... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Keping-keping Sains (Bag.3)

Foto: Flat Earth Theory - Keping-Keping Sains

Ini adalah artikel lanjutan | Baca tulisan sebelumnya
Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Pembantaian Sains dan Logika (Bag.2)

KIBLAT.NET – Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, teori Flat Earth kembali diperbincangkan oleh publik Indonesia (termasuk aktivis Islamnya) melalui forum-forum di dunia maya. Bahkan, video-video konspirasi bumi datar yang diunggah di Youtube jadi pembicaraan hangat di media sosial.

Tak tanggung-tanggung, pendukung teori Flat Earth menyuguhkan 10 argumen yang kesannya ilmiah untuk meyakinkan orang bahwa bumi tidak berbentuk bulat. Alih-alih menyajikan eksperimen ilmiah, serial video tersebut malah kebanyakan menyuplik sumber dari google dan potongan adegan film yang mendukung teori konspirasi.

Untuk mendudukkan masalah ini, Kiblat.net akan menyajikan bantahan ilmiah terhadap teori Flat Earth yang ditulis oleh Muhammad Mahfuzh Huda, yang sedang menempuh gelar Master di bidang studi Simulasi Molekular (Kimia) di Okayama University, Jepang. Tulisan ini diambil dari blog pribadi yang dikelolanya di alamat mystupidtheory.com dengan seizin dan sepengetahuan yang bersangkutan. Selamat membaca!!


Serius deh.. Tulisan kali ini penting banget, tentang Keping-Keping Sains dalam Flat Earth Theory. Artikel ini bahkan bisa dibilang menjadi salah satu tujuanku dalam menuliskan seri Teori Bumi datar ini. Buat yang baru saja baca, sebaiknya membaca dulu dari part 1 dan part 2. Oke, aku akan mulai dengan kutipan yang sangat bijak dan awesome dalam video konspirasi Flat Earth.

“Jangan sekali-kali meremehkan para astronom kuno. Karena merekalah kapal laut bisa menyebrangi benua tanpa kompas. Hanya dengan melihat rasi bintang. Jika anda melihat situs resmi NASA, perhitungan astronom kuno masih digunakan sampai sekarang.”

Buatku pernyataan di atas ini seperti kata-kata mutiara. Bener banget lah pokoknya, tapi dengan catatan kalian percaya kepada NASA dan para astronom masa lampau. Sudah nonton video 4? Ketika pembuat video dengan jelas mengatakan kalau Aristarchus, seorang ilmuwan Yunani kuno melakukan kesalahan asumsi untuk perhitungan jarak bumi-bulan. Artinya apa? Pembuat video sendiri meremehkan astronom kuno.

Kemudian pernyataan bahwa NASA masih menggunakan perhitungan astronom kuno. Pernyataan ini sangat benar dan tepat. Permasalahannya, kenapa masih mengacu kepada NASA kalau kalian menganggap NASA itu bohong belaka? Yah jangan pakai acuan NASA donk, kalau memang merasa NASA itu nggak kredibel.

Tapi yah sudah lah, anggap saja angin lalu.. Kita langsung lanjut ke inti saja, pembahasan video 3 dari Flat Earth 101:

Tentang USGS (United States Geological Survey)

USGS ialah lembaga milik Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang survei geologis. Pernyataan pembuat video ialah USGS merupakan lembaga paling kredibel di bidang survey geologi.

Pertanyaan saya yang paling pertama ialah, Apa bedanya USGS dengan NASA? Kenapa USGS kredibel tetapi NASA nggak kredibel? Keduanya dari Amerika, keduanya berisi ilmuwan, keduanya menggunakan satelit!

Aku udah yakin banget kalau USGS pasti menggunakan satelit, karena di pelajaran geografi SMA kita pasti diajarin tentang penginderaan jauh, dan itu ialah tentang penggunaan satelit. USGS mutlak menggunakan data satelit untuk 2.700 artikel lebih dan lebih dari 1.600 publikasi ilmiah. Masih mau mengacu pada USGS? Silahkan cek sendiri -> https://www.usgs.gov/science/science-explorer?lq=satellite

Azimuthal Equidistance

Azimuthal Equidistance merupakan teknik proyeksi matematis dari globe pada sebuah bidang datar. Disebutkan dalam situs resmi USGS bahwasanya teknik ini digunakan dalam membuat Atlas Nasional Amerika.

Jujur aku nggak begitu mengerti tentang teknik Azimuthal Equidistance ini, aku baru mendengarnya dari video ini. Tapi yang pasti, setelah aku cek di USGS, ternyata Azimuthal Equidistance ini bukanlah satu-satunya teknik yang digunakan dalam membuat Atlas Nasional Amerika. Ada juga teknik lainnya yang disebut dengan Ortographic. Selain dua ini ada beberapa teknik lainnya yang digunakan oleh para geolog dalam membuat peta, kalian bisa cek selengkap-lengkapnya disini: http://egsc.usgs.gov/isb//pubs/MapProjections/projections.html

Sedangkan penggunaan proyeksi Azimuthal Equidistance dengan kutub utara sebagai pusatnya ini pada logo PBB nggak ada hubungannya dengan apa yang sedang kita bahas. Digunakan atau tidak sebagai logo ini tidak ada kaitannya dengan bumi datar ataupun bulat. Pun tidak ada hubungannya dengan adanya peta bumi yang datar di tembok ruangan presiden amerika, petanya bentuk trapesium sekalipun. Yah terserah dia kalau dia memang merasa perlu menyuplik gambar itu dalam video konspirasinya. Seperti penggunaan lambang matahari pada bendera Jepang, siapa yang mau bilang kalau matahari itu merah dan datar?

Oke.. Untuk Azimuthal Equidistance ini nanti kita bahas lagi di pembahasan berikutnya masalah rute pesawat, dan lainnya. Aku akan beritahukan kalau ada yang salah dalam mempersepsikan Azimuthal Equidistance dan peta bumi datar itu :)

Galileo Galilei

Galileo Galilei memang tidak membuktikan secara mutlak bahwa bumi mengelilingi Matahari, tetapi dia membuktikan bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya. Teori yang berkembang di kalangan gereja pada masa itu ialah geosentrik, dimana bumi merupakan pusat tata surya dan planet-planet mengelilingi bumi.

Bulan-Bulan Jupiter

Dengan menggunakan teleskop buatannya, Galileo menemukan 4 satelit (bulan) dari Jupiter. Dalam pengamatannya ini dia menyimpulkan bahwa ada benda-langit/planet yang tidak mengelilingi bumi (yaitu 4 bulan Jupiter). Hasil dari pengamatannya itu membuat Galileo sepakat pada teori Heliosentris, bahwasanya bumi bukanlah pusat tata surya, yang menjadi pusat tata surya ialah matahari.

Galileo mempublikasikan hasil pengamatannya pada bukunya Sidereus Nuncius yang dianggap menentang dogma gereja pada masa itu. Galileo diminta untuk mengatakan bahwa dia melakukan kesalahan dan meminta maaf, tetapi dia tidak mau. Dia mengatakan bahwa bibel adalah buku panduan untuk jiwa dan kedamaian, tidak untuk sains. Hal ini menyebabkan dia dijadikan tahanan rumah oleh pihak gereja.

Di akhir hidupnya Galileo berusaha menemukan penyebab dari adanya pasang surut air laut. Ia mengira bahwa pasang surut air laut ini ada hubungannya dengan gerakan bumi dalam mengelilingi matahari (yang mendukung heliosentris). Tetapi ini tetap tidak dapat menjelaskan mengapa ada pasang dan surut, mengapa ada dua arus?

Johannes Kepler memberikan pendapatnya bahwa pasang surut air laut ini dipengaruhi oleh bulan. Galileo tidak mengambil pendapat Kepler karena sama sekali tidak ada bukti ilmiah atas argumen tersebut. Permasalahan pasang surut air laut ini nantinya akan diselesaikan oleh Newton dengan Universal Law of Gravity-nya (Hukum Gravitasi).

Nah dari sikapnya yang menolak untuk mengikuti keinginan gereja dan menolak pendapat-pendapat yang tidak ada buktinya sama sekali itulah yang membuat Galileo mendapat pengakuan dunia sains. Dia tetap bertahan pada metode yang saintifik dan logis walaupun seluruh masyarakat mengecamnya pada saat itu. Dikatakan bahwa, “Galileo is the one that showing the right path of science.”

Gravitasi -Sir Isac Newton (1642-1726)

Ini adalah bagian yang membuat aku merasa perlu sekali untuk membahas teori flat earth. Karena teori ini mengatakan “mitos gravitasi”, tanpa konsep gravitasi 80% fakta-fakta yang ada di dunia tak akan bisa dijelaskan. Yang menurutku gawat ialah kalau ada anak SMP yang menonton video teori flat earth ini dan menyimpulkan bahwa Hukum Gravitasi Newton itu bohong, dan dia tidak mau mempelajarinya. Jelas-jelas kesempatannya untuk masuk dalam dunia sains (khusunya fisika, matematika dan kimia) akan hilang sepenuhnya.

Baiklah.. Pertama, seperti cerita-cerita yang sudah sangat terkenal, bahwasanya Sir Isaac Newton terpikir untuk merumuskan gravitasi ketika duduk di bawah pohon apel dan kejatuhan buahnya. Newton sendiri merumuskan hukum gravitasi universal yang isinya: “Benda-benda di alam semesta saling tarik menarik dengan gaya yang berbanding lurus dengan hasil dari massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat dari jarak antara mereka.”

Newton Law Of Gravity

Menonton video 3 ini, kita di arahkan bahwa gravitasi itu hanya dimiliki oleh bumi dan matahari saja. Hanya benda-benda besar saja. Padahal, gravitasi ini bekerja juga pada benda-benda kecil. Seorang fisikawan eksperimentalis, Henry Cavendish menunjukkan hal ini dalam menghitung konstanta gravitasi (G). Berikut ini rancangan eksperimennya:

Cavendish_Experiment

Cavendish_Experiment

Jika ingin melihat animasinya silahkan klik di sini

Tidak banyak orang yang tahu tentang Cavendish dan eksperimennya ini. Sederhananya dari eksperimen ini ialah, empat bola logam yang digantung, 2 bola besar dan 2 bola kecil, kemudian dua bola besar diayunkan di dekat bola kecil. Apa yang terjadi? Bola kecil mengalami pergeseran, artinya bola kecil tertarik oleh bola besar. Sudut pergeseran dari bola ini digunakan untuk menghitung besarnya konstanta gravitasi (G). Konstanta gravitasi ini dapat digunakan dalam perhitungan massa bumi.

Hukum gravitasi ini bisa menjelaskan dengan baik sebuah pertanyaan besar yang pernah disampaikan oleh Galileo “Kenapa ada pasang surut air laut?” Adanya gravitasi bulan yang menarik air laut di permukaan bumi adalah alasan menyebabkan pasang surut air laut. Inilah kenapa konsep gravitasi diterima oleh seluruh saintis di dunia.

Banyak sekali Flat Earther yang menyatakan bahwa gravitasi itu tidak ada, tetapi rumus yang dikemukakan Newton itu benar. Ini pembodohan kelas teri, karena sebenarnya mereka nggak akan bisa menentang sebuah persamaan matematis yang benar. Itulah kenapa hampir setiap teori-teori sains yang besar diungkapkan dalam persamaan matematis, ketika persamaan matematisnya salah, maka seluruh teori tersebut dianggap gagal menjelaskan fenomena alam. Kalian bisa baca disini tentang bagaimana perjuangan Einstein menyelesaikan persamaan matematis pada Teori Relativitas.

Nah setelah mengerti hal ini barulah kita masuk ke pebahasan elektromagnetik Tesla dan bahkan perbedaan massa jenis Archimedes.

Di video dikatakan bahwa jika kita bertanya kepada Newton peristiwa elektron mengelilingi inti atom maka Newton akan menjawab “Karena Gravitasi”. Ini murni klaim semata. Tidak ada sama sekali catatan bahwa Newton mengatakan itu. Karena elektron sendiri baru ditemukan oleh JJ Thompson pada 1897, 171 tahun setelah Newton meninggal. Jadi tidak ada pernyataan semacam ini seumur hidup Newton. Sains dan logika Anda tidak boleh menerima informasi semacam ini.

Besi Tenggelam Gabus Mengapung

Video ini sekali lagi memfitnah Newton mengatakan bahwa peristiwa besi tenggelam dan gabus mengapung disebabkan karena gravitasi. Ini juga klaim semata. Tidak ada satupun catatan dimana Newton mengatakan hal ini. Kenapa? Karena Archimedes telah mengungkapkan prinsipnya 2000 tahun sebelumnya. Newton telah mengetahui prinsip Archimedes dan sepakat dengan prinsip tesebut. Tidak ada masalah dengan prinsip Archimedes.

Banyak dari orang yang percaya Flat Earth menyampaikan bahwa gravitasi itu tidak ada, yang sebenarnya terjadi ketika apel jatuh ialah, karena massa jenis apel itu lebih besar daripada massa jenis udara. Persis seperti prinsip Archimedes. Tetapi sekarang pertanyaannya sederhana, bagaiamana dengan percobaan Cavendish di atas? Bahwa bola kecil bergeser ketika bola yang besar digerakkan, apa yang membuat bola kecil bergerak? Ini adalah dua padatan yang tidak bersentuhan.

Pertanyaan berikutnya, bagaiamana dengan pertanyaan Galileo tentang pasang surut-nya air laut? Apa bisa dijelaskan dengan sekedar prinsip Archimedes? Selanjutnya lagi, bagaimana kalau ada bola bowling dan bulu yang dilepaskan dalam ruang vakum (ruang tanpa materi/tanpa udara)? Prinsip Archimedes hanya berlaku ketika ada benda padatan dan fluida yang massa jenisnya berbeda. Di ruangan vacum tidak ada fluida sama sekali, ketika kita lepaskan bola bowling dan bulu, maka bola bowling dan bulu akan jatuh dengan kecepatan yang sama 9.8 m/s. Cek video slowmotionnya disini:

Artinya apa? Tidak ada yang salah dengan prinsip Archimedes, tetapi gravitasi ialah sebuah gaya yang berbeda yang benar-benar ada dan bekerja pada benda.

Kalau kalian lihat di video pembuat video mengatakan bahwa “banyak orang mengira gravitasi adalah medan magnet bumi”. Seriously guys? Nggak lahh..! Aku nggak pernah mengatakan gravitasi sebagai medan magnet. Ini adalah dua hal berbeda, hitungan matematis dan konsep ilmiahnya jelas berbeda. Lalu dikatakan juga tentang hukum kekekalan energi, bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Yang anehnya di video ini dicontohkan dengan orang meniup balon. Serius deh.. Ini parah banget, ini salah total. Mungkin ini pemahaman hukum kekekalan energi di level anak SMP. Pesan buat pembuat video ialah: Baca lagi hukum termodinamika 0, 1, 2 dan 3. :D

Tetapi video ini benar tentang satu hal, kenapa bumi bisa menarik semua benda di atasnya dan tidak ada gaya tolaknya?

Ini juga menjadi pertanyaan yang mendasar bagi Newton, bagaimana mungkin ada gravitasi? Jika melihat prinsip aksi reaksi, maka setiap gaya seharusnya mendorong bukan menarik. Tetapi faktanya gravitasi ini menarik benda-benda, bukan mendorongnya, bagimana mungkin? Konsep gravitasi belum selesai, pikir Newton.

Pertanyaan besar yang tidak mampu di jawab oleh Newton inilah yang kemudian dijawab oleh Einstein pada tahun 1905.

General Theory Of Relativity Einstein (1879-1955)

Einstein menjawab pertanyaan besar Newton, seharusnya gaya itu mendorong, bukan sekedar menarik benda, tetapi faktanya gravitasi menarik benda-benda.

Perjalanan Einstein ini sudah aku ceritakan disini -> Perjuangan Einstein membuktikan General Theory of Relativity. Secara sederhana Einstein mengatakan bahwa benda-benda yang memiliki massa dapat melengkungkan ruang dan waktu. Jadi dalam pendapatnya ini, gravitasi bumi dan benda-benda langit bukanlah sebuah gaya tarik melainkan lengkungan ruang dan waktu yang memaksa kita berada di atas (di sekitar) benda bermassa besar itu.

light-deflected-by-sun

Pada awalnya, ini merupakan teori yang sangat sulit untuk diterima oleh para saintis di seluruh dunia. Tetapi Eddington membuktikan bahwa teori ini benar. Cara pembuktiannya juga sudah ada tulisanku sebelumnya yaitu Einstein Series.

Pernyataan video 3 bahwa Eddington mengarang hasil pengamatannya ialah kebohongan belaka, teori Einstein dibuktikan bukan hanya oleh Eddington tetapi juga dikonfirmasi oleh Campbel pesaing Eddington.

Di video 3 ini tidak dikatakan bahwa Teori Relativitas Einstein salah, tetapi dikatakan bahwa “Einstein sudah coba menjelaskan dengan Teori Relativitas tetapi ia tidak mendapat hadiah nobel karena itu”. Pernyataan yang sangat cerdik menurutku. Karena itu membuat kalian berfikir bahwa Teori Relativitas Einstein salah kan?

Kenyataannya Teori Relativitas Einstein telah terbukti dan menjadi benar seluruhnya di mata ilmu pengetahuan dan sains. Tetapi karena pada masa itu belum ada applikasi nyata penggunaan konsep Teori Relativitas, sedangkan komite Nobel mempertimbangkan applikasi dari temuan sains sebagai pertimbangan seseorang mendapatkan Nobel, untuk itu Einstein tidak mendapatkan Nobel dari Teori Relativitas yang ia kembangkan, tetapi dapat dari penelitiannya tentang Efek Fotoelektrik.

Di video konspirasi Flat Earth tersebut ditampilkan permodelan bola yang menggelinding di atas trampolin sebagai permisalan teori relativitas Einstein. Itu memang model yang cukup benar dan mendekati tepat pada Relativitas Einstein.

Permasalahannya kenapa akhirnya bolanya tetap jatuh? Simple, karena energi bola tersebut terserap oleh gaya gesekan bola terhadap trampolin dan gaya gesekan bola terhadap udara. Ini pelajaran Fisika SMA, tentang gaya gesekan yang terjadi pada benda. Karena hukum kekekalan energi berlaku, maka semakin banyak gesekan yang terjadi akan semakin lambat-lah bola tersebut bergerak.

Sekarang jika kita berbicara alam semesta, maka bumi mengelilingi matahari di ruang vakum (tanpa udara), jadi tidak ada gesekan sama sekali, sekali bergerak maka tidak akan berhenti lagi (karena energinya tetap/kekal), tetapi lintasan pergerakan bumi ini dipengaruhi oleh massa matahari yang besar, itulah sebabnya bumi kita mengelilingi matahari.

Seperti yang kalian ketahui untuk memahami Teori Relativitas Einstein ini sangatlah sulit dan penggunaanya sangat sedikit, hanya pada kasus-kasus luar angkasa saja digunakannya. Itulah sebabnya yang diajarkan di sekolah-sekolah ialah Hukum Gravitasi Newton, yang umum digunakan dan berlaku di Bumi.

Kesimpulan

Bagaimana? Semoga sudah dapat gambaran lebih jelas bagaiamana saintis melakukan penelitian dan membuktikan sebuah teori ilmiah.

Jika kita review ulang, sejak era Galileo, para saintis berusaha mencari tahu (membuat pertanyaan) dan menemukan jawabannya. Pertanyaan-pertanyaan yang telah diungkapkan ini bisa saja langsung ditemukan jawabannya atau mungkin dilanjutkan oleh saintis lain untuk mencari jawabannya.

Newton mempelajari jejak penelitian dari Galileo sehingga mampu menjawab pertanyaan besar Galileo, kemudian Einstein menelusuri jejak sains dari Newton dan Galileo untuk sampai pada Teori Relativitas Einstein. Seperti itulah sains, mengembangkan pengetahuan baru berdasarkan riset yang sudah ada sebelumnya.

Oke terakhir aku mau mengutip kata mutiara: “If i have seen further than others, it is by standing upon the shoulders of giants – Sir Isaac Newton.”

Arti dari kutipan tersebut ialah: Aku bisa melihat lebih jauh dari orang lain karena aku mempelajari pengetahuan dari orang-orang sebelumnya.

 

Sumber: http://www.mystupidtheory.com/2016/07/flat-earth-theory-keping-keping-sains.html
Editor: Fajar Shadiq

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

113 comments on “Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Keping-keping Sains (Bag.3)”

  1. rizukid

    Cuma mau bilang aja, jangan sok pintar dan sok tahu soal alam semesta. hanya tuhan yang berhak tau. kalo anda dan manusia ‘barat’ bisa mengekspos luar angkasa, itu artinya menantang tuhan. ketika bicara sains, tuhan seakan gaada artinya kan? pendapat anda memang mengagumkan, adu pendapat sebenarnya hanyalah “perang pengaruh” :) thx

  2. wahyu

    Mas saya baca semua bagian. Saya msh berpikiran bumi itu bulat. Tapi soal pembahasan mas saya pikir masih kalah sama argumen-argumen video flat earth.. lebih banyak antitesa yang dimunculkan, lebih mudah dicerna, diikuti, dan jujur lebih meyakinkan. Sedangkan tulisan mas masih berkutat pada persoalan asumsi bumi bulat, perhitungan matetamisnya, dan mungkin persoalan pemakaian ‘kata-kata bermakna’ (mas masih mengutip kata-kata bermakna di video untuk dibahas dan dicari peluang untuk dipatahkan).
    Di video flat earth kita disuguhkan konsep analisis yang saya pikir luar biasa rumit jalan-nya. Disana dijelaskan persoalan perhitungan gerhana, jarak-jarak bumi, bulan, matahari dsb, dipaparkan persoalan ekonomi, cerita militer, dsb. dsb. yang kebanyakan saya kurang mengerti tapi, disuguhkan secara logis dan sarkastis. Bahkan kita tahu di dalamnya memiliki keterkaitan satu sama lainnya yang berujung pada sebuah konspirasi. Saya pun berpikir video tersebut seperti mengada-ada. Tapi siapa tau… Toh persoalan hidup masih banyak terbuka untuk berbagai kemungkinan. Dan video tersebut pun secara terbuka mengingatkan penontonnya agar membuktikannya sendiri.
    Akhirnya penjelasan mas yang membela bumi bulat pun saya pikir bisa diragukan karena, mas masih menghitung ‘teori diatas kertas’. Tidak di suguhkan bukti dan fakta observasi atau riset sendiri. Juga, mas masih mengutip-ngutip dan mencomot-comot kabar dari sana-sini.
    Pada akhirnya video flat earth membuat kita sadar kembali bahwa kenyataan bumi bulat pun masih harus diragukan. Karena jujur saya termasuk orang yang termakan dogma saintis modern yang meyakininya begitu saja, yang pada akhirnya berkelindan semakin rumit dan rumit, yang khawatirnya hal ini benar dimanfaatkan beberapa pihak yang disebut, “dia-dia juga”.
    Dan mas rizukid itu yang ngomen, jangan dulu bawa-bawa Tuhan. Keyakinan mas soal Tuhan berasal dari pengetahuan mas sendiri soal Tuhan yang masih dibilang turunan dan pengaruh lingkungan. Jangan jadi kaum agamawan yang terus-menerus sinis dan naif.
    Dan kepada penulis artikel ini, terima kasih banyak.. sangat menyenangkan mempelajari kehidupan ya mas. Meski banyak susahnya sih. hhaha.. Salam kenal..

  3. al khabib

    min, bisa di jelaskan, kenapa muka bulan gk berubah? gambar bulan jika diliat di google/real itu2 aja. harusnya kalo bulan mengelilingi bumi dan berputar pada porosnya, muka bulan pada bagian lain bisa kelihatan. dan bentuk bulan di semua belahan bumi mukanya sama, gk ad yg beda.

  4. yusuf

    bisa dijelaskan tentang rute penerbangan?

  5. Akhmad Mukhtarom

    Saya mau memberi tanggapan ttg komentar saudara rizukid “Cuma mau bilang aja, jangan sok pintar dan sok tahu soal alam semesta. hanya tuhan yang berhak tau. kalo anda dan manusia ‘barat’ bisa mengekspos luar angkasa, itu artinya menantang tuhan. ketika bicara sains, tuhan seakan gaada artinya kan? pendapat anda memang mengagumkan, adu pendapat sebenarnya hanyalah “perang pengaruh” :) thx”

    Tanggapan saya :
    Mas… Sang Raja Alam memerintahkan kita untuk tholabul ilmi utk memahami betapa besar Dzat NYA, ini adalah salah satu cabang ilmu. Tapi saya coba positif thinking aja, mungkin maksud anda “Harusnya semakin tereksplore semakin kita mengerti betapa Besar dan Agung DZAT NYA”

  6. Levi de animator

    Argumen-argumen anda (penulis) kurang memuaskan,sulit untuk diterima secara logis dan objektif oleh nalar orang-orang awam, terlalu imajinatif,teoritis,memaksakan dan beberapa terkesan mencari kesalahan dari pembuat video yang saya rasa tidak terlalu riskan. Setidaknya untuk membantah si pembuat video tersebut anda harus menyuguhkan berbagai eksperimen yang homemade, bukan animasi dan studio (saya bisa membedakan mana video homemade dan mana video studio) karena si pembuat video flat earth telah merangkum banyak data serta video eksperimen yang homemade sehingga argumen anda bisa lebih meyakinkan. Lebih bagus lagi kalau anda membuat video tandingan dan juga video eksperimen dari anda sendiri, contohnya eksperimen cavendish agar pembaca bisa tau dan yakin hasil dari eksperimen tersebut. Overall, secara objektif saya lebih setuju dengan si pembuat video flat earth tersebut dibanding anda. I’m sorry to say this coz i find the truth.thx for writing.

  7. Iskarada

    teori ini cukup logis tapi aku tetap percaya kalo matahari yang mengelilingi bumi dan satelite itu tidak ada dan bumi tidak datar ia berbentuk seperti telur bisa saja ini seperti halnya one piece dinding antartika itu membatasi dunia baru yang belum dilihat oleh kita bisa saja disana terdapat 4 penguasa raja seperti kaidou gitu yang bisa membahayakan kita dan dinding antartika itu bisa aja dinding yang dibuat oleh zulkarnanin hahaha salam pengemar one piece

  8. asep bandung

    lihat alasan Manusia di ciptakan dan di turunkan ke bumi. dan knapa di berikan akal. untuk apa, dan apa yang kita kerjakan, kata beribadah dalam AlQur’an bahwa manusia di ciptakan hanya untuk beribadah itu ibadah termasuk ke semua bagian vertical dan horizonta. arti makna Iqro juga membaca artinya bukan membaca saja tapi menlaah meneliti menafsirkan dengan benar dengan indera kita. saya bersyukur semua orang masih bisa berusaha berfikir menggunakan akal dan keilmuan nya. bukan asal bunyi karena akan menyesatkan jika di baca anak cucu kita.

  9. iza

    saya suka komentarnya Mas wahyu, yang berimbang dan tidak langsung memvonis kedua pihak.

    saya juga setuju bahwa Allah swt memerintahkan kita untuk berfikir akan ayat-ayatNya. yang tersurat dalam kitab suci maupun tersirat dan terlukis di alam. Sehingga kita akan terjaga dari fanatisme dan dogma yang mengakar dari lingkungan kita berasal.

  10. Saya suka paparannya… terlepas benar atau salah, karena beberapa teori tentang jagat raya memang baru bisa diuraikan secarua matematis tanpa ada pembuktian fisis. Bukankah Tuhan telah menantang manusia untuk menembus langit(?), … yaitu dengan sulthon. Ar-rahman: 33

  11. neu

    sampaikan pada penulis.

    terlepas dari pendekatan sains yang dijabarkannya, karena saya kurang paham fisika.

    setelah saya baca dari cara penulisannya, saya pikir dia tidak paham maksud tujuan dari video itu. Tanpa mengungkit pembuktian science yang video itu jabarkan, karena kita tidak mendapatkan sumber yang jelas dari video itu bahkan dari sang penulis jabarkan, jadi terjadi bias antara teori dan pemahaman. saya pikir video itu hanya ingin mengingatkan, apa yang sedang terjadi di dunia ini, bahwa ada satu penguasa yang sedang melakukan rencana rencana terselubung dan dari berbagai arah tanpa kita sadari.

    untuk bumi datar atau bulat kembalikan pada kepercayaan masing2. Tapi perlu dipahami apa yang sedang terjadi di dunia ini.

    Semoga Allah selalu melindunig kita.

  12. tanpanama

    wahaha udah pada terpengaruh sama konspirasi bumi datar nih ,

  13. Ahmad

    Eksperimen Cavendish itu tidak benar, saya sudah mencoba sendiri eksperimennya.
    Kalopun Cavendish melakukannya dg sangat amat hati2, tetap saja banyak faktor konyol yg akan membuat eksperimennya eror… bahkan hal kecil seperti bgmn mengikat tali/senar juga berpengaruh pd arah gerakan bola.

  14. 010010011

    ada salah dan ada benernya, Seperti yang di sampaikan video flat earth itu kita boleh yakin dan boleh tidak. ya kalo ga yakin dengan video itu silahkan buktikan. jangan menantang video itu dengan bukti yang hanya dapet dari google saja. kalau kayak gitu ya penulis bakal bersikukuh dengan argumennya juga karena sang pembuat video juga membantah teori yang selama ini telah tertulis di atas kertas.

    jadi tak akan selesai
    Kesimpulannya penulis cuma capek2 menulis perlawanan yang ga ada artinya.

    tapi kalo penulis buat toeri atau research sendiri baru kita bisa sedikit percaya.

    dalam vidoe flat earth ini saya tidak menentang bumi itu bulat atau datar. tapi saya salut kepada pembuat video yang berani memaparkan tentang kebusukan New World Older (NWO)
    ya saya yakin itu rahasia yang disembunyikan dari kita selama ini dari mereka.

    buat sebuah kejahatan jangankan menyembunyikan informasi, membunuh aja mereka rela

    sekian terimakasih

  15. Unkown

    Kpd: al khabib
    karena rotasi dan revolusi bulan terhadap bumi memiliki waktu yang sama. (mungkin yg saya bilang cukup sulit dimengerti kalau belum melakukan percobaan)
    oke, sekarang begini. Anda mengayuh sepeda, mengapa pedal sepeda yang anda injak selalu mengarah ke arah kaki anda? itu karena waktu yang dibutuhkan untuk pedal berputar sama dengan perputaran injakan pedal.

  16. Abdullah

    bagi saya tidak perlu cerita panjang lebar tentang teori-teori itu, buktikan saja bagaimana proses terjadinya gerhana matahari secara matematis, kan angka-angkanya sudah ada. jangan berbicara siklus saros! itu saja terbukti saya langsung akan sangat percaya kalau NASA itu benar dengan angka-angkanya.

  17. FLATHATERS

    flat earth society LOL…. tuh semua bagian dari bisnis.. oia? apa buktinya?? Spaceport America memiliki paket tur yang bisa dinikmati para wisatawan yang ingin menyaksikan apakah bumi itu datar atau globe. Dilihat dari situs resmi Spaceport America.Para peserta akan dibawa ke ketinggian 113 km hingga ke atmosfer terluar bumi. Peserta tur ini bisa melihat langsung dari angkasa luar. Mereka juga akan merasakan keadaan tanpa gravitasi selama beberapa menit.
    Semua ada tujuannya bahkan flat earth society hanyalah kumpulan marketing and humas Spaceport America.

  18. aris

    ngomong ngomong si admin lagi mimpi pergi ke bulan biar bisa liat bumi itu kotak atau segi tiga………………………….
    UDAH SERING DI BOHONGIN ORANG BARAT KOK GAK KAPOK KAPOK……………..
    KALAU MAU BANTAH TEORI HARUS PUNYA DATA DAN FAKTA….
    DATA DAN FAKTA BUMI DATAR LEBIH MASUK AKAL………
    PUNYAMU MANA…………………………

  19. mdx

    lha yang bilang bumi itu datar orang barat apa bukan mas..? kok ga kapok juga ya di bohongi. DATA dan FAKTA udah banyak mas dari jaman nya Galileo.. Yang simpel saja buat orang bodoh kayak saya..kalo matahari yang mengelilingi bumi, kenapa panas nya beda antara khatulistiwa, sub tropis , sama kutub. Letak terbit nya pun beda lho mas loq di negara kita antara musim hujan sm kemarau.. Jarak matahari ke bumi cm beberapa kilometer itu yang lebih ngaco lagi.. apa ga jadi ager ager sampeyan kena panas nya matahari. besar matahari nya cm di anggap kayak kacang atom yaa.. Betul ga ada yg tau pasti selain Tuhan.. tapi kalo bumi itu datar jelas cm pembodohan aja mas.. masak dengan teknologi manusia sekarang ini belum bisa juga sampai di pinggiran jurang nya..kenapa..? takut jatuuhh.. :)

  20. The Girl

    Kok ga ada yang respon bahasan awal2 yg ngebahas kenapa flat earth society masih pakai NASA sebagai pembuktian teori mereka pdhl jelas2 mreka bilang NASA boong?

    ((Oke, aku akan mulai dengan kutipan yang sangat bijak dan awesome dalam video konspirasi Flat Earth.

    “Jangan sekali-kali meremehkan para astronom kuno. Karena merekalah kapal laut bisa menyebrangi benua tanpa kompas. Hanya dengan melihat rasi bintang. Jika anda melihat situs resmi NASA, perhitungan astronom kuno masih digunakan sampai sekarang.”))

    Halo flat earth squad, kok ga ada yg respon itu?
    Wkwkwkwkwkwk
    Ngaco

  21. Jidan

    Mas coba lanjutkan buat artikelnya liat yang EPS 5 Dan setrusnya

  22. secret

    Saya dan semua orang yang pernah sekolah pasti yakin bumi ini bulat, karna kita memang di beritahu seperti itu,tapi siapa yang tahu bumi ini seperti apa. Yang tahu hanyalah mereka, siapa dia? Ya jelas para elite globe. Menurut saya penulis artikel ini gak ngerti tentang video flat earth nya. Lagian anak smp yg baru belajar mana akan ngerti dengan video itu. Admin aneh

  23. dimasatya

    buat yang percaya bumi itu bulat, ya biarin aja. mereka (FE) bikin video untuk orang2 yang masih mempertanyakan benar atau tidak bumi itu bulat

  24. ace_ssasin

    Banyak pertanyaan ttg alam semesta,
    Knpa program space manusia pertama di bulan neil amstrong g ad lanjutan ny? Cmn pertama kali? Kedua ketiga g tampil live kah? Udh brapa taun? 50 taun? Bner manusia udh ke bulan?
    Ap itu north star? Knpa banyak rasi pindah posisi tp knpa north star ttp disitu? Apakah 1 poros sm bumi?
    sy belum bs mencerna bumi itu flat tp sy jg meragukan ap manusia udh pernah ke luar angkasa??? Komputer rendering skrg canggih bs bikin real 3d seolah olah nyata, skrg gini aj lautan terdalam aj belum terjelajah, palung di atlantik bknkah it jg belum sejauh angkasa?

  25. kena deh

    masnya ini orang saintis, ya jelas membela kaum saintis barat, mana mungkin ilmu yg masnya pelajari sia-sia karena semua itu kebohongan hha, ..

  26. Vina

    Aku Percaya Bumi Bulat
    Tar klo matahari muncul dari barat sebenarnya kan arah putaran bumi yg terbalik
    pasti kita semua terjun bebas karna gravitasi berubah
    Horree,,,,

  27. Sylv Adi

    masuk akal kalo dari segi teori diatas kertas, ril untuk hasil perhitungannya kok nggak dicoba, siklus gerhana dsb.
    dan satu lagi yang membuat saya penasaran, coba klarifikasikan tentang jadwal penerbangan, lokasi kutub selatan yg dijaga, sama kesaksian penjelajah amerika tentang wilayah sebesar amerika dibalik kutub selatan yang katanya belum pernah dilihat publik.
    mohon penjelasannya, saya hanya membandingkan 2 teori yang berbeda, bukan untuk menyalahkan salah satu pihak

  28. Sylv Adi

    masuk akal kalo dari segi teori diatas kertas, ril untuk hasil perhitungannya kok nggak dicoba, siklus gerhana dsb. bukannya meremehkan ilmuan jaman dulu, saya mengakui bahwa mereka para orang orang jenius, yang entah untuk apa hasilnya atau pihak mana yang diuntungkan dari hasil risetnya pun mungkin publik belum tahu kepastiannya. Dan satu lagi yang membuat saya penasaran, coba klarifikasikan tentang jadwal penerbangan, lokasi kutub selatan yg dijaga, sama kesaksian penjelajah amerika (bukan sekedar teori tapi fakta) tentang wilayah sebesar amerika dibalik kutub selatan yang katanya belum pernah dilihat publik.
    mohon penjelasannya, saya hanya membandingkan 2 teori yang berbeda, bukan untuk menyalahkan salah satu pihak

  29. fikri lihawa

    si pembuat video konspirasi flat earth sih buat kita sadar, setidaknya penjelasannya lebih logis masuk akal dan buktinya juga ada berup video2 yg rinci.

    intinya mengapa nasa tau bentuk bumi dan mengapa nasa bisa terbang ke bulan? sedangkan bom nuklir yg d coba tembakkan ke langit aja ngga tembus apalagi hanya roket berawak niel amstrong. kn ga msuk logika

  30. doni

    maap sekali lagi maap.. aq lebih percaya bumi datar.

  31. sekali lagi maap aku lebih percaya kalau bumi datar

  32. edi

    Salam saudaraku semuanya.
    Setiap tulisan mungkin memiliki makna maksud dll. seperti unsur jahat unsur baik dlsb. Maaf Saya hanya orang awam. pertama Kali Saya membaca artikel atau Isi tulisan Anda. Saya kira lebih dominan ke syirik Dan menentang pendapat orang lain. Seperti Kita ketahui orang bijak tidak lah harus demikian. Terkait tersebut, Saya jujur lebih nyaman melihat/menonton video flatearth. Ini diluar Saya percaya atau tidaknya. Karena Saya lihat video flatearth itu setidaknya memiliki tujuan yg bagus. Sangat logis.enak diterima.intinya merujuk di kebaikan. Sesuatu yg lebih baik. Itu aja. Salam.

  33. Edi jogja

    Salam saudaraku semuanya.
    Setiap tulisan mungkin memiliki makna maksud dll. seperti unsur jahat unsur baik dlsb. Maaf Saya hanya orang awam. pertama Kali Saya membaca artikel atau Isi tulisan Anda. Saya kira lebih dominan ke syirik Dan menentang pendapat orang lain. Seperti Kita ketahui orang bijak tidak lah harus demikian. Terkait tersebut, Saya jujur lebih nyaman melihat/menonton video flatearth. Ini diluar Saya percaya atau tidaknya. Karena Saya lihat video flatearth itu setidaknya memiliki tujuan yg bagus. Sangat logis.enak diterima.intinya merujuk di kebaikan. Sesuatu yg lebih baik. Itu aja. Salam.

  34. Vandetta

    Assalamu alaikum . Mas admin sy mohon bantuannya di jelaskan tentang pengalaman pribadi sy… Mas sy hoby menjelajah. Kadang mendaki gunung kadang pula ikut kapal pemancing ikan di lautan… Kenapa di gunung dan laut ponsel sy gak dapat signal yah… Padahal katanya satelit it ada di atas …. Apa ada hal yg menghalangi lemparan sinyalnya di gunung dan lautan….

    Oh iya mas sy juga pernah naik lift loh… Dan merasakan bahwa tempat sy berpijak it bergerak .. Tapi sumpah mas sampai saat ini sy gak pernah merasakan gerakan rotasi bumi… Saking lambatnya atau terlalu cepat yah.. Mohon di cerahkan mas biar sy gak salah kaprah

  35. Pak Dayat

    Pada bumi bulat, mengapa bintang utara tetap pada tempatnya dan bintang-bintang lain tampak berputar membentuk lingkaran sempurna?

  36. Cohya1109

    Mohon maaf ada beberapa kelemahan, dalam 2 artikel bapak. Mengenai pematahan teori bumi datar.
    1. Pada permasalahan foto CGI, saudara menyampaikan foto tersebut hasil potongan2 kamera yang disambung2, ini justru bumerang buat pengagum bumi bulat. Foto potongan dirangkai jadi segitiga, tabung, trapesium berarti bisa.
    2. Permasalahan satelit. Bapak mengedepankan satelit. Tapi bapak sama sekali tidak membahas sama sekali teori dan perhitungan saintifik bagaimana satelit itu bertahan di langit. Teori dan persepsi tentang satelit saja yang dikedepankan, tapi mana perhitungan tentang gravitasi? Tentang bagai mana satelit tetap bertahan di langit suatu negara yang mengklaim bahwa satelit itu milik negara tersebut. Bertahan dari grafitasi, bertahan agar tetap di langit suatu negara yang meluncurkan dan bertahan agar tidak ketinggalan oleg bumi yang mengelilingi matahari.
    3. Saya maumelanjutkan ke teori dan persepsu bapak yang lain, tapi yang dua di atas saja belum terjawab.
    4. Saya juga tidak tahu bumi itu bulat atau datar, kalaupun dibilang bukti dari satelit, saya juga masih bingung itu nyata atau tidak, itu tidak melibatkan ilusi mata atau kamera fisg eye agar semua terlihat, sehingga melengkung atau tidak?
    5. Saya tidak menjudge anda,tapi saya haus akan kebenaran, Kalau data dan faktanya, saiifik pun tidak lengkap, bagaimana saya sebagai pbaca bisa percaya?

  37. Achriest Tyas Nugroho

    sorry saya ikut berkomentar.. saya udah komplit liat semua episode dr flat earth 101.. dan All Make Sense.
    skrng, untuk admin disini, coba skrng paparkan yang admin video flat earth tanyakan dalam 3 poin penting. Gerhana, Gravitasi, dan yang terpenting.. Antartika. admin video flat earth 101 jauh lebih masuk akan dan bahkan ada cuplikan video wawancara yang rare tentang Admiral Byrd. cuplikan2 film yang anda argumenkan itu hanya ilustrasi untuk built up video agar gak monoton, malah beberapa film ada ‘kode pengantar’ untuk pembahasan yang dipaparkan. jadi, 3 hal itu aja mohon dipaparkan dengan masuk akal, maka nanti akan ketauan siapa yang benar dan siapa yang salah. thanks.

  38. Hendri agus

    Inilah fitnah akhir jaman sodara sodara,
    Da’jal dimana mana.
    Hanya mengingatkan saja, sempurnakan wudhumu, angkat tanganmu, rayulah tuhanmu. Kemudian rengkuhlah wahyumu.

  39. renanda

    Sementara saya masih lebih bisa nerima theory flat earth.. karena pnjelasanya rinci dan sangat logis… Dalam artikel ini yg membantah theory flat eart ko ga ngebahas soal antartika..?

  40. freed

    Mas eksperimen aja..
    Pernah kerja rumah??biasa tukang ingin membuat pondasi….agar sama tingginya merka menggunakan water pass sederhana , yakni selang dg ukuran kecil yg di isi dengan air di dalamnya.. jika titik pondasi a lebih tinggi terhadap pondasi b maka ujung selang yg berada di titik pondasi b akan di angkat sehingga tinggi permukaan air nya akan sama..hal tersebut karna sifat air yg selau datar…. ,maka jika kita skala kan diametr jari” bumi k skala yg lebih kecil misalnya seseuai pjg pondasi (misalnya 10 m ) maka air itu akan lengkung..tapi nyatanya tidak.. air akan tetap rata… mas coba deh.. g bakal nemu lengkungannya..

  41. aval

    Hahaha….. mlm min… & malem sodara_2ku yg lain. Mbok y sdh, wong keyakinan kok diperdebatkan…., yg suka datar y dinikmati saja, yg suka bulat ya ndak ush panik. Tuk mimin mksh udh berusaha ngasih pengayaan ilmu, tuk “FE” er….mksh udh menyumbang wacana, mana yg benar/mana yg salah, apa sepenting itu??????…… Bagi yg faham tujuan masing_2 pihak mestinya akan tersenyum …. kalo masih belom puas ya tertawa saja… Hahahahahhahahahahaaaa…….(kasian tu yg bikin tema, ketawa ampe sakitperut liat kalian debat)….. mohon maaf kalo ini kurang perkenan di hati pembaca…. love you all…..

  42. Ujang

    Saya coba bantu penulisnya menjawab bbrp pertanyaan yang saya mampu jawab:

    rizukid
    16 July 2016 at 21:59
    Kalau AlQuran, justru sangat jelas perintah Allah…alam semesta diciptakanNya bukan hanya sekedar hiasan belaka tanpa makna. Manusia diperintahkanNya untuk mempelajari semua ciptaanNya (tadabur)..dengan tujuan meyakini kebesaran Tuhan. Memang betul Tuhan satu2nya yang tahu sebenarnya…tetapi Tuhan menciptakan otak di kepala manusia bukan tanpa tujuan.

    wahyu
    19 July 2016 at 17:46
    Bukti ilmiah memang harus dicari di tempatnya, di forum ilmiah.

    al khabib
    26 July 2016 at 01:22
    Seharusnya ini dijelaskan dengan gamblang pada saat pelajaran IPA di SMP (mungkin sekarang malah di tingkat SD). Banyak sumber di internet yang menjelaskan itu…intinya rotasi dan revolusi bulan terhadap bumi itu 1 fase. Sulit menjelaskan dengan kata2…bisa lihat di video ini.
    https://www.youtube.com/watch?v=j91XTV_p9pc

    yusuf
    31 July 2016 at 11:33
    Coba buat simulasi sendiri, anda akan menemukan bahwa kalau peta flat earth itu memang demikian…jalur2 penerbangan yang ada saat ini lebih tidak konsisten lagi terhadap konsep bumi datar (saya sudah coba sendiri).

    Levi de animator
    12 August 2016 at 20:29
    Memang bahasa ilmiah sulit diterjemahkan oleh kita yang awam. Tapi perlu usaha ekstra untuk kita memahami alam semesta ini, memahami kehebatan desain Sang Pencipta. Itulah tidak banyak orang yang mau mendalami bidang ilmu fisika/ilmu pasti.

    aris
    5 September 2016 at 12:22
    Tunjukkan 1 saja jurnal ilmiah yang mendukung teori Flat earther. Flat earth teori hanya punya klaim2 dari potongan gambar2 dan video saja.

    ace_ssasin
    15 September 2016 at 03:41
    Sama, saya juga masih punya tanda tanya besar apakah NASA memang benar2 pernah sampai ke bulan.

    kena deh
    16 September 2016 at 16:33
    Jika saat sekolah dulu gagal memahami fisika, jangan jadi mem’fitnah’ bahwa ilmu tersebut bohong belaka. Yang salah adalah anda gagal memahami ilmu2 pasti tersebut. Saya yakin anda berakhir sekolah di jurusan non ilmu pasti.

    Sylv Adi
    19 September 2016 at 10:08
    Anda secara tersirat baru saja mengakui bahwa anda menelan bulat2 semua informasi tentang FE tanpa memeriksanya sendiri apakah benar/tidak.

    fikri lihawa
    20 September 2016 at 09:10
    Memang masih tanda tanya besar apakah NASA benar2 pernah sampai di bulan. Tetapi, cerita nuklir kebanggaan FE itu sudah anda telan bulat2, tanpa croscek sama sekali.

    Edi jogja
    22 September 2016 at 08:37
    Tidak apa2 kalau hasil observasi pribadi anda hasilnya demikian.

    freed
    2 October 2016 at 22:36
    Piye iki mas membuat simulasi miniatur bumi dan sifat air tapi masih diatas bumi dan dipengerahui gravitasi. Masalah berikutnya dari usulan eksperimen ini, kalau diameter bumi diperkecil jadi 10 meter, selangnya diperkecil juga dong jadi 1 / 4juta kali dari diameter aslinya. Nah gimana caranya?

  43. Gilang

    Yang saya yakini, saya hidup di bumi ini, mau bumi ini globe atau datar, kita semua gatau kebenarannya, tetapi kalo saya baca artikel ini, maaf mungkin masih jauh meyakinkan video flat earth daripada artikel ini, argumen yang jelas dan dapat dipahami, gambar anda pertama pun belum membuktikan bumi itu globe, teori teori yang lainpun belum mampu membantah

  44. Bisa jelaskan garis lurus arah solat? bisa jelaskan bagaimana bisa sinar laser yg ditembakkan ke arah 1 pulau ke pulau lain dgn jarak ratusan meter tampak pas dan lurus sedangkan kata mas bumi itu bulat?

  45. fathun nizham

    Bagaimana cara menjelaskan ttg kegagalan galileo dalam menjelaskan Stellar Parallax? Terimakasih.

  46. amiensid

    Luar biasa teorinya…

  47. Anonymous

    Guys, flat earth mungkin logis dengan penjelasan video di youtube tersebut, tapi kembali lagi kepada tujuan videonya, setelah dapat pengakuan flat earth, so? Tatanan dunia berubah. Gravitasi tidak lagi digunakan? You mean that? Oh fella, think twice! New world order isn’t it? Ini hanya penggenapan nubuat.

  48. ogah

    ini hanya nostalgia sejarah yg dibangkitkan oleh pihak tertentu untuk membangkitkan dua paham dimasa lalu tentang keyakinan datar atau tidaknya bumi trik klasik untuk membuat heboh umat manusia

  49. Yogi

    But simple , kalo bumi datar …?
    Bisa jelaskan yang sudah real kita lihat oleh mata kita sendiri dan setiap hari kita lihat .. kenapa matahari dan bulan berbentuk bulat ? Kalo jawaban nya bisa di cerna saya baru percaya

  50. zahraarindita

    kenapa mereka bisa mudah sekali mengganti teori- teori yang sudah lama terbukti dengan teori yang sedikit dan sederhana kemudian terburu -buru dan langsung menyimpulkan bahwa bumi itu datar ??? setidaknya mereka bisa kembali meneliti pemikiran-pemikiran, penelitian- penelitian dan kerja keras ilmuwan-ilmuwan kita di masa lampau, agar mereka tahu kenapa bumi bisa dikatakan bulat.

  51. Saya kira ketika kita melihata fenomena cahaya “halo, itu sdh cukup membuktikan bahwa bumi itu bulat. Ketika alam semesta diilustrasikan sebagai 1 kesatuan keluarga besar, maka bima sakti adalah keluarga inti, andromeda tetangga galaksi dan seterusnya… Jd, kita bs lihat matahari itu bulat, bulan pun sama, ketika bumi dikatakan datar, apa kah Tuhan menciptakan bumi sbg anggota keluarga yg abnormal? Difabel? Sy kira tidak, karna Sang Maha Pencipta pastilah menciptakan sesuatu secara sempurna.

  52. Gravitasi itu hoax.
    Berat jenis = massa x gravitasi
    Berat jenis n masa jenis itu hukum archimides.
    Yg buat rumus archimides.
    Rumusnya dirubah (x gravitasi) padahal archimides lahir sebelum masehi dan newton (penemu teori gravitasi) lahir sesudah masehi.
    Ssssssttt…earth is flat.

  53. Berat jenis n masa jenis itu hukum archimides.
    Yg buat rumus archimides.
    Rumusnya dirubah (x gravitasi) padahal archimides lahir sebelum masehi dan newton (penemu teori gravitasi) lahir sesudah masehi.

  54. Ario

    Ibarat orang tua uda ngelahirin dan menjaga kita dari kecil sampai dewasa, eh tiba tiba ada yg bilang itu bukan ibu saya. Apakah aku harus langsung percaya tanpa bukti yang jelas? Dari SD saya di ajarkan bumi bulat keriput kek jeruk purut lah ntah apalah. Eh tiba tiba geger soal bumi datar, shock gan shock akunya. Klw bumi datar dan matahari, bulan. Di atas nya. Cara penyinaran bulan bagaimana? Matahari dibawahnya bulan? Trus video FE bilang bulan menghasilkan sinar sendiri. Aduh makin gilak akunya. Kwkekke salam kiblat gan.

  55. Salwa

    Maaf menurut saya yang ingin dipermasalahkan si pembua video flat earth bukanlah tentang bentuk bumi. Melainkan lebih condong untuk memperbaiki sistem di dunia ini yang sudah sangat rumit dan begitu busuk. Dimana ada golongan 1% yang menguasai dunia dengan cara membrangkrutkan 99% umat manusia lainnya. Dan menurut saya itu sangat baik. Terimakasih

  56. nagib

    cuma mw tanya .. kalo bumi bulat kiblat ke ka’bah bs 2 arah ya?

  57. Aditya

    Gerhana total 9 maret 2016 sdh bisa diprediksi persis…. tepat lokasi dan tepat waktu sampai hitungan menitnya. Bahkan sebuah komet akan lewat pun bisa diprediksi kpn tahun dan waktunya dg tepat. Sy blm prnh mendengar prediksi dari penganut FE kpn akan terjadi gerhana atau peristiwa lainnya yg sdh dipublish dan akhirnya terbukti. Jika memang teori itu terbukti ilmiah, hrsnya sdh bisa memprediksi dan mempublish kpn akan terjadi gerhana matahari/bulan dan di bag bumi mana peristiwa itu akan terjadi.

  58. Aditya

    Blm prnh mendengar prediksi dr penganut FE kapan dan di bag bumi mana gerhana (matahari/bulan) akan terjadi, sbgmana para ilmuwan memprediksi dg tepat waktu dan lokasi gerhana matahari total/sebagian akan terjadi (contohnya gerhana total 9 mar 2016 bs diprediksi dg tepat sampai itungan menitnya), atau memprediksi dg tepat kapan sebuah komet akan melintas bumi. Semua itu bisa diprediksi dg tepat berdasarkan garis edar bumi, matahari dsb. Adakah prediksi penganut FE yg akhirnya terbukti?

  59. shinigami

    Maksud dari semua teori ini, baik flat earth atau bumi bulat untuk mengemukakan teori dan membenarkan apa yang dianggap salah menurut mereka, bukan untuk membuat kalian memuja yang dianggap benar dan menghujat yang kalian anggap salah
    Wajar jika ada perbedaan pendapat karena itulah manusia, harus mengemukakan pendapatnya
    Mungkin kalian tidak sadar satu hal, semua ini sudah membuat kalian saling berselisih, dengan kata lain semua yang membuat teori ini sudah berhasil mengadu domba kita semua

  60. seterahludah

    Maksud dari semua teori ini, baik flat earth atau bumi bulat untuk mengemukakan teori dan membenarkan apa yang dianggap salah menurut mereka, bukan untuk membuat kalian memuja yang dianggap benar dan menghujat yang kalian anggap salah
    Wajar jika ada perbedaan pendapat karena itulah manusia, harus mengemukakan pendapatnya
    Mungkin kalian tidak sadar satu hal, semua ini sudah membuat kalian saling berselisih, dengan kata lain semua yang membuat teori ini sudah berhasil mengadu domba kita semua

  61. alung boy

    klo bumi datar bisa dong kita naik ke menara eiffel lalu pakai teropong bintang untuk melihat gunung everst kan lurus saja datar cuma jarak aja jauh tapi bisa

  62. alung boy

    bisa donk kita lihat gunung everst dari menara eiffel pakai teropong bintang kan datar walaupun jauh saya rasa bisa klo bumi itu memang datar bukan bulat agak lonjong ,trus itu keliling dari benua antartik gk sesuai dengan yg di peta flat earth ,di peta itu kelilingnya hampir seluas keliling bumi karena dia mengelilingi benua lainya padahal keliling benua artik tak sebesar/selebar/seluas keliling bumi bahkan benua lainya seperi asia punya keliling yang jauh lebih lebar jadi jika seseorang berkeliling sepanjang benua artik berapa jarak yang diperlukan untuk kembali ketitik yg sama anggap saja mengunakan perahu (coba bandingkan luas keliling benua dari antartik peta FE dengan peta sebenarnya) luas sekali itu mengelilingi semua benua di bumi,saya rasa jika direnntangkan menjadi setengah putaran lingkaran bumi saja tidak sampai itu garis keliling seluruh benua antartika banyak perahu yang mengelilingi /memutari benua antartika untuk menangkap illegal fihing hiu atau paus masih menggunakan gps peta sekarang nyatanya benar kok luas skala keliling benua antartik sesuai dengan yang di perkirakan di atlas skrg

  63. Hanggraeni

    Saya mencoba berpikiran terbuka dan ketika menelusuri, membaca dan memahami artikel bantahan flat earth ini ko malah makin ragu kalo bumi itu bulat ya. Hahaha

  64. joko

    saiki kok tambah wong goblok. ora ngeri nek awake dewe ki di adu domba. Sing melu FE bene tetep guoblllog. sing kaya awake dewe tetep nggunakke sing ilmiah wae…

  65. joko

    wah saiki tambah ketok sing do guoblog. Kita buktikan saja apakah teori FE dapat menumbangkan teori sains yang telah mapan. wangune sing menelan mentah-mentah teori FE ki biyen pancen sing cah goblog-goblog dadi tibane mlebune nang IPS ya…Sing penalaran akale ora jalan secara ilmiah.

  66. Some one

    Mau bulat, mau datar.
    Sekarang pertanyaannya, kalau memang ada 1% elite global, yang menguasai dunia, apa bukan mereka yang menjadi dalang perdebatan masalah bulat atau datar? Berarti, kita sudah terjebak di system, kemanapun melangkah, ya masih dibawah system itu.

  67. vondrack

    asiikkk… ada sebagian dari 99% yg lg debat kusir,yg 1% masih aja duduk manis dan menikmati hidupnya yg indah

  68. Bumi itu yg jelas tdk datar, dan tdk tertutup kubah, misal bumi itu tertutup kubah, dan di dalamnya ada matahari, mateng kita gan. Pulusi matrial gunung meletus gak bakal terurai, ibarat cuma niupin asap rokok kedalam botol trus ditutup. Dan jika bumi diam, gak ada angin gan, ,ombak, pelayaran jaman dulu pun tdk bs dilakukan. Itu smua bukti kecil yg memastikan bumi tdk datar dan tdk berkubah, lengkap dg aksesorinya.

  69. sunomo77

    Assalammualaikum…
    “Allah memberi petunjuk, kepada orang yg mau berfikir” semangat guys!!! Kalian orang pintar yg berusaha mencari kekurangan orang lain, emmm itu sifat manusia bgt sih.
    Sepertinya gk cocok klo mencari tahu BAGAIMANA bumi itu, sedangkan kalian manusia hidup di bumi itu sendiri kan!
    ‘Jadi klo pengen tau kalo bumi itu BAGAIMANA, jadilah seperti bumi dan cari seperti apa kamu ini’ (ka.ga.ta.msd.ku) boleh caci maki, ;)
    *orang yg mau berfikir tau maksudku…
    )@ Knapa aku jadi aneh yaa? @(
    Trimakasih
    wasalam…

  70. unconscious

    Bumi bulat?? Bumi datar?? Sains? Ilmiah? Teori? Argument? Opini? Lahir dr mana? Akal? Logika? Otak manusia yg tidak seberapa dibandingkan ALLAH SWT..
    Come on guys, u can make a briliant theory, u can make high technology, u can make a robot.. but ALLAH SWT. Can make everythings happen.

    Positive feeling sebagaimana ilmu Quantum, manusia sebesar apa? Kapasitas manusia sampai dimana untuk menjabarkan alam semesta?
    Toh semua sains bisa saja dipatahkan jika ALLAH berkehendak.. apalagi semua argument dan opini kita tentang kebenaran.

    Haus kebenaran? Yah manusiawi.. tp kl kita mau ber”perasaan” (jgn gunakan otak kita yg tidak seberapa dibandingkan dengan NYA)
    Cukup yakin saja sang Maha Besar tidak akan pernah menyembunyikan kebenaran, sekecil apapun itu pasti suatu saat nanti akan ditunjukkan oleh NYA, sebagai bukti akan kebenaranNYA, dan apabila “beruntung” kita semua akan menjadi saksi dr kebenaranNYA..

    Bulat atau datar.. tdk perlu ambil pusing, krna semua masih terlahir dr “otak” sesama manusia.

    Krna kita masih punya ALLAH, maka biarkan sang maha besar yg menunjukan kebenaran nya.
    Bukan kita yg tidak lebih dr mikroorganisme alam semesta untuk saling beradu, berdebat, menunjukan kebenaran.

    Elite global?? Seandainya mereka memang exist untuk menyesatkan kita, toh kembali lg.. Sang Pemilik tidak akan menyembunyikan kebenaran.

    Bisakah kita mencari bagian terkecil dr tubuh kita? Sebelum mencari besarnya alam semesta??

    Think it.. feel it.. bukan disitu kapasitas kita. Salam :)

  71. Sasmith

    Ane setuju dengan Unconscious, Bulat kek, datar kek, kita tetep tinggal dibumi juga, teori darwin, erwin, Erni, su’eb tetep aja Soto sama rawon ajib dimakan, jangan mau dikonfrontasi sm hal2 gituan, beda pendapat biasa mau pegang Flat silahkan, mau pegang yg Bulet monggo, bahkan kubus sekalipun silahkan yang penting gak merasa paling bener dan tetap saling menghormati. Ada hal yang lebih penting dari itu semua yaitu keutuhan bangsa tetap nomor satu karena bangsa kita bangsa yang kaya budaya, kaya agama, termasuk ilmu jadi sangat rentan untuk di adu domba. maaf kalau ada yang gak suka silahkan dibully…

  72. Okee

    Bumi punya gravitasi, bulan punya gravitasi, matahari punya gravitasi, okee. Gravitasi bumi menarik seluruh benda yg ada dpermukaan bumi sendiri dan (mungkin) menarik bulan juga, okee. Gravitasi bulan dpt menyebabkan pasang surut air laut, dengan kata lain gravitasi bulan mempan (hanya) kepada air laut, okee. Gravitasi matahari itu cukup besar sehingga mampu menarik dan membuat orbit setiap planet di tata surya ini, okee. Coba jelaskan pada saya :
    1. Kenapa gravitasi bulan hanya memberi efek pasang surut terhadap air yang ada dpermukaan bumi? Kenapa kok nggak batu yang notabene lebih berat dari air atau balon yng notabene lebih ringan dari air?
    2. Jika satelit berada pada luar angkasa yng notabene memiliki gravitasi kecil, kenapa kok nggak bisa ditarik gravitasi bulan ataupun matahari yg bahkan sanggup memberi dampak pada planet neptunus yg katanya jauh banget? Apa karena masa jenisnya yg berbeda dng air :v?
    3.jika gravitasi bumi lebih dominan dari bulan yng katanya gravitasinya kecil kok mampu membuat pasang surut dng air yg punya massa jenis yg kecil?
    4. Kalau matahari mampu memberikan efek gravitasinya pada suruh planet di tata surya, kenapa bulan nggak dpt ditarik langsung, kok malah bulan bergantung pada bumi utk berevolusi mengelilingi matahari???
    5. Dan kok hanya air laut saja yg kena dampak gravitasi bulan, kok nggak air kolam atau air sungai juga?

    Tolong jawabannya yaa

  73. herwin

    apapun dn bagamanapun teory2 dn bukti2 yg masuk akal dn kenyataa di sekitar kita,yg di sampaikan bumi datar,kayaknya bantahannya akan begitu2 saja dr teori2 yg sudah ada yg sejalan dengn pendapatnya bumi bulat. sebenarnya yg mnjdi kunci dr penyelesaian masalah dr kdua belah pihak adalah kutub selatan yg bumi bulat jadikn benua antartika yg kalo gak salah tidak semua orang bisa kesana hanya orng2 tertentu saja dan di jaga dengan ketat yg seharusnya tempat merupakan milik kita semua. salam knal

  74. Yanto

    Menarik sekali. Namun, saya memang masih ada pertanyaan kepada kaum flatearth. Bila Matahari dan Bulan berbentuk bulat, bagaimana bisa bumi datar. Bila planet2 yg teramati oleh teleskop seperti jupiter dll berbentuk bulat juga. Bagaimana mungkin bumi tidak bulat dan disebut bukan planet??? Mohon bantuan dijawab oleh kaum flat earth supaya memenuhi rasa penasaran teman2

  75. paul pogba

    Bang jali bang jali goyangnya bikin hepi bikin lu ketagihan bodo amat ama bentuk bumi :D

  76. princeRiansz

    saya berpendapat bumi ini luas saya, menikmati tayangan video FE
    pertanyaan saya
    1 knapa antartika tidak bisa di lintasi
    2 planet bisa dilihat mengunakan alat cangih era moderen knapa satlit sebegitu banyak ngak nampak sama alat moderen
    3 kenapa moneter di era global berdampak pada negara -negara kecil spt indonesia, india,zimbabwue

  77. Didi

    Jawab pertanyaan ini seilmiah mungkin :

    1. Sifat air itu pasti datar. Setuju ? Setujuuuu… Dumana pun air itu berada, pasti tetap datar permukaannya Kalo bumi ini bulat, bagaimana penjelasan ilmiahnya bahwa permukaan air melengkung mengikuti globe bumi ???? Yang anda jelaskan diatas itu malah tidak masuk diakal saya.

    2. Apakah pesawat terbang dari Jakarta ke Jeddah misalnya, setiap beberapa mil akan menukik perlahan mengikuti lengkungan bumi ??? Semua pilot yang saya tanya menjawab tegas ….NO !!!! Pesawat tetap terbang lurus. Sama sekali tidak menunjukkan adanya lengkungan bumi

  78. Wong kolot

    Wes apik e,patungan gae tuku roket,men aku sing nyetir,men weroh dewe

  79. luqman

    mgkn admin bs jelaskan kalau memang bumi itu bulat dan berotasi, mengapa lama penerbangan misalnya jakarta-jeddah dan jeddah-jakarta memiliki waktu yg hampir sama, padahal yg satu terbang sesuai rotasi bumi dan yg lain berlawanan dgn rotasi bumi???

  80. kyokushin

    Itu tur kluar angkasa bisa aja bohongan, kamu masuk dalam kapsul simulator dll….
    Hahaha
    #FlatDefendor

  81. singkat aja, flat earth adalah pembodohan
    flat eart=teori darwin=atheis –> analisa sendiri
    mau mengacu alquran?, tafsirkan dari bahasa aslinya
    (bljr dl ilmu2 bahasa arab),makanya alquran tdk bs di palsukan,
    menafsirkan dr terjemahan?, serius lo bro?…,amin deh bro!

  82. Isa

    Hayo miminnya disekolah udah pernah belajar atom belum? Coba menurut mimin mengapa electron terus mengelilingi neutron tanpa hentinya? Padahal, scientist sekarang menghubung2kan solar system layaknya atom. Jelas kita tau gravitasi bukan yang membuat electron bergerak tetapi, electromagnetic. Kok diatas banyak bantahan tapi ga bahas tesla tentang electromagnetic.

    Yang bikin saya bingung dengan ini forum, ini websitenya namanya kiblat ada khazanah2 segala, terus miminnya mengiyakan galileo akan bible nya, hmm aneh. Toh misalnya kalo mau postingan di Web beginian ya harus mengacu ke alquran dong. Inget loh albaqarah ayat 2(baca dulu kalo belom), ga semestinya di perdebatan hal kaya gini, kalo emang di alquran ga Bener2 di jelaskan bahwa bumi itu bulat datar, coba kita liat lebih mengarah kemana? Apa ada bola di hamparkan? Atau tanah di hamparkan di bola? Pernah denger ga kata2 itu? Aneh kan ya, ya alquran pasti diciptakan bukan untuk bikin kita berdebat dan bingung tapi Alquran adalah tuntunan hidup kita, kalo emang alqruan bilang datar ya percaya aja, kalo emang allah bilang bulat pasti ada satu ayat aja yang kuat yang menjurus tenang bentuk bumi yang bulat, bisa jadi allah bilang seperti cumbungan, atau telur atau apapun yang bulat, tapi sebaliknya allah menguatkan dengan bahwa semuanya adalah 1 kesatuan dan memisahkan langit menjadi 7 lapis yang berada di atas bumi, dan yang jarang kita tau apa? Allah bilang bahwa langit2 itu bisa diliat dari bumi, allah juga bilang bahwa kabah bumi kita sejajar dengan baitul ma’mur, apa yang mau di angumenkan lagi coba min? Kalo kita terus kekeh sama logika batu manusia yang gada apa2 nya adanya cuman berantem dan berantem, bantah sana sini, Inget allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui, scientist bilang semua karna bigbang, bumi tercipta selama milyaran tahun bahkan lebih, tapi Alquran bilang apa? 6 hari, dan kita bukan tercipta karna hal yang berbau accident atau kebetulan, atau kecelakaan, kita di buat karna tujuan dan tidak ada yang namanya kebetulan, ingat allah bukan hanya menciptakan materi, tapi allah yang menciptakan waktu, kalo di alquran bilang 6 hari, ya gausah bikin argumen lain seperti bigbang jutaan milyaran tahun itu . Ya gada salahnya percaya dan gada salahnya juga belajar pelajaran smp sma kuliah yang diajarkan sekarang asal pilih2 aja selalu riset toh kita bukan robot kan. Yang penting apa? Iman.

  83. Tharashon

    Udah jelas kubah langit tidak dapat ditembus masih percaya aja kalo ada orang pergi ke luar angkasa, bikin lucu aja

  84. Hans Singgu

    GUA KUTIP KATA2 LU YAH, “Di video dikatakan bahwa jika kita bertanya kepada Newton peristiwa elektron mengelilingi inti atom maka Newton akan menjawab “Karena Gravitasi”. Ini murni klaim semata. Tidak ada sama sekali catatan bahwa Newton mengatakan itu. Karena elektron sendiri baru ditemukan oleh JJ Thompson pada 1897, 171 tahun setelah Newton meninggal. Jadi tidak ada pernyataan semacam ini seumur hidup Newton. Sains dan logika Anda tidak boleh menerima informasi semacam ini”. JADI GINI MAKSUD GUA, KAN SEKARANG SEMUA ORANG PERCAYA BAHWA BUMI MUTER2 KELILING MATAHARI KARENA GRAVITASI. NAH, KALAU MEMANG NEWTON TIDAK PERNAH BERI PERNYATAAN BAHWA BUMI MUTER2 KELILING MATAHARI KARNA GRAVITASI, ITU ARTINYA DIA PAHAM BETUL KALAU TEORI GRAVITASINYA KAGAK PERNAH BISA MENJELASKAN TENTANG PROSES BUMI MENGELILINGI MATAHARI. . .HANYA EINSTEIN AJA YANG NGAWUR BICARA RELASTIVITAS, BIAR BISA MENJELASKAN PROSES BUMI YANG MUTER2 KELILING MATAHARI, PADAHAL DARI ZAMAN EINSTEIN SAMPAI SEKARANG, TEORI RELASTIVITAS TIDAK PERNAH BISA DIBUKTIKAN. . .INGAT ITU, TIDAK BISA DIBUKTIKAN !!! RELASTIVITAS TIDAK PERNAH BISA DIBUKTIKAN !!!

  85. Arif Widayuni

    Permisi gan…aq gaptek nich…tapi seneng nonton2 pengetahuan baru…nonton flat earth bingung akhirnya nyari solusi ke video debat Dr.Zakir Naik tentang error dalam Al-Qur’an tentang sains kebetulan disitu ada pembahasan bumi, bulan dan matahari.Tapi tetep aja belum lengkap terjawab. 1. Bing Bang ( bumi dan langit dulunya adalah satu, terpisah tapi gak jelas bentuknya) 2.Matahari dan bulan berotasi pada garis edarnya (gak jelas bentuk garis edarnya). Mau cari kebenaran nich tentang tuduhan flat earth tentang NASA yg aq anggap bener 1.Aq pernah naik kapal laut sampai lewat laut lepas memandang samudra sejauh pandangan tanpa halangan mencoba cari lengkungan bumi di atas permukaan samudra tapi mengapa tetap datar saja, 2. Tabel temperatur angkasa menurut jarak ke matahari apa benar datanya gan? Dulu pernah belajar material teknik gak ada material di tabel periodik yg tahan temperatur yg dicapai pesawat NASA (titanium, zirconium dll).Mohon pencerahannya gan..

  86. Makin Tampan

    Saya Sempat Membantah dan debat kusir 2 Hari 2 Malam dengan Salah Satu teman FB sampai saya baca Artikel ini, dan apa yang saya temukan bukan mendapat jawaban yang bisa membuktikan bahwa Bumi itu Bulat, malah saya ko lebih faham dengan Bumi Flath. penjelasan dengan video sepertinya belum bisa menuntaskan dengan video yang ga jelas dari sumber dan berdasarkan Perhitungan Matamatis saja belum cukup tapi butuh lebih great lagi,, malah jika flath arth sepertinya lebih cocok dalam Al Quran…

    dan ketika dalam pesawat horison sangat datar itu yang saya lihat dari balik jendela pesawat.. !! kalau penulis membantah konspirasi Flath eart mestinya dengan memakai pandangan sendiri bukannya dari rumus rumus yang juga sekarang diragukan …!!!

  87. Hamba Allah

    gak dukung kedua nya, cuma mau nanya aja, siapa tau ada yang bisa jawab, atau ada yang sadar mungkin

    Jika sifat air adalah DATAR walaupun wadah atau tempat nya bulat, air akan tetap datar, dan tidak akan terlihat lengkungan nya

    Sekarang coba liat foto foto bumi, di foto bumi yang NASA atau siapa yang mengupload itu kita bisa lihat bahwa air di foto bumi itu melengkung, padahal sifat air adalah datar, bagaimana penjelasan tentang ini ?
    yang bener air itu tetap datar? atau melengkung ngikutin bentuk bumi?

  88. tejo

    terimakasih min, ini semoga difahami banyak orang dan mau belajar lagi, karena yang jadi masalah adalah perbedaan teori ini menimbulkan masalah bahwa yang memahami bumi itu datar menghubungkan dengan dalil – dalil bahwa yang memiliki pendapat bahwa bumi itu bulat itu berpemahaman sesat, saya khawatir ini akan memecah belah umat islam, kita seharusnya sadar bahwa apabila pengetahuan kita masih sedikit jangan berhenti untuk belajar

  89. Dodi Ahdiyat

    Kamu lihat putaran orang tawaf di baitullah..
    Bersyukurlah kalau bisa melihat sih, tapi kalau tidak ya kebangetan

  90. joko sus

    Salut bang fajar shadiq.
    Terlepas mana saja yang benar. Tapi saya pribadi percaya pada tuhan yang menciptakan bumi Dan alam semesta.

    Pendapat pribadi. Itulah kebesaran tuhan yang menciptakan alam semesta. Tuhan pula yang menciptakan segala hukum fisik, ruang, dan waktu yang kita kenal dan pelajari sekarang.

    Artikel mas fajar ini bagus sekali dengan menampilkan sumber yang bisa dipertanggung jawabkan. Saya BUKAN penganut flat earth, DAN saya percaya bahwa buMi itu bulat seperti yang diajarkan di sekolah.
    Saya awam dunia sains. Tapi jika boleh berpendapat, itu lah kebesaran dan “kecerdasan” tuhan yang menciptakan dan “mengkondisikan” sedemikian rupa sehingga kita merasa bumi itu datar dan diam.

  91. ARY BUDI PRABOWO. ST

    kaya nya dah byk yg komen diatas ya.
    KALAU SAYA SUKA NYA FACE TO FECE AJA GK SUKA TEORI BERTELE YG ADA DI ALAM YA FAKTANYA.
    dan faktanya sy di pulau lombok bisa dengan jelas lihat pulau bali tampa keliahatan lengkungan bumi. IS THE REAL NO HOAKS.

  92. Bastian

    Salut kepada Admin yang telah sukarela memberi pencerahan tentang perdebatan ini. Perkenalkan saya guru SD, dari sejak duduk di bangku SD sampai sekolah keguruan, konsep berpikir saya sainstifk, dan hal itu menular kepada seluruh siswa saya. Dan materi ini termuat mungkin pada seluruh kurikulum di dunia. Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan dari gagasan bumi datar yang telah dicetuskan beraabad abad lalu.
    1. Jika konsep bumi bulat berhasil digugurkan oleh semata mata video anymous yang mengusung konsep bumi datar, berarti akan terjadi perubahan mendasar pada tata kelola kurikulum, pandangan budaya, politik dan nasib dunia, alias revolusi. Ini tidak main main, jangan kita hanya berpikir bahwa ini hanya mengajukan hipotesis tentang bumi datar, akan tetapi, proses pengajuan hipotesis tersebut sama sekali tidak ilmiah dan akademik. Walaupun diterima sebagai sebuah hipotesis tetapi isu tersebut bisa saja di baca oleh pembaca internet segala umur dan hal itu sangat berpengaruh kepada pemikiran siswa terutama siswa sekolah dasar. Ini sama sekali tidak mendidik. Apa jadinya nasib guru, nasib program pemerintah jka dilakukan semasif ini. Hendaknya pihak terkait harus segera mengambil tindakan terhadap hal ini. Alasannya adalah Negara kita adalah Negara sedang berkembang, yang sedang gencar-gencarnya mengejar ketertinggalan dari bangsa lain dalam hal sains yang jelas jelas telah terbutkti kebenarannya dan diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan. Kebenaran yang disangkal justru akan membodohi para generasi bangsa. Kebebasan berpikir adalah hal yang wajar di zaman ini, tetapi beride dengan tidak mempertimabngkan segala aspek kehidupan, apalagi mempertentangkan sebuah konsep kebenaran yang telah teruji merupakan upaya membodohi anak cucu kita. Apakah kita mau kita selama-lamanya secara teknologi dijajah bangsa lain ? Kita ingin mengejar ketertinggalan tetapi di saat yang sama kita malah melakukan upaya memutar balik fakta dan mundur ke zaman dimana peradaban masih tidak semoderen saat ini.
    2. Secara konten, pembahasan video tentang bumi datar oleh anymous sangat sarat dengan kepentingan. Saya sepakat dengan admin bahwa untuk menguji sebuah teori harus dilakukan eksperimen dan pelakunya adalah para peneliti yang tidak memeiliki kepentingan. Kepentingan mereka adalah dalam kerangka ilmu pengetahuan semata. Diantara pada komunitas saintis telah tercipta konsep berpikir yang membudaya bahwa menentang suatu teori yang telah eksis harus melalui uji hipoteisis. Akan tetapi penentangan yang dilakukan dalam video itu bukan merupakan ranah ilmiah, karna tidak focus, baur dan terlau banyak konsep yang digugat. Walaupun misalnya si pembuat video punya target ingin menggugat sebuah teori semestinya hal yang dilakukan adalah menggugat elemen kecil demi elelem teori. Jangan begitu muncul langsung menghakimi teori bumi bulat. Teori bumi bulat telah didukung oleh ribuan eksperimen ilmiah, bahkan bukti paling real adalah foto dari ruang angkasa. Teori keruang angkasaan juga telah didukung ribuan eksperimen baik dari sisi penerbangan sampai hal yang menyangkut grafitasi, perilaku partikel dan sebagainya. Artinya hipotesis bumi datar yang diajukan kembali dimaksudkan untuk menggugurkan ribuan teori yang telah terjalin terakumulasi menjadi teori bumi bulat. Kalau memang spantasnya dilakukan hendaknya mencari tempat yang proporsional dan tepat untuk memperdebatkannya. Jangan di media public sperti ini. Ini adalah pembodohan.
    3. Penyangkalan terhadap bumi bulat tanpa didukung bukti empiris, sama dengan penyangkalan terhadap beberapa aplikasi bermanfaat yang saat ini telah digunakan dan diajarkan di sekolah-sekolah. Impliakasinya adalah siswa akan mengalami kebingungan dalam bidang
    – Konsep gaya, berat, usaha dan energy
    – Konsep gerak lurus dan gerak lurus beruba beraturan
    – Konsep gerak jatuh bebas
    – Konsep terjadinya musim dan iklim
    – Konsep siang dan malam
    – Konspe perilaku partikel
    – Konsep mekanika dan fluida
    – Konsep struktur bumi
    – Konsep cahaya dan perilakunya
    Dll

    Dan itu semua telah diaplikasikan dalam berbagai teknologi terapan dalam segala bidang kehidupan. Sekali lagi jangan main-main. Kalau memang si pembuat video ingin sebuah kebenaran seperti apa yang dikataknanya, semestinya jangan dilempar ke public. Kalau mau berdebat dengan para pakar sainstifik medtinya datanglah ke NASA amerika di sana dan adu argument di sana. Atau ajukan hipoteisinya ke Universitas seperti Cambrigde dan universitas ternama lainnya. Bukan malah melempar isu dan memepersilahkan audience di internet untuk berpendapat.
    Kalau melihat dari karakter tayangan video dan bahasa yang digunakan, ini adalah propagandankalangan tertentu untuk tujuan mengadudomba dan pembodohan.
    4. Sekali lagi saya keberatan terhadap segala macam bentuk pemuatan media dan perdebatan terkait klaim bumi datar, hal ini telah mengganggu pikiran saya dan para guru di seluruh dunia yang kawatir jika isu ini dibaca siswa. Walaupun hal ini dapat dijadikan umpan balik untuk dapat dilakukan diskusi di kelas kelas sehingga guru memiliki ruang untuk memperkuat argumennya, akan tetapi tidak demikian halnya di Indonesia. Karakter siswa yang multi etnis, latar budaya yang beragam dan keyakinan yang sangat kuat maka guru memiliki tantangan yang sangat besar dalam bagaimana membelajarkan siswa tentang bumi bulat. Dalam keadaan normal saja kita susah meyakinkan siswa berdasarkan fakta dan data empiris apalagi dengan adanya penggugatan ini. Perlu diingat budaya baca bangsa kita terhadap literatur sains masih rendah. Mereka lebih suka dan lebih lekas percaya dengan sumber internet yang secara lengkap menyajikan video yang seolah-olah ilmiah dan meyakinkan.
    5. SEKALI LAGI ALANGKAH BERDOSANYA KITA JIKA KITA MENANAMKAN HAL-HAL YANG TIDAK BAIK KEPADA SISWA, ANAK DAN GENERASI PENERUS KITA.
    Semua di antara kita tentu tidak ingin generasi kita kedepan menjadi generasi yang bodoh dan tertinggal.

  93. Zaky

    maaf ane lebih percaya klo bumi itu datar.

    Disini ane akan jawab dari sudut pandang agame ane, Islam. bagi yg beragama non-muslim harap mengerti :)

    POIN PERTAMA.
    kisah tertahan / tertunda matahari dari waktu terbenamnya.

    Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    “Suatu ketika, seorang Nabi (Yusya bin Nun Alaihi Salam) hendak menaklukkan kaum kafir yg menduduki baitul maqdis, kemudian ia berkata kepada kaumnya, ‘Janganlah ikut serta dalam peperanganku ini seseorang lelaki yang baru saja menikah dan ia hendak berhubungan dengan istrinya itu, jangan pula ikut serta dalam peperangan ini seorang yang tengah membangun rumah dan belum mengangkat atapnya, jangan pula seseorang yang membeli kambing atau onta yang sedang bunting tua yang ia menantikan kelahiran anak-anak ternaknya itu’.”

    “Lantas sang Nabi berangkat perang. Ketika ia telah dekat dengan sebuah desa pada waktu shalat ashar dihari jum’at atau sudah dekat dengan itu. karena haramnya bagi bani israil berperang di hari sabtu, sedangkan matahari hampir terbenam.
    maka ia berkata pada matahari :
    ‘Sesungguhnya engkau diperintahkan dan saya pun juga diperintahkan.

    kemudian ia berdoa kepada Allah:
    Ya Allah! Tahanlah jalan matahari itu di atas kami.’

    Kemudian matahari itu tertahan (tertunda dari waktu terbenamnya) sehingga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kemenangan kepada sang Nabi.

    skrng gunakan Logika anda, apakah mungkin jika bumi yg berbentuk bulat mengalami tertundanya siang dan malam hanya karena matahari yg tertahan/berhenti mengelilingi bimasakti? bukankah kalian diberitahu di sekolah2, kalau rotasi bumilah yg menyebabkan siang dan malam. jd g ada hubungannya sama matahari, mau diam kek atau gerak kek,tetap aj, selama bumi berotasi, pergantian siang dan malam tidak dpt dicegah hanya karena ditahannya matahari/matahari berhenti mengelilingi galaxy bimasakti, kecuali klo bumi itu berbentuk DATAR

    lebih tepatnya lihat gambar gif ini
    https://i.makeagif.com/media/6-27-2015/6TPX2_.gif

    POIN KEDUA.
    ada sebuah bangunan yang merupakan kiblatnya penduduk langit yg sejajar dengan ka’bah di dunia (baca kisah isra mi’raj)

    At-Thabari meriwayatkan bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu tentang Baitul Makmur.

    Jawaban Ali Radhiyallahu ‘anhu,

    Itu adalah bangunan di langit, sejajar dengan Ka’bah. Kemuliaan bangunan ini di langit sebagaimana kemuliaan Ka’bah di bumi. Setiap hari dimasuki oleh 70.000 malaikat, dan mereka tidak kembali lagi. (Tafsir at-Thabari 22/455 dan dishahihkan al-Albani).

    At-Thabari juga menyebutkan riwayat yang mursal dari Qatadah (ulama tabi’in), beliau mengatakan,

    Sampai kepada kami informasi bahwa satu hari, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda di hadapan para sahabatnya, “Tahukah kalian, apa itu Baitul Makmur?” jawab beliau, “Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu.”

    Lalu beliau menjelaskan, “Baitul Makmur adalah bangunan masjid di langit, tepat di bawahnya adalah Ka’bah. Andai masjid ini jatuh, dia akan jatuh di atas Ka’bah.” (Tafsir at-Thabari 22/456. Riwayat ini juga dikutip Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, 7/429).

    Dalam Silsilah as-Shahihah dinyatakan:

    Kesimpulan keterangan bahwa tambahan riwayat ‘sejajar dengan Ka’bah’ statusnya shahih, dengan gabungan semua jalur periwayatannya. (as-Silsilah as-Shahihah, 1/476).

    Skrng Pakai Lagi Logika Anda, Bagaimana mungkin bumi bulat-bola dan berputar kemudian baitul makmur harus tetap sejajar dengan ka’bah di Mekkah, bagaimana bisa sejajar kalau bumi yg bulat terus2an melakukan rotasi dan revolusi? berarti baitul makmur harus mutar-mutar di atas langit ikut bumi untuk selalu mensejajarkan posisinya dengan ka’bah? kondisi ini sulit dibayangkan kalau bumi berbentuk bola. Kalau bumi datar maka masuk akal jika sejajar

    POIN KETIGA.
    mengacu kepada perkataan seorang ilmuwan yg kurang dikenal oleh anak2 sekolah zaman sekarang. namanya dihapus dlm sejarah karena menentang elit global, yaitu Nikola Tesla.
    dia berkata : “Bumi adalah sebuah bidang, BUKAN PLANET”.

    anda2 yg muslim tahu kan, bagaimana iblis sangat cemburu kepada Adam/manusia, karena Allah SWT memberinya kehormatan untuk menjadi khalifah di muka bumi. yg jd pertanyaan knp harus BUMI yg diperebutkan? memangnya apa sih yg spesial dri bumi sampai2 IBLIS sangat cemburu kepada Adam/manusia? klo bumi merupakan sebuah planet, yah sdh IBLIS ikhlasin aj, trus IBLIS tnggl minta Kepada ALLAH supaya dikasih JUPITER barangkali atau MARS? tpi knp tdk demikian? karena bumi sngt berbeda dgn planet.

    POIN KEEMPAT. (masih dugaan)
    kisah Dzulkarnen(dlm surh al kahfi klo g slh ayat 83/85 sampai 93) yg mengurung bangsa yakjuj dan makjuj yg tdk diketahui posisinya.
    entah itu ghaib atau tdk dpt dijangkau oleh manusia.
    tpi tdk menutup kemungkinan bangsa yg dikurung oleh Dzulkarnen tersebut jauh berada di luar dinding es antartika yg mengelilingi bumi menurut peta FE.
    apalgi klo melihat hadits yg menyebutkan klo jumblah yakjuj dn makjuj sngtlah bnyk. sekitar 999:1 dgn manusia. kira2 jumlah yakjuj dn makjuj yg jumlah nya sangar kaya gitu klo mau ditaruh di bumi yg luasnya hanya seperti ukuran bumi bola kira2 muat g ya?
    klo bumi datar, itu baru mungkin. karna menurut flath earth jauh diluar dinding es antartika masih ad bnyk pulau yg sebesar pulau amerika.

    monggo d lihat gambarnya, peta kuno jepang http://whotfetw.com/blog/wp-content/uploads/2016/05/2016-05-12_070025.jpg

    tpi ane percaya, bumi mungkin msih lebih luas dri peta kuno tersebut, karna, ane pernah baca kisah tntang Baluqya, seorang pemuda yahudi yg melakukan perjalanan ke ujung dunia, ane g tau kisah itu benar apa kgk? search aj d google klo penasaran

    POIN 5.(masih hipotesa)
    Qur’an selalu menyebutkan bahwa Surga itu seluas langit dan bumi? knp bumi disebut jg, apa karrna bumi sngt luas. no komen aj dh

    POIN 6
    Qur’an menyebutkan bahwa langit memiliki ujung/sudut

    Surah ar-rahman ayat 33:
    “Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.”

    menurut kamus bahasa indonesia, penjuru memiliki arti ujung / sudut.

    kalau langit memiliki ujung/sudut, dimanakah letaknya, jika kalian mempercayai bahwa bumi berbentuk bola?

    tantangan saya cuma satu untuk penganut bumi bola, yaitu kalian cukup memprediksi kalan terjadi gerhana matahari / bulan menggunakan data2 dari pengetahuan bumi bola, mulai dari jarak matahari ke bumi, jarak bumi ke bulan, kecepatan rotasi / revolusi? jika kalian bisa melakukannya saya siap mati. perlu digaris bawahi, NASA tdk pernah menggunakan data2 tersebut untuk memprediksi gerhana, tpi menggunakan siklus SAROS.

  94. Zaky

    Sekiranya salah seorang bidadari surga datang ke dunia, pasti ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak. Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

    lah, ini gmna ceritanya klo bumi itu bulat?
    otomatis, akan ada bagian langit dan bumi yg tidak terjangkau cahaya bidadari karena terhalangi oleh sisi bumi.
    hadits ini yg salah, atau bentuk bumi bulat yg salah???

  95. Putra

    Mantabh…bikin brainstorming banget….adu opini boleh…tp jgn saling menghujat ya kawan2…karena qta hanya manusia yg penuh hina…sungguh qta tiada daya dan upaya kecuali dapat ijin-Nya…Allah SWT lah yg maha besar…maha benar….adu opini lah tapi jangan riya dan tetaplah rendah diri….karena perbuatan riya sangat dibenci oleh Allah…salam flat earth dan globe earth….

  96. jarwis

    ealah repot, cari makan aja buat keluarga sama bahagiain anak istri, beramal baik dan sholeh… udah ga usah kabanyakan mikirin yg ga perlu.. mau bulat, mau datar… dapur kudu ngebul saudara saudara…

  97. Zaky

    maaf, saya koreksi komentar saya sebelumnya *diwaktu sholat ashar, menjadi diwaktu ashar. karna memang kisahnya begitu.
    biar lebih jelas baca aja kisah Nabi Yusha
    terima kasih :)

  98. Daffient Siddhartha

    Flat or Globe, perdebatan jaman purba yang di perbincangkan lagi. Kalo lu nnya ke gua ini statementnya

    Sebenernya apa sih yang di ributin? Yang gua bingungin cuma 1 pola pikir orang indonesia yang ga pernah bisa di ajak modern.

    1. Teori science yang di sangkutin ke masalah agama “BAWA- BAWA hadist/ayat alquran”. Mending kalo bener ibadahnya solat masih bolong”, korupsi jam kerja, ga jujur dalam berdagang. Situ ga takut dosa? Jadiin ayat alquran buat adu mulut? Mending kalo yang jadi bahan perbincangan soal agama. Contoh: saat musa as belah lautan apa teori sciencenya?, istilah medis buat orang kesurupan?, Ibrahim as (manusia) ga bisa di bakal sama api?. Kalo udah kun fayakun mau ngomong apa?

    2. Satelit ada atau engga ga usah banyak di pikir. Apa ruginya sih? Tanpa kita harus tau-pun kita udah banyak di untungkan. Ga tau alamat liat gps, cari informasi tinggal google, bahkan yang jomblo aja bisa modus sana sini lewat internet. Belajar bersyukur coooyy…!!

    3. Matahari bukan pusat tata surya?. Nyata nya ga ada yang bisa lu perbuat. Lu tetep bangun pagi buat kerja “buat jadi babu”, malem tidur. Lu inget tuh goblok.

    4. Flat or globe? Bebas, yang pasti untuk saat ini gua lebih percaya yang terbukti. Teori, riset, observasi udah dilakukan sama mereka para ahli, kita sebenernya tinggal nikmatin aja dengan biaya yang terbilang murah buat gua. Lagian teori bentuk bumi itu udah banyak di perdebatkan dari yang flat, cube, hollow, sampe ga karuan bentuknya. Kalo pengen di akui pintar silahkan observasi dan cari tau semua teori itu, trus buktiin.

    “Sekolah tetep goblok jangan sekolah, mending mulung dapet duit.”

  99. Zaky

    Daffient Siddhartha.

    ckckck, dari komen loe sepertinya loe g terima penjelasan FE. mau penjelasan dari Sains, tetap aja masih ngeyel

    klo ga mau debat jgn masuk sini TOLOL.

    “SEKOLAH tetap goblok jangan sekolah”

    loe yakin, semua yg loe pelajari di sekolah itu fakta? terus soal pelajaran teori evolusi yg loe pelajari, loe percaya???
    GOBLOK sekali kau, klo percaya manusia berasal dari kera. oOps, sorry ane ga tau klo nenek moyang loe semua keturunan Binatang , pantas ga bisa mikir otak loe kaya binatang sih.

    terus loe mau aja ditipu sama elit global terus2an?

    ibarat pepatah :

    UDH STUPID JATUH KETIMPA TOLOL.

    ngaca dulu sapa yg bodoh!!!

  100. tjhandra

    Sy mngkin bkan org sains tpi smpai skrng sya msih prcya teori bhwa bumi itu bulat.. Video FE cnderung cuma mmbanding”kan teori para saintis, membenarkan teori sbagian saintis dan skedar mnyalahkan teori saintis yg lain tnpa ada bkti nyata brsifat sains dari si pembuat video sndiri. Tlong hrgai usaha mreka” itu bro. Sy cma mau britahu argumen sya:
    (1) klo bumi itu datar, FE society jlas ingin blg bhwa mtahri, bulan dan bnda” langit lainnya jlas tepat di atas bumi, artinya nggak ad mlam dong, cuma siang, toh ‘lampu’ yg bgtu bsarnya tepat brada di atas kita. msalahnya skrng ad siang dan mlam yg slalu silih brganti di blahan bumi, trus gmna jlasin siang dan mlam yg brbeda di penjuru dunia.?? Apakah mtahrinya hilang muncul?? Saat hilang kita sebut dgn mlam, saat muncul kita sebut dgn siang?? Lucu ya. Sy beri satu pnjlasan awam, dgn sebuah bola lampu kcil 15 wat sj bisa mnerangi luasnya sbuah ruangan, bgaimna dgn mtahri yg jlas jauh lebih bsar dri bumi (yg datar) dan chayanya pun jauh lbih trang dri sbuah lampu..??
    (2) secara awam konsep FE jlas mmbantah prhitungan wktu, artinya tdk prnah ad wktu/jam krna sya (seorg awam) tahu bhwa konsep prhitungan waktu di krna kan bumi berputar.
    (3) FE blg satelit tdk prnah ad, bullshit.. Mngkin sy jga blm prnah lhat satelit scra lngsung dgn mta kepala sya, tpi sya bsa nonton tv lwat parabola, trus drimna dtg snyal” digital tv itu ya? Dikrim lwat email kali ya?? Haha,, atau lbih bgus kita blg dri tower, shit.. Di kmpung sya ma nggak ad tower tv, kyak di kota” bsar mkanya kmi pkenya parabol. Biar bsa nnton bola yg sdng brlangsung di luar negri, atau motogp ksukaan sya..
    (4) Bumi datar?? Mngkin anda smua prnah sesaat brbaring mnatap ke atas lngit dan sya ykin psti anda mlihat btapa indahnya awan brjlan-jlan, yah sejenak sy pkir itu krna bumi yg brputar. Mri kita anggap bumi itu datar dan pnya ujungnya, artinya bumi diam, artinya lgi awan yg brjlan BUKAN bumi yg brputar, oke?? Hmm agak aneh, ini berarti awan” itu akan trus brjlan smpe ujung bumi, trus kmna lgi awan” itu? Nabrak ujung bumi,? Atau dimakan sama naga pnunggu ujung bumi?? Msalahnya awan tdk prnah hbis, mri kita ktakan lgi awan “dimkan” di ujung bumi dan mncul awan bru dri ujung bumi yg lain, tpi dri mna? Kntut raksasa pnunggu ujung bumi lainnya?? Hahaha.. Makin lucu klo bumi itu datar..

  101. Hamba Allah

    Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya. Dan bumi itu Kami hamparkan; maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami).QS Adz-Dzariyat 47-48.

    Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gu­nung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka. QS.Al Kahfi 47

    Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan, “Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan,” orang itu berkata, “Saya dapat menghidupkan dan mematikan.” Ibrahim berkata, “Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat.” Lalu terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. QS Al Baqarah 258
    Dalam Ayat tersebut menjelaskan matahari mengelilingi bumi.

    Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tinggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Mahaperkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan, dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya. QS YASIN 37-40

    Masih bnyak lagi ayat2 Al Quran yg menjelaskan tentang terciptanya Alam semesta.
    Propaganda saint memang sangat membodohi manusia, seperti hal nya teori Darwin. Kembalikanlah kepada Al Quran dan Assunnah .

  102. Esazriel

    Wes timbang melu geger mending tak nunut lungguh dadi penonton karo nakam lecep, sing Pinter2 ben debat sak dobole.. Hahaha..

  103. kara_nalitha

    saya ikutan nyimak debat + argumen2 keren baik dari kubu bulat ataupun datar. tapi artinya dengan perdebatan ini kita jadi makin pintar karena mau berpikir. abaikan orang yang gak peduli, dan goblok2in orang itu ga perlu lah. dan yang paling penting jangan menyalahkan dulu kalau belum tahu yg benernya.

    pertanyaan buat yang dukung flatearth

    1. Kalau bumi itu datar, dari fe101 kan ada petanya tuh, dan ini bukti yg bisa di lihat langsung kalau indonesia itu dilewati katulistiwa (dateng aja ke pontianak) artinya itu garis edar matahari (misal, teori) berarti bisa kita simpulkan kalau dunia yg terjangkau matahari itu cuma dua kali jarak indonesia ke arktik (kutub utara sebagai pusat) artinya kalau ada kehidupan lain diluar antartika (teori dinding es yg mengelilingi kita) mereka ga butuh matahari, atau ada matahari lain sama katulistiwa lain?

    pertanyaan buat yg dukung roundearth,

    1. kalau bumi itu bukan pusat alam semesta, artinya jutaan bintang (asumsi matahari itu bintang) yg kita lihat kalo malem kan beserta juga ada jutaan lebih planet nih.
    nah, masa iya dari sebanyak itu planet cuma bumi aja yg dikasih kehidupan? trus kok masa iya Nabi SAW diturunkan di bumi, trus kan umat islam sholatnya ngadep kabah di bumi, nah kalo kita pergi ke planet lain kiblatnya mana? apa ada juga kabah,nabi,agama,dan penuntun dari Alloh di planet lain yg beda kayak kita?
    berarti nabi SAW sama Alquran yg diturunkan di bumi ga spesial dong?

    pertanyaan buat flatearth

    2. kalau iya bumi itu realm yg jadi pusat alam semesta, ga berotasi, ga berevolusi artinya bumi itu diam?
    kok bisa ada gempa sama pergeseran lempeng bumi?
    apa iya karena aktifitas vulkanik gunung berapi?

    2. dan kalau bumi itu bergerak, rotasi,berevolusi kenapa satelit pada ga nyasar?
    apa satelit itu ikut rotasi sama revolusi juga?
    atau ada tali yg ngiket satelit atau tiangnya gitu?

    mohon maaf karena pemikiran yg terlalu sederhana, tapi karena perdebatan pake teori2 rumit itu terkesan egois dan ga mau kalah, coba pake debat kusir sekali2 biar ketemu dari sudut pandang berbeda.
    karena debat pake teori sama rumus ilmiah yg rumit itu cuma alasan biar kelihatan pinter, tapi aslinya cuma katanya.
    so karena masih sama2 katanya, makasih udah bikin yg mau baca jadi berpikir dan tambah pinter.

    satu pertanyaan terakhir buat kubu fe,

    kalau iya antartika itu ga bisa ditembus cuma karena masalah elit global, masa iya ga ada satupun orang kaya raya didunia yg ga bisa kesana?

    trus pertanyaan terakhir buat kedua kubu, kok kesannya mah perdebatan kedua teori ini cuma dilayangkan satu sama lain oleh kalangan kecil? masa iya dari jutaan orang pinter + kaya raya atau ilmuwan ga berani buktiin?
    trus video2 di youtube juga terkesan cuma gitu2 aja dari dulu?

  104. Abrar

    coba jelaskan bagian dimana usa dan rusia sama mengebom langit pada tahun 1962 dengan nama operasi fishbowl bisa di check kebenaranya di wikipedia ada kok, lalu juga tentang teknologi tesla yg diambil oleh keluarga rostchild pada waktu itu lalu tentang ada telnologi white alice yg di mana sinyal dipancarkan kembali oleh langit dimana langit yg kita kira itu tinggi ternyata pendek.

  105. Nasri Debian

    Iya min, ane setuju banget. Yang paling ngakak waktu ngenonton video FE adalah dia mengatakan bahwa “gravitasi itu tidak ada, yang ada hanyalah massa jenis benda”. Flatter tidak membenarkan gravitasi, tapi membenarkan berat/massa jenis benda. Kok bisa ya? Padahal berat jenis benda itu sangat berhubungan dgn gravitasi. Untuk mencari suatu massa jenis benda itu kita harus pake gravitasi. Rumusnya: p (rho) = (massa x gravitasi) : volume benda. Wkwkwk. Ini tentunya gila, di satu sisi dia membenarkan suatu teori dan menyalahkan teori lainnya, padahal kedua teori tersebut sangat berhubungan dan tidak bisa berdiri sendiri. Kayaknya ini si pencetus teori flat earth dak lulus sekolah, biar itu pun gak tau. Wkwkwk. Menurutku, ini hanyalah upaya oknum tertentu yg mau memecah kita.

  106. Sy belum percaya kalau bumi datar dan juga masih ragu bumi itu bulat. Berdasarkan asumsi penulis Kalau pasang terjadi karena gravitasi bulan kok cuma air laut yg tertarik begitu sanggahan video fe 101 juga blm dijawab penulis. Terus kalau bulan purnama kalau kita ambil 2 baskom terus kita isikan air laut dan air asin ternyata tidak ada yg mengalami pergerakan. Jadi kesimpulan pasang surut karena grafitasi bulan di mentahkan oleh exprimen sederhana komunitas FE.
    Sy blm percaya dengan FE karena penjelasan FE tentang pergantian siang dan malam dan venomena bulan sabit serta gerhana blm mampu saya pahami.

  107. Pierre Doank

    bumi sendiri aja blm kelar explorasi mau ngarep eksplorasi ke luar2 hadeh….
    bumi diameter 12000 km, eksplorasi paling dalam cuma 12 km ke dlm laut, 12742 : 2 = 6371 km (jari2 bumi)
    12 : 6371 * 100% = 0.19 % dgn “TEKNOLOGI SEPERTI SEKARANG”
    manusia baru bs eksplorasi 0.19% dr bumi, mau terbang2 ke yg tujuan nya jutaan milyaran km jarak nya dr bumi….. *sigh*

  108. nJoko

    Hai Semua,
    ane sebenernya pendukung FE, tapi jadi bimbang dengan FE sendiri.
    dan ane sendiri yakin semua orang bakalan setuju 1000% dengan FE (JIKA)…..::::
    1. ada dokumenter tentang dunia di luar dinding es antartika yang benar2 riil.. dan/atau
    2. ditemukannya bukti fisik kubah bumi yang bisa disentuh oleh siapa saja

    jadi untuk para pro/kontra FEers, tolong STOP ARGUMEN DAN DEBAT di media (CUMA MEMBUAT PERPECAHAN UMAT)..
    CUKUP bikin dan upload video DOKUMENTER ASLI/RIIL di youtube tentang sentuhan tangan ke kubah bumi ==dan/atau== video DOKUMENTER ASLI/RIIL tentang dunia di luar dinding es antartika.

  109. Skeptic but funny

    Pertanyaan nih buat para FE klo memang ternyata bumi datar dan sistem yang sudah kita bangun lebih dari 200 abad ini salah. What would you do? Sistem hancur, berantakan dunia karena udah gak ada yg ngatur soalnya orang2 takut di kibulin lagi. Apa itu yang anda inginkan? Inget ya, yg membedakan kita dengan hewan cuma satu, ATURAN. Hewan gk punya aturan jadi mereka hidup seenaknya aja. Yang kuat menindas yang lemah, hukum rimba. Jika itu yang kalian ingin, mending gw stick to GE meskipun mereka salah. Alasannya? Mereka punya aturan

  110. danny

    Semua yang dipaparkan anda hanyalah sebuah teori yang artinya asumsi dan bukan sebuah realita atau fakta.
    Tak perlu berdebat kusir, buktikan dengan cara ilmiah dan lakukanlah sendiri dirumah..itu pun kalo anda bisa?
    Teori Flat Earth masih lebih masuk akal dan mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun dan sudah banyak yang mempraktekannya ketimbang Globe Earth
    Kunci dari semua permasalahan ini ada di balik antartika. Ada apa dibalik antartika? Kenapa orang orang tidak boleh melintasi antartika? dan mengapa hanya 12 negara saja yang boleh mengetahui apa yang ada dibalik antartika?
    Tolong dijelaskan kalo anda mampu menjelaskannya
    Terima kasih

  111. unknown

    Kita semua hanya tidak tahu kebenarannya, “teman anda bilang istri anda berselingkuh dengan laki2 lain, sahabat anda bilang istri anda sangat setia” anda akan percaya yg mana? tentu tidak kedua2nya, karena anda hanya akan percaya apabila anda melihat sendiri ketika istri anda sedang berselingkuh.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Putin: Intervensi Militer Barat Penyebab Tumbuhnya Terorisme

KIBLAT.NET, Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kebijakan luar negeri yang dianut oleh banyak...

Kamis, 14/07/2016 15:00 0

Indonesia

Dari Kepala BNPT Menjadi Kapolri, Tito Masih Akan Kejar Santoso

KIBLAT.NET, Jakarta – Komjen Tito Karnavian baru saja diangkat menjadi Kapolri menggantikan Badrodin Haiti, Rabu...

Kamis, 14/07/2016 14:15 0

Rohah

Ternyata Semut Pun Berpuasa

KIBLAT.NET – Kisah ini tertera di halaman Facebook Syekh Munajjid: Al-Fath Ibnu Shakhrf adalah seorang abid. Beliau...

Kamis, 14/07/2016 13:45 0

Afghanistan

Tidak Gentar dengan Tambahan Pasukan AS di Perbatasan, Taliban Ingatkan Dosa AS di Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul – Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid menanggapi penambahan pasukan AS di perbatasan Afghanistan...

Kamis, 14/07/2016 13:30 0

Turki

Wakil Ketua AKP Perjelas Maksud Normalisasi Hubungan Turki-Suriah

KIBLAT.NET, Ankara – Pernyataan Perdana Menteri Turki Binali Yildirim terkait normalisasi hubungan dengan Suriah menuai...

Kamis, 14/07/2016 12:20 0

Rohah

Subhanallah, Mengucap Syahadat di Penghujung Hayat

KIBLAT.NET – Ini adalah kisah nyata yang terjadi di Mesir. Kisah ini diceritakan oleh Syekh Wahid...

Kamis, 14/07/2016 11:30 0

Turki

Turki Berencana Memperbaiki Hubungan dengan Suriah dan Irak

KIBLAT.NET, Ankara – Turki bermaksud akan mengembangkan hubungan baik dengan Suriah dan Irak. Lebih spesifik,...

Kamis, 14/07/2016 10:53 0

Video Kajian

Tahiyyatul Masjid Saat Khutbah Menurut 4 Madzhab (Ust. DR. A. Zain An Najah)

KIBLAT.NET – Shalat tahiyatul masjid adalah shalat penghormatan kepada masjid. Sebab masjid adalah tempat untuk beribadah...

Kamis, 14/07/2016 06:26 0

Afghanistan

Jenderal Besar AS di Afghanistan: Kami Juga Menempatkan Pasukan di Luar Afghanistan

KIBLAT.NET, Baghram – Komandan tertinggi AS di Afghanistan John Nicholson mengatakan pada Selasa lalu bahwa...

Kamis, 14/07/2016 05:43 0

Rohah

Dua Cucu Rasulullah SAW Lomba Berwudhu?

KIBLAT.NET – Sejatinya seorang remaja masih membutuhkan bimbingan dari orang-orang yang sudah dewasa atau terlampau...

Rabu, 13/07/2016 16:30 0