... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Putaran Pembicaraan Damai Suriah Kembali Akan Digelar

Foto: Perundingan Jenewa membahas perdamaian di Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, Jumat (22/07), mengatakan PBB berharap digelarnya putaran baru pembicaraan damai antara pihak-pihak Suriah di Jenewa pada Agustus bulan depan. Pernyataan ini bersamaan dengan pengumuman akan digelarnya pertemuan antara AS, Rusia dan PBB pekan depan untuk menyusun rencana di Suriah.

“Kami berupaya mencari tanggal yang pas di bulan Agustus untuk melanjutkan pembicaraan antara pihak-pihak Suriah di Jenewa,” kata de Mistura sebelum menggelar pertemuan dengan Menlu Jerman, seperti dilansir Reuters Arabic.

Dia menjelaskan, Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan sejumlah pejabat Rusia telah menyepakati untuk menentukan langkah-langkah konkret dalam rangka mengatasi situasi di Suriah. Hal itu sangat cukup untuk mendukung digelarnya kembali pembicaraan Jenewa.

Selain itu, tambahnya, para pejabat Turki juga menegaskan dalam pertemuan di Ankara pekan ini, masih berkomitmen dengan upaya damai untuk permasalahan di Suriah kendati negaranya didera kudeta.

“Tiga pekan ke depan merupakan waktu sangat penting untuk memberi kesempatan tidak hanya untuk pembicaraan antarapihak di Suriah, tapi juga untuk mengurangi kemungkinan kekerasan,” imbuh de Mistura.

Beberapa waktu sebelumnya, Pemerintah Moskow mengumumkan bahwa Jenewa akan menyaksikan kembali pertemuan para pejabat Rusia, Amerika dan PBB pekan depan untuk membahas rencana di Suriah. Sejumlah sumber menyebutkan, pertemuan itu juga akan dihadiri utusan khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, lapor Al-Jazeera

BACA JUGA  Ribuan Penyintas dan Petugas Penyelamatan Serangan 9/11 Terserang Kanker

Juru bicara Departemen Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa menurut jadwal yang sudah ditentukan akan digelar pertemuan tingkat tinggi para pejabat Rusia, Amerika Serikat dan PBB pekan depan di Jenewa untuk membahas Suriah. Dia mengatakan, negaranya sangat ingin memulai dialog produktif di bawah bimbingan De Mistura tanpa syarat.

Perlu dicatat, setidaknya tiga kali  pembicaraan Jenewa digelar untuk menyelesaikan konflik di Suriah. Sebanyak itu pula, pembicaraan tersebut gagal, tanpa ada hasil. Permasalahan utama yang tidak bisa disepakati kedua pihak; nasib Bashar Assad di Suriah.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rohah

Surat dari Abu Zubaidah “Meskipun Mereka Menyiksaku…”

Jika membela agama, keluarga, kehormatan, tanah, dan harta dianggap teroris, maka biarlah seluruh dunia menjadi saksi bahwa saya adalah teroris.

Jum'at, 22/07/2016 19:30 0

Indonesia

Kunjungi Ngruki, Pansus Revisi UU Terorisme Dapat 12 Catatan Ini

Tim Pansus Revisi UU Anti-Terorisme, Kamis (21/07), menyambangi Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki. Kunjungan singkat ini dalam rangka melakukan studi lapangan terkait revisi UU terorisme

Jum'at, 22/07/2016 11:31 0

Indonesia

Kunker ke Poso, Ini Aspirasi yang Didapat Pansus RUU Terorisme

Sekitar 50 orang undangan terdiri dari aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh Pemuda Poso hadir dalam pertemuan bersama Pansus RUU Terorime. Acara diselenggarakan di Gedung Torulemba dimulai sekitar pukul 14.30 WITA kemarin (21/7).

Jum'at, 22/07/2016 09:15 0

Indonesia

Sambangi Poso, Pansus RUU Terorisme Temui Pemda dan Tokoh Masyarakat

Pansus RUU Terorisme mengadakan kunjungan kerja ke Poso kemarin (21/7). Dalam kunjungan tersebut, Pansus yang dipimpin langsung oleh ketuanya, H. Muhammad Syafii, SH, M. Hum itu bertemu dengan aparat Pemda, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda se-Kabupaten Poso.

Jum'at, 22/07/2016 08:19 0

Indonesia

Usai Muktamar Wahdah Islamiyah Ingin Perluas Kontribusi di Nusantara

KIBLAT.NET, Jakarta – Muktamar III Wahdah Islamiyah telah berakhir, Rabu (20/07) petang. Pengurus organisasi tersebut...

Rabu, 20/07/2016 22:08 0

Indonesia

Inilah Pengurus Wahdah Islamiyah Hasil Muktamar III

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemilihan pengurus menjadi salah satu agenda utama Muktamar III Wahdah Islamiyah. Ustadz...

Rabu, 20/07/2016 20:49 0

Analisis

Respon Ankara atas Kegagalan Kudeta Militer di Turki Cemaskan Kaum Sekuleris

KIBLAT.NET, Ankara – Operasi pembersihan terhadap para tentara/personil militer dan pejabat-pejabat lainnya pasca kegagalan kudeta...

Rabu, 20/07/2016 17:15 0

Indonesia

Muktamar III Wahdah Islamiyah Terapkan Screening Barcode Bagi Peserta

"Kami berharap di muktamar mendatang akan dapat diterapkan teknologi yang lebih mutakir," ujar Hasmar.

Rabu, 20/07/2016 17:13 0

Rohah

Kisah Seorang Syaikh Tua yang Terdzalimi

KIBLAT.NET – Selama Jamal Abdul Nasir menjadi presiden di Mesir, seorang Syaikh berusia 80 tahun bernama...

Rabu, 20/07/2016 14:28 0

Indonesia

Satgas Tinombala Masih Buru Sisa DPO Jaringan Santoso

KIBLAT.NET, Poso – Pasca kontak tembak dengan Santoso, Tim Alfa 29 Raider beserta tim lain...

Rabu, 20/07/2016 13:40 0

Close