... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

BNPT: Program Deradikalisasi Napi Teroris Harus Dilakukan Secara Intensif

Foto: Suhardi Alius jabat Kepala BNPT.

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius mengatakan pihaknya tengah memetakan sel jaringan teroris yang masih tersisa pasca kematian Santoso. Selain melakukan pemetaan, BNPT mengoptimalkan program deradikalisasi.

“Siapa yang jamin sudah habis? Jangankan di kota di Amerika, Eropa, negara maju sehebat Eropa Barat dengan teknologi luar biasa kebobolan juga. kita sudah pemetaan termasuk napi yang sudah selesai,” kata Suhardi usai bertemu Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

Menurut Suhardi, program deradikalisasi bagi napi terorisme harus dilakukan secara intens. Suhardi ingin memastikan program ini efektif sehingga paham terorisme tidak lagi tumbuh.

“Napi yang sudah selesai kita awasi kembali, jangan dilepaskan. Tadi katanya kan (Santoso) produk (deradikalisasi), ya itu dilepas lagi. Mungkin bisa secara intens kita bisa monitor, audiensi, dengan sentuhan-sentuhan persuasif mudah-mudahan,” imbuhnya.

Sementara itu, saat disinggung soal revisi UU Pemberantasan Terorisme, Suhardi mempercayakan pembahasannya ke DPR. Menurut Suhardi RUU penting disahkan segera untuk mengakomodir aturan baru mengenai penanganan terorisme.

“Regulasi UU itu dibatasi ruang dan waktu, mungkin tahun 2003 cukup begitu. Tapi dalam perjalanannya kita butuh ada ruang yang bisa mengantisipasi. Sama kan. (Soal) siber, mana kenal kita 90-an sama siber ya kan? Sekarang sudah luar biasa, hitungan detik seluruh dunia tahu. Itu masalah yang harus kita waspadai juga berkaitan dengan terorisme,” imbuh dia.

BACA JUGA  Pelapor: Kasus Sukmawati Bisa Seperti Ahok

Penanganan penyebaran paham terorisme melalui internet sambung Suhardi juga sangat penting dilakukan. “Dulu namanya membahayakan orang itu harus bertatap muka, bertemu fisik sekarang lewat IT. Perkawinan satelit sama internet sudah borderless (tanpa batas),” ujarnya.

Sedangkan soal pelibatan TNI untuk diberi tambahan kewenangan menangani terorisme, Suhardi menyerahkannya ke DPR. “Itu nanti kan keputusan politik. Lihat masing-masing latar belakang dan sebagainya. Kita di BNPT ada unsur TNI nya juga kan, di bidang pencegahan dan sebagainya,” katanya.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Sumber: Detik.com

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Helikopter Rusia Jatuh di Dekat Aleppo, Nasib 5 Penumpang Belum Diketahui

Departemen Pertahanan Rusia sendiri juga mengakui bahwa helikopternya telah jatuh di Suriah dengan lima penumpang yang belum diketahui nasibnya.

Senin, 01/08/2016 17:57 0

Opini

Penerapan Islam Kaffah, Kunci Keberhasilan Pendidikan

Sesungguhnya mahalnya biaya pendidikan menjadi sebuah indikasi, bahwa pendidikan telah menjadi salah satu lahan menggiurkan untuk diperjual belikan. Kapitalisasi pendidikan tidak lepas dari dampak yang ditimbulkan dari penerapan sistem yang hanya berpihak pada pemilik modal.

Senin, 01/08/2016 17:51 0

Afghanistan

Taliban Kuasai Wilayah Strategis di Helmand

Dari sini, Taliban setidaknya telah menguasai 60 persen wilayah Helmand.

Senin, 01/08/2016 16:32 0

Turki

Turki Tangkap 11 Orang yang Akan Menculik Erdogan

Sebanyak 11 tentara ditangkap pasukan khusus Turki karena diduga terlibat usaha penculikan presiden Recep Tayyip Erdogan saat kudeta 15 Juli lalu.

Senin, 01/08/2016 14:05 0

Afghanistan

Bom Taliban Guncang Kompleks Militer Asing di Kabul

Menurut Taliban, meski target operasi terletak di dekat komplek sipil namun tak ada warga sipil yang turut menjadi korban.

Senin, 01/08/2016 13:35 0

Analisis

Barat Khawatir Setelah JN Berpisah dari Al-Qaidah Akan Banjir Dukungan

Kepala bagian penerangan Gedung Putih, Josh Earnest, mengkonfirmasi pekan ini bahwa pemerintah meyakini Jabhah Nusrah telah berkembang menjadi ancaman yang semakin besar bagi negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Senin, 01/08/2016 12:48 0

Suriah

Jaisyul Fath Gelar Operasi Pembebasan Seluruh Blokade Rezim di Aleppo

Pada saat bersamaan, Syaikh Abdullah Al Muhaisini selaku Qadhi aliansi Jaisyul Fath secara resmi mendeklarasikan dimulainya operasi Aleppo jilid II, yang dinamakan "Operasi Mematahkan Blokade". Operasi ini memiliki target pembebesan terhadap keseluruhan wilayah Aleppo.

Senin, 01/08/2016 11:22 0

Suriah

Video: Ribuan Warga Sipil Sambut Jihadis Untuk Bebaskan Kota Aleppo

Ribuan warga sipil di kota Aleppo yang terkepung turun ke jalan hari ini (Senin (1/8) untuk mendukung jihadis yang datang untuk membebaskan kota mereka. Selama beberapa pekan terakhir, warga sipil Aleppo dikepung oleh rezim Assad. Pasukan rezim Suriah dan milisi Iran, Selasa (26/07), telah memutus seluruh jalur logistik menuju wilayah yang dikontrol oposisi di Suriah Utara itu.

Senin, 01/08/2016 08:30 0

Foto

Bantu Jihadis, Warga Sipil Bakar Ban Untuk Butakan Pesawat Tempur

KIBLAT.NET – Pertempuran sengit sedang berlangsung di Aleppo sejak Minggu (31/7). Serangan ofensif diluncurkan oleh...

Senin, 01/08/2016 07:30 0

Suriah

Jihadis Luncurkan Ofensif Untuk Pecahkan Pengepungan Aleppo

Pejuang Islam Suriah meluncurkan serangan besar di bagian barat daya Aleppo yang dikuasai rezim Assad, Minggu (31/7). Serangan bertujuan untuk memecahkan pengepungan yang daerah yang mereka kuasai oleh pasukan rezim dan sekutunya. Sebuah pusat komando militer oposisi, yang mencakup kelompok yang baru terbentuk Jabhah Fath Syam, dan juga Ahrar Syam.

Senin, 01/08/2016 06:36 0

Close