... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Apa yang Dilakukan BJ Habibie? (Bag.5)

Foto: Rute Penerbangan

Ini adalah artikel lanjutan | Baca laman sebelumnya

KIBLAT.NET – Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, teori Flat Earth kembali diperbincangkan oleh publik Indonesia (termasuk aktivis Islamnya) melalui forum-forum di dunia maya. Bahkan, video-video konspirasi bumi datar yang diunggah di Youtube jadi pembicaraan hangat di media sosial.

Tak tanggung-tanggung, pendukung teori Flat Earth menyuguhkan 10 argumen yang kesannya ilmiah untuk meyakinkan orang bahwa bumi tidak berbentuk bulat. Alih-alih menyajikan eksperimen ilmiah, serial video tersebut malah kebanyakan menyuplik sumber dari google dan potongan adegan film yang mendukung teori konspirasi.

Untuk mendudukkan masalah ini, Kiblat.net akan menyajikan bantahan ilmiah terhadap teori Flat Earth yang ditulis oleh Muhammad Mahfuzh Huda, yang sedang menempuh gelar Master di bidang studi Simulasi Molekular (Kimia) di Okayama University, Jepang. Tulisan ini diambil dari blog pribadi yang dikelolanya di alamat mystupidtheory.com dengan seizin dan sepengetahuan yang bersangkutan. Selamat membaca!!


Kali ini aku sengaja menuliskan sub pokok bahasan “Apa yang Dilakukan Habibie?”. Aku sengaja mencantumkan seorang saintis dan insinyur terbaik bangsa ini, Bacharuddin Jusuf Habibie. Biar teman-teman (dan saya) bisa mengukur, seberapa jauhkah pengetahuan kita dibandingkan mantan presiden Indonesia ini.

Oke. Kita mulai diskusinya, pertama-tama kalau kalian belum baca ulasanku, silahkan klik part1, part2, part3 dan part4, kemudian kali ini kita akan membahas tentang video 5 yang kurang lebih memuat tentang peta penerbangan menurut flat earth dan usaha bombardir kubah bumi. Link video 5:

USGS Lembaga Survey Geologi Paling Kredibel

Seharusnya sampai disini kalian sudah baca pembahasanku pada tulisan sebelumnya tentang USGS di Keping-Keping Sains (part3). Mari ulangi bahwa USGS ialah lembaga milik Amerika Serikat, berisi saintis-saintis dan menggunakan satelit untuk mengumpulkan data. Ya! Kuulangi lagi biar jelas, USGS menggunakan satelit untuk mengumpulkan data! Sekarang pertanyaanya, apa bedanya USGS dengan NASA? Kenapa USGS kredibel dan NASA adalah Holywood?

Peta Bumi Datar

Oke.. Kalau memang pertanyaan itu terlalu sulit, mungkin akan ada yang menuduhku terkesan tidak saintifik sekali kalau menilai suatu fakta berdasarkan siapa yang menyampaikan.

Oleh karena itu, aku akan coba memaklumi bagiamanapun logika bahwa USGS ialah kredibel dan NASA tidak.
Kalian tahu nggak kalau karena perkara Flat Earth Theory (FET) ini aku jadi mendownload peta dunia zaman dahulu yang resolusinya sangat tinggi cuma demi memahami Azimuthal Equidistance Projection.New World Standard Map

Sekarang aku harus mengakui sesuatu yang awesome dan sangat mengagumkan, ini adalah fakta yang akan membuat semua penggemar Flat Earth senang riang gembira. Faktanya ialah peta bumi datar yang dibuat oleh USGS menggunakan Azimuthal Equidistance ialah benar 100%.

Permasalahannya ialah bagaimana cara menggunakan Azimuthal Equidistance Projection Map ini? Oh ya, Azimuthal Equidistance Projection (AEP) ini pertama kali dikemukakan oleh saintis muslim Al Biruni, biar pada tahu aja deh, tetapi ini tidak ada hubunganya dengan bumi datar ataupun bola.

Pertama kali aku mencari tahu tentang ini, aku agak bingung karena ternyata ada banyak sekali peta Azimuthal Equidistance Projection. Bahkan kita bisa membuat AEP secara online (ada generatornya). Ini salah satu contoh AEP london: https://www.jasondavies.com/maps/azimuth-distance/.

Dalam peta tersebut, posisi tengahnya ialah kota London sehingga seperti kita melihat dunia dengan titik pusat London. Hasil map-nya benar karena pakai AEP, tetapi bentuknya berbeda dengan peta dunia yang ditampilkan oleh FET. Kenapa beda? Karena titik pusatnya berbeda. FET menggunakan AEP dengan titik pusat kutub utara sedangkan di web di atas menggunakan pusat kota London.

Cara Menggunakan AEP

Definisi Azimuthal Equidistance sudah aku jelaskan, sekarang kita bahas aturan penggunaanya. Langsung aku kutip dari web USGS yang menjadi acuan utama dari FET, dikatakan:

BACA JUGA  Bercermin dari Usulan Referendum Aceh

Distances and directions to all places true only from center point of projection. Distances correct between points along straight lines through center. All other distances incorrect . Any straight line drawn through center point is on a great circle. Distortion of areas and shapes increases away from center point.

Aturan ini juga ada disampaikan dalam video 5, tapi disana dijelaskan dengan ngawur dan serampangan. Ini coba aku terjemahkan:

Jarak dan arah menuju ke semua tempat ialah benar hanya jika dari titik pusat proyeksi. Jarak benar antara dua titik selama melalui titik pusat. Semua jarak lainnya salah. Semua garis lurus yang melalui titik pusat merupakan jarak terpendek dalam lintasan melengkung bumi. Penyimpangan (ketidaksesuaian) luas dan bentuk akan meningkat dengan semakin jauhnya dari titik pusat.

Jika kita berbicara mengenai peta AEP yang digunakan FET, maka kita akan melihat peta dengan kutub utara sebagai titik tengah. Jadi:

  1. Jarak dan arah menuju ke semua tempat ialah benar hanya jika dari kutub utara (titik pusat).
  2. Jarak benar antara dua titik selama segaris dengan kutub utara (titik pusat). (arah tidak benar)
  3. Semua garis lurus yang melalui kutub utara(titik pusat) merupakan jarak terpendek dalam lintasan melengkung bumi.
  4. Penyimpangan luas dan bentuk meningkat dengan semakin jauhnya jarak dari kutub utara.

Berdasarkan aturan tersebut maka berikut ini arah dan lintasan yang benar:

AEP
Ket:
– Jarak dan arah dari kutub utara menuju ke semua tempat ialah benar
– Jarak antara dua titik ialah benar jika segaris dengan kutub utara. (arahnya tidak benar)
– Jarak terpendek dari kutub utara ke kutub selatan
– Garis putus-putus ini menunjukkan bentuk kutub selatan yang telah terdistorsi maksimal bentuk dan luasannya, karena letaknya yang sangat jauh dari kutub utara. (bentuk kutub selatan ini salah kaprah)

Cara Flat Earth Theory Menggunakan AEP

Sekarang mari kita lihat semua rute penerbangan yang dijadikan contoh dalam video 5, sudah aku gambarkan ulang:

 

Azimuthal Equidistant Projection_SW

Azimuthal Equidistant Projection_SW

Sekilas, kita pasti langsung mengatakan, “Wow! benar ini! kalau pakai peta bumi datar semuanya jadi jarak terdekat karena lintasannya garis lurus.” Yap, sama persis, aku juga berpikir seperti itu awalnya.

Tetapi karena kita sudah mengerti aturan penggunaan peta AEP, segera lihat yang mana dari garis-garis itu yang melintasi kutub utara(titik pusat)? Bahkan apakah ada dua titik yang segaris dengan kutub utara? Tidak ada!

Sehingga berdasarkan aturan pertama AEP, “Jarak dan arah menuju ke semua tempat adalah benar hanya jika dari kutub utara”, ada kata “hanya jika” di situ artinya kalau bukan dari kutub utara, maka semua jarak dan arah menuju tempat lain ialah salah baik arah maupun jaraknya.

Jadi, cara menggunakan AEP ini dalam penerbangan ialah spesifik untuk setiap bandara. Jadi misalkan kamu di bandara Sukarno Hatta mau ke Santiago, maka kamu akan menggunakan peta AEP dengan pusat Sukarno Hatta. Ketika kamu berangkat dari Santiago ke Tokyo, maka kamu akan menggunakan peta AEP dengan pusat kota Santiago. Itulah sebabnya ada generator AEP online, karena setiap tempat akan menghasilkan proyeksi yang berbeda-beda. Jelas kan? :)

Antartika Sebagai Daerah Terlarang

Aku sedikit malas mencari informasi tentang Admiral Byrd (atau gimana lah mengejanya). Ulangi beberapa kali di bagian tersebut, kalian akan merasakan betapa spekulatif dan kebanyakan mengira-ngira.

Salah satu alasan aku malas mencari tahu tentang ekspedisi Byrd ini adalah karena semuanya hanya ‘pendapat’, ‘pernyataan’, dan beragam informasi yang mudah sekali dibelokkan. Aku nggak terlalu suka ngebahas ini karena nggak bisa dibuktikan. Yah, kalau NASA yang punya ribuan foto dari luar angkasa saja nggak bisa dipercaya apalagi hanya pernyataan seorang Admiral yang tanpa foto dan persamaan matematis?

BACA JUGA  Ramadhan yang Membekas

Tapi satu hal yang aku cari tahu. Saat ini, tidak ada larangan untuk masuk ke wilayah Antartika. Hanya perlu izin standard saja.

Aku cuma sekali cari dan menemukan sebuah forum di redit.com. Nah disitu diberikan link-link orang-orang yang menuliskan perjalanannya ke Antartika secara private:

http://southpolestation.com/trivia/00s/ford.html
http://southpolestation.com/trivia/90s/kazama.html
http://iaato.org/yachts
http://www.syquijote.com/photos/
http://www.syquijote.com/wp-content/gallery/antarctica/Quijote-en-Antartida-192.JPG

Itu semua perjalanan pribadi ke Antartika. Mereka melakukan banyak hal disana. Bahkan katanya banyak orang yang kesana untuk tujuan wisata, katanya seru! Aku jadi pengen! XD

HANE (High-Altitude Nuclear Explosions)

Dari ceritanya itu, maka HANE ialah sebuah percobaan dimana militer (yang didukung saintis) berusaha mengukur seberapa jauh dampak dari nuklir yang sudah mereka buat. Uji ledakan nuklir ini berada pada ketinggian 23-540 km. Selain saintis dapat menguji seberapa besar dampak ledakannya, ini juga sebagai ajang show off bagi amerika terhadap Rusia dan sebaliknya. Sama sekali tidak ada bukti ilmiah bahwa ini adalah usaha-usaha untuk menembus kubah celestial bumi. Bom nuklir ini meledak di ketinggian 23-540km agar dapat dipelajari dampaknya.

Kalau HANE ini menabrak kubah celestial, maka logikanya semua roket akan meledak pada ketinggian yang sama. Tetapi kenyataanya HANE meledak pada ketinggian berbeda. Maka bisa disimpulkan bahwa ide tentang roket HANE ini menabrak kubah selestial, firmament (atau apapun lah itu) tidak terbukti sama sekali.

Apa yang Dilakukan Habibie?

Adakah di antara pembaca blog ini yang lebih pintar dari BJ Habibie? Atau adakah yang mengira kalau pembuat video kelima tersebut lebih pintar dari BJ Habibie?

Mantan Presiden Indonesia itu adalah ilmuwan terhebat sepanjang sejarah Indonesia, beliau bekerja di bidang aeronautics (penerbangan) selama separuh umurnya. Ia telah memiliki sejumlah hak paten di bidang pembuatan pesawat terbang. Gravitasi, kemiringan bumi, lintasan pesawat, dan semua yang kita bahas hingga part 5 ini adalah kerjaan beliau sehari-harinya.

BJ Habibie dan replika R80

BJ Habibie dan replika R80

Dengan semua pengetahuan, kecerdasan dan aksesnya pada dunia luar apa kalian berpikir kalau beliau ini tidak akan menyadari bahwa selama ini NASA dan ilmuwan berbohong mengenai bentuk bumi yang bulat? Sebuah fakta dasar dari semua perhitungan yang pernah beliau lakukan?

Artinya, kalau bumi datar ini adalah sesuatu yang ilmiah maka orang Indonesia pertama yang akan menyadarinya tentu saja Prof. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Pendapat Saya

Pada dasarnya permasalahan Freemason, Elite Global ini hanyalah sebuah pengalihan pandangan yang dilakukan oleh pembuat video untuk mengelabuhi kita. Kalau diulang lagi video 1-5, kalian pasti sadar kalau tidak ada konsep sains dalam video-video tersebut.

Isinya hanya kata-kata indah seperti “tidak usah debat pendapat, tidak perlu mengarang ataupun debat kusir” dan beberapa paragraf lainnya tentang “keuntungan elite global”. Tidak ada poin penting pada pendapat Teori Bumi Datar.

Gini deh. Setelah menonton 5 video tersebut, apakah ada satu saja penjelasan tentang hukum-hukum ilmiah yang berlaku dalam teori bumi datar? Adakah perhitungan ilmiah yang dilakukan di video? Adakah penjelasan bagaimana cara mereka mengukur jarak matahari yang katanya dekat itu? Adakah pembuktian bahwa kubah salestial atau firmament itu nyata? Tidak ada! Nol besar. Omong kosong.

Nggak ada sains dalam video tersebut, pembuat video-pun tidak mengerti sains, karena itulah di dalam video dibumbui oleh konspirasi dan bahasan nggak jelas lainnya. Bahkan pembuat video menyelipkan cuplikan film-film dalam setiap videonya. Itukah yang fakta-fakta saintifik?

Baca laman sebelumnya | Masih bersambung, Yuk baca lanjutannya

 

Sumber: http://www.mystupidtheory.com/2016/07/teori-bumi-datar-apa-yang-dilakukan.html
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

145 comments on “Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Apa yang Dilakukan BJ Habibie? (Bag.5)”

  1. di video tsb menggunakan pendekatan ilmiah, secara tidak sadar mampu merubah cara pandang setiap orang

  2. kenkentri

    Jika bumi itu globe (bulat):
    Jika di bumi bagian bawah terjadi hujan maka air hujan jatuhnya naik (ke atas) bagi orang-orang yang tinggal di posisi bagian atas bumi.

  3. yang lebih ngawur lagi penjelasan ente bung, keliatan tololnya…hahaha
    *saya bukan pendukung teori bumi datar, cuma pengen ketawa aja liat bantahan yang super tolol ini….

  4. pace

    Artinya, kalau bumi datar ini adalah sesuatu yang ilmiah maka orang Indonesia pertama yang akan menyadarinya tentu saja Prof. Bacharuddin Jusuf Habibie.” what??? hahah lucu

  5. Iwaniiw

    Mau tanya dong bagi yang percaya flatearth, terjadinya gerhana matahari pada flatearth gmna? liat dong videonya gambarannya seperti apa

  6. anang

    artikel ini lebih ngawur teorinya.

  7. wawan

    di youtube aa kok. flat eart 101

  8. yhhy

    Sombong sekali tulisan artikel nya, banyak orang yg lebih pintar tpi tidak berkoar koar seperti anda

  9. ALWI

    Saya bukan pendukung flat eart. Tapi sebaiknya penulis menonton sampai eposde 10, sampai hari ini 8 September 2016, karena akan bertambah sampai episode 11. Tonton dulu semua videonya. Baru buat artikel lagi.

  10. Wah katanya pinter tapi artikel nya ko ga pinter ya. Kalo mau kontra sama apa yg dijelasin di video, kasih tau dong kenapa secata teoritis dan pakai angka. Subjektif sekali anda :)

  11. Bajayz

    Kalo ente bilang gak ada konsep science di 5 video pertama ?? ente emang gak tau apa2 tentang science

  12. Solehokok

    Aduh….Masya Allah. Kalian ini yaa…apakah tidak bisa menggunakan pikiran kalian utk berpikir logika.

    Bumi itu bulat. Karena bumi itu bulat maka ada poros bumi, yaitu utara dan selatan. Bumi berputar pada porosnya. Sehingga jadilah malam dan siang. Jika bumi itu datar, tidak akan terjadi siang dan malam.

    Kalian jangan melihat terlalu besar ukurannya. Bumi…matahari…

    Kalian kan diajarkan eksperiment saat kalian di sekolah…coba bereksperiment lah.

    1. Ambil kertas HVS. Coba kalian bayangkan klo bumi itu selembar kertas HVS ukuran A4. Datar….rata 100% miamia. Mau bentuk segiempat panjang boleh, bujur sangkar juga boleh. Pada titik tengah kertas bagi dua sama besar, ditusuk dgn bilih bambu. Tandai barat dan timur. Ambil senter. Coba kalian senter kertas itu dari arah timur ke barat…sambil bilih bambu diputar. Perhatian, area kertas. Ada tidak area kertas yg menjadi gelap? Dan sinar senter tidak menyinarinya?
    Jawabannya adalah….semua area akan tersorot sinar lampu senter walaupun bilah bambu diputar 360derajat. Betul apa betul? Kira-kira kalau senter itu barat matahari….masak seluruh area di kertas kena sinar matahari terus? Berarti siang terus dong? Ga ada malam? Kira-kira gugur apa tidak teori bumi itu datar?

    2. Sekarang ambil bola tenis atau bola sepak atau apalah yg bulat.

    Tusuk dgn bilah bambu di bola bulat itu pas di tengah sama rata hingga tembus ke sisi lain. Tandai barat disisi satu dan timur di setengah sisi lain. Tandai juga lubang yg ditembus bilah dgn kutub Utara atasnya dan Kutub Selatan bawahnya.

    Kembali ambil senter. Sorot bola pas di tengah sambil bilah bambu di diputar. Saat sorot lampu menyorot persis di bagian barat. Coba lihat bagian timur, apakah gelap? Pasti jawabannya adalah GELAP !! yaa itulah malam. Dan saat sinar senter menyorot ke timur, gimana di barat? Gelap? Pasti gelap. Itulah tandanya….bumi itu BULAT !! Bukan datar.

    3. Skrg arahkan sinar senter sedikit ke arah kutub…salah satu saja. Sambil diputar perhatikan…saat disenter apakah ada area di kutub itu gelap? Tidak ada kan? Kalaupun ada….perhatikan, apakah segelap saat point 2 tadi? Jawabnya pasti tidak. Itulah artinya jika kita di daerah kutub, maka pada saat tertentu, kita merasa matahari bersinar 24 jam atau 20 jam.Dan malampun terasa siang.

    4. Jika jabaran saya masih kurang jelas juga, sungguh kasihan Ibu Bapak kalian menyekolahkan dulu. Ini adalah pelajaran SMP. Fisika. Ada globe di situ sebagai alat eksperiment.

    5. Janganlah teori-teori murahan seperti ini menjadikan kalian jadi BINGUNG. Bakal tertawa NASA melihat hal ini. Masalah arti ayat di Al-Quran yg menyebut hamparan…ujung bumi. Mohon jangan kaku diartikan. Janganlah kalian meniru umat sebelah yg kaku mengartikan kitabnya, sehingga hal akidah jadi rancu. Dalam Al Quran pun diterangkan bahwa bumi perputar pada porosnya. Setahu saya bidang yg punya poros adalah bidang bulat, bidang datar tidak punya poros.

    Masalah knp satelit tidak bisa dilihat oleh teropong? Kliatannya sudah dijelaskan rekan di atas. Klau menjelaskan harus pakai alat eksperiment…bukan cuma bicara. Nanti ujungnya debat kusir.

  13. Pake hati ya

    Ya ampun kasian bgt ni orang , teori lu aneh sumpah deh , USGS dan NASA itu beda
    USGS lembaga survei geografi
    NASA adalah space program
    Gw gak percaya bawa bumi bulat tpi gw juga ga 100% percaya , tp hampir semua yg gw saring n buktikan sendiri bener kok video di youtube eps 1-10 ,
    Klo lu emg org muslim lu harus wajib percaya bumi tu datar karna di al-qur’an pun di bahas
    Soal kubah bumi lu nalar deh bae” , meteor ajh ga tembus dri luar apa lagi roket/satelit
    Teori siang dan malam bukan bgtu juga ,perhatikan ukuran matahari siang dari jam ke jam nya smpe tenggelam

  14. JOKO

    seharusnya media adalah sumber informasi yang seimbang dan adil

  15. JOKO

    ilmu pengetahuan tidaklah mutlak kebenaranya.

  16. JOKO

    HAHAHAHAHA….. sudah ke bulan, mau nantang Tuhan.

  17. JOKO

    @Solehokok
    Dalam Al Quran pun diterangkan bahwa bumi perputar pada porosnya.

    tolong jelaskan pernyataan anda?

  18. Jeje

    kalo kalian ngikutin masalah pembongkaran konspirasi dari awal2 dulu waktu di bongkar smpe skrg sbnernya, smuanya mulai masuk akal.
    ada ssuatu yg disembunyikan, kalian sndiri sbnernya scara tidak sadar sdah trmsuk di dalamnya, hanya hidup gtu2 aja trprangkap di dunia yg sdah di set utk gtu2 aja.
    cba lah berpikir lebih luas, jgn hanya dalam ssuatu yg kita sdah dijejali sjak kecil.
    cbalah utk lbih meluaskan lagi ilmunya
    jgn hidupmu kau habiskan hanya utk lahir tumbuh cari duit pensiun terus mati.
    berpikirlah apa yang ada di dunia ini.

  19. rizki madani

    didalam video dijelaskan bahwa bumi ini memiliki kubah celestial yang tidak dapat ditembus oleh apapun, termasuk bom nuklir dengan kekuatan 1000 kali lipat dari bom nagasaki dan hirosima. padahal banyak meteor yang mampu masuk kedalam bumi padahal kubah celestial itu sendiri tidak dapat ditembus
    satu lagi, tidak ada orang yang pernah pergi keluar angkasa. tapi pernakah anda membaca artikel seorang astronot yang masuk agama islam karena ia kumandang suara adzan yang terdengar sampai luar angkasa.

  20. Semua berhak beropini, semua berhak mempercayai kepercayaannya masing-masing. yang komentar disini pun sama hal nya dengan si Pembuat Video Flat Earth itu. Omong kosongnya pun sama. Bedanya contentnya saja, Si Flat Earth-er menggunakan content Audio Visual, dan kalian hanya tulisan saja.

    Hal simple aja,
    Untuk yang mempermasalahkan tentang pendapat flat earth itu, Mendingan kalian kumpulin uang, terus pergi kelilingi bumi ini mengikuti arah utara-selatan. Jangan Barat – Timur, itu udah mainstream. cari buktinya sendiri buat kalian sendiri, tidak perlu di-share. kalo di-share sama aja dong seperti Flat Earth-er yg kalian permasalahin itu.
    Untuk yg setuju atau yg tidak mempermasalahkan dan tidak memperdulikan tentang flat earth, ya selamat melanjutkan aktifitasnya aja. tidak usah terlalu fanatik juga bagi yang setuju. karena sifat jelek manusia itu tidak akan pernah hilang. pasti ada. so, saling menghargai aja, saling menjaga ketentraman. Semua kembali kepada diri sendiri, kita yang hidup, kita juga yg harus menentukan arahnya kemana. Hidup hidup lo, lo seneng lo sendiri yg ngerasain, lo sedih lo sendiri juga yg ngerasain.

  21. Haris IF

    Kalo yg muslim, silakan Baca surat Yasin ayat 38. Disitu diterangkan kalau matahari berjalan di tempat peredarannya. Berati matahari yg ngelilingi bumi, bukan sebaliknya bung.

  22. akmal sadewa

    Wkwkwk harus banget bj habibie yg berpendapat pertama?, nontonnya sampe episode 10 ya bro, keliatan sok tau nya kalo kaya gini

  23. Anonymous04

    Emang ga perlu debat kusir, cukup buktikan :
    1. TERJADI GERHANA
    2. GRAVITASI
    3. ANTARTIKA

    anda sendiri melencengkan topik, kok bisa bawa” BJ habibie? Yg paling saya herankan ketika anda menyakinkan roket melengkung karna bumi berputar kok secepat itu berputarnya? Kalo secepat roket yg meluncur melengkung itu sama cepatnya dgn rotasi bumi, gak akan ada yg bisa berdiri tegak.

  24. dewa

    nanya dong buat flat earther.. tinggi kubah menurut FE berapa KM ya dari bumi.. trus jarak matahari dari bumi menurut FE berapa ya?

  25. Boy

    Hahahahahaa… ngajak orang bego bersama.. cek Al Qur’an cuy,, Surat Yasin, Hijr,… ngaji dulu.. jgn jadi antek antek freemason

  26. Koden

    Untuk ente pembuat artikel coba deh ente tunjukin foto satelit asli , foto bumi asli dan Vidio NASA bila dia benar” keluar angkasa !

  27. fihir

    isi blog udah rapi eh isinya kanker sok ngebantah pula? gausah berteori segala bawa bawa habibie zzzz salah dia apa? cuplikan film cuma intermezzo, selebihnya dia jelasin panjang lebar soal semua keanehan teori yang pernah manusia bikin itu kebohongan yang menghasilkan keuntungan untuk mendomanisi manusia manusia seperti anda. Bikin blog ga ada dasar ilmunya wiur98ewhtjhjrjgrjojghbpojfdrjgpjdfpgsr

  28. hariya putu

    baiknya kita minta pernyataan dari BJ Habibie kalau benar bumi bulat, jadi gak perlu repot2 berdebat

  29. putu hariya

    baiknya kita minta pernyataan dari BJ Habibie kalau benar bumi bulat, jadi gak perlu repot2 berdebat

  30. datuk

    kesannya malah menyudutkan bro, lagian elu ngasih “bantahan ILMIAH” nya pake baper sih.
    padahal udah dijelasin ya, ga ush debat kusir ya balik lagi sama keyakinan masing2 aja.
    dalam kitab suci kita Al-Quran juga ga ada SATU pun ayat yg menjelaskan bahwa bumi BULAT atau DATAR yg ada cuma TAFSIR manusia.
    perbanyak amalan baik istiqomah semoga kita tidak termasuk orang2 yg merugi…Aamiin.

  31. wirals

    Yang jelas intinya , percaya atau tidak percaya dengan fat earth tidak membuat kita keluardari islam guys, karena itu bukan hukum akidah..

  32. media lampoeng

    kepada : @solehokok

    tolong anda jelaskan maksud dari bumi beroutar pada porosnya
    dan sertakan ayat alqur’an yang menjelaskan tentang apa yang yang anda maksud dengan bumi berputar pada porosnya.

  33. A. Hasan

    Kalo dalam Quran tidak ada pernyataan bumi itu berbentuk bulat juga tidak ada pernyataan bumi itu datar, so…… jangan membantah konspirasi ini dengan Qur’an…..
    Cukup sepakati saja bahwa :
    1. bumi itu hamparan
    2. Matahari, bintang dan bulan terus menerus beredar, masing2 beredar pada garis edarnya
    3. Tidak mungkin matahari mendapatkan bulan dan malam tidak dapat mendahului siang
    4. (Maaf) dalam Qur’an ada ngk yang mepaparkan bahwa bumi itu bergerak/beredar ? (Saya belum menemukan… heu heu) jangan saling bantah ya, keduanya tidak ada keterangannya, hanya dikatakan kokoh tidak goyah
    5. Ada 7 lapis bumi beserta masing2 penghuninya (manusia pada lapisan pertama/lapisan paling atas)
    6. Ada 7 lapis langit beserta isinya pada masing2 lapisan langit tersebut (lapis pertama paling dekat dengan bumi, lapis ketujuh paling atas namun di bawah Arsy)
    5. Lapisan2 langit berbentuk kubah (bukan berbentuk bola maupun kotak atw segi2 yang lainnya)
    6. Bila mendapat berita dari orang fasik, harus diperiksa dulu kebenarannya. (Apalagi dari orang kafir ya? Entahlah….)
    7. Di akhir jaman, yang benar adalah kalangan orang yang sedikit, yang sedikit jangan maksa karena sudah ditakdirkan begitu (nanti ada waktunya dimana kalangan yang banyak akan berbondong bondong mengikuti ajaran yang dianut oleh kalangan sedikit)

    Begitu pendapat saya, mohon maaf jika ada yang keliru…….

  34. The Man From Earth

    Lucunya orang² yg merem,

  35. The Man From Earth

    Lucunya kicauan orang² yg merem dan tanpa pegangan,

  36. oje

    Yg pernah keluar angkasa itu nabi muhammad. Pada peristiwa isra mi’raj

  37. oje

    Yg pernah ke luar angkasa cuma nabi Muhammad SAW. Isra mi’raj

  38. renanda

    Pembahasan soal antartikanya malah bikin artikel ini keliatan ngawur… Ga mampu membuktikan malah berdalih malas ngebahas… Ckxkck

  39. Nomen Nescio

    Hmm. Al-qur’an selalu benar. Coba buka surat ad-dahriat ayat 7-11. Kita gak usah mempermasalahkan semua ini. Balik aja ke alqur’an. Dan bertanya pada yang lebih mengetahui. Tapi bila ragu, mending gausah mempersalahkan ini semua. Urus hidup masing masing untuk lebih benar menjalan kan ketaqwaan. Dan Yu kita bersama rubah kehidupan dunia ini dan jayakan islam serta indonesia. Kita itu satu umat/bangsa, jangan malah melemahkan kita semua dengan debat yang gak berujung gini. Kita benahi sama sama dan jangan saling menghina satu sama lain. Maaf kalo ada salah kata. Semoga cukup berman faat.
    *Kalo untuk ini mending nafsih nafsih aja. Ok

  40. Murni

    yang menangkap maling tidak harus polisi…
    yang menentang bumi itu bulat tidak harus ahli astronomi, ahli matematika (sains) juga bisa…

  41. akbar

    maaf bukannya menggurui tapi di lihat dari logika si bodoh ini dan pengikutnny menjelaskan klau bumi itu datar itu kayak hal lucu gitu logika sederhannya gini aja bapak dan ibu sekalian kalau ada panggilan telpon dari no baru dan anda mengangkat telpon tersebut tiba dikejutkan bahwa anda mendptkan hadiah uang senilai 60 juta diundi dari perusahan telkomsel trus dikasih website lah segala macam untuk meyakinkan anda sekalian apakah anda percaya begitu saja ?? sya yakin belum tentu pasti anda akan telpon ke call center untuk memastikan hal tersebut itu sama hallnnya dengan anda berlogika telaah dulu baik2 dilihat dari video juga dia mengandalkan klau bumi itu datar diterangkan dari masing masing disiplin ilmu disitu di terangkan masalah geodesi,ekonomi astronomi yang di satu padukan dalam video untuk membuat pengikutnnya tertarik yang penerangannya masih tanggung padahal klau mau menerangkan per masing disiplin ilmu itu sangat panjang saya ambil contoh masalah geodesi itu penerangannnya pun perlu 4 tahun kuliah sebab masalah apa yang di terangkan masalah transformasi itu cukup rumit untuk membuat kita benar2 faham nah ini si bodoh seenak saja mengkutip dari masing2 displin ilmu terus angkat lagi konspirasi dan cuplikan video jadi penjelasan benar benar blak blakan

  42. Rizky Ananta Hasjmi Pratama

    ini siapa sih yang buat tulisan? alesan lu nyantumin nama BJ Habibie ga jelas bgt.. apalagi sotoy bgt.. penjelasannya.. tonton lagi video2 yang dibuat oleh dgn nickname BOSSDARLING yakin lu bilang ga ada penjelasan sainsnya? bisa ga bantah satu persatu point yang ia jelaskan?? kalo bisa.. dan logis, juga berdasarkan dengan realita ilmiah.. saya acungi jempol.. biar g cuman jempol doang, saya kasih anda 5juta rupiah, (karena memang hanya segitu yang saya berikan) fair??.. ya sbg bentuk tanggung jawab bantahan anda,, silahkan.. saya tidak main2 email saya akan saya cantumkan di kolom bawah.. Goodluck.

  43. Azka duta

    bagi yang tidak puas tentang teori2 yang beredar,ada kok eksperimennya dan kita bisa praktekan sendiri karena tergolong mudah dan murah karena ada di sekitar kita, dibandingkan kita harus pergi ke luar angkasa.

    yang dibutuhkan cuma:
    -laser
    -spidol
    -tripod
    -papan kayu panjang
    -wilayah perairan yang luas dan lumayan tenang(karena perairan selalu datar daripada daratan)
    -perahu/kapal kecil
    -teman minimal 3 orang

    untuk lebih lengkap dan tekhnisnya bisa di cek pada video di bawah ini (pada eksperimen laser yang pertama) :

    https://www.youtube.com/watch?v=oNZOh4SUWUc

  44. Ricky

    hahaha BJ HABIBI di bawa” gw kira penulis wawancara beliau dan nanya soal flat earth.
    soal vacation antartica di bilang bahwa lewatin tembok es nya dan ingat bukan di pinggirannya…

  45. Tampuleong

    Kalopun bumi datar..itu rezeki lo flat earther, gak akan Di publish, bisa chaos dunia! Yang ada, Antarctic terlalu kaya untuk dianggurin.. Tapi siapa juga yang bisa manfaatin?? masih jadi rebutan,thats all.. Saya rasa flat earth teori tujuannya agar antartika tidak hanya milik 12 negara yang tergabung Di antartik treaty.. Yang lain juga mau..

  46. Aing

    Video flat earth lebih mengarah ke elite global,tak bisa dipungkiri kalau semuanya hampir masuk akal karna itu adalah riset dari banyak sumber.justru fakta2 mengarah pada sistem ekonomi dunia,spt.bank Amerika,utang dunia itu benar2 fakta bukan teori lagi.seperti memang benar2 ada konspirasi,dan penipuan2 bisa jadi sampai pada teori bumi,mungkin saja

  47. m ali

    Bagi yang gak percaya bumi bulat, atau yang percaya. Cari sendiri jangan dari video bajing4an itu di YouTube dan artikel ini yang menantang keras, untuk Pendukung flat earth pelajari sains keseluruhan jangan libatkan agama ! ! video 101 itu hanya menanamkan otak kita untuk tidak percaya amerika atau yang lainnya ber adu arugumen paham realitas dengan doktrin BRAIN WASH !!. Tujuan flat earth bisa jadi sebagai bahan utama perperangan antar manusia untung cuma 1 persen yang percaya kalo udah 50 persen gawat. (Buat pengarang : tolong hindari kata AROGAN mengecam boleh tapi secara santun)

  48. farhan

    tolong skali yg bawa” alquran tolong di baca dulu dan di tlaah jangan sampe salah tafsir di yasin ayat 38 itu artinya “dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui” lo mau nyerang flat earther pake ayat yg nerangin kalo bumi sebagai pusat alam semesta brati lo stuju tentang heliosentri yaa otomatis lo percaya 50% soal flat earth

  49. Ibra

    Meskipun belum 100% percaya, namun saya pribadi sangat mengapresiasi kerja keras si pembuat video flat earth di youtube dalam melakukan riset dan kajian yang begitu luas terhadap sistem yang menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan.
    Saya pikir artikel bantahan andalah yang sangat minim konsep ilmiah dan sangat subyektif bung!

  50. kepo

    kalo datar knp bisa terbang diangkasa yak? trus kalo misal bagian 1 sisinya ga seimbang knp ga jungkir , trus kalo emang posisi berat tiap sisinya seimbang knp bs seimbang? trus kalo buminya jungkir kita bakal jatoh ga?

  51. kepo

    kalo bumi itu datar knp bs terbang di angkasa? trus kalo misal di bagian 1 sisinya lebih berat knp ga goyang atau jungkir? kalau emang seimbang knp bisa seimbang? trus kalo buminya jungkir kita bakal jatoh ga?

  52. didi

    kalo flat earth buat cari duit di youtube ada benarnya, tapi penyampaian ini untuk kita semua harus menyadari “the new world order” memang benar terjadi segala ada dlm penjelasannya walau mengkesampingkan flat earth sekalipun, video indonesia mengugat adalah bukti nyata indonesia di jajah ekonomi karna soeharto bekerjasama ma mereka (memperkaya diri sendiri) ,mengulingkan soekarno adalah kerjaan mereka dengan di buat ekonomi semrawut,sadarilah saudaraq semua saat ini sudah terjadi (korupsi tak terbendung, utang makin tinggi g tau kapan lunasnya indonesia)

  53. Anonim

    Bagi seorang yg muslim, saya percaya bahwa Tuhan itu Satu. Saya percaya bahwa Allah suruh kita sholat menghadap kiblat (asumsi kiblat adalah pusat bumi). Allah tidak menerangkan tentang arah timur dan barat setau saya. Bisa saja di dunia ini sebenarnya tidak ada arah (arah itu hanya ilusi seperti matahri terbit dri timur dan tenggelam di barat). Namun yg saya tanyakan bagaimana kompas itu slalu menunjuk arah utara? Bagaimana kompas bumi bekerja dlm magnet bumi? Afwan bila saya salah.

  54. izur

    inget ya bro, kalo BMKG ngumumin akan ada bencana didaerahmu jangan lari ketempat aman. diem aja, sampai waktunya dipanggil oleh-Nya. karena BMKG makai satelit, sedangkan kamu g percaya satelit.

  55. BOB MARLEY

    Bebas memilih bukan berarti jadi perdebatan awam vs awam. ayo lah kawan kawan berpikir lebih luas. ga ada bedanya bumi kita bulat, flat, lonjong, kotak, segitiga. dan nyatanya kita masih hidup didunia ini untuk saling menghargai satu sama lain.

    SUATU HARI NANTI (entah esok, lusa, 200 thn lagi, entah nunggu imam mahdi pemimpin terakhir yang membingbing dunia ini atau ENTAH KAPAN?) pasti akan ada kebenaran sesungguhnya dari permasalahan ini.

    untuk (F E) ada pertanyaan dalam benak, cari sendiri jawabannya, berbagi dengan sesama (F E).
    untuk (anti F E) ada pertanyaan dalam benak, cari sendiri jawabannya, berbagi dengan sesama (anti F E).

    biar ga ada pertengkaran, semua kita saudara “one love” kata bob marley.
    perbedaan bukan jadi satu alasan tuk saling bersebrangan.

    saling menghargai, suatu hari nanti pasti ada JAWABANNYA.
    Salam Damai PEACE.

  56. Al jabar

    Kita lihat saja kubah masjid yang menjadi simbol langit dunia…dengan bintang polar tepat diatas kubah…itu perlu dimaknai bagi ORANG YANG BERPIKIR…kita menghadap kiblat…! Islam tanpa thariqat itu hampa…

  57. Irmansyah

    Biar lebih ilmiah coba anda bantah atau jelaskan tentang Bedford Experiment dan Stellar Parallax.. Secara matematis bedford experiment menyatakan tidak ada lengkungan bumi, stellar parallax menegaskan kalo bumi tidak berputar (Galileo gagal membuktikan).. mungkin anda ada referensi baru atau pembuktian baru. Terimakasih.

  58. WAKUWAKUUU

    bantahannya minim bgt..video FE bossdarling itu make sense bgt, walau saya ga 100% ya prcaya..knp dihub dng elit global?freemason, illuminated? justru disitu pointnya..FE mw bongkar kebohongan mereka,,lucu aja liat blog anda ini..kesannya jd ga mw think out of the box.. singkirin dulu tuh pengetahuan dari sekolah, baru bahas FE.

  59. Galih eko

    Simple aja yang mau gw tanyain..kalo bi itu datar siklus harian matahari di semua belahan bumi sama berarti..matahari lebih besar kan diameternya? otomatis jika bumi datar Semua daratan bumi akan tersinari,tidak ada yang berbeda siang dan malam.tapi coba deh lakukan video streamimg dengan temen yang ada di amerika atau london yang notabene jaraknya jauh dari indonesia.apakah di indonesia pagi dan disana malam? dan yang di jelasin bahwa matahari berputar ada porosnya di alqur’an bukannya matahari berputar pada poros galaksi? Mohon tanggapannya kawan.terimakasih

  60. ramadhan

    coba tonton lagih, vidio 1-5 sambil mikir, pasti teori FLAT EARTH benar

  61. remil

    Anda terlalu dangkal menanggapi Flat Earth min… Harus dipahami dulu, Flat Earth adalah gerakan moral yang timbul karena ada kebohongan yg ditutupi secara sistematis seperti yg dimaksud video FE101. Keyakinan & kesadaran itu telah dibuktikan dengan fakta2. Dan tidak bisa dipungkiri lagi semakin banyak orang yg percaya bumi itu rata.. Kalau maksud anda untuk mengcounter-attack FE101, saya rasa percuma..

  62. Arif

    Pembuat teori FE itu kurang jauh mainnya…masih ngamatin sebatas yang bisa dilihat mata doang.

  63. Fajar

    Percaya atau tidak, kehidupan akan terus berjalan. Btw, kalau buat artikel jgn pakai emosi ya min :)

  64. Andimilan78

    Lucu aja liatnya, beberapa pertanyaan umum (bahkan dengan percobaan sederhana) misalnya bola tenis ditusuk trus disenterin untuk pembuktian siang malam dsb, tak satupun penggemar FE bisa menjawabnya dengan baik. Malah referensi ke video FE dengan teori FE. Suatu hal yang gampang, untuk FE fans aja :) jawab disini ya…hehehe
    1. Kok ada cakrawala di laut? Pas dikejer pake kapal loh kok nemu pulau…padahal di keker, dilihat ga ada…alias laut doang?
    2. Kapal kok datangnya tiang dulu, trus anjungan, trus utuh…gmana tuh?
    Monggo dijawab…heheh…pernah kasi pertanyaan yang sama tapi ga ada FEers yg jawab :( ..

    Kalo soal Habibie, saya setuju…beliau pinter n prestasinya membanggakan. Ada produknya ada patennya. Mungkin maksud admin biar kita sadar bahwa kita gak pinter2 amat dibandingkan beliau xixixi…atau kalo bumi datar pasti beliau komen duluan atau pernah komen hehe.

    Kalau soal NASA dan konspirasi, saya percaya bahwa nasa adalah bagian dari konspirasi (iluminati?) namun untuk hal geosciense atau aerospace mereka memang jagonya. Mereka perlu untuk memetakan bumi karena perlu peta SDA, telkom atau kepentingan militer…satelit mata2 dsb. Kalo ngeluarin uang untuk membodohi hanya karena membodohi umat bahwa bumi bulat aduh kok ya mubazir. Dalam islam sekalipun, tidak pernah disebutkan tegas bumi bulat atau datar…karena gak mempengaruhi keimanan kok. Lha ulama pro bumi bulat n pro FE gak saling mengkafirkan kok wkwkw….Tapi kalo mau pinter, umat manusia memang harus mencari ilmu. Dan tidak dapat menembus langit melainkan dengan kekuatan… (ilmu agama dan kekuatan)

  65. A.F

    tujuan dari video itu dibuat untuk mendorong masyarakat untuk melakukan riset, bukan untuk adu argumen, pertanyaan “apakah kamu percaya adanya flat earth?” itu akan baru muncul saat semua riset telah dilakukan, apapun pendapat yang di keluarkan, percaya tidak percaya, mau tidak mau, suka tidak suka, kita tidak boleh memaksaan orang lain untuk mempercayai apa yang kita percaya

  66. Veronica

    Terus kalau terjadinya fenomena gerhana bulan di bumi datar gimana dong? Kan kalau gerhana bulan sinar matahari yang menuju bulan terhalang oleh bumi, kalau terjadinya gerhana bulan (di bumi bulat) sih, masuk akal. Tapi kalau terjadinya gerhana bulan di bumi datar gimana?

  67. Bagaimana dengan terjadinya gerhana bulan sebagian dan total?
    Pada terjadinya gerhana bulan kan cahaya matahari ke bulan terhalang oleh bumi. Nah, pada bumi kita melihat bulan tertutup oleh bayangan bumi yang berwarna kemerah-merahan (itu pada gerhana bulan total). Nah pada gerhana bulan sebagian, terlihat bahwa bayangan bumi hanya menutupi sebagian permukaan bulan, pada lapisan terluar pada bayangan bumi, bentuknya adalah garis lengkung. Hal itu membuktikan bahwa bumi itu bulat.Nah, Bagaimana terjadinya gerhana bulan pada bumi datar?

  68. Malik Abdul Aziz

    Sipenulis kurang piknik ini…..

  69. I'm yoga black

    bang….. katanya lintasin ANTARTIKA BUKAN PIKNIK ATAU KEMAH DI ANTARTIKA !!

  70. sibenar

    Baru mau baca tiba2 kepikira harus beli susu buat anak,harus kerja buat sekolah anak nanti,biaya kesehatan keluarga,harus mikirin kebutuhan sehari2 nihh…stop nonton stop baca….kerja cari duit! Memble aje…semua saling ribut,punya duit kagak!
    Hahahhahahhahaha

  71. Secreet

    Permisi sebelumnya, disini saya hanya ingin bertanya, dan saya juga salah satu orang yang mendukung flat earth,
    Tapi saya punya pertanyaan tentang satelit, jika satelit itu tidak ada dan selama ini NASA membohongi kita selama PULUHAN TAHUN.
    Dan anda tau kah siapa jim geovedi??
    Dia adalah orang asal Indonesia yang telah meretas satelit milik Indonesia dan cina yang dimintai oleh kliennya, dan masih ada beberapa org lagi.
    Jika anda belum tahu siapa dia bisa search di google (Wikipedia),
    Yang saya tanyakan disini MEREKA MERETAS APA JIKA SATELIT TIDAK ADA?
    atau dia hanya orang suruhan untuk membuat masyarakat semakin percaya bahwa satelit itu ada.
    Sekian terimakasih.

  72. Kaliam bisa nerangin asumsinya? Liat aja itu yg flatearth101 gak berani buka kolom comment, dia takut di kritik? Berarti asumsinya salah?

  73. Uno

    Jangan terpancing bro…
    Ini bukan perdebatan awam vs awam.
    Bukan adu kambing, tp sasaran flat earth adalah system yg dzalim.

  74. irfan

    susah om jelasin para flat earthers, pake metode apa aja dibantah sama mereka, keyakinan mereka pokoknya bumi harus datar, tidak bisa ditawar, DATAR pokoknya, karena sudah di jelasin di al Qur’an, bahkan ada yg bilang, yang enggak percaya berarti KAFIR(audzubillah) padahal banyak sekali saintis2 muslim yg sudah membuktikan bentuk bumi bulat, al idrisi yg sejatinya penemu globe yg seorang hafidz al Qur’an dan masih bnyk yg lainnya, saya prihatin ilmu mereka disia2kan, lebih parahnya lagi secara tidak langsung mereka dianggap kafir juga, astaghfirullah, padahal al Qur’an itu sejalan dg pengetahuan, hanya saja al Qur’an penuh dg teka teki, tidak bisa ditafsir mentah2, mungkin satu2nya cara membuat mereka percaya hnya dgn menunjukkan pd mereka untuk dilhat dgn matanya sendiri, membawanya ke angkasa, tpi masalahnya, siapa yg mau mendanai org smcm ini, itu juga butuh dana yg sgt besar

  75. Johnson

    ternyata hal ini pun hanya konspirasi belaka yang hanya ingin mengadu domba antara kaum yang dikatakan si bulat dan si datar DAN didalamnya (LAGI-LAGI) kaum yang dikatakan muslim dengan kitabnya yang bernama al-qur’an DILIBATKAN. Kita dibuat pusing olehnya dan lupa tujuan kita bahwasanya BER-TAQWALAH dan BER-IBADAHLAH yang utama bukan memikirkan dan membuktikan bumi adalah bulat atau datar.
    LAGI-LAGI doktrinisasi theory dengan perangkat agama sebagai hal penguat diluncurkan agar kita semua sibuk mencari kebenaran dari tempat tinggal kita yang bernama bumi.

    Sampai kapan ini akan terjadi? sampai kapan ini akan diperbincangkan? RAIHLAH JALAN MENUJU KEBENARAN DENGAN CARA BERTAQWA KEPADA SANG KHALIK ALLAH S.W.T..

    Mohon maaf apabila ada kesalahan kata/kalimat/ada yang merasa tidak berkenan dengan komen ini.

  76. Ujang rimba

    apakah ada satu saja penjelasan tentang hukum-hukum ilmiah yang berlaku dalam teori bumi datar?
    Contohnya air saja.
    Air mengalir dari bidang tinggi ke bidang rendah kok air gak ke kutub Selatan semua.
    Coba jelaskan tentang air tsb kalo memang bumi bumi

  77. hahn

    setuju sama om Johnson

  78. RF

    Sekarang gini. Jika bumi bulat, bagaimana dengan arah kiblat?! Jika kita ada di belahan lain dari Ka’bah, bagaimana bisa kita menghadap pas dengan bangunannya?! Logikanya di situ, gampang aja. Lagipula di Al-Qur’an dijelaskan bahwa bumi itu dihamparkan, bukan dibulatkan. Apalagi berbentuk bola. Lah trus, di bawah bumi apa dong? Apa tumpuan bumi jika bumi datar? Wallahu alam. Tak ada yg tau selain Allah SWT. Manusia tak akan bisa menembus penjuru langit tanpa seizin-Nya. Hanya Nabi Muhammad SAW yg telah menembus langit saat Isra’ Mi’raj. Dari sini sudah jelas bahwasanya tak ada yg tau apa yg ada di luar sana. Kuasa Allah itu nyata, tak ada yg mampu menandinginya. Apalagi nembus langit. Akhirnya yg ada model CGI pun dijadikan bahan untuk menyampaikan kepada umat manusia jika bumi datar. Dah, itu saja dari saya. Sekian & wassalam.

  79. dewa prima

    Ane muslim. Selama ane hidup, apapun yg ada di dalam al qur’an adalah ‘BENAR/NYATA’. Jadi saya percaya bahwa bumi itu datar.
    Pro dan kontra silahkan anda debat kusir .
    Kalau sudah ada dalam al qur’an, tinggal menunggu waktu aja sampai ada orang yg berani membuktikannya, seperti pada kasus yg sudah. Antara lain ; semut bisa bicara, laut dan sungai tidak bisa tercput, adanya api di lautan, dan ditemukannya mayat fir’aun di laut, dll.
    Intinya, semua yg ada di bumi sudah tersirat di al qur’an beribu2 taun yg lalu, dan banyak yg tidak percaya. Tetapi setelah ada yg menemukan baru banyak yg percaya. So,,, dari situ saya percaya 1000% yg ada dalm al qur’an adalah bmar. Termqsuk bumi adalah datat. Tinggal nunggu waktu saja semua terungkap. Hehe

  80. JanHend

    Kalo buat bantahan yg meyakinkan dong. Atau kl ga bisa bantah ya ga ush buat blog. Skrg udh era informasi bebas, mana yg lebih masuk akal dan sesuai dgn kepercayaan akan menghancurkan kebohongan.Yg jelas GE itu teori alam semesta tercipta oleh proses alam, yaitu lwt peristiwa Big bang dan FE Teori bumi dan langit tercipta dgn kuasa sang pencipta.

  81. JanHend

    Ucapkanlah kebohongan scr terus menerus maka lama kelamaan org akan membercayainya. Itu namanya teori doktrinisasi. Disini kita ga mempermasalahkan bentuk fisiknya, tp ada kebohongan dibalik itu kita hrs mengungkap kebenarannya.

  82. Juandi Azi Wijaya

    Kalo mau bantah FE sih gampang banget..
    satu hal yang pembuat video bilang.. “Silahkan lewati antartika”, “keliling dunia dari utara ke selatan”.
    Kalo udah dilewati, baru boleh bikin blog bantahan..
    saya yakin FE akan terbantahkan.
    Nyatanya?? Mana pembuat BLOG yang memposting dirinya sendiri melewati antartika? Adakah pembuat BLOG yang memposting dirinya sendiri melewati antartika?
    Simpel kan?
    Katanya pembuat blog ini pengen ke antartika?
    Kalo udah ke antartika baru kamu bikin postingan sendiri. bukan haril orang lain.

  83. Hafid Alamsyah putra Klaten

    Pemikiran & rencana Elite Global sudah terlalu jauh untuk kita kejar. Udah mau kiamat, umur kita juga paling berapa taun.
    Saya percaya dengan teory flat earth, dan para pembuat riset flat earth orang2 hebat dan pinter2. Gak cuma eidt2 tapi main angka dan data.
    Bukan karena subyektif kpd NASA dkk, tapi karena NASA lah yang paling bertanggung jawab atas informasi aerospace yang di sampaikan kepada dunia.
    Semangat bang!!!!! Lanjutkan… Karena pendidikan saya ga nututi buat ilmu2 science spt itu. Tapi dengan hati dan logika semua bisa di sinkronkan.
    Dan cukuplah bagi saya untuk sekedar mempelajari, karena saya masih sibuk untuk beribadah kepada Yang Maha Mengetahui. Bingung masi banyak dosa…. Utang masih banyak…

    Semoga Allah selalu menuntun dan memberikan yang terbaik buat semua yang baca ini khususnya kepada saya. Aminn :)

  84. teo

    mau nanya buat club FE,

    coba kalian pake teropong canggih/secanggih teropong bosca,teropong ke arah barat atau ke arah timur,keliatan ngga dingding kutub es selatan??kan yang diyakini FE (katanya) kutub selatan mengelilingi bumi datar,dan dengan cara ini aman dari penjagaan militer yang (katanya) di larang di lewatin sama siapapun..
    kalo cara ini dilakukan secara relevan,dan terbukti benar saya bakalan mengakui bumi itu datar,,ngga usah keluar angkasa deh buat ngebuktiin nya,mahal di ongkos,dan juga pasti dibantah sama club FE karena langit ngga bisa di tembus..

    sekian

  85. koploh

    silahkan cek ke bagian humas UGM
    pada desember 2016 seorang dosen dari UGM diberangkatkan ke antartika untuk melakukan peneltian terhadap batuan antartika beserta para profesor2 dari negara lain.
    isertakan juga poto2 pak profesor sedang di antartika.
    kalau mau lebih jelas soal bentuk antartika. beliau pulang ke indonesia bulan maret 2017
    tanyain aja langsung apakah ada tentara yang berjaga atau tidak di antartika
    hehehehe.
    untuk info saja. di antartika pada bulan ini masuk dalam fase matahari bersinar 24jam sejak bulam september. walapun ga brarti siang bolong terus menerus

  86. Hadee

    Duhhh .. habibie dibawa2 ..
    Emang pernah nanya habibie ya apa dia percaya GE apa FE ?
    Emang klo org ngerancang pesawat dipengaruhi bentuk bumi ? Sayap nya mesin nya dll. Klo bumi nya bulat gmn klo bumi nya datar gimana ..
    Ente tau ga knapa pesawat bisa terbang ?
    Ente tau alasan nya habibie bikin pesawat ?
    Ente tau apa tentang habibie ?
    Buset dahh ..

  87. Budi

    Aku ikut al quran. Kata al quran bumi kokoh artinya tidak bergerak. Matahari bulan bergerak di garis edarnya. Dari keterangan itu lebih mendekati kpd apa yg dijelaskan oleh komunitas flate earth

  88. al barth

    Emang habibi itu orang pintar dan berkedudukan jadi bisa aja dia harus tutup mulut masalah itu jd dari pada nungu orang pinter setuju mending cari aja sendiri biar lebih paham + penjelasan antum ngak sesuai alurnya apa mantah nya apa

  89. Tegoeh Arifin

    Bagaimana NASA mengirim data ke Bumi?
    Sedangkan di luar angkasa hampa udara?
    Menggunakan Gelombang Sinyal Frekuensi melalui media Udara atau melalui Laser light Sender n Receiver?

  90. Setiap video konspirasi flat earth memang dapat diterima akal sehat !! TAPI bisakah anda lebih mencerna nya kembali!! Itu video dibuat orang yg memiliki akal pinter untuk ngelabuhin akal pikiran!! Dari mana lo tau antartika daerah terlarang yg d jaga ketat militer?? LO tau dr TEORI video tsb!! Dri mana lo tau sattelite itu tidak ada?? LO tau dr TEORI video tsb!! Dari mana lo tau ELITE GLOBAL telah mempropaganda rakyat dunia?? Lah lo tau dr beberapa video doank!!!LO aja ga tau persis apa itu ELITE GLOBAL!!! PERNAHKAN ANDA SENDIRI MEMBUKTIKAN BUMI ITU DATAR?? DI JAMIN tidak pernah!! Lo hanya tau dari sekumpulan video yg di buat sedimikian rupa agar ngelabuhin akal manusia!! Lo tau bumi datar dr alquran yg jelaskan dr beberapa ayat!! Lo ga bsa menyimpulkan langsung bumi datar !!Bnyk juga ayat dan Hadist yg mendukung Globe Earth!! = “Demikian pula mereka telah bersepakat bahwa bumi ini dengan seluruh pergerakannya baik itu di daratan maupun lautan, seperti bola!! Alam semesta adalah ciptaan Allah Swt!!Alam semesta memiliki jutaan lebih rahasia yg masih blom terungkap oleh manusia!! Lo boleh-boleh aja percaya FLAT EARTH/GLOBE EARTH ! Itu merupakan hak pribadi anda!! Tpi anda juga harus memperhatikan sopan santun anda!! jangan langsung mengungkapkan kata tanpa bukti!! Salam FIII

  91. Txt

    gw ga percaya bumi datar, tapi gw percaya emang ada kok kelompok 1% ini yang secara tidak langsung mengontrol kita.

    tapi buat kalian yang emang benci elite global ini, ya jangan ngomong doang. ngakunya benci tapi kalau masih pengen kerja buat korporat, ngeliat rakyat kecil ditindas diem aja ya sama aja boong.

  92. Suryanto

    Gini ja bang admin, bikin peta 1/2 belahan bumi bagian selatan dan Utara, hitung skala jaraknya, 2 titik Utara dan Selatan, yang Utara persis kaya peta yang di atas, kali yang selatan kita belum tau. Semisal admin sudah buat,? Cari tau kenapa perjalanan dari ujung selatan Amerika ke ujung selatan pulau Australia, GA pakai jalur selatan malah pakai malah memutar lewat jalur katulistiwa ? SeKali pun itu pernah ada itung jarak dan berapa jam untuk melintasinya? Bagai mana hasilnya????

  93. Budi kecil

    Btw pesawat itu ada alat yg bs mengukur jarak posisi pesawat ketika di atas dan daratan ga sii,spy pesawat ga lurus keluar bumi.

  94. Budi kecil

    Btw pesawat itu punya instrumen yg mengatur ketinggian pesawat ketika di atas dan daratan ga sii,krn bumi khn bulat klo pesawat ga ada alat yg bs mengatur itu takut’y pesawat terbang lurus alias nyasar kmn2,tolong penjelasan’y,maklum bego sayah maah.Trima kasih

  95. Soeparto ngadihardjo diningrat mangku prawan limo

    Sy sdh liat berkali2 semua seh pideo flat earth 101 , kesimpulan dr yg sy dpt cm 1, pembuat ini menyerukan perdamaian antar bangsa, dan perdamaian antar agama, ga peduli bentuk bumi bulat ato datar, 3 umat beragama di yerusalem antar muslim-nasrani dan yahudi yg sdh berlangsung ribuan tahun di rusak oleh kelompok tertentu demi kepentingan dan keuntungan mereka, yaitu perang, dgn perang mereka akan mendapatkan keuntungan luar biasa dr penjualan senjata dan alat perang, kelompok ini sgt benci dengan orang2 yg taat agama, mereka ingin org2 tsb meragukan agama mereka dan kitab suci mereka dgn memberikan fakta2 palsu yang meragukan kepercayaan mereka, termasuk kalian semua yang disini, gara2 perdebatan yg belum tau pasti bahwa mana benar dan mana yg salah sudah saling membenci orang yang memiliki paham berbeda, wake up guys, tetaplah pada pendirian masing2, hargai pendapat, keyakinan dan agama orang lain, jgn di campur adukkan, salam super buat semua

  96. Putri

    Saya mo tanya sama fe ato ge yg bisa jawab pertanyaan yg memnuhi kepala saya….
    Kalo bumi ini bulat dan katanya berputar sedemikian cepatnya….keseret mobil bergerak dgn kecepatan 100km/jam aja qta dah segitunya…kok dgn kecepatan bumi qta diam aja?? Gak kemana2??? Sama2 ada pengaruh gravitasi lo ya…hmmm

  97. Zainul

    Jawabannya ada di High Jump dan Deep Freeze..!!! Lagi2 tentang keserakahan. Segala cara d halalkan. entah itu pembodohan publik. pembunuhan. dll. kalaupun harus mengeluarkan biaya 500 trilyun bertujuan bikin propaganda, membantah kenyataan yg harus d tutup2i dan teori konspirasi. terlalu mudah bagi mereka yg sudah tau. kekayaan d benua antarctica dan d baliknya lebih dari 500 trilyun USD/ POUNDS/ DINAR. Keserakahan pada harta yg pasti berkuasa.

  98. Rizky alcy

    Memang tidak ada bukti apa yang di ungkapkan Admiral Richard E.Byrd
    Namun bila beliau berbohong lantas kenapa ada Operation high jump & deep freeze besar-besaran setelah beliau mempublish tentang antartika ?
    Hahaha lulusan API (Audisi Pelawak Tpi) nih yg buat artikel, bisa aja ngelawaknya, lumayan terhibur sih bacanya, lucu.
    Ini kalo di baca pak habibie apa komentar beliau ya ?

  99. koe muslim?

    Allah SWT berfirman:

    هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَآءً وَّالْقَمَرَ نُوْرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَ ۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِالْحَـقِّ ۚ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ
    “Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.”
    (QS. Yunus 10: Ayat 5)

    Allah SWT berfirman:

    اَللّٰهُ الَّذِيْ رَفَعَ السَّمٰوٰتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۗ كُلٌّ يَّجْرِيْ لِاَجَلٍ مُّسَمًّى ۗ يُدَبِّرُ الْاَمْرَ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ بِلِقَآءِ رَبِّكُمْ تُوْقِنُوْنَ
    “Allah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menundukkan matahari dan bulan; masing-masing beredar menurut waktu yang telah ditentukan. Dia mengatur urusan (makhluk-Nya), dan menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), agar kamu yakin akan pertemuan dengan Tuhanmu.”
    (QS. Ar-Ra’d 13: Ayat 2)

    Allah SWT berfirman:

    وَسَخَّرَ لَـكُمُ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ دَآئِبَيْنِ ۚ وَسَخَّرَ لَـكُمُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ
    “Dan Dia telah menundukkan matahari dan bulan bagimu yang terus-menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan malam dan siang bagimu.”
    (QS. Ibrahim 14: Ayat 33)

    Allah SWT berfirman:

    تَبٰـرَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِى السَّمَآءِ بُرُوْجًا وَّجَعَلَ فِيْهَا سِرٰجًا وَّقَمَرًا مُّنِيْرًا
    “Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan bintang-bintang dan Dia juga menjadikan padanya matahari dan bulan yang bersinar.”
    (QS. Al-Furqan 25: Ayat 61)

    Allah SWT berfirman:

    اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَيُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ يَّجْرِيْۤ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى وَّاَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
    “Tidakkah engkau memperhatikan, bahwa Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar sampai kepada waktu yang ditentukan. Sungguh, Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.”
    (QS. Luqman 31: Ayat 29)

    Allah SWT berfirman:

    يُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَيُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ ۙ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ ۖ كُلٌّ يَّجْرِيْ لِاَجَلٍ مُّسَمًّى ۗ ذٰ لِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ لَـهُ الْمُلْكُ ۗ وَالَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِهٖ مَا يَمْلِكُوْنَ مِنْ قِطْمِيْرٍ
    “Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, milik-Nya-lah segala kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.”
    (QS. Fatir 35: Ayat 13)

    Allah SWT berfirman:

    وَالشَّمْسُ تَجْرِيْ لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا   ۗ ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ
    “dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui.”
    (QS. Ya Sin 36: Ayat 38)

    Allah SWT berfirman:

    وَالْقَمَرَ قَدَّرْنٰهُ مَنَازِلَ حَتّٰى عَادَ كَالْعُرْجُوْنِ الْقَدِيْمِ
    “Dan telah Kami tetapkan tempat peredaran bagi bulan, sehingga (setelah ia sampai ke tempat peredaran yang terakhir) kembalilah ia seperti bentuk tandan yang tua.”
    (QS. Ya Sin 36: Ayat 39)

    Allah SWT berfirman:

    لَا الشَّمْسُ يَنْۢبَغِيْ لَهَاۤ اَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا الَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ ۗ وَكُلٌّ فِيْ فَلَكٍ يَّسْبَحُوْنَ
    “Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya.”
    (QS. Ya Sin 36: Ayat 40)

    Allah SWT berfirman:

    خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ بِالْحَقِّ  ۚ يُكَوِّرُ الَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى الَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۗ كُلٌّ يَّجْرِيْ لِاَجَلٍ مُّسَمًّى ۗ اَ لَا هُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفَّارُ
    “Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia memasukkan malam atas siang dan memasukkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah! Dialah Yang Maha Mulia, Maha Pengampun.”
    (QS. Az-Zumar 39: Ayat 5)

    Allah SWT berfirman:

    اَلشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَانٍ
    “Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan,”
    (QS. Ar-Rahman 55: Ayat 5)

    Allah SWT berfirman:

    وَّجَعَلَ الْقَمَرَ فِيْهِنَّ نُوْرًا ۙ وَّجَعَلَ الشَّمْسَ سِرَاجًا
    “Dan di sana Dia menciptakan bulan yang bercahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita (yang cemerlang)?”
    (QS. Nuh 71: Ayat 16)

  100. manusia beriman

    Alhamdulillah..

    Terimakasih banyak atas artikelnya saudaraku, semoga Allah me.balasnya dengan kebaikan yang banyak.

    Dan setelah saya membaca komentar2 diatas nyata sekali bantahan2 mereka hanya caci-maki dan alasan tanpa ilmu. Kalau sudah begitu MUDAH DITEBAK siapa mereka ini sebenarnya. Tidak lain adalah KAWAN-KAWAN syetan yang memang ahli menipu dan menyesatkan orang-orang dari kebenaran.

    Adapun argumen yang mengatakan bentuk bumi datar dari Al-Quran, maka itu adalah KEBOHONGAN ATAS NAMA ISLAM, karena yang menyatakan bumi datar adalah BIBEL, sedangkan menurut Al-Qur’an bentuk bumi seperti TELUR BURUNG UNTA. Silakan cari ceramah Dr. Zakir Naik tentang jawaban atas pertanyaan apakah be tuk bumi datar atau bulat di UNIDA Gontor baru-baru ini. Jangan pilih video dari Dr. Zakir Naik juga tapi sudah di edit oleh para PEMBOHONG itu seolah-olah beliau mendukung teori Bumi datar.

    Sedang secara SAINS telah dijelaskan oleh artikel ini. So UMAT ISLAM JANGAN TERTIPU OLEH SYETAN DAN KAWAN-KAWAN NYA YANG MEMANG AHLI MENIPU.

  101. bumi itu datar bodohhh!!!!!

  102. banio

    seperti yang disampaikan oleh pembuat video di channel youtube flat earth 101, kita ga perlu berdebat soal bentuk bumi.
    pertama kali harus dicari tahu adalah kebohongan sistem bumi bola, satelit, dll. Kl kita ga yakin ada kebohongan, ga usah bicara flat earth.
    Tp kl yakin ada kebohongan, baru kita bicara flat earth.
    3 tuntutan yang harus kita gulingkan kepada penganut globe earth (saintis):
    1. Matematika Gravitasi
    2. Matematika Gerhana
    3. Antartika.

  103. Orang

    kalo bumi itu datar, mana ada kalee gerhana bulan.
    dasar bego!

    hah, dasar konspirasi-konspirasi elite global…

  104. Abrar

    sokk pinterr luu percuma debat sesama awam gk ada hasilnya DEBAT TUHH SAMA ILMUWAN BUKTIKAN SECARA MATEMATIS BUKAN HANYA SEKEDAR OMONG KOSONG BELAKA

  105. semprul

    Gini ini repotnya klo alquran ada terjemahannya, tanpa perlu guru yang mumpuni merasa bisa mengerti arti isi alquran, ayo kita cari mursyid yang bener untuk mbimbing kita jadi hamba ALLAH, ada sorof nahwu dan masih banyak ilmu untuk mengerti makna tersirat dalam alquran, coba yang sudah merasa bisa terjemahin alquran artikan ayat alif lam mim itu aja

  106. Prz

    ALLAH HU AKBAR…. asik baca tuh udah adzan….

  107. marsel

    lebih baik percaya sama apa yang sudah kita lihat dengan mata kepala kita sendiri.. mau itu flat or ball ga ada masalah.. percuma kalian debat kan, kalo kalian cuma duduk dan tidak membuktikan apapun hanya mendengar dan melihat video.. bagi yg sudah membuktikan silahkan share video aja.. hehehe..

  108. Kd

    Apaa??..bumi berputarr..gila aja..bumi goyang dikit aja bangunan hancur lebur..gmn jd nya klo bumi berputar2 bergerak cepet..?? Air lautnya tumpah2 keless, penghuninya amburadul,
    Gugatan fet hrs segera diajukan ke ilmuwan, ke kampus2 dll, intinya kita harus sadar ada kebohongan, baru cari kebenaran..

  109. abdul wahid

    bagi yg di racuni bumi bulat semenjak SD coba jelaskan perbedaan antara gerhana bulan dan bulan sabit

  110. uknown

    Ahh. saya mah tak mau ikut campur masalah ginian. tak penting.tak ada untungnya. yang lebih penting, gimana caranya merawat alam yang sudah Allah kasih ke kita semua. beryukur dengan apa yang kita punya dan nikmatilah.. mau bulat mau datar intinya sama. sama-sama bumi yang kita pijak. Yg BEDA itu emBE sama kuDA.. wkwkskskk. silakan, mau pada sampai di mana debat kalian. karna kalian gak tau segelintir klompok sedang menertawakan debat tak berujung kalian ini.. Emang enak di ketawain.?? kkkkkkk
    . semoga hari kalian menyenangkan..

  111. Tear

    Jaman makin canggih, tapi vidio pendaratan di bulan yang itu² aja, , , skali² live stream dong di bulan, thun 60-an aja bisa, masa 2017 gk bisa…! Dulu sinyal GPRS bisa live stream jungkir balik di bulan, masak skarang udah jaringan LTE cma bisa foto bulan aja… Haddeh…!!!

  112. komett

    Haduh si @solehokok itu ngomong apa.
    Keliatan banget tol*l nya.

    So tau, bawa” alquran lagi.
    Parah.

  113. fery

    Coba jelaskan bung.. Sifat air datar.. Kok di peta malengkung.. Itu kaan di peta bulat, sedangkan air selalu datar…
    Mau bagaimanapun air selalu datar.. Tidk melengkung.. Lau ada tolong kirim videonya.. Secara ilmiah sain…

  114. apri

    saya ingin bertanya kepada yg buat tulisan. ANDA YAKIN BUMI MENGELILINGI MATAHARI ATAU MATAHARI MENGELILINGI BUMI?

  115. jco

    wkwkwk bumi datar aja……

  116. gw rasa nh dunia udah kacau,,
    1. teori flat earth ato globe earth yg gx ad kebenaranya sama sekali,,
    2. Nasa memang pernah berbohong,,
    3. pelucuran satelit telkom 3S yang mengatas namakan proyek illuminat,, (illuminati)
    denger bener tuh video jangan main skip,,
    kalo gx percaya liat aja sendiri video peluncuran telkom 3s

    capek gw ngebahas ini,, abis kuota gw coeg,,
    gx ada gunanya juga coba :v

  117. Saya sendiri ikutin video flat earth ini,
    ada salah satu cuplikan bahwa teory grafitasi bumi itu salah dan astronout tidak mungkin dapat melayang di luar angkasa

    namun saya masih bingung pesawat bisa melayang di angkasa gimana yah ? sedangkan rumusnya sudah menyatu dengan rumus gravitasi dan gaya

  118. FE 101

    Sebaiknya jangan hanya menonton video di upload FE101. Tontonlah juga video yang membantah teori FE101. Banyak video yang membantah FE101. Ada banyak video kebohongan FE101. Jadilah pengguna youtube yang baik, jangan menonton satu video saja. Dan yang terpenting, JANGAN JADI SARJANA YOUTUBE.

  119. FE Watchers

    Teori heliosentris itu dibuat oleh elite global (illuminati/freemason) untuk mengagungkan dewa matahari (helios) yang kandungan utamanya api (setan)…

    Padahal jelas di Al Qur’an umat manusia itu lebih mulia daripada malaikat maupun jin/setan.. makanya malaikat dan setan diperintahkan untuk bersujud pada Nabi Adam…

    Jadi yang saya tangkap dari cerita diatas seharusnya bukan bumi yang muter2 ngelilingi matahari, tetapi matahari (api/setan) dan bulan (cahaya/malaikat) yang muter2 pada porosnya mengelilingi bumi… karena kedudukan manusia (yang terbuat dari tanah/BUMI) lebih mulia dari pada setan maupun malaikat…

    Kenapa saya analogikan bulan = malaikat… karena menurut kami para FE, bulan itu memiliki cahaya sendiri beda dengan para GE… jadi fenomena bulan purnama, sabit, dll itu bukan hasil dari pantulan cahaya matahari…

    Silakan cari di youtube “flat earth proof about moon phase”.. disitu banyak yang membuktikan bahwa kalo pake analogi GE yang menyatakan bahwa fase bulan akibat pantulan cahata matahari ternyata tidak bisa diterapkan… alias rumusan para GE mengenai jarak dan sudut pantulan hingga pembentukan phase bulan yang harusnya jika dilihat dari belahan bumi yang lain berbeda karena mereka mengira bahwa bumi itu bulat nyatanya ZONK!!!… Teori GE hanyalah tipu daya propaganda para elite global untuk meraup UANG SEBANYAK2NYA melalui proyek luar angkasa mereka untuk menguasai dunia…

    Jangan percaya cerita2 BULLSH*T… mengenai terdengarnya adzan di luar angkasa, ataupun mengenai orang yang menghack satelit (gimana kalo yang di hack bukan satelit???)… bisa jadi itu juga karangan para elite global untuk menarik simpati orang islam… sekali lagi buktikan dengan eksperimen… boleh pake hitung2an matematis/sains… tetapi sekali lagi hitungan sains itu BULLSH*T kalo tidak bisa diterapkan di alam nyata atau lebih parah lagi malah kontradiktif dengan yang ada di alam nyata…

  120. antalah

    BUMI ITU BULAT .

  121. ROMZ

    Lucu kalo lihat cara kaum GE mengukur Bulan & Matahari. Cuma pake rumus trigonometri, lali ditarik garis lurus bentuk segitiga dari satu titik bumi waktu gerhana.. ketemu dah ukurannya.. kwkwk KOVLAK. Mereka lupa kalo buminya katanya berputar 1300km/jam.. (melebihi kecepatan jet haha). Bayangkan kalo neropong dari bumi, berdiri di titik A, belum satu detik juga udah melenceng jauh itungan nya… wong muter cepet gitu. Haha..
    Orang FE itu bukan mutlak meyakini bumi itu Flat atau gimana2, Tapi mereka menggugat teori Globe Earth yg gak masuk akal itu. Mereka juga mempertanyakan kembali soal ukuran bulan & matahari yg katanya jauh dan besar itu. Jangan mau terus dibodohi ama kelompok yg berpura2 pernah ke bulan ! Pake nalar aja… Yakin bentuk bumi bulat sempurna spt foto2 yg katanya foto satelit itu? Sekali lagi bumi bulat itu masih Teori (acak-acakan), alih2 Hukum. Jadi jangan menutup pikiran dgn kemungkinan bentuk bumi yg lain entah Flat atau cembung atau gimana… Flater mencari kebenaran lain karena berdasar pada adanya kejanggalan dalam teori Globe.

    Bagaimana jika teori FE benar soal rekayasa peluncuran satelit..? Yang mana seharusnya sinyal dari bumi sudah bisa dipancarkan dan dipantulkan oleh atmosfir tanpa satelit. Nah loh.. kena kibulin telak dah kita selama ini. Biaya internet yg harusnya murah jadi mahal krn provider hrs bayar jasa sewa “satelit imajiner” hasil konspirasi elit global..
    Buat GE, jangan terburu-buru menuntut FET kasi data akurat soal penelitian, krn biayanya dari mana? Beda ama NASA yg anggarannya tak terbatas itu, tapi hasilnya TIPU2. Kalo misi sekaliber “Moon Landing” aja lo kagak percaya masak lo percaya ama misi2 lainya? #MIKIR . Minimal , jangan mencibir kaum FET yg berusaha terus mencari kebenaran sesungguhnya, bukan hanya menelan mentah2 teori Hoax kaum penggerak Elit Global. Mereka duitnya tak terbatas, bisa bikin teori (tipu-tipu) apa aja yg mereka mau. beda dgn kaum FET dgn dana terbatas dan pikiran nalar (kritis) tapi niatnya baik, mencari kebenaran sesungguhnya dan membongkar akal busuk “penguasa bumi” yg udh puluhan/ratusan tahun mendoktrin manusia, dalam hal ini soal teori bumi bulat, dan astronomi secara luas. Karena dampak nya sangat besar…dan ini bukan hal sepele.

    Saya agak condong mendukung teori FE, meskipun blm sempurna teorinya krn orang2 FE blm punya fasilitas dan kekuasaan. Meskipun begitu bumi bulat atau lonjong blm tentu salah. Artinya, dgn adanya FET minimal pikiran saya terbuka dan gk mudah didoktrin (dikibulin) sama Nasa. Dulu saya mengagumi NASA, dan perlahan mulai ilfeel. Ilfeel nya bukan krn mempelajari FET, tapi sesaat setelah tau pendaratan di bulan itu cuma rekayasa. Kalo melihat logika sudut GE harusnya mudah mendaratkan manusia di bulan krn teknologi nya roketnya dan semuanya seolah udah ketemu, tapi nyatanya apa? BOHONG !! Jadi jangan2 bener manusia gk mampu menembus kubah yg disebut2 di FET tsb.

    Saya hanya mengutarakan pendapat aja. Bukan mendukung mutlak teori FE atau gimana, toh semua msh asumsi.
    Tp bukankah soal ukuran/jarak bulan&matahari dari GE kan juga msh asumsi kan ?

    Saya sama2 mencari kebenaran gausah merasa paling benar scr mutlak.

  122. FE Watchers

    Menjelaskan komen sy diatas… manusia lebih mulia bukan dari unsur/zat dia diciptakan.. tetapi karena manusia dikarunai akal pikiran serta nafsu sehingga manusia bisa memilih untuk jadi orang baik dan kedudukanya bisa melebihi para malaikat atau mengikuti hawa nafsunya sehingga bisa lebih buruk dari binatang/setan…

    Sangat kontradiktif dengan teori sains modern yang dipropagandakan elite global (misal : teori evolusi darwin yang mengatakan manusia keturunan kera??) jadi jangan makan mentah2 teori sains modern yang dikemukakan para elite sains suruhan para elite global.. bisa jadi itu pembodohan untuk menguntungkan mereka… sekali lagi ilmu sains yang sekedar hitung2an angka tanpa eksperimen dan tidak bisa diterapkan di dunia nyata = BULLSH*T… teori evolusi = BULLSH*T… teori heliosentris = BULLSH*T…

    Kembalikan alat pembayaran ke emas dan perak (DINAR & DIRHAM apapun namanya itu) perekonomian dunia akan stabil.. karena nilai emas/perak disemua negara sama… bukan mata uang dari kertas yang bisa dibuat seenaknya oleh para elite global pemilik Bank-2 di dunia… Mata uang kertas = ZONK!!! hanya lembaran kertas yg tak bernilai yang diciptakan dalam sebuah sistem Dajjal melalui para zionis/illuminati sehingga menjadi bernilai tinggi untuk memperbudak manusia…

    1 Dolar = 13.000 Rupiah.. NONSENSE!!!… sama2 terbuat dari kertas tak bernilai tapi nilainya bisa beda jauh… Enak banget orang amerika & eropa… gaji 1000 dolar udah bisa jalan2 keliling asia berminggu2 bahkan berbulan2 karena nilai mata uang mereka lebih tinggi???… Padahal sumber daya alam di asia jauuuhh lebih banyak dari eropa maupun amerika… Mereka bisa makmur seperti sekarang karena praktek para Bankir zionis (elite global/illuminati ) yang sudah dilakukan sejak lama… mereka juga telah menjajah benua asia dalam waktu yang lama…

    Apakah MASUK AKAL kita dijajah oleh belanda.. mereka yang datang kesini TANPA DIUNDANG!!… mereka merampok kekayaan alam indonesia… Tetapi ketika Indonesia ingin menyatakan Kemerdekaan dan lepas dari penjajahan… mereka akan mengakui kedaulatan Indonesia dengan syarat Indonesia harus menanggung biaya perang (punya hutang pada belanda atau lebih tepatnya para kaki tangan zionis di belanda) … LOGIKANYA DARI MANA??… GAK KEBALIK… YANG SURUH DATANG KESINI SIAPA??… APA KITA MINTA DIJAJAH???… Kita yang dirampok, kita yang dijajah… tapi kita yang bayar ganti rugi… Zionis kaki tangan DAJJAL memang penipu ulung… Semoga kita dilindungi dari fitnah DAJJAL dan teori2 sains modern pembodohan mereka…

  123. Asoy

    Muke lu datar.

  124. Japemete

    Ane sempat menghargai artikel loe, mencoba membacanya… Namun sangat mengecewakan. Ente bilang penyaji video Flat Earth (FE 101 mungkin) tidak ilmiah.

    Sayangnya artikel ente JAUH dari ilmiah. Emang susah kalau otak terlanjur kolot.

    Sekarang pake dalil agama, ente Muslim bukan? Di Al Qur,an hanya Matahari dan Bulan yang disebut-sebut beredar pada orbitnya. Bumi ngga ada penyebutan itu. Terus apa penjelasan ente mengenai bumi bulat dan berputar pada orbitnya?

  125. joss

    Kalian terlalu memojokkan NASA sebagai pembohong teori globe earth !!!padahal hampir seluruh negara maju meluncurkan satelitnya untuk keperluan informasi,,,,kalo kalian g percaya satelit ,cari di Kaskus waktu pemilihan presiden kemarin,dimana yang pro capres Prabowo Subianto mengungkit kasus Bu Mega ngejual satelit milik Indonesia “palapa” ke Singapura !!!

  126. Zulherim

    Klo mau pake praktek tolong lakukan dengan skala jangan langsung bandingkan

    Gunakan senter dengan skala yg disesuaikan, gunakan juga jarak dengan skala yg disesuaikan baru keliatan blundernya ge apalagi dalam gerhana matahari

  127. Namec

    Suatu saat pasti ada bukti ilmiah jelasin mana yg bener GE atau FE..
    Dari sekian komen, saya setuju pendapat ROMZ

  128. boy

    jadi gimana nih? ngajarin anak kita bumi itu datar dst ato gimana?????
    yg pada komeng bahwa bumi itu datar udah pada ngajarin anaknya, adeknya, keponakannya, jangan percaya sama gurunya tentang bumi, gerhana, satelit dll versi GE????

  129. bedjo

    globe earth
    darwinism evolution
    heliocentrism

  130. Drama_gue

    Elu gak konsiten, elu ga mau cari info admiral byrd karna gak bisa buktikan, gak percaya video nasa tp lo percaya satelit. Gmana cara lo membuktikan satelit kan kampret gaya aja lo sok keren aslinya e ek.

  131. jiwo

    kalau gue si percaya sama al quran .yang di sampikan nabi muhammad saw ,akan datang fitnah /kebohongan yang paling besar menjelang hari akhir ,contoh saja kebohongan bentuk bumi.

  132. Punk

    Jangan debat awam vs awam gak ada habisnya hehehe

  133. “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu.” (QS. An Naml : 88)

  134. deni indrayana

    Tidak ada gunanya berdebat bagaimana dunia itu bulat atau datar. Toh itu tidak membuat kita lemah dalam keisalaman. Para Mufasir pun berbeda pendapat tentang ini. Ada yang bilang bulat dan ada yang datar Masing2 ad dalilnya.

  135. achma edy

    saya yaqin haqaul yaqqin bumi ini datar sperti penjelasan fe 101, berdebat dengan sama2 orang lain tak da gunannya

  136. Rambo

    Unity in diversity…

    Beda pendapat
    Beda teorinya
    Beda dasar rumus nya
    Beda matematikanya
    Beda cara mengkajinya
    Beda cara menjawabnya

    Ya sudahlah….
    Toh klo kita nanti Mati … Semua akan terjawab…jangan penasaran di dunia tentang segala perbedaan…perdebatan.
    Penasaran lah pd diri kita sblm Mati.
    Karena setelah Mati itu tiba…kita akan menyesal atau bahagia di Sana…bergantung amal dan ibadah kita.

    Satu hal yg pasti…kita akan mati…
    Entah bagaimana kejadian Nya…
    Seperti apa nanti kita Mati ???

    Terus berdoa dan beribadah ….

  137. Kapiten Joe

    Kaum Flat Earth juga tak percaya keberadaan satelit. Ya, karena mereka tidak dapat berhitung dengan angka, tak memiliki rumus yang ribet bin rumit, bagaimana sebuah satelit diluncurkan harus memakai rumus yang panjang agar satelit tidak jatuh ke Bumi atau terpental ke angkasa.

    Belum lagi bagaimana rumitnya membuat roket untuk mengangkasa agar satelit dapat tepat mengorbit di zona geo-stasioner Bumi dengan meluncur secara vertikal lalu kemudian berbelok perlahan agar sejajar atau horisontal mengikuti putaran planet Bumi ketika sudah sampai ke zona tersebut untuk kemudian melepas satelit sesuai titik kordinatnya.

    Tapi mereka akan merengek jika parabola TV Kabel diatas atap rumahnya yang mendongak ke atas, ke satelit, sedikit bergeser dan mengakibatkan gambar di televisi bermasalah.

    Anehnya, mereka percaya bukan pada ilmuwan dan ilmu astronomi, namun lebih percaya kepada orang yang menafsirkan Alquran, yang mana penafsirnya tak mempelajari Sastra Alquran yang otomatis tak mengerti apa yang dimaksud oleh kitab suci itu.

    Salam goblok

  138. Anonymous

    Ente tolol bung bahas ente bahas ndeso haha keliatan banget gak berpendidikan hahahah

  139. Padang mahsyar

    Seharusnya bukan jadi masalah bagaimana bentuk bumi, mau bulat kek mau datar kek Allahualam. Tapi yg gua tangkep dari video2 yg di paparin BD di Yusup adalah tentang adanya segelintir elit yg nguasain dunia lewat perekonomian, politik, media dll.

  140. Flath earth

    Dari pada berdebat bumi datar apa bukat mending agan buktikan sendiri. Btw saya tidak peduli dengan orang hebat yang agan sebutkan, mereka bukanlah akhir.

  141. Mini

    Kita sama² tak perlu adu kepala jika flat earth or globe earth blh experiment melaui hitungan mathematics phitagoras di situ akan nampak, krn slama ini kt dr kcl sdh di cuci otak tanpa tau kebenarannya dan tanpa kita sadari. Quran murni bukan dari campur tangan manusia banyak jlskan didlmnya jk kt ini org yg bertuhan. Skrg kt org awam bs mengakses di Wikipedia yg dulu bersifat rahasia sekarang sdh byk beredar tepanya mulai dr thn 2012 krn itu dokumen sdh berusia 50thn dan bukan rahasia lg. Mmg disini dr penghuni bumi 100% ada segelintir org 1% ingin menguasai dunia. Baik dr segi global krisis ekonomi, global saints dan macam² utk menjauhkan umat manusia dr agamanya dan Tuhanya mari kita bangkit dr kesadaran people power.
    Ini contoh kasat mata sekitar kita saja yg tanpa disadari:
    1.jika bumi yg berputar mengelilingi matahari sbg pusat tata surya dgn kecepatan apa yg para saint modern hitungkan 28.000km/jam perhatikan sekeliling kita pohon² pasti berduyun alias tidak tegak dan daunya pst melambaih trs sesuai arah bumi berputar.
    2. Jika kita mengendarai mbl/motor dgn kecepatan tinggi asumsi jlnya lurus otomatis kita akan keluar jalur dr jln tersbut.
    3. Jika bumi berputar mengelilingi matahari daratan atau air pasti bergejolak dgn kecepatan yg di sebutkan oleh saints modern.
    Dan daratan akan terbelah/gempa tlg gunakan intelejen kecerdasan otak kita utk berpikir. Salam people power.

  142. Bambang

    Org yg percaya flat eart itu org pandai yg kritis. Ingin mencari hal2 baru dan keritis. Selalu ada pertanyaan dikepala. Kenapa dan kenapa krn org2 nya mengerti.

    Org yg percaya bumi bulat, juga orang pintar. Tp tidak keritis. Tdk ada pertanyaan dalam kepalanya. Apa yg sudah di baca dianggap ya itulah yg benar. Tidak ada pertanyaan knp begini dan knp bgtu.

    Intinya: mari kita tingkatkan ilmu pengetahuan kita, jgn saling menyalahkan 1 sama lain. Tdk ada yg bodoh di dunia ini. Org bodoh adalah orang yg tdk mau menuntut ilmu dan tdk ada usaha utk menggali fakta.

  143. saya baaru baca2 dan lihat,
    yang masuk pikiran saya ttg gerhana.
    dulu waktu smp dipraktekkan ttg gerhana bulan.
    nggak masuk ke otak..
    karena cahaya senternya)ibarat matahari) yang ke arah bulan malah menutupi bumi jadi besar.. gimana gerhananya?

    sekarang ketemu pemikiran yang sama dan masuk akal.
    ditambah lintasan gerhana yang tidak lurus, malah zig zag..

    setahun dulu udah lihat ttg flat earth, tapi cuek..
    sekarang lihat, baca,
    kok betul..

    dan yang nulis ini katanya sudah lihaat video 5 buah,
    omongannya persih SITOLOL..
    padahal disajikan teori2, dan jawaban yang empiris.

    yang nulis pendidikan SD?
    atau berbasis kebencian.
    pantaslah mudah dijengkali otaknya

    untuk tidak debat,

  144. Botol

    Penulis ini bisa di ukur tingkat kecerdasannya ,sangat dangkal logika dalam otaknya.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Daulah ISIS Konfirmasi Terbunuhnya Abu Umar Al-Shishani di Iraq

KIBLAT.NET, Mosul – Media A’maq yang beraliviasi kepada Daulah Islamiyah/ISIS akhirnya membenarkan kematian Abu Umar...

Kamis, 14/07/2016 18:32 0

Amerika

Direktur CIA: Arab Saudi Mitra Terdekat Kami Melawan Terorisme

KIBLAT.NET, Washington – Direktur CIA John Brennan mengatakan bahwa serangan baru-baru ini di Arab Saudi...

Kamis, 14/07/2016 17:21 0

Indonesia

Tito Karnavian Sudah Kantongi 3 Nama Kepala BNPT yang Baru, Siapa Saja?

KIBLAT.NET, Jakarta – Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang...

Kamis, 14/07/2016 17:08 0

Suriah

Kabar Suriah Terkini: Kota Aleppo Diblokade Rezim Assad dan Sekutunya

KIBLAT.NET, Aleppo – Pasukan Bashar Assad dengan bantuan serangan udara Rusia dilaporkan terus mengepung pejuang...

Kamis, 14/07/2016 15:45 0

Rusia

Putin: Intervensi Militer Barat Penyebab Tumbuhnya Terorisme

KIBLAT.NET, Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kebijakan luar negeri yang dianut oleh banyak...

Kamis, 14/07/2016 15:00 0

Indonesia

Dari Kepala BNPT Menjadi Kapolri, Tito Masih Akan Kejar Santoso

KIBLAT.NET, Jakarta – Komjen Tito Karnavian baru saja diangkat menjadi Kapolri menggantikan Badrodin Haiti, Rabu...

Kamis, 14/07/2016 14:15 0

Rohah

Ternyata Semut Pun Berpuasa

KIBLAT.NET – Kisah ini tertera di halaman Facebook Syekh Munajjid: Al-Fath Ibnu Shakhrf adalah seorang abid. Beliau...

Kamis, 14/07/2016 13:45 0

Afghanistan

Tidak Gentar dengan Tambahan Pasukan AS di Perbatasan, Taliban Ingatkan Dosa AS di Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul – Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid menanggapi penambahan pasukan AS di perbatasan Afghanistan...

Kamis, 14/07/2016 13:30 0

Turki

Wakil Ketua AKP Perjelas Maksud Normalisasi Hubungan Turki-Suriah

KIBLAT.NET, Ankara – Pernyataan Perdana Menteri Turki Binali Yildirim terkait normalisasi hubungan dengan Suriah menuai...

Kamis, 14/07/2016 12:20 0

Rohah

Subhanallah, Mengucap Syahadat di Penghujung Hayat

KIBLAT.NET – Ini adalah kisah nyata yang terjadi di Mesir. Kisah ini diceritakan oleh Syekh Wahid...

Kamis, 14/07/2016 11:30 0

Close