Cegah Terorisme, Konferensi Internasional di Lombok Kembangkan Sikap Islam Wasathiyah

KIBLAT.NET, Lombok – Majelis Ulama Indonesia bersama dengan Ikatan Ulama Sedunia (Rabithah Alam Islami) telah menyelenggarakan konferensi tingkat internasional bertempat di Hotel Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara.

Acara bertajuk “International Conference on Counter Terrorism and Sectarianism: Sikap Wasathiyah untuk Mencegah Terorisme dan Sektarianisme” ini turut difasilitasi pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sekjen ulama Rabithah Alam Islami Syaikh Abdullah Abdul Muhsin At-Turki dan H. Muhammad Amin selaku Wakil Gubernur Nusa membuka konferensi ini pada hari Sabtu, 30 Juli 2016. Sejumlah hadirin dari berbagai perwakilan ketua MUI Provinsi maupun Kabupaten/Kota se tanah air turut memadati acara.

Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, sebagai wakil Ketua MUI Pusat dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa dalam menyikapi terorisme setidaknya umat Islam harus bersikap pertengahan dengan mengutamakan nilai-nilai yang adil, seimbang, tegas dan proporsional.

“Adapun, bagaimana dan kapan sikap washatiyah itu tidak terlepas dari realita, situasi kondisi umat yang terus dinamis,” papar Yunahar saat bertindak sebagai pemateri dari MUI Pusat.

Menurutnya, peranan ulama dalam bersikap washatiyah selain harus ditunjang dengan kemampuan bekal keilmuan dan rasa takut pada Allah, hendaknya ulama juga memiliki rasa perhatian terhadap setiap urusan kaum muslimin, sehingga mampu mengawal dan mengarahkan umat Islam menuju umat yang berkualitas.

Sembari mengutip Surat Al-Anfal ayat 60, beliau menegaskan bahwasanya mempersiapkan diri dalam segala aspeknya dalam menyusun kekuatan untuk umat adalah bagian penting yang harus dipersiapkan. “Karena dengan memiliki kekuatan itulah umat Islam memiliki izzah (kemuliaan, red) dan memiliki wibawa yang tidak bisa dianggap remeh oleh kalangan manapun,” jelasnya.

Sesi acara ditutup dengan penyerahan tanda penghargaan oleh Syaikh Abdullah Abdul Muhsin At-Turki kepada para pemateri, termasuk juga Dr. Hidayat Nurwahid yang menjadi pemateri dalam sesi tersebut.

 

BACA JUGA  Dewan Dakwah Beri Penghargaan Pilot SJI82 Sebagai Pilot Teladan

Reporter: Ali Azmi
Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat