berlaku baik saat menetap atau sedang melakukan safar. Karena pada umumnya waktu shalat tidak diketahui kecuali dengan suara adzan, dan ia merupakan syiar islam yang harus ditampakkan.” (Syarhu Al-Mumti’, 2/38)

Rabu, 03/08/2016 11:17 0

Rohah

Mahalnya Sebuah Hidayah

“Allah telah menunjukkan belas kasihan. Bertaubatlah dan jangan kau ulangi lagi perbuatan itu,” banyak orang menasihatinya.

Rabu, 03/08/2016 10:47 0

Iran

Lagi, Iran Eksekusi Massal Puluhan Tahanan Sunni

Mereka ditangkap atas tuduhan melawan pemerintah, menjadi anggota salafi, melakukan kerusakan dan memerangi Allah dan Rasulnya; tuduhan yang kerap diarahkan kepada warga Ahlussunnah.

Rabu, 03/08/2016 10:17 0

Suriah

Kurangi Tekanan Militer di Aleppo, Pejuang Buka Front di Hama

Wartawan Al-Jazeera mengatakan, operasi itu bertujuan mengurangi tekanan militer di front Aleppo. Mujahidin di Hama sendiri menyebut operasi mereka dengan sandi “Hari Ini Adalah Harimu Wahai Aleppo”.

Rabu, 03/08/2016 09:19 0

Suriah

Mujahidin Suriah Sedikit Lagi Runtuhkan Pengepungan Aleppo

Wartawan Al-Jazeera melaporkan, saat ini posisi pejuang Suriah hanya tiga kilometer dari wilayah yang dikepung oleh militer Suriah.

Rabu, 03/08/2016 08:19 0

Yaman

Drone AS Kembali Beraksi di Yaman, Delapan Anggota AQAP Terbunuh

Di sisi lain, warga Yaman menolak keras serangan drone di wilayahnya. Hal itu karena drone AS kerap melakukan serangan salah sasaran sehingga mengakibatkan banyak korban sipil. Rudal drone juga kerap diluncurkan menargetkan kumpulan sipil, hanya lantaran ada seorang anggota Al-Qaidah di tempat itu

Rabu, 03/08/2016 07:45 0

Suriah

Video: Ledakan Besar Akibatkan Pasukan Assad Tewas Berhamburan di Udara

Puluhan pasukan Assad tewas oleh pemboman yang dilakukan oleh pasukan oposisi. Bom mengakibatkan ledakan dahsyat di sebuah terowongan di Ramouseh, daerah pedesaan selatan Aleppo, Selasa (2/8).

Rabu, 03/08/2016 07:13 0

Suriah

Tim Evakuasi Korban Perang Suriah: Gas Beracun Dijatuhkan Helikopter Rusia

Sebuah layanan pertolongan untuk korban perang Suriah yang beroperasi di wilayah yang dikuasai oposisi, mengatakan helikopter Rusia menjatuhkan kontainer gas beracun di sebuah kota Saraqeb, Selasa (2/8).

Rabu, 03/08/2016 06:47 0

Close