... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

12 Pelaku Kerusuhan di Tanjung Balai Jadi Tersangka, Meliana Baru Sebatas Saksi

Foto: Meliana, (lingkaran kuning) diduga sebagai pemicu kerusuhan Tanjungbalai.

KIBLAT.NET, Tanjung Balai – Polda Sumut telah menetapkan 7 orang tersangka dalam kasus kerusuhan berbau SARA di Tanjung Balai, Medan, Sumatera Utara.

“Situasi sudah terkendali dan saat ini sudah kondusif. Kita menetapkan 7 orang tersangka untuk kerusuhan di Tanjung Balai. Proses hukum tetap berjalan, tapi saat ini kita lebih mengutamakan situasi,” terang Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, pada Ahad (31/07).

Menurutnya, warga yang telah ditetapkan sebagai tersangka merupakan pelaku kerusuhan. Sementara, Meliana (seblumnya diberitakan Erliana), wanita etnis Tionghoa yang meminta pengurus Masjid Al-Makhsun untuk mengecilkamn suara mikropon masjidsehingga memicu kerusuhan tidak dijadikan sebagai tersangka.

“Kalau Meliana tidak, dia bukan tersangka. Dia sebagai saksi,” tambah Rina.

Disinggung soal ucapan Meliana yang berujung pada kerusuhan, Kombes Rina tidak bersedia memberikan komentar. Dia hanya menyebut, 7 tersangka itu merupakan pelaku langsung kerusuhan. “Belum lah ya, belum mengarah ke situ (maksudnya tersangka),” pungkasnya.

Secara keseluruhan, Kepolisian RI telah menetapkan 12 tersangka yang diduga terlibat kerusuhan di Tanjungbalai, Sumatera Utara, Jumat (29/7/2016) hingga Sabtu (30/7/2016) pagi.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, selain proses hukum, pemulihan kondisi juga dilakukan di sekitar lokasi kejadian.

“Empat tersangka dalam perusakan, delapan tersangka dalam kasus penjarahan,” ujar Martinus di Mabes Polri, Jakarta, Senin (1/8/2016).

BACA JUGA  FPI: Habib Rizieq Dicekal Saudi Karena Alasan Keamanan

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Sumber: Medansatu.com

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “12 Pelaku Kerusuhan di Tanjung Balai Jadi Tersangka, Meliana Baru Sebatas Saksi”

  1. Zen

    Provokator utama itu yang mengucapkan “sesuatu” yang membuat umat islam di tanjung balai sakit hati dan marah.
    Kalau yang di jadikan tersangka hanya sebagian umat muslim yg ikut membakar vihara saja itu tidak adil. Itu akan semakin menyakitkan perasaan umat islam dan akan membangkitkan kebencian yang lebih dalam, bisa jadi umat islam lainnya akan turut emosi dan akan terjadi kekacaauan yang lebig besar!!!.
    Makanya POLRI dan pemerintah harus berusaha adil dan hati-hati dalam menyikapi.
    NGOMONG-NGOMONG, PERUSUH PEMBAKAR MASJID DARI KELOMPOK GIDI DI PAPUA YANG SUKA MENGIBARKAN BENDERA ISRAEL SEKARANG PERKEMBANGANNYA GIMANA? PROVOKATOR DAN PELAKUNYA SUDAH DI TANGKAP DAN DI PENJARA APA BELUM?
    BUKANKAH MEREKA LEBIH BERBAHAYA? MENGIBARKAN BENDERA ISRAEL APA BUKAN TERMASUK TINDAKAN MAKAR DAN APA JUGA TIDAK BISA DISEBUT SEBAGAI SEPARATIS?!.
    Coba pak JOKOWI dan pak KAPOLRI bisa bertindak adil tidak?!!!.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Helikopter Rusia Jatuh di Dekat Aleppo, Nasib 5 Penumpang Belum Diketahui

Departemen Pertahanan Rusia sendiri juga mengakui bahwa helikopternya telah jatuh di Suriah dengan lima penumpang yang belum diketahui nasibnya.

Senin, 01/08/2016 17:57 0

Opini

Penerapan Islam Kaffah, Kunci Keberhasilan Pendidikan

Sesungguhnya mahalnya biaya pendidikan menjadi sebuah indikasi, bahwa pendidikan telah menjadi salah satu lahan menggiurkan untuk diperjual belikan. Kapitalisasi pendidikan tidak lepas dari dampak yang ditimbulkan dari penerapan sistem yang hanya berpihak pada pemilik modal.

Senin, 01/08/2016 17:51 0

Afghanistan

Taliban Kuasai Wilayah Strategis di Helmand

Dari sini, Taliban setidaknya telah menguasai 60 persen wilayah Helmand.

Senin, 01/08/2016 16:32 0

Turki

Turki Tangkap 11 Orang yang Akan Menculik Erdogan

Sebanyak 11 tentara ditangkap pasukan khusus Turki karena diduga terlibat usaha penculikan presiden Recep Tayyip Erdogan saat kudeta 15 Juli lalu.

Senin, 01/08/2016 14:05 0

Afghanistan

Bom Taliban Guncang Kompleks Militer Asing di Kabul

Menurut Taliban, meski target operasi terletak di dekat komplek sipil namun tak ada warga sipil yang turut menjadi korban.

Senin, 01/08/2016 13:35 0

Analisis

Barat Khawatir Setelah JN Berpisah dari Al-Qaidah Akan Banjir Dukungan

Kepala bagian penerangan Gedung Putih, Josh Earnest, mengkonfirmasi pekan ini bahwa pemerintah meyakini Jabhah Nusrah telah berkembang menjadi ancaman yang semakin besar bagi negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Senin, 01/08/2016 12:48 0

Suriah

Jaisyul Fath Gelar Operasi Pembebasan Seluruh Blokade Rezim di Aleppo

Pada saat bersamaan, Syaikh Abdullah Al Muhaisini selaku Qadhi aliansi Jaisyul Fath secara resmi mendeklarasikan dimulainya operasi Aleppo jilid II, yang dinamakan "Operasi Mematahkan Blokade". Operasi ini memiliki target pembebesan terhadap keseluruhan wilayah Aleppo.

Senin, 01/08/2016 11:22 0

Suriah

Video: Ribuan Warga Sipil Sambut Jihadis Untuk Bebaskan Kota Aleppo

Ribuan warga sipil di kota Aleppo yang terkepung turun ke jalan hari ini (Senin (1/8) untuk mendukung jihadis yang datang untuk membebaskan kota mereka. Selama beberapa pekan terakhir, warga sipil Aleppo dikepung oleh rezim Assad. Pasukan rezim Suriah dan milisi Iran, Selasa (26/07), telah memutus seluruh jalur logistik menuju wilayah yang dikontrol oposisi di Suriah Utara itu.

Senin, 01/08/2016 08:30 0

Foto

Bantu Jihadis, Warga Sipil Bakar Ban Untuk Butakan Pesawat Tempur

KIBLAT.NET – Pertempuran sengit sedang berlangsung di Aleppo sejak Minggu (31/7). Serangan ofensif diluncurkan oleh...

Senin, 01/08/2016 07:30 0

Suriah

Jihadis Luncurkan Ofensif Untuk Pecahkan Pengepungan Aleppo

Pejuang Islam Suriah meluncurkan serangan besar di bagian barat daya Aleppo yang dikuasai rezim Assad, Minggu (31/7). Serangan bertujuan untuk memecahkan pengepungan yang daerah yang mereka kuasai oleh pasukan rezim dan sekutunya. Sebuah pusat komando militer oposisi, yang mencakup kelompok yang baru terbentuk Jabhah Fath Syam, dan juga Ahrar Syam.

Senin, 01/08/2016 06:36 0

Close