... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tahun Persatuan Jadi Harapan Setelah Nusrah Lepas dari Al-Qaidah

Foto: Tahun Persatuan

KIBLAT.NET – Setelah Abu Muhammad Al-Jaulani mengumumkan perlepasan Jabhah Nusrah dari organisasi Al-Qaidah, banyak pihak berharap langkah ini menjadi awal persatuan semua faksi Islamis dalam konteks perang Suriah. Beberapa ulama dan netizen menggelar kampanye Tahun Persatuan di media sosial dengan hashtag #عام_الجماعة.

Upaya persatuan kelompok-kelompok bersenjata  dalam revolusi Suriah telah lama diperjuangkan. Namun keberadaan Jabhah Nusrah yang berbaiat kepada Al-Qaidah menjadi kendala dan alasan untuk persatuan.

“Setelah lepas ikatan (Nusrah dari Al-Qaidah), tidak ada lagi alasan bagi faksi mana pun untuk menolak persatuan,” kata Dr. Abu Hamzah di akunnya.

Itulah sebabnya, pegiat media sosial yang menyebut dirinya Bahits Syar’i mengajak, “(Jabhah) Fath Syam, Ahrar Syam, Jabhah Syamiyah dan seluruh faksi, bersatulah untuk Syam dan penduduk Syam.”

Ulama yang telah lama menyerukan persatuan, Dr Abdullah Al-Muhaisini, juga menyerukan hal yang sama. “Wahai para pemimpin, waspadailah egoisme, karena ia memakai topeng maslahat, lalu membisikkan khayalan kepada kalian bahwa perpecahan itu maslahat.  Padahal itu hanyalah godaan  dalam jiwa yang tidak kalian sadari,” ungkapnya.

Al-Muhaisini menambahkan, mewakili dirinya  sebagai mujahid di Suriah dan ribuan syuhada, ia mengajak seluruh pemimpin kelompok untuk bertakwa kepada Allah. Ia mengingatkan bahwa mereka tidaklah berperang di bawah panji mereka untuk mempertahankan kedudukan sendiri-sendiri.

Seperti disebut oleh Dr. Ahmad Muwaffiq Zaidan, Tahun Persatuan yang diungkapkan dalam bahasa Arab dengan istilah ‘Am Al-Jama’ah pernah terjadi dalam sejarah Islam. Tahun Persatuan diprakarsai oleh Hasan bin Ali bin Abdul Muthallib setelah terjadi perselisihan di antara para sahabat.

BACA JUGA  Pria Asal Sukabumi Ini Rela Berkuda untuk Hadiri Reuni 212

“Menunggu sosok yang akan menempuh jalan Hasan r.a. dan mengutamakan maslahat Syam daripada maslahat faksi dan pribadi, untuk mengembalikan umat dalam Tahun Persatuan,” harapnya yang ditulis di Twitter.

 

Reporter: Salem

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kisruh Etnis di Tanjungbalai Tak Cuma Sekali, Aparat Dinilai Kurang Tanggap Situasi

"Tanjungbalai sendiri tergolong daerah rawan konflik akibat kurang pedulinya jajaran aparat keamanan terhadap situasi sosial, bahkan cenderung berkolusi dengan pihak tertentu dan membiarkan berkembangnya mafioso di daerahnya," ungkap Neta.

Sabtu, 30/07/2016 16:52 0

Artikel

Ini Jihad Santo

Semua itu bukan hanya untuk dirinya semata. Semua untuk Sunil yang ditembak mati oleh oknum polisi di terminal Kasintuwu kota Poso, Ahmad Sutomo pemuda tujuh belas tahun yang tewas ditembak oleh oknum polisi juga di Mapane Poso Pesisir, Safruddin Buhaeli yang masih berusia enam belas tahun, harus meregang nyawa karena ditembak polisi di Bonesompe Poso Kota, begitu juga Amisudin yang wafat ditembak oknum polisi di Tabalu Poso Pesisir. Mereka ditembak mati tanpa sebuah alasan, mereka semua bukan pelaku kriminal, bukan teroris, bukan pula kelompok orang yang tergolong DPO.

Sabtu, 30/07/2016 14:00 0

Indonesia

Kerusuhan Antar Etnis di Tanjungbalai, 8 Kelenteng dan 2 Vihara Dibakar Warga

KIBLAT.NET, Tanjungbalai – Berikut ini kronologis kerusuhan antara warga Tanjungbalai dengan masyarakat etnis Tionghoa pada...

Sabtu, 30/07/2016 13:09 0

Rohah

Wanita Mulia yang Syahid di Kediamannya

Nabi berkata kepadanya, “Wahai Ummu Waraqah, tinggallah di rumahmu. Allah akan memberi kesyahidan di rumahmu.”

Sabtu, 30/07/2016 13:00 0

Profil

Zainab Al-Ghazali, Srikandi Islam Asal Mesir (1/2)

Sebuah ketegaran dan ketegasan yang patut diteladani. Karakter seperti inilah yang akan mengantarkan Islam kembali pada kejayaannya. Selain kisah-kisah keberaniannya, wanita Mesir ini juga mempunyai cerita-cerita ketika mendapatkan karamah dari Allah. Siapakah gerangan wanita pemberani ini? Tokoh yang disebut-sebut syaikh Abdullah Azzam dalam ceramahnya ini adalah Zainab Muhammad Al-Ghazali al-Jibili atau lebih dikenal dengan nama Zainab Al-Ghazali.

Sabtu, 30/07/2016 11:46 0

Video News

[Video] Tanggapan Al-Qaidah Atas Pelepasan Jabhah Nusrah dari Ikatan Organisasi

Jabhah Nusrah resmi melepaskan baiat dari Al-Qaidah. Keputusan itu diambil setelah melalui pertimbangan yang cukup lama. Apa reaksi Al-Qaidah? Apakah sama dengan ISIS ketika Al-Jaulani mengumumkan berlepas dari kepemimpinan Al-Baghdadi?

Jum'at, 29/07/2016 14:14 0

Video News

[Video] Deklarasi Jabhah Fath Syam: Abu Muhammad Al-Jaulani

Akhirnya JN resmi "berpisah" dari Al-Qaidah. Sejumlah alasan disampaikan oleh Al-Jaulani, pemimpin JN yang kemudian berubah nama menjadi Jabhah Fathu Syam. Al-Jaulani juga menyampaikan terimakasih atas sikap legowo Al-Qaidah atas inisiatif pelepasan diri ini.

Jum'at, 29/07/2016 14:11 0

Indonesia

Polri: Paham Islam Kaffah Sebabkan Teror

"Negara kita kan berasaskan Pancasila yang merangkul dari Sabang sampai Merauke. Sehingga sulit jika seseorang ingin menerapkan Islam yang kaffah itu," jelasnya.

Jum'at, 29/07/2016 13:04 3

Indonesia

Latihan di Indonesia, Militer AS Bawa 22 Kontainer Alat Tempur

22 kontainer tersebut berisi peralatan tempur, di antaranya beberapa kendaraan tempur lapis baja dan helikopter.

Jum'at, 29/07/2016 11:00 0

Indonesia

Tim Investigasi Mabes Polri dan Mabes TNI Tiba di Poso

“Kami akan segera meminta kepada Mabes Polri dan TNI untuk mengivestigasi kejadian apa yang sesungguhnya terjadi dilapangan. Artinya investigasi yang akan bicara tentang kejadian apa yang sesungguhnya terjadi,” kata Brigjend Rudi Sufahriadi.

Jum'at, 29/07/2016 10:30 0

Close