... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dinilai Sebarkan Hate Speech Terkait Ricuh Tanjungbalai, Pria Ini Diciduk Polisi

Foto: Kerusuhan di Tanjungbalai

KIBLAT.NET, Jakarta – Seorang pria berinisial AT (41) warga Jagakarsa, Jakarta Selatan ditangkap polisi karena dinilai menyebarkan ujian kebencian di media sosial terkait kericuhan di Tanjungbalai.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus AKBP Hengki Haryadi mengatakan, AT menyebarkan ujaran kebencian tersebut di akun Facebook pribadinya. AT menuliskan ujaran kebencian tersebut tanggal 31 Juli lalu.

“Pelaku membuat akun Facebook menggunakan handphone-nya. Dia menulis status yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan terkait kericuhan di Tanjungbalai,” ujar Hengki di Mapolda Metro Jaya, Selasa (02/08).

Dalam statusnya AT menulis: “Tanjung Balai Medan Rusuh 30 Juli 2016!! 6 Vihara dibakar buat Saudara Muslimku mari rapatkan barisan… Kita buat tragedi 98 terulang kembali Allahu Akbar”.

Penangkapan AT, kata Hengki, untuk menindaklanjuti perintah Kapolri yang memerintahkan agar para pelaku ujaran kebencian di media sosial. Untuk itu, Polda Metro Jaya membuat satgas gabungan dan melakukan patroli cyber untuk mencari para pelaku.

“Berdasarkan analisis atas kejadian yang ada dan meneruskan perintah Kapolri, kami membuat satgas gabungan dan melakukan monitoring dan patroli cyber hingga akhirnya AT ini kami tangkap,” ungkapnya.

Hengki pun berujar akan menangkap siapa saja yang melakukan perbuatan tersebut. “Ini contoh bagi yang lain. Jangan coba coba berbuat seperti ini, akan kami kejar,” tegasnya.

AT ditangkap di kediamannya pada pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Menurut hasil pemeriksaan, AT menyebarluaskan ujaran kebencian tersebut di dua akun Facebook miliknya. Barang bukti yang disita dari hasil perbuatan AT berupa satu buah laptop, dua buah handphone, dan satu buah tab.

BACA JUGA  Raker Dengan Kemenag, DPR Singgung Disertasi Seks Pranikah

Dengan ini, AT terancam dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) dan atau Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 156 KUHP dan atau 160 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman penjara selama enam tahun.

Reporter : Ibas Fuadi
Sumber : Kompas, Kabar24

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rohah

Gambaran Sosok Ali yang Membuat Muawiyah Menangis

KIBLAT.NET – Setelah Ali wafat, Mu’awiah bin Abi Sufyan berkata kepada Dirar bin Dhamrah: “Gambarkan sosok...

Selasa, 02/08/2016 15:13 0

Artikel

Inilah Rambu-Rambu Jihad bagi Para Muslimah

Dalam kajian fikih, para ulama sepakat bahwa kaum wanita dibolehkan terlibat dalam amal jihad. Keikutsertaan mereka dalam medan jihad untuk mendukung kaum muslimin di barisan belakang, yaitu mengobati serta merawat yang teluka, menyiapkan minum dan sebagainya.

Selasa, 02/08/2016 14:30 0

Suriah

Rabithah Ulama Syam Beri Selamat atas Terbentuknya Jabhah Fath Syam

Para ulama kemudian mewasiatkan kepada para mujahidin untuk menghindarkan dan memandang rendah setiap ikatan yang bergerak tanpa persatuan dan perkumpulan.

Selasa, 02/08/2016 12:56 0

Analisis

Bercerai untuk Menang, Catatan Pisahnya Jabhah Nusrah dari Al-Qaidah

Kemunculan Al-Jaulani dalam rekaman video pada 28 Juli 2016 itu membawa banyak pesan lain. Untuk AS, Rusia dan para pengeroyok rakyat Suriah, mengirimkan pesan; inilah wajahku yang selama ini kalian cari! Ini jelas tamparan keras untuk AS, yang belum lama berhasil mengeksekusi Mullah Akhtar Manshur, pimpinan Taliban Afghanistan dengan mengirimkan drone yang menghajar mobilnya.

Selasa, 02/08/2016 12:04 1

Manhaj

Amalan Jihad bagi Wanita Muslimah, Apa Hukumnya?

Dalam catatan sejarah Islam, Keterlibatan wanita muslimah dalam medan jihad bukanlah perkara yang asing.

Selasa, 02/08/2016 11:30 0

Suriah

Mujahidin Raih Kemajuan Besar di Aleppo

Sebanyak 10 ribu pejuang lengkap dengan senjata berat diturunkan dalam pertempuran tersebut.

Selasa, 02/08/2016 10:39 0

Arab Saudi

Saudi: Perselisihan Kami dengan Rusia Tak Pengaruhi Tingkat Kerja Sama

“Rusia menghormati prinsip kedaulatan negara, itulah yang meyakinkan Kerajaan,” ujar Jubair.

Selasa, 02/08/2016 09:50 0

Prancis

Prancis Segel 20 Masjid dan Usir 80 Imam

Dia menegaskan, tidak ada tempat bagi masjid yang menyeru pada “kebencian” di Perancis.

Selasa, 02/08/2016 09:20 0

Video Kajian

Tadzkira: Tanyakan Tentangku Pada Rabbmu!

Rosul pernah bersabda bahwa meraka yang tidak menemukan mereka (sahabat-sahabat yang dulu mereka sholat dan beribadah bersama mereka) kelak di surga. Kemudian Allahpun memerintahkan untuk menjemput dan mengeluarkan sahabat-sahabat mereka dari nerak

Selasa, 02/08/2016 08:41 0

Suriah

Rusia Derita Kerugian Paling Besar Sejak Intervensi Suriah

Kepala Operasi Staf Umum Angkatan Darat Pasukan Rusia, Jenderal Sergey Rodsqui dalam jumpa pers di Dephan Rusia tidak menyinggung insiden tersebut. Dia hanya melaporkan rincian operasi, yang ia sebut operasi kemenusiaan pasukannya di Aleppo.

Selasa, 02/08/2016 08:17 0

Close