... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cegah Terorisme, Konferensi Internasional di Lombok Kembangkan Sikap Islam Wasathiyah

Foto: Acara bertajuk "International Conference on Counter Terrorism and Sectarianism: Sikap Wasathiyah untuk Mencegah Terorisme dan Sektarianisme" ini turut difasilitasi pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat. Foto: Ali Azmi

KIBLAT.NET, Lombok – Majelis Ulama Indonesia bersama dengan Ikatan Ulama Sedunia (Rabithah Alam Islami) telah menyelenggarakan konferensi tingkat internasional bertempat di Hotel Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara.

Acara bertajuk “International Conference on Counter Terrorism and Sectarianism: Sikap Wasathiyah untuk Mencegah Terorisme dan Sektarianisme” ini turut difasilitasi pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sekjen ulama Rabithah Alam Islami Syaikh Abdullah Abdul Muhsin At-Turki dan H. Muhammad Amin selaku Wakil Gubernur Nusa membuka konferensi ini pada hari Sabtu, 30 Juli 2016. Sejumlah hadirin dari berbagai perwakilan ketua MUI Provinsi maupun Kabupaten/Kota se tanah air turut memadati acara.

Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, sebagai wakil Ketua MUI Pusat dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa dalam menyikapi terorisme setidaknya umat Islam harus bersikap pertengahan dengan mengutamakan nilai-nilai yang adil, seimbang, tegas dan proporsional.

“Adapun, bagaimana dan kapan sikap washatiyah itu tidak terlepas dari realita, situasi kondisi umat yang terus dinamis,” papar Yunahar saat bertindak sebagai pemateri dari MUI Pusat.

Menurutnya, peranan ulama dalam bersikap washatiyah selain harus ditunjang dengan kemampuan bekal keilmuan dan rasa takut pada Allah, hendaknya ulama juga memiliki rasa perhatian terhadap setiap urusan kaum muslimin, sehingga mampu mengawal dan mengarahkan umat Islam menuju umat yang berkualitas.

Sembari mengutip Surat Al-Anfal ayat 60, beliau menegaskan bahwasanya mempersiapkan diri dalam segala aspeknya dalam menyusun kekuatan untuk umat adalah bagian penting yang harus dipersiapkan. “Karena dengan memiliki kekuatan itulah umat Islam memiliki izzah (kemuliaan, red) dan memiliki wibawa yang tidak bisa dianggap remeh oleh kalangan manapun,” jelasnya.

Sesi acara ditutup dengan penyerahan tanda penghargaan oleh Syaikh Abdullah Abdul Muhsin At-Turki kepada para pemateri, termasuk juga Dr. Hidayat Nurwahid yang menjadi pemateri dalam sesi tersebut.

 

BACA JUGA  Perkuat Jaringan di Timur Tengah, KAMMI Libya Dideklarasikan

Reporter: Ali Azmi
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Helikopter Rusia Jatuh di Dekat Aleppo, Nasib 5 Penumpang Belum Diketahui

Departemen Pertahanan Rusia sendiri juga mengakui bahwa helikopternya telah jatuh di Suriah dengan lima penumpang yang belum diketahui nasibnya.

Senin, 01/08/2016 17:57 0

Opini

Penerapan Islam Kaffah, Kunci Keberhasilan Pendidikan

Sesungguhnya mahalnya biaya pendidikan menjadi sebuah indikasi, bahwa pendidikan telah menjadi salah satu lahan menggiurkan untuk diperjual belikan. Kapitalisasi pendidikan tidak lepas dari dampak yang ditimbulkan dari penerapan sistem yang hanya berpihak pada pemilik modal.

Senin, 01/08/2016 17:51 0

Afghanistan

Taliban Kuasai Wilayah Strategis di Helmand

Dari sini, Taliban setidaknya telah menguasai 60 persen wilayah Helmand.

Senin, 01/08/2016 16:32 0

Turki

Turki Tangkap 11 Orang yang Akan Menculik Erdogan

Sebanyak 11 tentara ditangkap pasukan khusus Turki karena diduga terlibat usaha penculikan presiden Recep Tayyip Erdogan saat kudeta 15 Juli lalu.

Senin, 01/08/2016 14:05 0

Afghanistan

Bom Taliban Guncang Kompleks Militer Asing di Kabul

Menurut Taliban, meski target operasi terletak di dekat komplek sipil namun tak ada warga sipil yang turut menjadi korban.

Senin, 01/08/2016 13:35 0

Analisis

Barat Khawatir Setelah JN Berpisah dari Al-Qaidah Akan Banjir Dukungan

Kepala bagian penerangan Gedung Putih, Josh Earnest, mengkonfirmasi pekan ini bahwa pemerintah meyakini Jabhah Nusrah telah berkembang menjadi ancaman yang semakin besar bagi negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Senin, 01/08/2016 12:48 0

Suriah

Jaisyul Fath Gelar Operasi Pembebasan Seluruh Blokade Rezim di Aleppo

Pada saat bersamaan, Syaikh Abdullah Al Muhaisini selaku Qadhi aliansi Jaisyul Fath secara resmi mendeklarasikan dimulainya operasi Aleppo jilid II, yang dinamakan "Operasi Mematahkan Blokade". Operasi ini memiliki target pembebesan terhadap keseluruhan wilayah Aleppo.

Senin, 01/08/2016 11:22 0

Suriah

Video: Ribuan Warga Sipil Sambut Jihadis Untuk Bebaskan Kota Aleppo

Ribuan warga sipil di kota Aleppo yang terkepung turun ke jalan hari ini (Senin (1/8) untuk mendukung jihadis yang datang untuk membebaskan kota mereka. Selama beberapa pekan terakhir, warga sipil Aleppo dikepung oleh rezim Assad. Pasukan rezim Suriah dan milisi Iran, Selasa (26/07), telah memutus seluruh jalur logistik menuju wilayah yang dikontrol oposisi di Suriah Utara itu.

Senin, 01/08/2016 08:30 0

Foto

Bantu Jihadis, Warga Sipil Bakar Ban Untuk Butakan Pesawat Tempur

KIBLAT.NET – Pertempuran sengit sedang berlangsung di Aleppo sejak Minggu (31/7). Serangan ofensif diluncurkan oleh...

Senin, 01/08/2016 07:30 0

Suriah

Jihadis Luncurkan Ofensif Untuk Pecahkan Pengepungan Aleppo

Pejuang Islam Suriah meluncurkan serangan besar di bagian barat daya Aleppo yang dikuasai rezim Assad, Minggu (31/7). Serangan bertujuan untuk memecahkan pengepungan yang daerah yang mereka kuasai oleh pasukan rezim dan sekutunya. Sebuah pusat komando militer oposisi, yang mencakup kelompok yang baru terbentuk Jabhah Fath Syam, dan juga Ahrar Syam.

Senin, 01/08/2016 06:36 0

Close