... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tim Investigasi Mabes Polri dan Mabes TNI Tiba di Poso

Foto: Tim investigasi Mabes Polri dan TNI tiba di Poso

KIBLAT.NET, Poso – Tim investigasi Mabes Polri dan Mabes TNI tiba di Poso Sulawesi Tengah untuk memulai tugas mengungkap peristiwa tewasnya Sersan Dua Muhammad Ilman, anggota Intel Korem 132 Tadulako. Ilman (sebelumnya disebut Hilman) tewas terkena tembakan pada kepala bagian belakang saat insiden salah tembak antarsesama satuan tugas Operasi Tinombala 2016 di Desa Towu Kecamatan Poso Pesisir pada Rabu 27/07/2016.

Menggunakan penerbangan komersial, tim investigasi Mabes TNI dan Mabes Polri tiba di bandara udara Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir hari  Kamis, 28 Juli 2016. Turut dalam rombongan, Kepala Korps Brimob Mabes Polri, Kasdam Dan Puspom serta Dan Pus Intelad TNI Angkatan Darat.

Kedatangan tim investigasi pada pukul 09.20 wita tersebut disambut langsung para perwira dari Satgas Operasi Tinombala 2016 termasuk di antaranya Brigjend Rudi Sufahriadi, penanggung jawab Operasi Tinombala 2016.

Rombongan segera bertolak dengan kendaraan roda empat menuju Posko Operasi Tinombala 2016 Sektor II Tokorondo, di kecamatan Poso Pesisir. Di Posko Sektor II Tokorondo tersebut rombongan bertemu dengan para personel anggota TNI Polri, namun pertemuan di Posko Operasi Tinombala 2016 itu dilakukan secara tertutup, dan wartawan tidak diperkenankan memasuki halaman Posko.

Setelah meninjau kondisi pasukan di Pos Komando Sektor II Tokorondo, rombongan kemudian balik arah kembali menuju Markas Kepolisian Resort Poso. Berdasarkan informasi yang diterima, tim investigasi gabungan TNI Polri akan merumuskan langkah-langkah yang akan diambil dalam investigasi bersama itu.

BACA JUGA  Fadli Zon Minta Narasi Optimistis Pemerintah Soal Ekonomi Diwaspadai

Turunnya tim investigasi gabungan dari Mabes Polri dan Mabes TNI di Poso merupakan respon atas permintaan Satgas Operasi Tinombala 2016 untuk dilakukannya investigasi penuh atas peristiwa tertembaknya Sersan Dua Muhammad Ilman, anggota Intel Korem 132 Tadulako yang turut dilibatkan dalam Operasi Tinombala 2016.

“Kami akan segera meminta kepada Mabes Polri dan TNI untuk mengivestigasi kejadian apa yang sesungguhnya terjadi dilapangan. Artinya investigasi yang akan bicara tentang kejadian apa yang sesungguhnya terjadi,” kata Brigjend Rudi Sufahriadi.

Rudi mengaku ada kesalahan prosedur dilapangan sehingga akhirnya anggota Intel Korem 132 Tadulako itu tertembak dan kemudian meninggal dunia.

“Intinya adalah terjadi kesalahan prosedur, sudah pasti itu. Namun yang mana yang salah ini masih akan diinvestigasi baik dari Mabes TNI dan Mabes Polri secara bersama-sama,” beber Rudy kepada wartawan.

Satgas OperasiTinombala 2016 menolak menjelaskan kronologis peristiwa dan pelaku yang diduga melakukan penembakan itu. Dari informasi di lapangan kuat dugaan tembakan yang menewaskan anggota Intel TNI itu bukan berasal dari anggota kelompok bersenjata, namun justru berasal dari tembakan kawan sendiri.

Informasi yang di peroleh dari Satgas Operasi Tinombala 2016 anggota tim investigasi itu beranggotakan Kakorbrimob Polri Irjen.Pol. Drs. Murad Ismail, KabagOps KorBrimob Kombes.Pol. Drs.Abd.Rahman Baso,  Kasipropam Korbrimob. AKBP. Asep Syaifudin, SIK. , Danpuspom TNI Meyjen TNI Dodik W, Kasdam VII/Wirabuana Brigjen TNI Supartodi, Danrem 132/TDL kolonel inf Moh Saleh Mustafa , Provost Mabes Polri AKBP. Eddy Susanto.

BACA JUGA  Komisi I: Jangan Hapus Sanksi Iklan Minuman Keras

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Penderitaan Warga Homs, Lari dari Blokade Menuju Medan Eksekusi

KIBLAT.NET, Homs – Upaya untuk melarikan diri puluhan warga sipil dari kota-kota yang diblokade militer...

Jum'at, 29/07/2016 09:45 0

Profil

Mengenal Nama Sebenarnya Al-Jaulani dan Wajah Tanpa Penutup

Abu Muhammad Al-Jaulani tampil pada kondisi anonimitas dan dalam pertemuan dengan wajah tertutup. Al-Jaulani melarang fotografi tanpa izin darinya. Namun tidak demikian pada pembentukan Jabhah Fath Syam Kamis 28 Juli 2016.

Jum'at, 29/07/2016 09:43 0

China

Cina-Rusia Gelar Latihan Militer Bersama di Laut Cina Selatan

Latihan militer bersama itu akan dilakukan di darat dan di laut, dan menjadi agenda rutin Cina dan Rusia

Jum'at, 29/07/2016 09:15 0

Suriah

Kini Tidak Ada Lagi Jabhah Nusrah di Arena Perang Suriah

Abu Muhammad Al-Jaulani secara resmi telah menghapus nama Jabhah Nusrah dari perang Suriah. Kelompok kuat di oposisi ini membentuk kelompok dengan nama baru dengan nama Jabhah Fath Syam dan tidak terkait dengan Al-Qaidah.

Jum'at, 29/07/2016 08:08 2

Suriah

HRW: Rusia Gunakan Bom Tandan yang Dilarang Internasional di Suriah

Lembaga yang dinaungi PBB itu menjelaskan, Rusia dan Suriah setidaknya menggunakan 13 jenis bom tandan. Sebagian besar serangan terjadi di utara dan barat kota Aleppo.

Jum'at, 29/07/2016 07:50 0

Suriah

Inilah Alasan Jabhah Nusrah Keluar dari Al-Qaidah

Abu Muhammad Al-Jaulani pemimpin Jabhah Nusrah menjelaskan alasan pemisahan Jabhah Nusrah dari organisasi jihad global Al-Qaidah. Nama Jabhah Nusrah juga telah dihapus dan diganti dengan Jabhah Fathu Syam.

Jum'at, 29/07/2016 07:34 0

Turki

‘Banyak Orang Turki Percaya Amerika Serikat Terlibat Kudeta’

Seorang dosen yang pernah menjadi menteri Uni Eropa Beril Dedeoglu mengatakan bahwa dalam sejarah kudeta di Turki, AS selalu menjadi pihak yang terlibat dalam kudeta.

Kamis, 28/07/2016 20:00 0

Suriah

JN Lepas Baiat, Ini Jawaban Al-Qaidah Pusat

“Kami memberi arahan kepada pimpinan Jabhah Nusrah bergerak maju (mengambil keputusan) dalam rangka melindungi kemaslahan Islam dan umatnya serta menjaga jihadi warga Suriah. Kami menghimbau Jabhah Nusrah mengambil langkah-langkah tepat melalui arahan ini,” kata pernyataan resmi Al-Qaidah yang dibacakan Ahmad Hasan Abul Khair, Wakil Pemimpin Al-Qaidah Syaikh Aiman Adz-Dzawahiri, beberapa jam lalu (Kamis, 28/07)

Kamis, 28/07/2016 19:49 0

Rohah

Khusnul Khatimah Umar bin Abdul Aziz

'Marthad, tinggalkan diriku! Demi Allah, saya melihat sesuatu yang bukan manusia, bukan pula jin!'

Kamis, 28/07/2016 17:00 0

Turki

Turki: 1,5 Persen Personel Militer Aktif Terlibat Kudeta

Banyak analis menyebutkan bahwa militer Turki telah mengalami kerusakan, karena terjadi pembersihan besar di level pimpinan. Pemulihan akan membutuhkan waktu yang lama.

Kamis, 28/07/2016 14:15 0

Close