... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Pembantaian Sains dan Logika (Bag.2)

Foto: Flat Earth Theory

Ini adalah artikel lanjutan | Baca tulisan sebelumnya 
Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Fakta atau Konspirasi? (Bag.1)

KIBLAT.NET – Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, teori Flat Earth kembali diperbincangkan oleh publik Indonesia (termasuk aktivis Islamnya) melalui forum-forum di dunia maya. Bahkan, video-video konspirasi bumi datar yang diunggah di Youtube jadi pembicaraan hangat di media sosial.

Tak tanggung-tanggung, pendukung teori Flat Earth menyuguhkan 10 argumen yang kesannya ilmiah untuk meyakinkan orang bahwa bumi tidak berbentuk bulat. Alih-alih menyajikan eksperimen ilmiah, serial video tersebut malah kebanyakan menyuplik sumber dari google dan potongan adegan film yang mendukung teori konspirasi.

Untuk mendudukkan masalah ini, Kiblat.net akan menyajikan bantahan ilmiah terhadap teori Flat Earth yang ditulis oleh Muhammad Mahfuzh Huda, yang sedang menempuh gelar Master di bidang studi Simulasi Molekular (Kimia) di Okayama University, Jepang. Tulisan ini diambil dari blog pribadi yang dikelolanya di alamat mystupidtheory.com dengan seizin dan sepengetahuan yang bersangkutan. Selamat membaca!!


Lanjutan dari ulasanku tentang Teori Bumi Datar #part1, kali ini ialah flat earth theory – pembantaian sains dan logika. Tulisan kali ini merupakan kritikan informasi tambahan dari video kedua dari channel Flat Earth 101, yang bisa diakses di sini:

Tidak Menggunakan GPS atau Tidak Menggunakan Satelit?

Isu kontroversial pertama dari video serial kedua ini ialah pernyataan bahwasannya GPS tidak menggunakan satelit. Kemudian ditampilkan di video pernyataan dari Google bahwa akses My location(beta) pada Google Map tidak menggunakan GPS, sehingga handphone hanya akan mengakses tower sinyal telepon saja.

Saat mendengar dua pernyataan ini, sebenarnya ada yang aneh. Kenapa? Karena pernyataan pertama ialah “GPS tidak memerlukan satelit” artinya, GPS itu ada tetapi tidak menggunakan satelit. Berbeda sekali dengan pernyataan (yang katanya dari google) “My location tidak memerlukan GPS, sehingga mengakses tower” artinya, Google tidak menggunakan GPS, atau GPS tidak pernah ada. Tetapi pembuat video mengarahkan agar kita berpikir bahwa GPS tidak menggunakan satelit, makanya dia mengulang-ulang kata “tidak menggunakan satelit”.

Memang pernyataan-pernyataan ini di-setting sedemikian rupa untuk mengelabuhi pikiran penonton video.

Ini informasi pentingnya, video dari google yang dipotong itu ialah keterangan google tentang fitur My Location(beta) yang terdapat dalam Google Map. Jadi fitur My Location tidak menggunakan GPS dan hanya akan mengakses tower telepon. Tetapi penggunaan My Location hanyalah lokal saja, untuk menunjukkan alamat/lokasi ketika kita sedang berada di suatu wilayah. Bagaimana kalau kita memerlukan informasi tempat yang sangat jauh (non-lokal)?

Misalkan kalian hari ini akan jalan-jalan ke Jepang, sementara kalian nggak tahu lokasi mana yang akan kalian datangi itu? Maka yang kalian butuhkan ialah fitur seluruhnya dari Google Map karena kalian harus cek peta Jepang, nah apakah kalian bisa menggunakan tower terdekat? Jelas nggak bisa, karena ini bukan lagi cakupan yang lokal.

Google Map menggunakan GPS dan satelit. Google sendiri punya 180 satelit lebih di luar angkasa, ini untuk menunjang semua teknologi Google yang bisa kita nikmati saat ini. Dari satelit tersebut kita bisa mengakses Google Map dan Google Earth. Data navigasi dari satelit luar angkasa yang dimiliki google ini akan dikirimkan ke menara-menara kontrol di bumi, jadi menara kontrol di bumi ini fungsinya seperti tempat penyimpanan.

Kenapa disimpan di menara kontrol? agar kita dapat dengan cepat mengaksesnya, tanpa perlu mengakses satelit. Data seperti peta lokasi ini kemudian diupdate oleh google setiap seminggu atau dua minggu sekali (tergantung lokasi tempat terhadap satelite). Dalam membuat teknologi secanggih Google Map dengan presisi yang tinggi (untuk jalan-jalan dan gang) Google menggunakan banyak sekali teknologi, diantaranya; GPS, Satelit, drone bahkan mobil yang membawa kamera. Jadi jangan salah kaprah bahwa Google cuma butuh drone.

Asal Muasal Minyak Bumi

Ini salah satu pembahasan yang paling keren di video kedua ini menurutku. Karena sudah menjadi paham pakem dan bisa dikatakan doktrin bahwa minyak bumi itu berasal dari ‘Fossil’. Aku nggak nyangka kalau Flat Earth Theory juga akan membahasnya.

Karena ini sangat erat kaitannya dengan ilmu kimia, maka ini menarik buatku. Yang pertama, terkait bukti bahwa memang fosil adalah benda padat dan minyak ialah benda cair. Ini bukti yang sangatlah lemah, karena memang di dalam bumi dengan tekanan temperatur yang sangat tinggi, fosil sekalipun akan bisa meleleh dengan mudah.

Begitu pikirku, tapi pernyataan berikutnya yang membuat aku berpikir ulang. Bahwasanya fosil ditemukan pada kedalaman 2.3 kilometer sedangkan minyak ditemukan hingga kedalaman 10 kilometer. Nah, fakta ini membuat aku berpikir ulang dan mengkonfirmasi.

Kata fosil berasal dari bahasa inggris: fossil yang berarti; any remains, impression, or trace of a living thing of a former geologic age, as a skeleton, footprint, etc. (setiap sisa-sisa, jejak, atau peninggalan dari makhluk hidup dari zaman geologi, seperti kerangka, jejak kaki, dan lainnya.)

Maka yang dimaksud dengan fosil pada pengertian minyak bumi ialah semua jasad renik yang sudah mati ratusan tahun yang lalu. Pembuat video dengan cerdas menggambarkan dinosaurus pada videonya, agar pikiran kita hanya berpikir bahwa fosil itu dinosaurus, dan fosil dinosaurus itu adalah batu padatan dan ada di kedalaman 2.3 kilometer. Padahal yang dimaksudkan fosil pada pengertian minyak bumi, bukan hanya dinosaurus, tetapi semua organisme hidup (termasuk bakteri, lumut, ikan, dan semacamnya) yang telah mati ratusan atau jutaan tahun yang lalu.

Kalau sudah benar pemahaman kita tentang fosil maka bukan suatu yang aneh kalau minyak bumi berada di kedalaman 10 kilometer. Karena pada zaman dahulu banyak sekali makhluk di lautan, nah makhluk ini mati kemudian menjadi jasad renik dan membentuk minyak bumi, ini juga menjadi alasan yang kuat mengapa minyak bumi banyak ditemukan di lautan.

Tambang Minyak Bumi

Tambang Minyak Bumi Lebih Banyak di Lautan

Kebetulan risetku berlanjut tentang fosil ini. Ternyata teman-teman, ada dua pendapat yang berkembang tentang minyak bumi ini. Pendapat pertama ialah bahwa minyak bumi berasal dari fosil dan jasad renik. Ini dibuktikan dengan peristiwa pembusukan organik yang menghasilkan gas (butana, etana propana) yang sejenis dengan minyak bumi (khususnya gas), dan fakta bahwa minyak bumi kebanyakan berada di lautan (yang dahulunya memiliki banyak organisme).

Pendapat kedua ialah minyak bumi sudah ada bersama pembentukan bumi. Ini didasarkan pada fakta bahwa di planet-planet lain, gas-gas minyak bumi (butana, etana, propana, metana) juga ditemukan melapisi planet tersebut walaupun belum ditemukan adanya jejak kehidupan.

Terlepas dari lebih populernya pendapat pertama di kalangan para saintis. Tetapi yang pasti dari kedua pendapat ini, minyak bumi tetap merupakan sumber daya alam yang terbatas dan bisa habis. Jadi pernyataan di video bahwa minyak bumi ialah unlimited resource itu salah kaprah dan klaim tanpa logika.

Siapakah NASA?

Dalam sebuah diskusi sains, saintis yang tergabung di NASA, Neil De Grease Tyson, pernah mengatakan “Ironis sebenarnya, bahwa NASA dan Eksplorasi ke bulan, didanai oleh pemerintah AS karena kepentingan militer” Jadi ketika video 2 ini mengatakan bahwa NASA dibentuk untuk kepentingan politik, aku sudah tidak lagi heran.
Lagian apa ada sih yang mengira NASA itu badan eksplorasi dunia? No way! Singkatan dari NASA aja kan National Aeronautics and Space Administration, kalau udah ada kata national-nya maka pasti milik satu negara. Lagian NASA juga berdiri dari dana Amerika, blass nggak ada hubungannya dengan uang di Indonesia, apalagi kantong kita.

Kembali ke sejarah. Jadi NASA (1958) dan Eksplorasi ke bulan (1969) itu dilakukan sebenarnya bukan atas dasar eksplorasi, tetapi kepentingan politik dan militer. Eksplorasi ke bulan dilakukan Amerika untuk mengecek apakah langit sudah sudah dikuasai oleh Rusia atau belum? Karena Rusia telah meluncurkan Sputnik 1 (1957). Dari situlah sebenarnya NASA didirikan, tetapi sekarang NASA sendiri bergerak untuk eksplorasi sains. Itulah sebabnya, Neil sendiri mengatakan, mereka sulit mendapatkan dana eksplorasi karena para politikus tidak menemukan keuntungan militer dan politik dari eksplorasi sekarang ini.

Tapi yang pasti tidak mungkin NASA menipu karena sumber dana NASA sendiri berasal dari pemerintah Amerika Serikat. Kalau NASA menipu, pasti dari dulu sudah dihentikan oleh pemerintah AS sendiri.

Roket Tak Pernah Terbang Ke Atas

Mungkin buat kalian ini adalah alasan masuk akal bahwa NASA cuma berbohong, karena kenyataanya roket-roket NASA tidak pernah terbang lurus vertikal ke atas menembus langit. Calm down.. Santai.

Kenapa roket terbangnya melengkung? Kalau kalian perhatikan gambar-gambar yang ditampilkan di video, terlihat semua gambar penerbangan roket itu melengkung. Pernah bertanya kenapa melengkung? Ini alasannya:

Processed with VSCO with f2 preset

Sorry, Jangan komentari Gambarku yang Jelek

Buatku sendiri, ini justeru bukti paling benar kalau bumi itu bulat. Bumi itu bulat dan mengalami rotasi dan revolusi. Rotasi bumi membuat roket NASA terlihat terbang melengkung atau bahkan eksrimnya bisa kelihatan jatuh kembali. Ini karena Bumi berotasi, sehingga titik pengamatan kita semakin jauh dan jejak asap dari roket nasa terpengaruh oleh spherical atmosfer bumi yang berotasi sehingga membentuk lengkungan.

Jadi, ketika roket NASA telah terbang sangat tinggi, pengaruh gravitasi terhadap roket tersebut sudah tidak terlalu besar lagi, sehingga roket tidak terbawa oleh rotasi bumi, sedangkan kita yang berada di bawah masih terpengaruh rotasi bumi dan bergerak.

rpoket gabung

Perhatikan yang kiri, itu adalah peluncuran roket saat masih dekat, terlihat jelas vertikal ke atas, sedangkan yang disebelah kanan ialah peluncuran roket saat sudah sangat jauh sekali, terlihat melengkung. Tetapi dua gambar ini tidak sepenuhnya menjelaskan tentang beloknya lintasan roket, terkadang NASA meluncurkan roketnya dengan lintasan yang memang melengkung.

Tapi toh bumi kita bulat, kita bisa keluar angkasa dengan terbang ke atas, kesamping ataupun kebawah sekalipun. Kebetulan banget aku menemukan animasi dibawah ini, ini adalah lintasan roket yang dikirimkan ke Jupiter, roket ini bernama Juno. Ini lintasannya:

Juno launc

Lintasannya sama sekali tidak lurus

Sederhananya, kalau memang roket NASA nggak pernah melampaui LEO (Low Earth Orbit), maka kemana roketnya pergi? Pernah roket NASA jatuh didepan rumah mu? atau nyangkut di tiang listrik depan sekolahanmu? Oke. Sedikit lebih serius. Pernah lihat berita roket NASA jatuh di negara lain? Dari ratusan roket yang telah dikirimkan oleh NASA ke luar angkasa, kalau benar mereka tidak keluar angkasa maka setidaknya, ada 50% roket yang jatuh di bumi kembali. Tapi itu semua nggak akan ada, because this is a real deal!

Ngerti gimana cara pembuat video menggiring opini? :) Keren banget kan buat sebuah video propaganda.. Di artikel selanjutnya aku akan bahas tentang Galileo, Gravitasi Newton dan salah satu orang paling keren yaitu Nikola Tesla.

Baca laman sebelumnya | Buat yang masih penasaran, lanjut lagi ke sini

Sumber: http://www.mystupidtheory.com/2016/07/flat-earth-theory-pembantaian-sains-dan.html
Editor: Fajar Shadiq

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

208 comments on “Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Pembantaian Sains dan Logika (Bag.2)”

  1. Harris

    Ini mana commentnya, kok ngga dishow ? takut ya :p

  2. Ichi

    masalah magmatic oil memang pernah di floor kan oleh peneliti rusia taun 90an, yang intinya karena Magma mengandung unsur “C” dimungkinkan magma sendiri menjadi source buat oil.
    wallohualam ..

  3. Ichi

    Methane-derived hydrocarbons produced under upper-mantle conditions

    Anton Kolesnikov1,2, Vladimir G. Kutcherov2,3 & Alexander F. Goncharov1

    Abstract

    There is widespread evidence that petroleum originates from biological processes1, 2, 3. Whether hydrocarbons can also be produced from abiogenic precursor molecules under the high-pressure, high-temperature conditions characteristic of the upper mantle remains an open question. It has been proposed that hydrocarbons generated in the upper mantle could be transported through deep faults to shallower regions in the Earth’s crust, and contribute to petroleum reserves4, 5. Here we use in situ Raman spectroscopy in laser-heated diamond anvil cells to monitor the chemical reactivity of methane and ethane under upper-mantle conditions. We show that when methane is exposed to pressures higher than 2 GPa, and to temperatures in the range of 1,000-1,500 K, it partially reacts to form saturated hydrocarbons containing 2-4 carbons (ethane, propane and butane) and molecular hydrogen and graphite. Conversely, exposure of ethane to similar conditions results in the production of methane, suggesting that the synthesis of saturated hydrocarbons is reversible. Our results support the suggestion that hydrocarbons heavier than methane can be produced by abiogenic processes in the upper mantle.

    Other relevant studies:

    1. Geophysical Laboratory, Carnegie Institution of Washington, Washington, District of Columbia 20015, USA

    2. Lomonosov Moscow State Academy of Fine Chemical Technology, 117571 Moscow, Russia

    3. Royal Institute of Technology, SE-100 44 Stockholm, Sweden

  4. winardi

    kalau bumi itu bulat, maka bertentangan dengan sifat air yang selalu datar, (air laut untuk bumi bulat akan melengkung) .

  5. winardi

    bumi berbentuk bulat, atau segitiga atau kubus atau apapun itu tidak masalah. tetapi kalau bumi berbentuk globe maka akan bertentangan dengan sifat air. sifat air adalah datar sedangkan air dilautan melengkung

  6. winardi

    kalau matahari itu jauh dan besar seperti yang dikatakan nasa, maka tidak akan pernah terlihat perubahan bentuk dan rasa pada matahari, seperti matahari pagi terlihat merah dan redup, matahari siang hari terlihat putih dan panas, sangat terasa perbedaan panas matahari walau bumi hanya bergeser sedikit.

  7. winardi

    saya seorang tukang batu saja bisa mengukur jarak matahari hanya dengan trigonometri, yang hasilnya tidak sejauh yang nasa katakan.

  8. acer resmana

    Sangat Lemah Sanggahan Anda…
    Masih mending menyuplik potongan-potongan video di Youtube tapi semua yang dicuplik ilmiah…
    Lah…anda mencoba melakukan bantahan tanpa data..dan hanya retorika

  9. mulia

    bukannya rotasi sudah tidak berlaku kalau hanya saat udah dibatas gravitasi/lapisan atsmorfer ya? dijawab ya

  10. sino

    dijawab dong bang biar jelas nih

  11. stefanus

    Diatas dibahas klo ada roket yg dikirim sampe Jupiter…jauh banget. Tp koq buat ngambil gambar bumi secara utuh aja sepotong-sepotong.

  12. Arif

    @stefanus, bisa gak situ selfi tapi bagian depan kepala sama belakang kepala kejepret bersamaan?

  13. proletar87

    @arif ya bisalah stefanus selfie nampak muka n blkang bersamaan. selfie aja membelakang cermin,, hahaa

  14. Rian

    Buat yang tulis artikel, dijawab dong sanggahan2 kecil diatas, sebab klo gk dijawab berarti yang buat artikel cuma OMDO…

  15. rimat maulana

    sanggahan yang tidak pakai logika, coba anda pikir lagi pakai otak janggang pakai dengkul jelas-jelas flat earth benar.
    kita ajja yang ditipu NASA dan ELITE GLOBAL.
    buktikan sendiri kalu enggak percaya.

  16. ombi

    judulnya saja yang ilmiah….

  17. Nur

    saya merasa alangkah baiknya mencari bukti bukan hanya teori, flat earth memberikan bukti yg masuk akal . silakan berikan bukti bahwa bumi bulat.

  18. dana yasa

    “Jadi, ketika roket NASA telah terbang sangat tinggi, pengaruh gravitasi terhadap roket tersebut sudah tidak terlalu besar lagi, sehingga roket tidak terbawa oleh rotasi bumi, sedangkan kita yang berada di bawah masih terpengaruh rotasi bumi dan bergerak. ”

    jadi menurut anda gravitasi di luar angkasa itu lemah? sehingga astronot dapat melayang-layang dengan bebas tanpa ada gaya tarik?

    terus, yang buat bumi bulan dan planet2 lain bisa tetap pada porosnya itu gaya apa? yang buat bumi tetap berputar menurut anda gaya apa? bukanya secara theory bumi bulat anda itu karena gaya tarik atau gravitasi matahari? gaya gravitasi membuat ruang dan waktu melengkung, sesuai teory bumi bulat.
    so para astronot knpa sante2 di angkasa?
    bisa melayang2?

    sedikit pertanyaan bila ada yang kurang berkenan mohon maaf atas kebodohan saya. trims

  19. mex y y

    mas bisa jelasin gak tentang fenomena matahari ganda.. jujur saya juga masih menganggap teori flat earth itu masih teori.. tapi saya juga jadi menganggap bumi itu bulat juga juga teori.. samean juga belum buktiin kalo foto foto CGI itu bener 2 diambil dari luar angkasa.. padahal juga ada buktinya kalo bisa diambil lewat drone.. artinya masih ada kemungkinan kalo foto itu nggak real… thnks ..

  20. khaitul

    saya ingin mengetahuinya dengan bukti yang lebih akurat

  21. Fahmi

    jika kita terbang menggunakan helikopter, dan diam di udara. Mengapa bumi tidak berotasi, sehingga helikopter kita seakan-akan bergerak?

  22. Arthur

    Wallahu Allam

  23. amat

    Bantahan nya kok ngasal gini. Data nya mana hahha, kasih 1 gambar aja satelite google diluar angkasa ?

  24. Amrisal

    Kalau bumi itu bulat trus berotasi, berarti lama perjalanan dari Jakarta ke Makassar berbeda dong.

    Misalnya, putaran bumi itu searah dengan dari arah jakarta ke makassar, Berarti jarak makassar ke jakarta akan lebih cepat di tempuh, kalau perlu pesawat tinggal ngambang aja di udara sampai Jakartanya tiba sendiri.

    Tapi pada kenyataannya tidak kan?
    Lama perjalanan Jakarta-makassar ataupun sebaliknya sama, yaitu kurang lebih 2 jam.

    Ini saya koment tentang gambarnya yg jelek itu yg mengatakan kalau bumi berputar.

  25. Zia

    negara lain sudah berlomba-lomba untuk membuat satelit dan roket sendiri bukan hanya nasa loh kmaren india yang notabenya negara berkembang uda nerbangin roket sendiri dan kmaren ada live streamingnya di saksikan sama wakil presiden RI…tapi di negara kita masi aja beragumen tentang bumi itu datar atau bulat…hahhaa ya gak bkalan maju bidang astronomi kita klo bgini akwkaw..di beri tahu tapi mintanya praktek secara nyata ya lu kerja di nasa ato penerbangan luar angkasa di negara lain aja akwkwkaw

  26. yosua

    gan cma mau nanya nih tentang roket yang terbang melengkung karena totasi bumi. kalo memang gtu kenapa kita tidak lebih cepat terbang ke arah barat kalau naik pesawat ??
    kalau ane sih netral aja… cma pingin tau jawaban agan.

  27. fajar

    satu hal saja yang harus anda yakini kalau anda merasa diri islam….kemana arah kiblat kalo bumi itu bulat? pikir….kebintang? ke matahari? bukankah arah kiblat sudah ditentukan yakni di ka’bah? ni website punya nama kiblat ..tapi kok gak kepikiran ya?

  28. Rizky

    kamu harus tau apa itu ELITE GLOBAL, FREEMASON atau dikaitkan dengan ILLUMINATI NEW WORLD ORDER. karena mereka tau apa yang dibalik dunia ini yang SEBENARNYA.. AMERIKA merupakan dalang dari semua ini. AMERIKA mendanai NASA untuk menyembunyikan data data sebenarnya dari kita!

  29. Ahmad

    Jika benar asap itu melengkung karena rotasi bumi, maka lihat video2nya sampe selesai… asap itu tetap di tempat yang sama.
    Jika benar itu karena rotasi maka asap itu akan terus berpindah, bukan di tempat yg sama, krn kecepatan rotasi bumi itu 1.600 km/jam.

    Saya analogikan seperti ini.
    Misal kita ingin pergi ke Aceh dari Kalimantan Timur.
    Kita tinggal naik helikopter, lalu helikopter itu naik ke atas secara vertikal, lalu berhenti selama sejam, setelah itu turun lagi… jika benar bumi berotasi, maka kita sudah turun di Aceh.

  30. suflin

    Data navigasi dari satelit luar angkasa yang dimiliki google ini akan dikirimkan ke menara-menara kontrol di bumi, jadi menara kontrol di bumi ini fungsinya seperti tempat penyimpanan.

    Kenapa disimpan di menara kontrol? agar kita dapat dengan cepat mengaksesnya, tanpa perlu mengakses satelit. Data seperti peta lokasi ini kemudian diupdate oleh google setiap seminggu atau dua minggu sekali (tergantung lokasi tempat terhadap satelite). Dalam membuat teknologi secanggih Google Map dengan presisi yang tinggi (untuk jalan-jalan dan gang) Google menggunakan banyak sekali teknologi, diantaranya; GPS, Satelit, drone bahkan mobil yang membawa kamera. Jadi jangan salah kaprah bahwa Google cuma butuh drone.

    pernyataan itu malah smkin menimbulkan pertanyaan , aneh gak peduli y mau bumi itu bulat atau datar, tpi kebohonganx yg aneh pedulikan,

    itu blm menjelaskan tentang langit yg bsa memantulkan dan di kirimkan ke tower”, heheheh maaf aneh msi blm ckup berpendidikn, tp klu d darat sdh ad mobil” google, d udara sdh ad drone, untuk memetakan bumi, n d langit sdh ad pntulan untk d krimkan, ? klu d bidang aneh soal ekonomi, wajar, lah blm ad yg bsa mengaudit luar angkasa, itu yg aneh paham, selama tdk ad audit , blm bsa d buktikan, nah itu peluang emas banget kalu d ekonomi kk, d mana ada kesempatan, jgn d lewatkan, mohon penjelasannya kk biar aneh paham,

  31. suflin karim

    “Tapi yang pasti tidak mungkin NASA menipu karena sumber dana NASA sendiri berasal dari pemerintah Amerika Serikat. Kalau NASA menipu, pasti dari dulu sudah dihentikan oleh pemerintah AS sendiri”.

    kk kurang baca kayakx, kk bsa bilang tdk mngkin uang indonesia ada di nasa, pelajari ekonomi lagi kk,
    n dana amerika sdh d jelaskan kok dari perbankan swasta,
    maaf bknx sok pintar, ane dari bidang ekonomi, terpaksa membantah hal itu,

  32. ooooyyy para flat earther,, jangan cuman bisa ngomong doang,, kalo bisa buktikan sendiri..
    jangan cuman percaya sama katanya orang lain..
    itu bodoh namanya…

    buktikan..
    beli ko teleskop..
    (kalo lg bokek bikin sendiri aj, banyak tutor di internet)

    liat pake’ itu teleskop planet lain yang ada diluar sana..
    apa mereka datar???
    kalo bumi datar berarti matahari datar, bulan datar??

    sekarang coba pake’ itu teleskop digedung tinggi, trus tembak kedepan (bukan keatas), kalo yg kalian liat dinding es antartika seperti yg kalian percayai berarti bumi datar..
    tapi apa..
    yang kalian liat ya luar angkasa juga..
    masih yakin bumi datar??

    klo masih gak percaya..
    anggota flat earther kan banyak nih,
    knapa kalian gak patungan aja sewa roketnya NASA trus pergi liat sendiri dengan mata kepala kalian bumi itu bulat ato datar..

    buktikan jangn cuman ngomong doang..

  33. Nick

    inti nya, Flat Earth sudah memberi serangkaian bukti bahwa bumi kita ini datar. dan seharus nya klo bagi yg percaya bumi itu bulat kasi bukti dunk, bantah 10 teori yg sudah di ungkapkan oleh Flat Earth Society. jgn cuma kasi kata2

  34. Jangan sampai peradaban dunia yang telah dibangun berabad-abad oleh para ilmuan dunia sehingga tercipta tekhnologi seperti pesawat terbang, pesawat telepon, satelit, dll musnah hanya karna teori konspirasi yang dibuat oleh sekelompok orang untuk mendapatkan keuntungan sendiri.

  35. jack john

    belajarlah tauhid dan akidah masing2 dengan BAIK DAN BENAR!!!

    INGAT, BAIK DAN BENAR!!!

  36. Earth is Flat

    Silakan melakukan bantahan atas apa yang terjadi.
    Tidak ada hak bagimu untuk mengatur saya agar sependapat dengan kamu terlebih agen dajjal Amerika.
    Boleh kan saya mempunyai pendapat lain.

    The Earth is Flat…

  37. james

    video flat earth memberikan penjelasan yang begitu mudah dimengerti oleh penonton awam seperti saya. videonya juga disusun dari cuplikan video dan gambar secara sederhana tanpa efek editing yang wah… saya jadi percaya dengan teori flat earth. kalo memang ada yang membuat video bantahan dengan ilustrasi dan bukti yang sesuai, saya juga ingin menontonnya. dari itu saya bisa membandingkan, kira-kira mana yang lebih bisa diterima.

  38. rumin

    THE EARTH IS FLAT….negara-negara besar itu menyembunyikannya untuk kepentingan mereka sendiri.

  39. Mustaqim

    @winardi hei begok air d lautan g tumpah karna gravitasi jadinya airnya d tarik ke pusat bumi jdnya g tumpah
    globe sama bulat emang bedanya apa
    terus mentang mentang g suka amerika sialan tu semua yg org tu bilang salah gitu
    kalo mau nonton d youtube tu jgn nonton yg pake video lama lah macem yg udh keliling ketemunya tembok es mulu ato yg terlalu sering bilang kredibel kredibel kredibel itu mulu dia bilang macem mau hipnotis orang aja

  40. aldrian

    gravitasi..,
    kenapa benda2 langit tidak berkumpul jadi satu massa jika mereka memilikinya?

  41. JOntor

    admin bingung bukti bahwa bumi bulat hanya dari NASA berupa gambar dan video sedangkan bukti selain dari foto dan video admin tidak punya cukup pengetahuan untuk membahas teori sederhana ala anak SMP dengan kita-kita disini.
    Misalnya kelengkungan bumi tampak nyata pada jarak berapa KM min ?
    Misalnya di ketinggian 500Km mungkinkah tidak ada grafitasi min ? Karena para astronot itu sudah pada melayang di ketinggian 400 km dari bumi.

  42. eko prabowo

    saya sih dulunya percaya kalau bumi ini bulat ,yah karena diajarin dari sd, tp dengan melihat bukti , saya rasa bukti bahwa bumi datar lebih masuk akal di nalar saya…

  43. buncis

    Tidak penting bumi datar atau bulat. Yang penting bagi kami umat muslim adalah bagaimana teori sains itu membuktikan kebenaran isi al qur’an sebagai pedoman hidup yang diturunkan kepada manusia oleh Sang Pencipta seluruh jagat raya dengan segala isinya berikut sistem yang menyertainya.
    Penganut bumi bulat telah mampu menyelaraskan teorinya dengan ayat Al Qur’an, yang mana matahari dan bulan mengelilingi bumi, bukan sebaliknya seperti animasi yang disampaikan diatas.
    Hanya Alloh SWT yang maha mengetahui, dan sebaik2 Pemberi telah menyediakan dunia dengan segala perlengkapannya, sistem yang sempurna untuk dimanfaatkan manusia sebagai hamba-Nya untuk tempat berladang amal baik sebagai bekal diakhirat kelak.
    Senantiasa Alloh SWT memberikan tuntunan kepada kita agar senantiasa berada dalam jalan yang di ridhoi-Nya… amiin…

  44. Ragil pratama

    Saya hanya ingin tanya kepada yg buat blog ini apakah anda bisa menyimpulkan atau menghitung gerhana matahari pada skala skala dan jarak yang di terangkan dalam buku sains atau pun nasa?
    Kedua anda pasti belajar tentang gravitasi dan jarak? Apakah mungkin iss yg hanya jauhnya 400 km tidak tertarik oleh bumi? Dengan kecepatan yg di bilang nasa 28000 km/jam satelit bisa santainya menayangkan live
    Ketiga apa yg di rahasiakan militer amerika di antartika? Kenapa kita dilarang untuk kesana?

  45. Joe andriyan

    Jangan kan org percaya kata kata anda ! Nasa saja tidak bisa menjawab apa rumus yg dia buat sendiri tentang bumi, bulan, matahari untuk menghasilkan gerhana !
    Dan ada apa di balik antartika yg selama ini di rahasiakan militer amerika dan nasa?

  46. Hari

    Masalah roket jatuh kemana, menurut saya ya ke laut. NASA g sebodoh itu mnjtuhkan roketnya ke depan rumahmu.. Semua kn sdh diprogram.

    Btw saya org yg netral, terlepas bumi itu bulet kek, datar kek, segitiga kek, kotak kek..
    Esensi utama konspirasi Flat Earth ialah utk menjatuhkan elite global yg menyengsarakan dan saya setuju sekali soal itu. Salah satu cara yg bs dilakukan adalah dgn membuktikan kbenaran yg menurut kaum flat earth adalah bumi itu datar. Itu merupakan sesuatu yg disembunyikan olh elite global. Kl itu bs dibuktikan maka semua akan terbongkar.

    Jd menurut saya dibanding membantah soal konsep bumi datarnya, knp enggak kita sama2 bahu membahu utk melawan kezaliman elite global. Bukannya malah debat buminya datar or tidak. Itu hanya salah satu cara utk membuktikan kebohongan elite global. Kl yg tdk setuju bumi itu datar ya silahkan tp cari solusi lain dmn kita bs mencari celah kebenaran utk membongkar kebohongan2 elite global. Sekian dari saya

  47. Yudi

    Mau bumi bulat mau bumu datar, nggak penting yang penting udah bisa hidup dibumi aja syukur, kaya gitu masih dibahas apa untungnya, dapet duit banyak apa?

  48. Hahaha pada aneh flat earth aja jelas2 punya si illuminati dajjal yg selalu membingungkan dan ingin menghilangkan konsep ketuhanan dlm Islam . Ana nyesel aja baru Nyimak sekarang ternyata banyak yg ketipu dengan pikiran pikiran atheis sok logis. Jangan lupa baca akhirat surat al kahfi sblm salam saat sholat.

  49. 400 kali lebih besar tapi 400 kali lebih dekat :v

  50. I More Believed that Earth is Flat, Lebih banyak bukti nimbang Hoax.. People need a fact ! not a hoax ..

  51. I More Believed that Earth is Flat, Lebih banyak bukti nimbang Hoax.. People need a fact ! not a hoax .. you suck brother

  52. aaa

    Apabila berada didalam mobil atau bis yang tertutup sedang berjalan kemudian lemparkan sebuah benda kearah atas (vertikal). Apakah benda yg sedang terlempar tersebut akan bergerak kebelakang sesuai gerakan mobil? tentu saja tidak. Oleh karena itu waktu penerbangan 1 daerah ke daerah lain tetap sama.

  53. ghostcyberindo

    KAWAN SE NEGARA, JANGAN MAU DI ADU DOMBA, KITA KAN PUNYA HAK UNTUK PERCAYA INI ITU. UDAH NGAPAIN DIDEBATIN? KLO MAU DIDEBATIN SECARA RESMI DAN MENGHASILKAN HASIL YANG SAMA. BUKANNYA MALAH PADA RIBUT GINI!

  54. ligo

    sudah jangan berdebat dengan orang awam yang mau percaya silahkan yang tidak ndak papa, kudu buka mata aja open mind

  55. Hai.. Pemilik blog !
    Kalau mau bantah bumi datar itu jangan hanya pakai opini dan teori dong, datanya mana ?
    tolong ditunjukkan !

  56. Akbar Khaerullah

    Assalammualaikum, Permisi. Maaf ganggu. Saya disini Komentar dengan maksud yang positif, saya tidak akan membuat masalah baru. Saya hanya ingin berargumen atas dasar kedamaian, bukan ingin mengadu domba antara kedua belah pihak (antara pembela bumi datar dan pembela bumi bulat) saya netral. Tidak berpihak pada siapapun. Dan PERLU DIINGAT, saya bukan orang yang Teoritist, Bukan orang yang Logicalist, dan bukan orang yang berpikir semena-mena. Saya juga bukan orang yang ingin menunjukan kerendahan saya pada orang orang, apalagi menunjukkan kelebihan saya, dan saya juga bukan serigala berbulu domba. Jika anda tidak percaya, anda bisa kunjungi saya, lewat PM G-Mail. Saya hanya orang biasa saja. TIDAK ADA bagi saya kemewahan yang bisa membuat saya berbuat sewenang -wenang, apalagi menindas seseorang karena pendapat yang kurang baik bagi saya. Maaf Jika ini kurang berkenan bagi anda.
    kalau begini mah, udah pasti gak bakal ketemu antara kutub positif dan kutub negatif walau mereka sama-sama mau berdua, tapi mereka tidak saling mengerti, yang 1 mengalah, yang 1 gak mau ngalah, mau yang lebih. Kalau ngomong sama orang yang pinter, cerdas otaknya mungkin saya tidak akan sanggup, tapi saya tidak akan bicara dengan orang seperti itu, karena menurut saya, mereka kurang bisa (bukan tidak bisa, kurang bisa) mengontrol antara emosi dengan pikiran kecerdasannya. Saya tidak perlu bicara dengan orang yang pintar, cerdas otaknya atau apa lah, saya hanya akan bisa dan mau bicara dengan orang yang dewasa pikirannya, tidak perlu pintar, tidak perlu cerdas. Karena orang yang seperti ini yang mudah untuk diajak bicara, walau tidak sependapat, namun akan bisa bekerja sama menemukan solusi. Kalaupun orang itu tidak sepintar orang yang berprestasi tinggi, tapi menurut saya orang yang berpikiran dewasa mampu mengendalikan situasi dengan permasalahan yang ada, memang orang yang berprestasi tinggi juga mampu melakukan hal itu, tapi tidak selihai orang berpikiran dewasa. Jadi, tidak perlu lah membuat masalah baru, kita hanya perlu berpikir jernih, pikir dengan tenang, sambil berzikir, sambil mengingat allah. Allah akan memberi petunjuk pada orang yang bersabar dan berikhtiar dengan ikhlas padanya, walau tidak kenal waktunya, mau dikabulkan 1 jam kemudianlah, bulan depan lah, tahun depan lah, atau kapan saja, cepat atau lambat, pasti allah akan memberikan petunjuk. Bila perlu, jika kalian yang baca ini Islam, anda amalkan Sholat Istikharah, agar diberi petunjuk pada Allah, itu juga merupakan suatu solusi agar dapat memberikan petunjuk pada permasalahan yang sedang terjadi sekarang ini. Tergantung dari apa yang ingin kita selesaikan masalah itu. Jangan sekali-kali berpikir pada kehendak kita sendiri, mungkin bisa jadi yang kita pikir salah, atau bisa jadi mereka lah yang salah. Tidak ada kebenaran yang sebenar-benarnya yang pernah diajukan semua manusia, kecuali orang-orang yang diutus Allah. Kita adalah orang yang penuh dengan kesalahan, tidak selalu yang kita pikirkan, lakukan, kerjakan itu benar, pasti kadang suka salah. begitu juga permasalahan ini. Kita tidak perlu berdebat panjang, atau saling memberi nasehat yang sudah sering kita dengar, diberbagai media. Kita hanya perlu berpikir jernih, kita pun tidak tahu dimana kebenaran yang sebenarnya tentang bentuk bumi, apalagi saya orang yang masih menuntut ilmu, yang masih kurang ilmu. Kita pun hanya punya pendirian masing masing tentang bentuk bumi. Tapi Jika ada orang yang memberikan suatu pendapat/opini-nya pada orang lain. Tolong lah, bukannya saya membelanya. Tolong, jangan memberikan suatu argumen bantahan terhadap pendapat/opini yang diberikan orang yang berpendapat tersebut, mereka hanya memberikan opini mereka. Tak salah kan bagi orang yang ingin memberikan pendapatnya pada publik ? Tak salah kan bagi hewan yang ingin hidup bersama keluarganya ? Tak salah kan bagi Allah yang mengatur kehidupan ini sedemikian rupa ? Jangan lah anda membantah orang yang memberikan opini mereka, mereka hanya ingin berargumen pada publik, mereka juga bukan ingin/akan membuat peraturan baru. Hewan pun juga ingin hidup, tidak ingin diburu oleh manusia oleh sebab yang kurang jelas. Mereka pun juga tidak mengganggu manusia, kecuali kalau mereka sudah mengganggu manusia, barulah kalau ingin membalasnya, balaslah, tapi harus pada tempatnya, jangan langsung diabisin, seberapa jahat dia pada kita. Janganlah menyalahkan Tuhan yang telah menciptakan manusia sedemikian rupa, jangan menyalahkan-Nya karena ia tidak memberikan petunjuk yang sangat jelas tentang kita (apalagi tentang bentuk bumi). Karena di Indonesia sendiri sudah punya peraturan tentang Kebebasan Dalam Berpendapat. Itu artinya tidak boleh ada suatu tentangan, kalau anda tidak setuju, ya sudah. Tidak usah dipermasalahkan, apalagi membuat bantahan. Bukannya saya menyalahkan admin yang buat artikel ini, saya hanya ingin memberikan suatu pendapat yang mungkin bisa memperbaiki artikel admin agar lebih baik. Komentar saya ini BUKAN untuk menasehati anda yang membaca komentar saya terutama pada admin, apalagi untuk berceramah di Majelis Ta’lim. komen saya ini bukan suatu teori, logika baru, apalagi peraturan baru. Tapi saya berharap, komen saya ini dapat menyelaraskan antara dua kutub yang berbeda jenisnya. Mohon maaf jika saya kurang berkenan. Terima kasih

  57. Akbar Khaerullah

    mana komennya nih.. kok gak dishow ?

  58. Akbar Khaerullah

    Bukannya saya meledek, mencaci, atau merendahkan admin. Jika admin tidak mau/ tidak berani Show Comment yang telah SAYA dan orang orang berikan, berarti anda bukan laki sejati, bukan orang dewasa walau fisik sudah dewasa, bukan orang yang berprestasi, bukan orang yang inteligen, bukan orang yang dapat mengizinkan suatu kebenaran diatas permasalahan. KECAMKAN KATA-KATA SAYA !

  59. Akbar Khaerullah

    bukan saya merendahkan admin, jika admin membiarkan komen saya yang awal tadi, berarti persentase kekuatan artikel admin dibawah rata-rata, bukan saya mengancam admin. Saya hanya perlu admin mem-Post Comment yang saya berikan di awal tadi

  60. Militan Ka'bah

    Orang ini trmsuk elite global, tpi abal2

  61. Doddy Listyo

    Dear Teman-Teman setanah air,

    sebelum kita lebih jauh membahas alangkah baiknya kita simpan dulu ego kita masing-masing. Ini bukan soal pendapat atau teori siapa yang paling benar ? tapi ini adalah soal kejujuran.

    pendapat pribadi saya tentang teori flat earth masih 50:50, bisa benar dan bisa juga salah. Tapi kita harus cari tau dulu, kalaupun nantinya teori flat earth itu terbukti benar, berarti ada alasan mengapa selama sekitar 500 th ini kita di bohongi. Jelas ada alasan nya kalau dijabarkan bisa menyangkut banyak aspek.

    Menarik memang mengenai suatu teori baru, yang saya yakini adalah, sepintar-pintar orang membongi pasti kejujuran akan terungkap nantinya. So teman-teman please jangan sekalipun berdebat dengan otak dan hati yang sedang emosi.

    Pendapat orang tidak dapat dipaksakan..
    Yang mau percaya kalau bumi itu bulat ya monggo..
    Yang mau percaya kalau bumi itu datar ya monggo..

    Salam Setanah Air,

    “Kita bukan bodoh tapi dibodonhkan, kita tidak miskin tapi dimiskinkan oleh sebuah sistem”, Ir Soekarno First President of Democratic Republic Indonesia

  62. Aing

    bikin video youtube nya dong, wkwkwkwk

  63. Anon

    Kalau emang tidak percaya pada flatearth yasudah flatearth buat orang yang percaya saja, gausah debat sama orang yang ga percaya, debat kusir malah menguntungkan mereka para elite global, yang nyebarin video flate earth juga rakyat bukan orang yang digaji 268t

  64. Anon

    Kalau emang tidak percaya pada flatearth yasudah flatearth buat orang yang percaya saja, gausah debat sama orang yang ga percaya, debat kusir malah menguntungkan mereka para elite global, yang nyebarin video flate earth juga rakyat bukan orang yang digaji 268t, gasemua orang punya intelegent yang sama

  65. Pencari Kebenaran

    Jujur saya masih merasa bumi datar itu hanyalah sebuah “teori” belaka. Tapi setiap saya berusaha membuktikan bumi itu bulat, semakin terlihat bahwa bumi bulat adalah bagian “konspirasi” dari kaum elite global, freemason, zionis, kabbalah, paganisme, skull and bone, illuminati, new world order. dll.
    Wallahu a’lam.

    Hendaknya penulis memberikan bantahan yang lebih ilmiah.

    Semoga kita semua terhindar dari tipu daya iblis dan pengikutnya.

  66. Chi Ardy

    @Jundu, apa yg membuat anda sebegitu yakinnya bahwa flat earth theory milik illuminati, apa ada bukti yang konkret mengenai hal itu ?

  67. ace_ssasin

    Banyak pertanyaan ttg alam semesta,
    -Knpa program space manusia pertama di bulan neil amstrong g ad lanjutan ny? Cmn pertama kali? Kedua atau ketiga g tampil live kah? Udh brapa taun? 1970 an? hampir 50 taun? Bner manusia udh ke bulan?
    -Ap itu north star? Knpa banyak rasi pindah posisi tp knpa north star ttp disitu? Apakah 1 poros sm bumi?
    -Sifat air slalu punya permukaan yg datar dimana mana waterpass nunjukin air di ke tinggian apapun wadahny, slalu datar permukaanny, lalu laut yg airny supermasive, ap benar bisa melengkung?
    -Dan knapa angka2 jari2 bumi yg di terbitkn nasa g bs di jadikan patokan bidang horizon? Memang benda jauh ga kelihatan di horizon tp di zoom pake lensa kok jd kelihatan?
    sy belum bs mencerna bumi itu flat tp sy jg meragukan ap manusia udh pernah ke luar angkasa??? Komputer rendering skrg canggih bs bikin real 3d seolah olah nyata, skrg gini aj lautan terdalam aj belum terjelajah, palung di atlantik bknkah it jg belum sejauh angkasa?
    Jangan bilang orang lain bodoh tanya diri anda apa sudah benar, ato malah diri sendiri yang sudah di bodohi

  68. ace_ssasin

    Banyak pertanyaan ttg alam semesta,
    -Knpa program space manusia pertama di bulan neil amstrong g ad lanjutan ny? Cmn pertama kali? Kedua atau ketiga g tampil live kah? Udh brapa taun? 1970 an? hampir 50 taun? Bner manusia udh ke bulan?
    -Ap itu north star? Knpa banyak rasi pindah posisi tp knpa north star ttp disitu? Apakah 1 poros sm bumi?
    -Sifat air slalu punya permukaan yg datar dimana mana waterpass nunjukin air di ke tinggian apapun wadahny slalu datar permukaanny, lalu laut yg airny supermasive, bs melengkung?
    -Dan knapa angka2 jari2 bumi yg di terbitkn nasa g bs di jadikan patokan bidang horizon? Memang benda jauh ga kelihatan di horizon tp di zoom pake lensa kok jd kelihatan?
    sy belum bs mencerna bumi itu flat tp sy jg meragukan ap manusia udh pernah ke luar angkasa??? Komputer rendering skrg canggih bs bikin real 3d seolah olah nyata, skrg gini aj lautan terdalam aj belum terjelajah, palung di atlantik bknkah it jg belum sejauh angkasa?

  69. ace_ssasin

    Lalu ttg gps, pesawat malaysia.yg jatuh di.laut kok lama banget ditemukan? Bknny pesawat di instal gps harus e gampang ditemukan dngn sekali klik hrs e?g cmn itu pesawat yg jatuh di hutan jg, harus ya di temukan ber hari2?
    -knapa nasa tunjukin gambar bumi pake tambal sulam? Pake CGI? Karena bumi besar?? Kok ga, ap adany aj lbih relevan kn?trus di edit biar bulet gitu? Foto ap adanya edit kontras ato kecerahan kn lbih baik, okelah 1 ato 2 tp ap smua harus ya? di edit pake CGI?brati sm aj liat foto danau dari national geography dr sana di edit tambahi foto ikan, foto buaya biar kelihatan danau?
    -wisata angkasa, harus ya? Buat Orang berduit gitu? Okelah komersil, knapa ga ad undangan buat setidaknya perwakilan negara lah, buat perwakilan pendidikan di negarany, negara harus bayar sekian milyar, bolehlah, negara berkembang mana yg ga mau bikin sejarah yg ad warganrgara pertamany ke angkasa? Bukankah itu lebih berdedikasi drpada “hanya” utk kalangan berduit? ato mmg? Ad ga sbener e wisata angkasa itu?

  70. Bumi itu Datar !!! ?

    Semoga anak cucuku nanti bisa membuktikan pasti dan ilmiah bahwa bumi itu datar. Sekarang, udah terlalu terlambat bagi otakku.

  71. BullShit

    Bagi yang percaya bumi itu datar, coba buktikan sendiri, jangan menggunakan bukti orang lain, dan berlaku juga buat yang percaya bumi itu seperti bola. BUKTIKAN SENDIRI!!!!

  72. Mungkin penulis perlu mengulang videonya lagi….

  73. denzel

    jadi siapa pembunuh mirna sebenarnya?

  74. Gini aja deh,
    Pernah naik kapal laut?
    Pernah liat gunung?
    Semakin menjauh dari gunung,gunung semakin tak terlihat? Seharusny klopun datar dia keliatan dong walapun keliatan kecil kenapa harus hilang dan tenggelam? Jawabannya karna bumi bulat!

  75. aris

    penulisnya ngantuk wkwkwkwkw

  76. Salam.
    Ulasan yang di bantah lebih baik dari yang membantah, jika yang dibantah dapat nilai 5 yang membantah hanya dapat 3. Saya berharap tadi ada hal yang baru dan benar2 ilmiah untuk membantah apa yang disampaikan dalam video Flat Earth 01, ehh malah ngelantur kesana kemari g jelas.
    salam.

  77. KSP

    Kalo ada yang pernah main kerbal space program mesti tau kenapa alasannya roket mesti terbangnya gak lurus. Jadi kalo roket cuma terbang vertikal otomatis bahan bakar roket yg dibutuhkan akan lebih besar dari pada terbang melengkung, kalo roket terbang mengikuti ekuator otomatis akan timbul gaya sentrifugal, ketika gaya sentrifugal=gravitasi itu roket gk pakalan jatuh ke bumi ( mengorbit). Sedangkan kalo tu roket terbang kurus doang butuh ketinggian berapa kilo meter nyampe gaya gravitasi bumi = 0?

  78. aktivis flatearth

    begini saja, kalau anda hanya berdebat masalah bumi datar atau bulat, nggak akan selesai! semua akan jelas, kalau anda mau tahu siapa itu elite global? siapa itu dajjal? apa yang dia inginkan? adu domba? itu baru keinginan kecilnya, yang lain?

    percuma mau terangin bumi datar bumi bulat kalo cuma mau adu otak saintis, kimiawi, matematika, merasa paling bisa menjelaskan..sudahlah,, masalahnya bukan di bentuk buminya, tapi, anda tahu tidak? anda sadar tidak? kalau anda di tipu dengan cara yg halus, seolah olah anda sedang disanjung, tapi ternyata dijebloskan ke jurang? siapa yg menipu? gunakan nalar anda.

  79. hamba Allaah

    Komentarnya ga ada yg ilmiah
    Ga pernah sekolah tinggi, cuma berbekal.nonton video udh sok tau dan.merasa paling benar :D

    Kalo memang bumi itu datar buktikan sendiri secara ilmiah sesuai artikel di atas! Jawab dulu sanggahan artikel di atas, jangan malah melemparkan argumen yg lain!

  80. Nebal

    kalian tu ya, yang bertahan dengan teori bumi bulat tidak menangkap maksud dan tujuan pembuat video Flat earth, dimana di dunia ini ada sebuah sistem yang menguntungkan sebagian kecil orang dan merugikan sebagian besar orang. teori mengenai bentuk bumi adalah dasar untuk menghancurkan sistem tersebut. tapi itu pun kalau kalian perduli. jika tidak ya silahkan bertahan dengan apa yang kalian percaya dan yakini. sekarang ada beberapa pertanyaan untuk kawan-kawan yang berpegang pada teori bumi bulat. 1. siapa yang mengendalikan ekonomi dunia?
    2. Apa yang membuat kalian yakin dengan teori bumi bulat?
    3. Pondasi berfikir ada 3. lisan, akal dan wahyu. yang mana jadi dasar pondasi anda?
    dan untuk yang muslim, kalian percaya dengan adanya padang masyar? dimana tinggi matahari hanya 1 jengkal dari kepala? jika matahari lebih besar dari bumi akankah bisa matahari tersebut berada diatas kepala manusia?

    mari berdiskusi dan berpolemik dengan sopan dan santun. semoga bisa menambah wawasan kita dan membuat kita menjadi lebih tawadhu. salam Takzim.

  81. Mr. Waway Lennon

    Bantahan yang lemah dan kagak ilmiah, Mas. Lebih baik jangan posting lagi :-D. Diem aje udah.

  82. yansah

    yah bagaimana kami bisa mengerti karna kami masih anak kecil,
    but. aku bisa mengerti kalau saja yang membuat blog ini harus duduk dan membeberkan apa yang dia maksud, bukan dengan cara membuat web maupun membuat vidio,
    kalu memang berani NASA bisa disalahkan karna pembohongan public
    beberkan dengan cara duduk depan acara show dan beritahu kami tentang riset kalian, dan MEDSOS membantu untuk menyebarkan riset kalian

    BUKAN DENGAN CARA TERTUTUP

  83. hikmat

    Teori flat earth masuk akal, semakin bertambah keimanan tentang ayat ayat quran yang selalu menyebutkan “*bumi yang di hamparkan*” jika memahami kata di hamparkan berarti merujuk kepada tempat yang datar, mungkin jika merujuk kepada tempat yang bulat, akan menyebutkan “di balut”

    Wallahu a’lam

  84. FLAT EARTH COMMUNITY

    tunggu aja boss FE bntr lagi booming naik media massa 2017 live debat dengan saintist NASA!!!! ini lagi kecil kecil an di indonesia dan negara lain nya juga saling menyokong… ga perlu takut sama saintist nasa kita hanya butuh 3 POINT pertanyaan!!
    klo org org seperti ente ente yg ngedukung NASA ya silahkan dukung lah dia buat lah penggalangan dana mendukung NASA :)
    ISS Live dah tutup ya?? lol gara gara di bully sama FE ttup?? baru aja di ajak debat ketinggian,suhu,kecepatan satelit ISS dah nyerah, blm lagi 3 point itu :) next coming soon :)

  85. bayu

    buat yg percaya bumi datar..
    kalian menyuruh kami percaya ada elit global sedangkan buktinya ga jelas.. bagaimana kalau itu ilusi saja.. atau tipuan saja yang sebenarnya memang tidak ada..??

    oke bolehlah kita berandai-andai.. seandainya elit global itu benar ada dan bisa dibuktikan keberadaannya, apakah lalu hal-hal lain yang disampaikan oleh kaum flat earth selama ini otomatis semua benar?? termasuk bentuk bumi itu datar, satelit tidak ada, gravitasi tidak ada,dll.. bagaimana kalau ternyata salah dan terbukti salah?? berarti ga ada bedanya kaum flat earth dengan elit global… sama2 penipu!! menipu satu orang saja dosa.. ini menipu jutaan manusia…

  86. bayu

    ISS live tutup apanya? masih tuh.. dasar anak buahnya kaum penipu..

  87. Sobikun

    Flat Earth 101 memaparkan segalanya menggunakan data-data dan argumen yang logis. Anda membantah menggunakan opini dan hawa nafsu.

    Semua orang bisa menelia boss.

  88. Rudal Aktif

    klo menurut anda lengkungan roket NASA ada karena Rotasi bumi , kenapa Drone saya nggak ngejauh ya begitu saya terbangin ??

  89. Coklat Ompong

    Nanti pas kiamat baru keliatan bos..

    Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka. Al-Kafh 47

  90. fery

    Buat yg prcaya sma flath earth.. Klo anda smua bilang bumi datar tolong jelaskan bagaimana proses terjadinya gerhana bulan.. Saat gerhana bulan terlihat jelas lengkungan bayangan bumi pada prmukaan bulan.. Dn saat gerhna bulan total byangan bumi akan mnutup bulan dgn smpurna. Tolong jelaskan utk yg versi bumi datar ttg grhana bulan. Mhon d jwb..

  91. PW

    1 pertanyaan … kita semua orang2 yg beragama … memiliki kitab2 yg kita percayai masing masing … apakah ada penjelasan yg bener2 menjelaskan dan berkata di kitab … “bumi itu bulat” ataupun “bumi itu datar” …?? gak ada yg tau kan ?? hidup itu terlalu rumit untuk menjelaskan semuanya boss … coba jawab 1 pertanyaan ane itu aja …

  92. Cohya1109

    1. Kalau bumi bulat itu hasil sambungan foto2 satelit kecil dibnding bumi, bisa dibuat jadi segitiga atau trapesium dong bentuk bumi sekalian.
    2. Mana uji saintifik penerbangan satelit dan bertahannya satelit di luar angkasa, kok tidak ada? Gimana bertahan dari grafitasi, bumi, bulan, bahkan matahari? Mana? Landasan saintifiknya?
    3. Saya cuma orang yang haus kebenaran. Tolong kalau buat artikel jangan sepotong2 dan kurang pergitungan saintifik kalau anda memang sains.

  93. くろさわ

    pahami aja lagy para komentator dan yg nulis.., cukup berpikir dewasa., walaupun kita sekarang mau rebbel, punya power segede apa kita ? untuk melawan bantahan penipuan ini ? kita butuh peluang., lebih baik kita diam saja namun bergerak diam2, mereka diam merencakan semua itu, maka kita harus diam2 u tuk melawan itu., cari peluanhnua dulu jangan beradi gak jelas gini.., malah gampang nanti kita biki riot yang menguntungkan mereka lagy..,
    terima kasih

  94. Udhin

    lihat tuh gambar untuk alasan roket terlihat melengkung karena ditinggal oleh Rotasi bumi…. trus kenapa pesawat terbang biasa tidak tertinggal oleh rotasi bumi???

    pake Akal sehat dan logika anda….. bantai dari rumus yang mereka katakan….

    jika keliling bumi 40.075km maka kecepatan rotasi bumi adalah 1.670 km/jam…. sedangkan pesawat penumpang biasa hanya mampu melaju 800km/jam….. Pertanyaannya Kok bisa Sampai ditempat Tujuan???? (itu FAKTA) seharusnyakan tertinggal oleh rotasi bumi????(ini TEORINYA) kalau masih tidak masuk diakal coba periksa, mungkin akalnya yang belum masuk????

  95. gogo

    nasa bilang bumi mengelilingi matahari tp d al quran bilang matahari bergerak pada porosnya di surat al baqaroh jd kalian percaya al quaran atau nasa klo muslimkn hrs percaya al quaran ni web juga namanya islami.
    Haha sain jg bilang manusia adlh monyet yg ber evolusi di al quran bilang manusia di utus oleh allah.
    Intinya ngak semua sain itu benar.

  96. gogo

    Kayak kasus mirna aya soal bumi ni ngak sd sd
    Tp tonton aja video astronot gone wild d youtube pr astro ini ngak ada yg berani bersumpah telh ke bulan yaaaa…. Menurut saya itu mencuriga kan haha

  97. Mau bulet atau datar yg penting bisa makan

  98. Jack

    Yang punya teleskop coba kalian terawang… satelit itu ada nggak??? Itu aja udah cukup

  99. shasa

    Untuk saat ini sih memang belum bisa membuktikan sendiri bumi itu bulet ato datar, karena memang mahal klo liat langsung liwat ruang angkasa.

    tapi klo liat syare’at sih saya masih liat klo bulan bulet, matahar juga, planet2 laen juga…masa bumi beda sih….? kan ga enak ga kompak.

    Klo dibilang Nasa bohong, saya sih percaya2 aja..wong pemerintahnya juga suka begitu. tapi klo bumi datar kayanya belum terima lah…karena belum ada info ada ujung dunia. lagian klo teori ini mah dari jaman sebelum manusia kenal teknologi udah populer… masa mau balik lagi ke jaman yang gaptek…

    mohon maaf deh cuma bisa komen begini, maklum orang udik…

  100. Rampok

    @amrisal #Pesawat ngambang terus nyampe di lokasi tujuan karena bumi berputar#hahahaha..saya lebih setuju teori ini.hehehehehehe

  101. David

    Semua yang komen tdk berlandaskan pengetahuan pasti, cma copy paste dari org2 yg jelas tdk berpengetahuan juga. Mikir jgn pake dengkul guys. Knp air laut tidak jatuh, padahal bumi bulat? Semua itu sudah di atur oleh Tuhan, ilmu yg didapat oleh manusia tdk bisa di bandingkan dgn Tuhan. Apa yg di berikan untuk manusia cukuplah untuk manusia, jangan mencoba utk mencari tahu apa yg bukan dari porsi yg telah diberikan. Org yg mencoba untuk mencari sesuatu yg diluar dari kehendak Tuhan nanti bisa gila. Krn ilmu manusia tdk bisa di ukur dgn ilmu Tuhan.

  102. Yuki

    Semua orang berhak berpendapat tentang bentuk bumi.
    Tetapi hal yg paling dasar adalah alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan (ini adalah kepercayaan mutlak bagi setiap umat beragama).
    Dan manusia hanya bisa mempelajari apa yg telah Tuhan ciptakan dengan akal yg terbatas.
    Sebelum masuk ke ranah ilmiah, kita bahas hal yg paling mendasar dulu.

    “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.”(Q.S. Al-Baqarah [2] :29 )

    “Ibrahim berkata: “Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah ia dari barat!” Lalu terdiamlah orang kafir itu, dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim.” [QS Al Baqarah: 258]

    “Matahari itu berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Al ‘Aziz (Yang Maha Perkasa) lagi Al ‘Alim (Yang Maha mengetahui). Kami telah tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang lama. Tidaklah mungkin bagi matahari untuk mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya.” [QS Yasin: 38-40]

    Itu adalah ayat (Al-qur’an) yg menerangkan tentang penciptaan bumi dan matahari lah yang mengelilingi bumi.

    ini jelas berbanding terbalik terbalik dengan teori Big Bang (Lemaitre, Friedmann, Hubble, Hawking) dan heliosentris (Copernicus, Galileo)

    1. Teori Big bang
    Secara singkat teori ini adalah “asumsi” yg secara turun temurun dipercaya ilmuan (Lemaitre, Friedmann, Hubble, Hawking, Einstein dkk) sebagai awal mula terciptanya alam semesta.
    Jadi, apakah menurut mereka alam semesta ini terjadi secara acak (random cosmics) yg tanpa memerlukan Tuhan dalam penciptaannya?
    Anda setuju?

    2. Teori Heliosentris
    Heliosentrisme adalah model astronomi yang mana bumi mengelilingi matahari yang berada pada pusat tata surya.
    ini adalah teori yang dianut oleh Copernicus & Galileo dan menjadi sebuah teori yg harus kita pelajari dan percayai sejak SD.
    Jika harus memilih, anda akan lebih percaya teori heliosentris yg diyakini oleh Copernicus & Galileo atau percaya pada kitab yg telah Tuhan turunkan ?

    Disini saya tidak bermaksud untuk memecah belah antara umat beragama dan saintis.
    ilmu pengetahuan adalah kewajiban setiap umat manusia, dan setiap agama pasti mewajibkan kita agar berilmu (belajar).
    Jadi bijaklah kita dalam mempelajari sesuatu dan jangan terlalu fanatik terhadap suatu teori yg dianggap mutlak secara saintis (apalagi jika bertentangan dengan agama).
    Karna Tuhan adalah Maha Kuasa & Maha Benar
    Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan
    Jadi jika ada pemikiran manusia yg berbeda tentang apa yg Tuhan turunkan, anda sendiri pun tau mana yg harus kita percaya dan yakini..

  103. Eksan

    Tu roket bahan bakarnya apa ya? Bisa awet smpe 5 tahun.. tengki bahan bakarnya gedenya seberapa? Trus ad supirnya kah? Makan apa slama 5 tahun? Klo tdak ad supirnya ngontrolnya pake apa? Ampuh banget jaringanya bisa smpe jupiter..

  104. ZAKI24

    yg namanya pembantah pasti ada. dari pada ngebantah teori flath earth lebih baik kediri kita sendiri dulu, punya iman atau engga? kalau punya iman gx usah nonton video flath earth juga udh tau kalau bumi itu datar karena sudah ada di al-Qur’an yg menjelas kan bahwa bumi itu suatu hamparan. gx usah di kasih tau surat apa aja dan ayat berapa aja yg menjelaskan bahwa bumi itu datar. Orang yg beriman pasti tau :)

    Thanks buat kk yg udh membuat saya tambah yakin untuk semuanya.
    GOOD JOB

  105. Salim

    Jangan-jangan modus biar diajak terbang gratis ke stasiun luar angkasa. Paling gampang kalau ke Jeddah, Waktu tempuh pesawat 7 jam, dari Jakarta jam 9 malam, harusnya sampai sana jam 4 pagi. Nyatanya sampai sana tengah malam, jam 1 dinihari. Demikian juga sebaliknya, dari Jeddah ke Jakarta berangkat jam 7 pagi, harusnya jam 2 siang sudah sampai, nyatanya baru sampai jam 5 sore menjelang Maghrib. Sudahlah ga menarik bahas ini, paling-paling ada udang dibalik rempeyek. Daripada minta piknik ke bulan, kasih aja pencetus ide bumi datar tiket free seat Air Asia Kuala Lumpur Teheran. Biar dia yakin dia salah. Barangkali kurang piknik

  106. ShunKaShuutou

    WAKAKAKAKAKAK……!!!
    ini yang punya forum kabuuuuur….!!!

    Liat logika dia menggambar arah gerak roket yang terbang buat gua ngakak…..
    KATANYA BUMI BEROTASI…………?
    TAPI KENAPA WAKTU MANUSIA LOMPAT KAGAAAK NABRAK SESUATU……????

  107. permana

    Pendukung flat earth punya foto ujung dunia?? gak usah ribet ribet.. itu aja dulu.. kalo ada foto ujung dunia sesuai teori flat earth,.baru saya percaya
    kalo gak ya sama tololnya juga

  108. farhan

    kami penganut flat earth tidak memaksa anda skalian buat percaya bumi datar kok toh kalo emang bumi datar so whaat ?? dunia tetap berjalan bung tujuan video itu bukan untuk memberikan bahan perdebtan biarlah kalian yg tidak percaya kami tidak memaksa yg harus kita lakukan yaa bersatu buat lawan elite global bukan malah menghina kaum kita sendiri yg kami sebutkan bukan amerika tapi para elite global antichrist dajjal itu yg kami kecam bung

  109. CFNRTBNF

    Jangan apatis terhadap fenomena yang ada , dikarunuai akal fikiran iyu untuk berfikir , bukan malah cuek , Allah SWT saja sudah menyampaikan Firman- Nya , sesungguhnya Allah telah memberikan tanda2 bagi orang yang berfikir .

  110. Kopisusu

    Kalo kita sedang naik mobil yg sedang melaju, kita bisa rasakan gerakan laju mobil..ini bumi mutar sedemikian kencangnya kita gk rasa apa2 ? Apa size dari kendaraan pnya pengaruh trhadap rasa gerak ? Dlm skala, semisal semut dlm bis, atau apalah yg sebanding dgn size manusia dgn bumi, apa semut tdk merasakan kl dia sedang melaju ? Apa krn kecepatan kndaraan nya yg konstan shnga tdk trasa ? Ngelu aku ngeluu….

  111. ren

    yang jelas si amstrong ke bulan dengan misi rahasia , yaitu membuat sekuel adegan bahkan suting di sana demi merampungkan film transformers dark of the moon :v , bersama sang sutradara michael bay , weee :3 , luar biasa bukan . amazing

  112. kholil

    Kalau roket gak pernah jatuh di temukan di darat coba pikirkan yang lautnya ,pangkalan roket dekat dengan laut ok

  113. fazri

    judul ilmiah….?
    jawab dong sanggahan diatas, jangan cuman hanya omdo

  114. remil

    Roket gak pernah jatuh di darat karena roket memang ga pernah terbang jauh.. Coba perhatikan, roket selalu diluncurkan di cape canaveral florida, itu daerah dekat laut. Yaa jatuhnya di laut laa mana mungkin dekat rumah anda. Admin mengambil kesimpulan hanya sepotong2, hanya teori belaka. Sedangkan teori flat earth didukung bukti bukan omdo.. Kesimpulan nya : EARTH IS FLAT. Jangan malu untuk mengakui kebenaran.

  115. fadjar

    kalo bumi itu datar.. pasti ada ujungnya.. mungkin sebuah dinding.. video FE mengklaim kalo ujung bumi sebuah dinding es dan dijaga oleh “orang2”..

    kalo bumi itu datar pasti “dinding2″(lingkaran paling luar) pasti panjang banget kan? Pasti lebih panjang (jika diluruskan) dari negara2 lain kan? Siapa sih yg jaga sampai nda ada orang bisa lewat? Berasal dari mana “orang2” itu?
    Kalo semua manusia dibumi tahun 2016 dikumpulkan untuk menjaga dinding itu pasti masih tidak mampu mengawasi setiap spot saking penjangnya kan? So, “FEer” punya peluang dong untuk masuk ke celah itu? Bisa dong perlihatkan ke kami yg cuma bisa stay dirumah lihat media, baca refensi, kemudian percaya hehe peace ^^

  116. anonim

    Yang paling enggak masuk akal itu masalah gravitasi di luar angkasa.

    bumi bisa berotasi dan berevolusi itu karena ada gaya tarik menarik dengan matahari, makanya bumi bisa tetap berada pada poros dan orbitnya. begitu pun dengan bulan, bisa terus berotasi dan berevolusi karena ada gaya tarik menarik dengan bumi.

    massa bumi tidak bisa dibandingkan dengan massa satelit. mungkin bisa masuk di akal jika jarak bumi dari matahari dan massanya memungkinkan gaya tarik menarik. namun apakah satelit punya gravitasi sendiri sehingga tidak tertarik gravitasi matahari yang sangat kuat? padahal satelit hanya seupil dari bumi.

    walaupun satelit tertarik oleh gravitasi bumi, apakah cukup kuat untuk menahannya dari gravitasi matahari yang juga sangat kuat?
    artinya, astronot yang melayang di spaceship itu juga bohongan.
    karena kalau kita pakai penjelasan ilmiah yang selama ini diajarkan kepada kita, di luar angkasa itu tidak ada udara dan gravitasi.

    namun jika logikanya dimainkan sedikit, kita sadar juga kalau angkasa itu adalah lingkungan yang penuh dengan energi gravitasi. begitu toh?

  117. pengamat teori

    Semua masih teori, blm dibuktikan sama mata kepala sendiri, jgnkan beli pesawat atau roket utk bisa naik ke angkasa, makan aja susah. Rame tuh utk diskusi bukan debat. Debat org yg sama2 tdk pernah membuktikan dgn mata kepala sendiri adalah debatnya org bodoh.

  118. OneBoys

    Udah jangan pada ribut, gak menghasilkan uang kan, kalau emang di bayar dipersilahkan komen sepuasnya

    salam

  119. udah janga pada ribut gak menghasilkan uang, kalau depat awan versi awan gak bakalan menyelesaikan masalah
    Kalau datar ya biarkan kalau bulat ya sudah jangan saling berantem

  120. buat tandingannya aja, pake video, ga usah bacot gan.

  121. Ryan

    Sudah saudaraku kita yang meyakini bahwa bumi itu datar kita terus lakukan riset saja kembali untuk membuktikan kebenaran sesungguhnya (people power) , kita runtuhkan pengikut elite global ini.

  122. Hamba allah

    Bikin perpecahan aja ni org.. Ente emang dibayar sama nasa..??
    Buat saudaraku semua, jgn terpancing sama org2 model gini.. Yakini yg menurut kalian benar.. Fokus utamanya adalah menghancurkan sistem yg zalim.. Gulingkan illuminati dan semua ideologi freemason..
    Tuhan bersama kita..

  123. Im Suhu

    Jangan debat kusir, pahamilah realita kehidupan, isis teroris dsb, itu sudah cukup janggal, jika kalian pernah membaca jalan mason dan konsep ilumminati kalian akan paham dan itu semua jelas merupakan bagian dari rencana MASON, kita hanya manusia yang akan mengIYAKAN ketika yang berbicara itu orang yang lebih ternama, kita tidak pernah cari tahu sendiri ? Betul ? Belajarlah .

    Realita kehidupan yang membawa saya yakin dengan flat earth, jika kalian perhatikan anime ONE PIECE membawa kita pada realita dunia FreeMason Tenryubitoo sebagai elite global, marine sebagai pengendali dan masyarakat umum sebagai boneka dan manusia ikan adalah budak. Itu semua akan hancur nantinya dari 1 orang luffy menjadi berjuta orang bergabung (people power), mereka akan runtuh .
    Saya rasa kitab kita juga dalam akhir kitalah yang berjaya.

  124. bumi dihamparkan… gunung sebagai pancangnya..matahari dan bulan berjalan pada jalurnya.. itulah ketetapan yg tak terbantahkan…

  125. joe onta

    asli saya baca komennya ketawa 2 sendiri dong.. ahahahaha.. ta coba jawab 1-1..

    1. masalah kita didalem mobil vs kecepatan bumi berputar. Bumi itu punya gravitasi, sama kayak magnet bulet kasih pasir besi sebutir aja terus diputer2. gerak ga? karena gaya gravitasi bumi lebih besar daripada gaya sentrifugal yg dihasilkan dari rotasi bumi.. nah, kalo masalah “rasa bergerak” dalem mobil, peratiin deh, kita bakal ngrasa mobil itu bergerak, ketika ada penambahan dan pengurangan kecepatan. begitu kecepatannya konstan, kita akan kebiasa sama mobilnya, karna kita udah kebiasa sm kecepatan mobilnya dan kita bergerak dengan kecepatan sama dengan mobil itu.. jadi kasarnya kita sudah jadi bagian dari mobil itu. sama kayak bumi, kita udah bergerak secepat bumi itu bergerak walaupun kita cuma tiduran sambil nonton bokep, makanya ga kerasa.

    2. gravitasi di luar angkasa.
    nah yg ini rada ribet.. gini.. gravitasi akan terasa makin kuat kalo kita makin deket sama pusat gravitasinya dan satelit itu itungannya belum keluar dari medan gravitasi bumi.. nah dengan adanya gravitasi plus kecepatan bumi muterin matahari, akibatnya itu satelit yg harusnya jatoh, ga jadi2 jatoh karena ketinggalan sm kecepatannya bumi muterin matahari.. akibatnya, dia jadi ngorbit bumi.. intinya itu satelit tuh “jatoh” tapi kecepatan revolusi bumi, ngalahin kecepatan jatoh dari satelitnya.. sekarang kenapa ga ketarik matahari tuh satelit? balik lagi, gravitasi itu makin kuat ketika kita makin deket sama pusatnya.. jarak antara matahari sm bumi itu jauhnya kelewatan. ibarat matahari segede bola kaki, berarti bumi cuma segede biji anggur dan jarak keduanya kurang lebih 50meter.. kalo lo tbahin satelit, berarti satelit segede kuman.. yg jaraknya paling cuma 1mikrometer dari biji anggur.. yakali ketarik matahari yg jauh begitu kalo ada gravitasi yg lebih deket..
    intinya, astronot dan satelit yg melayang di udara sebenernya mereka lagi ditarik sm gravitasi bumi alias jatoh! tapi jatohnya selalu tertunda, karena kecepatan dia jatoh kalah sama kecepatan bumi berevolusi.. akibatnya terjadi slingshot effect yg berulang2.. hasilnya dia ngelilingin bumi.. tanya mbha gugel atau guru fisikamu kalo belum jelas..

    3. roket gapernah jatoh di darat.
    nah ini gunanya matematika.. yg ngeluncurin roket harus ngitung kemungkinan jatuhnya roket booster ketika peluncuran supaya ga berbahaya. yg diitung banyak, dr mulai kecepatan berubah konstan ketika jatuh, kecepatan rotasi bumi, lokasi ejection, ketinggian ejection, dll.. supaya jatohnya kurang lebih ada di laut.. kadang juga ada yg jatoh ke darat.. roketnya ada parasutnya ketika jatoh..

    4. kenapa kalo bumi berputar, kita loncat ga nabrak sesuatu?
    nah ini pertanyaan luar biasa dari murid sd.. cobain naik kereta, kecepatannya kurang lebih 90-110kmph.. nah terus lo loncat2 dditempat pas dalem gerbong.. gue tanya sekarang, kok lo ga nabrak ujungnya gerbong? besok2 tanyain guru fisikalo tentang gaya sentrifugal..

    kurang lebih itu dulu penjelasannya.. semua bisa dibuktikan dengan skala yg lebih kecil.. kalo ada yg mau tanya, monggo silahkan.. siapa tau bisa membantu..

  126. Globe earth

    Yah fleat-earth. Bumi memang datar. Dari tanda2 pembuktian msuk akal. Bisa jd bgitu. Ada sesuatu yg sudh di rencakan.

  127. Globe earth

    Yah flat earth. Bumi kan memang datar. Sejak SD dulu aku nggk percaya dgn globe bumi yg di pajang di kelas.

  128. JUNO kok mutar2 dulu baru ke jupiter? kenapa nggak langsung aja?

  129. anon

    gimana dengan ladang minyak di pulau eugene? saya kutip yg saya baca ya

    ” Para peneliti menemukan ketika mereka menganalisis ladang minyak dengan selang waktu pencitraan 3-D seismik bahwa minyak memancar dari sumber yang lebih dalam yang sebelumnya tidak diketahui dan bermigrasi naik melalui celah bebatuan untuk mengisi pasokan yang ada. Selanjutnya, analisis minyak yang sekarang sedang diproduksi di Pulau Eugene menunjukkan perbedaan usia geologis dari minyak yang diproduksi di sana sebelum tahun 1989. Dugaan kuat, minyak mentah yang baru, muncul dari sumber yang berbeda, sumber yang tidak bisa dijelaskan.”

    ladang minyaknya terisi ulang kembali kemabali! kenapa masih memproduksi dlm jumlah yg besar kalau memang minyak bumi sdh minim?

  130. kaka

    mengapa bumi mengelilingi matahari? mungkin banyak yg akan menjawab karna adanya grafitasi karna adaya energi magnet yg dimiliki matahari juga dimiliki bumi, namun jika kita sepakat di bulan tak ada grafitasi yg menyebabkan kita bisa melayang di bulan. berarti di bulan tak ada grafitasi? berarti di bulan tak ada energy megnet? jika iya kenapa bulan bisa mengelilingi bumi seperti bumi mengelilingi matahari?

  131. Sederhana saja.HOI PARA PENGANUT PAHAM BUMI BULAT:KALIAN BELUM PERNAH NAIK PESAWAT??KALO UDAH BERARTI PERNAH LIAT LENGKUNGAN BUMI KAN,MENYANGKAL APA LAGI KALIAN,baca coment ko tolol² ya

  132. Andrew

    Yang tau bumi itu datar atau bulat hanya lah Tuhan Allah

  133. Andi milan

    Saya ijin nimbrung, cuma mo nambah pengetahuan dengan anda2 orang pinter. Kenapa kalo liat kapal di laut dari tepi pantai/ pelabuhan…mula2 tiangnya…trus anjungan trus utuh deh kapalnya. Kedua, pernah liat cakrawala? Itu tuh semacam garis vertikal lurus yang membentang di laut. Ambil teleskop dan lihat. Hanya garis air di ujungnya. Kemudian cobalah berlayar menuju cakrawala, loh garisnya tetep aja dan ga sampai2 lha kok malah nemu pulau? (Padahal di keker pake teleskop ga ada pulaunya), nah lo?. Kemudian kenapa di bumi ada siang dan malam? Klao matahari sbebesar itu, harusnya siang terus ga ada gelap sama sekali.
    Nah, ini pertanyaan untuk kaum FE
    1. Kalau bumi itu datar, seharusnya kapal datangnya utuh kan? Kenapa datangnya sepotong2?
    2. Trus cakrawala yang tadinya air laut full sejauh mata memandang, setelah dilayari gak nemu2 batasnya malah nemu pulau yang tadinya ga kelihatan sama sekali’ kok bisa?
    3. Menurut FE, kenapa ada siang malam? Harusnya siang semua (panas all the time), apa matahari ada saklarnya sehingga bisa on off? Klo ada dimana letaknya? Lumayan kalo siang kepanasan kerja, bisa dimatiin biar ademan.

    Monggo di jawab pertanyaan diatas, karena narasi dari website FE dan menyebutkan bahwa kaum FE adalah kaum yang jenius dan inteligent.

  134. Andi milan

    Oy nazwan h, jangan tololin orang dong hehe. Oke, saya mau tanya nih soal pesawat. Barangkali ada kaitannya dengan bumi bulat. Kalo pernah naik pesawat, apa bedanya kecepatan pesawat di udara (true air speed) dengan kecepatan pesawat di darat? Keduanya ditampilkan di layar belakang kursi kalo naik GA, Batik air mungkin juga ada. Tapi klo ente doyannya lion ya ga bakal nemu ada layar tv nya xixixix. Kedua, pernah terbang dari CGK ke UPG jam 5 sore (masih terang) kemudian gelap cukup cepat (dibanding kalo kita diam aja) Kenapa? Trus, pernah liat cakrawala dan nemu ujungnya? (Ni pertanyaan sama kaya’ tulisanmu yang bilang kalo naik pesawat kelihatan gak lengkungnya?

  135. Andira

    FE nyasar dlu ke tengah laut sana bawa teleskop sekalian buat liat horison.

  136. Fadly

    Bumi itu bulat dan punya gravitasi…

    Artinya air yg membentang luas di lautan hanya terlihat sedikit melengkung.. Hanya sedikit..

    Kemudian, bumi berotasi.. Lalu knp saat kita terbang pke helikopter dalam keadaan diam, kita ga berpindah?
    Alasannya karna gravitasi bumi.. Ketika suatu benda masuk ke dalam atmosfir bumi, benda tsb jg akan terpengaruh oleh gravitasi bumi dan ikut kedalam rotasi bumi…

    Lalu knp roket terbang melengkung ?
    Karna utk mengurangi beban gaya gravitasi…
    Logikanya, mobil yg melaju di tanjakan dgn sudut 45″ akan lebih berat bebannya dibanding mobil yg melaju di tanjakan dgn sudut 35″…

    Dan 1 hal lg…
    Tulisan diatas hanya copas dari web mystupidtheory.. Bkn tulisan asli admin disini..
    Jd ngakak gue bnyak yg bilang adminnya gx nongol :v

  137. Otakdatar

    Wah admin nya di serbu ama flatter, korban youtube, iyaa bumi datar, kaya otak kamu

  138. Jensparli

    Google Map menggunakan GPS dan satelit. Google sendiri punya 180 satelit lebih di luar angkasa.jika memang benar,mengapa satelit itu tdak pernah di keliatan dari teleskop?

  139. iseng lewat

    Haha jadi bingung setelah tonton video dan baca teori teori yang ada buat kalian semua inget kan sifat dajal? Yang senang memutar balikan fakta.. Yang benar dibuat seolah salah. Yang salah dibuat seolah benar jadi yg benar yang mana? Intinyamah ilmu allah lebih tinggi dan sampai kapanpun akal manusia gak akan sampe. inget gak semua yang benar harus masuk akal contoh keberadaan allah. Malaikat. Surga dan neraka apakah harus ada bukti dulu supaya kita percaya keberadaanya? Buktinya sejak kecil kita percaya dan yakin.. Semoga kita semua berada di lindungan allah amin..

  140. Abdullah

    Didalam Al-Quran disebutkan :
    Surah Al Kahfi 47 Menceritakan :
    Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar [1] dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka. (QS Al-Kahfi 47)

    *[1] Bumi datar / rata karena Allah telah memperjalankan/menarik gunung gunung pada hari kiamat, dan seluruh manusia akan dikumpulkan.

    Allah SWT berfirman:

    وَالشَّمْسُ تَجْرِيْ لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا   ؕ ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ
    “dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.”
    (QS. Ya Sin: Ayat 38)

    Silahkan lihat juga pernyataan syeikh ahli Al-Quran dan ahli bahasa quran salah satunya syeikh bin baz dan syeikh Fauzan seperti apa, Islam memiliki pondasi yg kuat jangan sampai pernyataan yg blm jelas di muat tanpa penelitian dan analisa dari Al-Quran silahkan untuk di muat Pernyataan ulama dunia dan menjabaran ahlinya disini, ingat Kiblat kita kepada Al-Quran saudaraku

  141. flatearther

    sudah tidak usa berdebat, mari kita fokus kepada sdikit orang yang kritis saja yang meenyerukan perlawanan terhadap elite global.. mungkin ini salah satu suruhan orang elite global.. mohon belajar yang keras dulu sebelum menyanggah pendapat orang..

  142. mr.c

    Kebayakan opini aja dari penulis ..
    Teorinya gk mendasar.!
    Knp ngk di bahas kebohangan” nasa???
    Kan teorinya dh di beberkan, tp nyatanya nasa bohong kn..
    Aku sih lebih suka mahamin sendiri Dan cari bukti” yg logis ..
    Yang nulis pintar nyusun kata, cuma kebayakan yg di bahas itu yg gk telalu penting, udah bagus di pertama tp ujungnya ngk jelas .. :3

  143. Kenapa logo PBB itu peta flat earth?

  144. Daniz TAB

    Assalamualaikum…
    Menyatukan persepsi tiap orang ga mudah karena tiap orang diberikan sifat ato karakter berbeda oleh Allah.
    Ssuai kpcyaan msing2 aj, skdar mengingatkan buat yg muslim dn bner2 muslim, coba tela’ah Al-qur’an, dsitu ada bbrpa surat dn ayat yg menjelaskan bhwa bumi bulat. Slh satu nya An-Nazi’at. Dan udh jlas bhwa kebenaran Al-qur’an Mutlak.
    Maaf klo ad kslahn dlm kta2 yg sy sampaikan.

  145. apin upin

    Analisa yg kelihatannya masuk akal. Padahal sama bohongnya dengan satelit/iss/space program dll. Mohon Jangan ikut2 membodohi anak bangsa. Saya sering berkunjung ke web ini. Tapi tulisan ini sangat mengada ada. Fakta tak terbantahkan bumi ini datar. Sdh samgat banyak. Laser test & telescope dan balon terbang adalah bukti tak terbantahkan bumi bulat.

  146. Aye

    Teori bumi bulat = doktrin dari lo sekolah oleh penelitian2 lama yang di kukuhkan untuk kepentingan semata(cari duit)
    Teori flat earth = doktrin dari video2 dan penelitian2 baru (cari duit juga)

    Setuju sama kutipan koment diatas tentang ini.
    “Matahari itu berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Al ‘Aziz (Yang Maha Perkasa) lagi Al ‘Alim (Yang Maha mengetahui). Kami telah tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang lama. Tidaklah mungkin bagi matahari untuk mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya.” [QS Yasin: 38-40]

    Itu adalah ayat (Al-qur’an) yg menerangkan tentang penciptaan bumi dan matahari lah yang mengelilingi bumi.

    Jadi forum Kiblat ini (mungkin penulisnya muslim) mau percaya doktrin manusia apa percaya kitab agamnya. Thx

  147. Aye

    Teori bumi bulat = doktrin dari lo sekolah oleh penelitian2 lama yang di kukuhkan untuk kepentingan semata(cari duit)
    Teori flat earth = doktrin dari video2 dan penelitian2 baru (cari duit juga)

    Setuju sama kutipan koment diatas tentang ini.
    “Matahari itu berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Al ‘Aziz (Yang Maha Perkasa) lagi Al ‘Alim (Yang Maha mengetahui). Kami telah tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang lama. Tidaklah mungkin bagi matahari untuk mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya.” [QS Yasin: 38-40]
    Didalam Al-Quran disebutkan :

    Surah Al Kahfi 47 Menceritakan :
    Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar [1] dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka. (QS Al-Kahfi 47)

    *[1] Bumi datar / rata karena Allah telah memperjalankan/menarik gunung gunung pada hari kiamat, dan seluruh manusia akan dikumpulkan.

    Allah SWT berfirman:

    وَالشَّمْسُ تَجْرِيْ لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا ؕ ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ
    “dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.”
    (QS. Ya Sin: Ayat 38)
    Itu adalah ayat (Al-qur’an) yg menerangkan tentang penciptaan bumi dan matahari lah yang mengelilingi bumi.

    Jadi forum Kiblat ini (mungkin penulisnya muslim) mau percaya doktrin manusia apa percaya kitab agamnya. Thx

  148. Aye

    Yang koment tentang kapal di laut kenapa perlahan2 keliahatannya dari garus cakrawala keliatan tiang dulu baru keliatan kapalnya utuh ( seolah2 bumi melengkung) kenapa gak utuh langsung jadi. Karna jarak pandang manusia hanya 4.7km mbak. Coba kalo liatnya pake teleskop pasti langsung keliatan tuh kapal.

  149. @Bagus Swastika
    ooooyyy para flat earther,, jangan cuman bisa ngomong doang,, kalo bisa buktikan sendiri..
    jangan cuman percaya sama katanya orang lain..
    itu bodoh namanya…

    buktikan..
    beli ko teleskop..
    (kalo lg bokek bikin sendiri aj, banyak tutor di internet)

    liat pake’ itu teleskop planet lain yang ada diluar sana..
    apa mereka datar???
    kalo bumi datar berarti matahari datar, bulan datar??

    sekarang coba pake’ itu teleskop digedung tinggi, trus tembak kedepan (bukan keatas), kalo yg kalian liat dinding es antartika seperti yg kalian percayai berarti bumi datar..
    tapi apa..
    yang kalian liat ya luar angkasa juga..
    masih yakin bumi datar??

    klo masih gak percaya..
    anggota flat earther kan banyak nih,
    knapa kalian gak patungan aja sewa roketnya NASA trus pergi liat sendiri dengan mata kepala kalian bumi itu bulat ato datar..

    buktikan jangn cuman ngomong doang..

    Tergantung Dari Mana Kita Melihatnya…. ingat Teleskop Juga memiliki Batas dak Antartika pasti di tutupi dengan gunung2 jadi jika kita melihat “LURUS” apakah teleskop tersebut benar2 lurus
    fakta membuktikan jika teleskop tersebut lurus pasti yg terlihat adalah BUMI lagi

  150. @Bagus Swastika
    oooyyy para flat earther,, jangan cuman bisa ngomong doang,, kalo bisa buktikan sendiri..
    jangan cuman percaya sama katanya orang lain..
    itu bodoh namanya…

    buktikan..
    beli ko teleskop..
    (kalo lg bokek bikin sendiri aj, banyak tutor di internet)

    liat pake’ itu teleskop planet lain yang ada diluar sana..
    apa mereka datar???
    kalo bumi datar berarti matahari datar, bulan datar??

    sekarang coba pake’ itu teleskop digedung tinggi, trus tembak kedepan (bukan keatas), kalo yg kalian liat dinding es antartika seperti yg kalian percayai berarti bumi datar..
    tapi apa..
    yang kalian liat ya luar angkasa juga..
    masih yakin bumi datar??

    klo masih gak percaya..
    anggota flat earther kan banyak nih,
    knapa kalian gak patungan aja sewa roketnya NASA trus pergi liat sendiri dengan mata kepala kalian bumi itu bulat ato datar..

    buktikan jangn cuman ngomong doang..

    apakah anda yakin teleskop tersebut bnr2 lurus buktikan,,, jgn hanya berargumen kalau dan saling menghilang lebih baik berdebat rakyat vs sainstis dari pada rakyak vs rakyat

  151. Annonymous

    percuma beradu argumen panjang x lebar x tinggi.
    hasilnya entah bulat / datar.
    tapi kalau argue anda bilang soal teropong, anda pelajari dulu perspektif, dan coba anda hitung dengan rumus2 yang ada. jarak pandang manusia dapat mencapai limit sejauh 3KM. lebih dari itu coba buktikan sendiri. sinar laser dapat menjadi jawaban dari kekeras kepalaan anda.
    ini hanya sebuah teori A dan B
    faktanya benar kata agan diatas, semakin di cari pembelaan bumi bulat, semakin terlihat lobang yang perlu di tambal sulam. dmn semua menuju pada flat earth.
    Antartika pun masih misteri, lihat dan tonton, cerna. mengapa negara adidaya (2 Negara) memBOM Nuklir langit selama 4 tahun bertubi-tubi? jawabannya anda pikirin sendiri karena saya tidak tahu pastinya.
    lalu bantahan dan bully setiap ucapan flat earth bukti suatu hal yang di tutupi di dunia canggih seperti sekarang

    Hellow Admin, Dimana anda? coba berikan teori anda

    saran saya kita tidak perlu berkeras kepala menanggapi hal ini, simak baik2 semua teori pada posisi netral, barulah anda dapat menilai sesuatu, A dan B di olah jadi C(Hasil)

  152. Bumi Allah

    Bumi dihamparkan dan diluaskan… langit ditinggikan dan semakin mengembang….
    Jika manusia dan jin bersatu atau beraliansi untuk berusaha menembus langit maka lakukanlah, semua itu tak akan terjadi melainkan dengan kekuatan…..

  153. Deant

    Kenapa malah jadi saling berantem? Yg mau di lawan tu siapa? Kok malah sodara sendiri? Berasa di jaman penjajahan…gimana bisa kuat kalo kita terpecah? Gimana juga bisa lawan elite global lah apa lah kalo kita blm bisa lawan ego kita sendiri? Berkata saja sudah tida ada etika, jangan sampai ada yg tersenyum puas setelah melihat kita seperti ini…

  154. G. Prakasa Hari

    Salah satu alasan mengapa Indonesia masih menjadi negara berkembang sampai saat ini. Bisa dilihat dari komentar-komentar diatas, betapa terpuruknya pendidikan di Indonesia, bahkan hanya untuk sekedar membedakan yang mana fakta dan opini. Untungnya, nya dari komentar-komentar diatas, masih ada beberapa rakyat Indonesia yang berpendidikan, paling tidak Indonesia masih memiliki kaum terdidik. Saya sangat setuju dengan penulis, begitu mudahnya menggiring opini publik, apalagi menggiring opini kaum yang tidak terdidik dengan baik.

    Saya yakin kalian semua yang sudah menonton video-video tsb setidaknya ‘sedikit’ tergiring dan menyutujui opini pembuat video, atau bahkan dapat dilihat di komentar-komentar diatas, tidak sedikit yang langsung meyakini opini pembuat video seolah ini adalah wahyu yang wajib di imani. Ini adalah pelajaran untuk kita semua, bahwa kita sebagai manusia membutuhkan sifat critical thinking. Penyertaan opini dengan fakta yang dibelokan, disertai dengan penyajian gambar dan tulisan yang berkaitan namun tidak relevan, dan sedikitttt coincidence, dapat mempengaruhi akal dan pikiran. Namun kita tidak boleh langsung percaya terhadap informasi tersebut begitu saja. Kita umat manusia dikaruniai otak yang dapat berfikir. Kemampuan anda untuk berfikir sudah diasah sejak kecil. Gunakan itu.

    Saya rasa tidak perlu untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan yang membantah bahwa bumi itu bulat, karena sudah dijawab dengan jelas dan cermat baik oleh penulis maupun komentar beberapa orang terdidik diatas. Dan saya yakin kalian tidak akan dapat menerima nya baik secara akal maupun secara batin. Ingat kata pembuat video! “Bantah, bantah, bantah!”. Suatu pernyataan yang menunjukan arogansi.

    Saya sangat menghargai perbedaan pendapat. Memang betul, setiap manusia berhak untuk berpendapat. But come on guys, the theory of flat earth was disproved many years ago, and there are lots of video that debunked the theory again, go check yourself if you would like to see it. And now you guys are like going back to the past and not appreciating thousands of scientist that dedicate his work. What an insult to humanity. Apa? Saya sekarang pendukung NASA dan KAUM ELITE GLOBAL karena menggunakan bahasa inggris? Saya mendanai NASA? Meskipun kita hidup di jaman bebas berpendapat, namun setiap pendapat WAJIB disertai logika berfikir.

    Mungkin ini pertama dan terakhir kalinya saya membuka forum ini, entah mengapa berawal dari keingintahuan terhadap flat earth society lalu bisa berakhir disini. Maka dari itu, saya hanya ingin berpesan, think before you speak.

  155. RANGO

    Setujaaaa bgt dg @Deant (y)
    ane salah satu yg tersenyum gan, ternyata masih sgt banyak org qt INDONESIA ini yg punya pola fikir SEMPIT :-D
    Hal beginian kok d jadikan perdebatan apalagi perpecahan pendapat…
    qt semua pribadi masing2 kan punya “akal n hati nurani” d pakai dong silahkan ambil sikap sendiri bukannya malah banyak ngebacot kyk balita, g mandiri bgt sih pribadi yg kyk gini??
    di kasih nasi “minta” pakai komplete lagi sak lauk2na plus di suapin plus d cebokin ampe keluar dr anus, admin hanya menyampaikan ILMU yang ia pelajari di lengkapi fakta “yang menurut admin benar” admin g minta kita semua percayakan???
    silahkan mikir n ambil kesimpulan sendiri, cocok monggoh y g cocok jg monggoh…

    SALUT BUAT ADMIN YANG TELAH AMBIL SIKAP ” DIAM ITU ADALAH EMAS” lanjutin perjuangan mu gan…. :-D

  156. Kayak yg betul

    Apa kalian merasa punya data yg akurat dan kapasitas untuk debat dan mendebat sesama komentator? Kalian ilmuan kah? Atau komentator bola? Wkwk kocaknya negeri ini. . . rakyatnya pada lebih suka dan jago berkomentar daripada jadi peneliti dan pembukti atas apa yang kalian yakini, talk less do more pls. . cape dech. . . nantinya mau bulet mau flat kalo bisa dibuktikan sendiri kan puas.

  157. Setyaa

    Emang pertama kali ane denger teori flat earth rasanya kayak aneh bgt, soalnya selama ini yg kita tau dari sd sampe sekarang tuh bumi bulat, dan nggak mungkin kan kalo ilmuwan internasional salah analisa…
    Tpi gk gue telan mentah” tuh argumen flatearthers, setelah gue analisa sendiri dan gue pikir” masuk akal juga argumennya, dan apa yg gue rasain dari kecil (tiap gue pergi ke sawah gue liatnya bumi itu datar tak ada lengkungan, yg ada langit yg melengkung menutupi bumi)
    Dan saat gue pergi ke puncak gunung(kelud, lawu) gue nggak ngelihat lengkungan sama sekali, yg gue liat malah langitnya yg melengkung menutupi kita)

    Emang sih tak sedikit orang yg akan ngatain gue bodoh, goblok, dungu, sarap konslet, otak kurang nutrisi..
    Tpi itulah yg gue temukan..

    Dan juga setelah gue cari referensi” ternyata teori gravitasi tdk bisa menjelaskan pd balon udara..
    Jadi gravitasi itu hanyalah *fake* ..
    Dan yg ada hanyalah massa jenis (teori Archimedes)
    Sekian.. maaf jikalau banyak yg tidak setuju dg komen saya..
    Saya tdk mau berdebat, krn meyakinkan orang yg terlanjur yakin dg para petinggi” global/ilmuwan itu sangatlah susah

    Peace

  158. Oji

    Yang bikin artikel ini saja apa sudah melihat bumi itu bulat seperti yang disampaikan, dengan matanya sendiri?
    Kita tidak tahu yang sebenarnya.
    Tapi berdasarkan firman Allooh dalam Al-Qur’an, disebutkan bahwa
    “Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.”(Q.S.2:22),
    atau dalam ayat lain “Dan bumi serta penghamparannya,” (Q.S.91:6),
    “Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?” (Q.S.88:20)
    Dan ayat-ayat lain dalam Kitabullooh.
    Sebagai seorang Muslim, itu yang wajib kita imani, terlepas dari bentuk bumi itu bulat atau datar.
    Kalau yang bukan muslim sih semau kalian aja..

  159. Rizal

    Ini kiblat.net kog gak ambil penjelasan di Al-Quran ya, tentang bumi bulat ato flat,.,. Udah namanya islami lagi..

    Min banyak tuh di Al-Quran penjelasan tentang bumi, baca aje terjemahan (kalo gak mudeng arab) kalo bumi itu bentuknya sebenarnya flat..

  160. Kalian jangan Berdebat
    Jangan berdebat
    Tapi berikan bukti kebenaran dan publikasikan
    Jangan jadi perdebatkan
    Buktikan kebenaranmu masing masing

  161. Royahan

    Indonesia punya lembaga antariksa sendiri (LAPAN) kenapa saat peluncuran satelit LAPAN A3 – IPB bulan Juli lalu kalian FE tidak pada demo ?? Menurut FE kan satelit itu tiada nyatanya haha. Sungguh aneh dengan orang indo yang hanya bisa berpikiran secara instan dan gampang tebodohi dengan suguhan video youtube seakan akan sudah “tercerahkan” . Lalu bagaimana kabar para ilmuwan muslim yang di indo? Apakah kalian anggap mereka pengikut yang sesat ? Haha Wassalam

  162. rades

    yakin itu satelit bro rohayan….? roket kali…..tapi dikasi nama satelit…:P
    coba buktikan fhoto nasa yang bukan dari cgi bro…!! trus buktikan emergency landing pesawat di Alaska dengan tujuan dari Bali ke LA. masuk akal kalo bumi globe..? percaya nasa ato kitab..? udah itu aja pertanyaan gua.

    kalau gravitasi bumi mampu menarik bulan utk tetap pada orbitnya, kenapa satelit2 antariksa itu melayang….? dan tidak tertarik(jatuh kebumi) bukankah gravitasi bumi kuat..??? tidakkah mempengaruhi satelit (menarik jatuh ke bumi)..? dimana satelit berada diantara bumi dan bulan.

    kalau jawabannya satelit itu mengorbit dengan kecepatan 2ribu km/jam
    mengelilingi bumi, yakinkah dengan kondisi satelit yang terlalu banyak sayap(panel2) alias jauh dari kaedah aerodinamis mampu melayang dengan kecepatan 2ribu km/jam..?
    kalau jawabannya satelit

  163. kkk

    buat yosua, amrisal, fahmi: menanggapi, “kalo kita naik helikopter di atas makassar terus diem aja di atmosfer, ntar juga kita bisa ada di atas jakarta sendiri karna bumi berotasi.” pernyataan itu salah. kenapa?

    jawabannya: soalnya udara / atmosfer juga berotasi bareng bumi, makanya kalo pesawat pengen ke suatu tempat, dia harus terbang dulu, ga bisa diem di atas doang. makanya kalo naik pesawat kan itu pesawatnya maju, bukan diem di atas.

  164. Baron Sarip

    Dulu… tahun 1998, waktu rame2nya Indonesia dengan peristiwa yang kurang enak, demo dimana2. Ada dua orang anak muda bernama Agus dan Hari, mereka bersaudara yang sedang bertengkar soal bentuk bumi. Masalah bentuk bumi ini tanpa kita ketahui, ternyata sudah lama dibicarakan oleh anak2 muda, tidak terlepas dari Agus dan Hari. Agus berpemahaman bahwa bentuk bumi itu datar dan diam, sedang Hari mengenal bentuk bumi itu seperti bola yang berotasi diangkasa. Mereka sebelumnya tidak pernah bermasalah dengan jalan pikirannya masing2 karena tidak pernah mengungkapkan satu sama lain. hanya karena suatu saat Agus melihat bintang berpindah (lintang ngalih, bhs. jawanya) dia mengatakan “Itu ada setan dikejar bintang, lari terbirit2…. hahaha”. Kemudian berlanjutlah pembicaraan yang seru, masing2 mempertahankan keyakinannya dengan argumen masing2. Sampai2 saling mengkafirkan satu sama lain. padahal mereka berdua saudara yang tidur di kasur yang sama. Karena mereka selalu gaduh, maka bapak mereka, yaitu pak Sugeng menganjurkan, “datangilah Kiyai Sajad, karena orang2 dikampung kita kalau ada masalah selalu bertanya kepada Kiyai Sajad”.
    Kemudian mereka bersepakat mendatangi Kiyai Sajad. Beliau seorang pengrajin bambu, membuat tudung saji dari anyaman bambu. Kalau sedang sepi order beliau membuat layang2. Kata beliau tudung saji dan layang2 mengandung falsafah tinggi dalam spiritual Islam.
    Singkat cerita, Agus dan Hari mendatangi Kiyai Sajad dan mengutarakan maksud kedatangannya menanyakan perihal yang diributkan oleh mereka berdua secara detail. Kemudian Kiyai Sajad mengangguk-angguk tanda mengerti. Kemudian beliau mengambil beberapa bambu, memotong ares (gedebok pisang) dan membentuk persegi sebanyak 7 lembar, satu buah jeruk bali dan dua ranting cemara.
    Kemudian Kiyai Sajad mengatakan, “siapa yang memahami bila bentuk bumi seperti bola?, silahkan bantu mbah untuk main2” (praktikum, maksudnya). Kemudian Hari maju, “Saya mbah”, kemudian Kiyai Sajad memandu Hari, “Ambilkan buah jeruk dan bambu yang panjang itu, lalu tusuk bagian atas sampai tembus bawahnya dan kalau sudah jadi putarlah pelan2” kemudian … beliau melanjutkan “Apa seperti itu kau kamu pahami bumi seperti bola?” Hari menjawab “Iya mbah” timpal Hari, “Baiklah kalau begitu, tancapkan ranting cemara dikulit jeruk dibagian mana saja yang kamu suka, kemudian putar lagi selama 10 menit, kita lihat apa yang terjadi” Selang beberapa saat, ranting cemara jatuh karena terlepas dari buah jeruk. Kiyai Sajad mengatakan “Baiklah, cukup. Sekarang giliran kamu nak” sambil menunjuk Agus.
    Kemudian Kiyai Sajad memandu Agus dengan langkah2 seperti berikut “Tumpuk ke 7 ares, tekan-tekan sampai terhampar dan tancapkan 3 buah bambu yang pendek2 itu diatas ares terserah bagian mana yang kamu suka asal sampai menyatukan ke 7 ares itu, kemudian terakhir tancapkan juga ranting cemara dibagian mana kamu suka. Dan setelahnya kita tinggal makan siang sambil menunggu waktu yang lama”
    Mereka berdua ikut makan yang telah disediakan oleh Nyai Sajad dengan perasaan yang tidak enak, tidak mengerti teka teki yang dibuat oleh Kiyai Sajad, mau bertanya tapi merasa segan, rasanya rikuh dengan pikiran masing2.
    Setelah selesai makan, kiyai Sajad mengajak mereka berdua melihat permainan yang dibuat bersama tadi, ranting cemara ditinggal makan kurang lebih setengah jam masih kokoh tidak jatuh dari ares (gedok pisang), terlihat tetap kokoh. Kemudian beliau menjelaskan dengan sebuah pertanyaan. “Coba bayangkan kalau kita menanam pohon dibumi, yang nanti tingginya bisa menjulang kelangit, yang pada saatnya akan berbuah dengan seijin Allah, kira2 bumi mana yang paling cocok untuk ditanami pohon yang sangat tinggi itu?. Bumi yang bulatkah atau bumi yang datar?” Coba kalian renungkan, kalian fikirkan, kalian tafakuri. Selang beberapa saat mereka berdua tampak berfikir, hingga kemudian mereka berdua menjawab “Ya mbah kami mengerti maksud mbah”. Lantas beliau berucap “Kalian sudah mengerti dengan sungguh2? Baiklah” Kemudian Kiyai Sajad membaca sesuatu…..
    “Tentang apakah mereka saling bertanya-tanya? Tentang berita yang besar, yang mereka perselisihkan tentang ini. Sekali-kali tidak; kelak mereka akan mengetahui,kemudian sekali-kali tidak; kelak mereka akan mengetahui. Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?,dan gunung-gunung sebagai pasak?” (An-Naba’ 1-7)
    Kemudian beliau melanjutkan……
    “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka SELALU INGAT. Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikit pun. Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang lalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki. Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang telah menukar ni’mat Allah dengan kekafiran dan menjatuhkan kaumnya ke lembah kebinasaan?, yaitu neraka Jahanam; mereka masuk ke dalamnya; dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman. Orang-orang kafir itu telah menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah supaya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah: Bersenang-senanglah kamu, karena sesungguhnya tempat kembalimu ialah neraka” (Ibrahim 24-30).

    Kemudian beliau mengatakan :
    “Pulanglah kalian dan saling memaafkan diantara kalian. Dan camkan itu hai anak2 muda, ikutilah apa2 yang telah diberikan oleh Allah berupa kenikmatan diturunkannya Al-Qur’an untuk kalian dan jangan mengikuti orang2 yang menyesatkan kalian dari Jalan Allah.”

  165. Baron Sarip

    Berapa lama komentar bisa dimuat?

  166. ADR22

    Kebanyakan orang hanya menerima hasilnya saja, tak pernah menanyakan darimana, kok bisa gini gimana. Mentang2 yg bilang begitu nasa, kita langsung percaya. So, gunakan indra dan perasaan anda, sebenarnya anda juga merasakan kalau bumi ini datar. Dan bumi menjadi pusat alam semesta

  167. bicara tentang satelit . Satelit dirancang panel mudah hancur .sedangkan kecepatannya dikatakan 23x cahaya. Emang kagak hancur ? Sedangkan pesawat yg kecepatannya 3x kecepatan suara aja .di desain aerodinamis . Kan gak logis. Suhu di atmosphere -+1500c .itukan bisa melumurkan baja .apalagi satelit yg mudah hancur.

  168. Uvuvwevwev

    Ya kita bahkan belum pernah melihat dengan mata kepala kita sendiri, inilah kehebatan pencipta kita, kita wajib menghargai segala ilmu pengetahuan karna setiap pendapat orang berbeda beda ntah bumi bulat atau datar yang penting itulah ilmu yang tidak bisa kita pikir dengan logika

  169. Mahmud mute

    Cek nih link netral yg memperlihatkah photo di atas pesawat, silahkan analisa sendiri

    https://m.brilio.net/wow/15-potret-keindahan-bumi-dari-balik-jendela-pesawat-bakal-bikin-takjub-160307j-splitnews-2.html

  170. rasional dong , bodoh sekali menyimpulkan nya. percuma sekolah jauh jauh di jepang . hahhaa

  171. raher

    saya cuma mau menambahkan.

    saya belum bisa membktikan bumi itu bulat atau datar, tapi saya percaya saya bukanlah makhluk yang tercipta akibat kecelakaan kosmik random di angkasa (teori bigbang), saya adalah makhluk yang spesial. Makhluk yang diciptakan Allah dari sebaik-baik makhluk. Makhluk sempurna yang bahkan malaikat yang terbuat dari cahaya serta iblis yang terbuat dari api disuruh Allah bersujud pada nenek moyang saya (Adam), meskipun iblis tidak mau.

    Kalaulah saya disuruh percaya teori bigbang bahwa galaksi itu luas, saya hanyalah debu di jagad raya, dan mungkin ada banyak kehidupan lain di belahan galaksi lain di dunia yang lebih maju dari saya (alien alien nya hollywood), saya tidak terima. Karena Tuhan saya sudah menetapkan bahwa saya adalah sebaik-baik makhluk dengan akal dan pikiran (yang bahkan sains modern belum bisa menjelaskan dari mana datangnya akal). saya adalah makhluk sempurna yang diperintahkan menjadi khalifah di bumi. Nenek moyang saya nabi Adam bukan kera seperti kata darwin.

  172. ace

    Just try to count distance base on shadow, you will know it, that we have been lies and brain wash, where your research, its only base on assumption…

  173. Woiil………..udeh udeh kadang kadang, emang susah ngurusin hal yang gede – gede… kite bisa aje ngebual tentang hal hal yang begituan… tapi sekali lagi nih, ane mau nekenin…tolong bijak aje dalem berpendapat… urusin dulu kerjaan kalian pada… didik anak yang bener… rajin ibadah.. perbaiki dulu lah lingkungan sekitar sebelum ente pada ngomong yang macem – macem…

  174. Berikut jawaban saya yang bertentangan dengan bantahan ilmiah tersebut :

    #1: GPS / Satelit
    Kalau pakai teropong ke langit planet jupiter aja bisa keliatan, tapi pernah lihat satelit buatan yang lebih dekat dari bulan?

    GA PERNAH KELIATAN.

    #2: Minyak dari Fossil
    Kalau sudah ada fossil dari 2.3 km dibawah tanah, kenapa tetap mengebor sampai 10 km? Memangnya ga butuh biaya? !
    Untuk apa nyari minyak jauh ke BAWAH?

    #3: NASA
    Anda mengatakan :
    “Tapi yang pasti tidak mungkin NASA menipu karena sumber dana NASA sendiri berasal dari pemerintah Amerika Serikat. Kalau NASA menipu, pasti dari dulu sudah dihentikan oleh pemerintah AS sendiri.”

    Memangnya anda tidak tahu Konspirasi?
    Jadi NASA hanyalah instansi pemerintah dibidang SAINS.

    #4: Roket
    Memangnya ada rotasi bumi seperti yang dibilang oleh para ilmuwan? ilmuwan pernah meneliti rotasi bumi itu sekitar 600km/jam sampai lebih dari 1000km/jam, tapi kalau rotasi bumi 720km/jam lalu anda lompat dan selama 0.25 detik anda di udara, Apakah anda akan terpental sejauh 50 meter ke Barat?

    Jadi rotasi Bumi hanyalah TEORI.

  175. yoon sungie

    kalo ada teori flat earth, berarti selama ini ada pinggiran bumi dong, iya gak si? terus kalo bumi itu datar, kenapa planet planet yg lain bulat lonjong,??

    hahahha, gw binggung -_-

  176. Ga usah dibantah, biarin aja..

  177. zaif

    Kalau ingin tahu pinggiran bumi, coba agan terbang melintasi Antarctica!!! itu kalau agan bisa

  178. darkeve

    yang pasti tar Pilkada DKI, jgn lupa pilih PasLon no.2 bagi warga DKI, karna sudah pasti kerjanya Paslon 2. Ga cuma teori hahaha

  179. Just some one in this world too

    hanya orang yang paham yang akan tau…..
    yang belum paham, perbanyaklah zikir….
    ingatlah selalu Allah SWT untuk mencari petunjuk itu….

    .
    .
    .
    “Apabila kamu bersungguh – sungguh, niscaya Allah akan selalu menerani kita dengan petunjuk yang tidak terlihat dan yang terlihat oleh pandangan kita”.

    .
    .
    teori itu pilihan kita wahai sahabat….
    janganlah berdebat hanya karena hal yang kalian percaya… sebenarnya berbeda…
    seseungguhnya Allah sedang menguji kita dengan adanya hal ini agar kalian dapat mengambil hikmah dibalik masalah ini…

  180. anda masih percaya alquran?

    Allah SWT berfirman:

    هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَآءً وَّالْقَمَرَ نُوْرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَ ۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِالْحَـقِّ ۚ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ
    “Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.”
    (QS. Yunus 10: Ayat 5)

    Allah SWT berfirman:

    اَللّٰهُ الَّذِيْ رَفَعَ السَّمٰوٰتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۗ كُلٌّ يَّجْرِيْ لِاَجَلٍ مُّسَمًّى ۗ يُدَبِّرُ الْاَمْرَ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ بِلِقَآءِ رَبِّكُمْ تُوْقِنُوْنَ
    “Allah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menundukkan matahari dan bulan; masing-masing beredar menurut waktu yang telah ditentukan. Dia mengatur urusan (makhluk-Nya), dan menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), agar kamu yakin akan pertemuan dengan Tuhanmu.”
    (QS. Ar-Ra’d 13: Ayat 2)

    Allah SWT berfirman:

    وَسَخَّرَ لَـكُمُ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ دَآئِبَيْنِ ۚ وَسَخَّرَ لَـكُمُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ
    “Dan Dia telah menundukkan matahari dan bulan bagimu yang terus-menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan malam dan siang bagimu.”
    (QS. Ibrahim 14: Ayat 33)

    Allah SWT berfirman:

    تَبٰـرَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِى السَّمَآءِ بُرُوْجًا وَّجَعَلَ فِيْهَا سِرٰجًا وَّقَمَرًا مُّنِيْرًا
    “Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan bintang-bintang dan Dia juga menjadikan padanya matahari dan bulan yang bersinar.”
    (QS. Al-Furqan 25: Ayat 61)

    Allah SWT berfirman:

    اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَيُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ يَّجْرِيْۤ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى وَّاَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
    “Tidakkah engkau memperhatikan, bahwa Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar sampai kepada waktu yang ditentukan. Sungguh, Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.”
    (QS. Luqman 31: Ayat 29)

    Allah SWT berfirman:

    يُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَيُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ ۙ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ ۖ كُلٌّ يَّجْرِيْ لِاَجَلٍ مُّسَمًّى ۗ ذٰ لِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ لَـهُ الْمُلْكُ ۗ وَالَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِهٖ مَا يَمْلِكُوْنَ مِنْ قِطْمِيْرٍ
    “Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, milik-Nya-lah segala kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.”
    (QS. Fatir 35: Ayat 13)

    Allah SWT berfirman:

    وَالشَّمْسُ تَجْرِيْ لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا   ۗ ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ
    “dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui.”
    (QS. Ya Sin 36: Ayat 38)

    Allah SWT berfirman:

    وَالْقَمَرَ قَدَّرْنٰهُ مَنَازِلَ حَتّٰى عَادَ كَالْعُرْجُوْنِ الْقَدِيْمِ
    “Dan telah Kami tetapkan tempat peredaran bagi bulan, sehingga (setelah ia sampai ke tempat peredaran yang terakhir) kembalilah ia seperti bentuk tandan yang tua.”
    (QS. Ya Sin 36: Ayat 39)

    Allah SWT berfirman:

    لَا الشَّمْسُ يَنْۢبَغِيْ لَهَاۤ اَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا الَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ ۗ وَكُلٌّ فِيْ فَلَكٍ يَّسْبَحُوْنَ
    “Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya.”
    (QS. Ya Sin 36: Ayat 40)

    Allah SWT berfirman:

    خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ بِالْحَقِّ  ۚ يُكَوِّرُ الَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى الَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۗ كُلٌّ يَّجْرِيْ لِاَجَلٍ مُّسَمًّى ۗ اَ لَا هُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفَّارُ
    “Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia memasukkan malam atas siang dan memasukkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah! Dialah Yang Maha Mulia, Maha Pengampun.”
    (QS. Az-Zumar 39: Ayat 5)

    Allah SWT berfirman:

    اَلشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَانٍ
    “Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan,”
    (QS. Ar-Rahman 55: Ayat 5)

    Allah SWT berfirman:

    وَّجَعَلَ الْقَمَرَ فِيْهِنَّ نُوْرًا ۙ وَّجَعَلَ الشَّمْسَ سِرَاجًا
    “Dan di sana Dia menciptakan bulan yang bercahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita (yang cemerlang)?”
    (QS. Nuh 71: Ayat 16)

  181. Mlesat

    “Tapi yang pasti tidak mungkin NASA menipu karena sumber dana NASA sendiri berasal dari pemerintah Amerika Serikat. Kalau NASA menipu, pasti dari dulu sudah dihentikan oleh pemerintah AS sendiri.”

    Lhah? Bukannya pemerintah AS tukang tipu? Senjata kimia Irak ketemu gak? Osama bin Laden didikan siapa? ISIS buatan siapa? Kudeta Turki yang gagal dukungan siapa? Dll..

  182. dowy

    gw masih penasaran sama air yg permukaannya selalu rata.. air di dalem gelas permukaannya rata..
    air di danau permukaannya rata..
    air di kali ?? permukaannya tetep rata dan SIFAT AIR yang MENGALIR dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yg lebih rendah kepake..
    nah, sekarang kalo bumi bulat, permukaan air dilautan itu melengkung / cembung seperti permukaan globe ?
    ini sederhana.. sangat sederhana..
    cuma air ? dan ini yg bikin gw tertarik dgn FE..
    buat yg udh dewasa pasti tau tentang air ?

    gw sampe skrng blm nemuin jawaban.. kenapa permukaan air laut itu melengkung/cembung seperti globe ? (bumi bulat)

    setidaknya FE udh berusaha membuka mata hati untuk sedikit berfikir realita yg terjadi..

  183. Totok

    Banyak bukti ya yg membuktikan bumi tidak bulat globe, kebenaran pasti akan terungkap dan mungkin sekarang kita semua belum tahu mana yg benar, kebenaran yg haq adalah dari Quran dan Sunnah, wallohu a’lam

  184. Totok

    Bentuk bumi dlm nash mungkin terjawab d tafsir ibnu katsir tentang bagaimana bumi d hamparkan, disana gamblang dan jelas tersurat bagaimanakah nash menjeladkan, wallohu a’lam

  185. Arul

    Komen juga aahhhh.. Scra logis, bumi dtar lebih logis dan mudah di pahami. Dan agama saya mengajarkan untuk berfikir secara logis memahami semuanya. Flat eart 101. Episode 1-12. Semuanya logis.. Oh ya. Kalau mau debat, ke itu aja ya.. Siapa itu yang upload flat eart 101. Wes pokok nya om itulah.. Jangan ke saya. Saya g paham itung2 ngan. Heheh

  186. Kenapa mesti debat kusir disini. Ini bukanlah tempat untuk berdebat yang baik. Kalau asal bicara, semua orang juga bisa asal bicara dan komen disini.

    Anggap artikel atau tulisan disini sebagai bahan pertimbangan dan masukan untuk mengambil sikap dalam mengambil kesimpulan sejauh kita bisa berpikir.

    Kalau masih belum bisa, cari tulisan yang lain. Tidak perlu merasa sok hebat dalam bertanya yang didalamnya sebanarnya tujuannya adalah ingin mengerjai si admin atau yang memberikan pemaparan.

    Sudah lah, tidak usah belagu dengan asal lempar pertanyaan.

  187. Harry

    Masih ngomongin gravitasi pengertian gravitasi aja gak tau, yg gak masuk alak bila minyak bumi dari fosill, di laut minyak bisa mengendap di bawah air, sedangkan masa minyak lebih ringan dari air

  188. Uhi

    Saya orang Islam..shalat menghadap ke ka’bah. Kalau bumi nya bulat berarti kita juga membelakangi ka’bah donk??. Tapi akan masuk akal kalau buminya datar. Karna kita hanya menghadap ka’bah tanpa membelakanginya. Kalau bumi bulat toh menghadap ke arah timur nanti juga nyampe ke ke ka’bah…tapi buktinya enggak kan? Kita hanya menghadap ke arah barat karna ka’bah berada di mekkah maka kita harus menghadap kiblat yaitu ke arah barat. Bagi yang beragama Islam, pernyataan saya masuk akal kan..??

  189. fahmi

    kalian pada heboh, tolong jelas kan bagi yg menganggap bumi bulat,
    1. kalau memang bumi bulat kenapa sifat air selalu datar?
    2. kenapa saat menaiki helikopter dan di diamkan bumi tidak berotasi se’olah” helikopter nya bergerak?
    3. seperti yg anda katakan tadi saat peluncuran roket roket terlihat melengkung karna perputaran bumi, dan kenapa di saat helikopter melakukan penerbangan tidak terlihat seperti melengkung?
    4. di ketinggian 1400 itu suhu di udara sudah mencapai 2000 celcius yg dapat melelehkan segala jenis benda padat termaksut titanium dan baja. tapi kenapa manusia sudah bisa menencapai bulan dan melewati nya dengan mudah, pakai teleport mungkin ya?
    5. kenapa pesawat 3x kecepatan suara di desain sedemikian kokoh agar tidak terjadi yg tidak di ingin kan dan pilot nya mengguna kan alat bantu bernafas di dalam nya, sedang kan di satelit dengan kecepatan rata rata 23x kecepatan suara di desain sedemikian rupa seolah-olah menyerupai kerangka, dan pilot nya saat mengoperasikan nya tanpa menggunakan alat bantu nafas seperti masker bisa bernafas, dan kapan satelit tersebut melakukan pengisian bahan bakar yg terus terus beroperasi
    dan yg terakhir min,
    6. tolong di jelas kan kenapa setiap nassa melakukan live stream tidak terlihat benda” langit yg seharus dan sewajar nya terlihat seperti satelit yg kata nya ada sekitar 13000 unit yg beroperasi dgn 23x kecepatan suara tanpa ada yg bertabrakan

  190. Trie rengganis

    antara gemes dan pusing bacanya hehehheeh…but semuanya informatif, tp kita sebagai makhluk bertuhan tdk usah berdebat dg sesuatu yg memang kita tdk tahu dg bnar kebenrannnya jika belum membuktikan,dua-duanya mmpunyai pandangannya masing2 why not, pastinya kita pun punya pandangan masing-masing, yg jlas jangan sampai hal seperti ini mnjauhkan kita dari Tuhan…terimakasih info dr agan2 yg pinter2 semoga smkin bermanfaat ilmunya

  191. Trie rengganis

    Menyambung koment sya yg sblumnya, bahwasanya q bukanlah penganut salah satu paham disini( earth globe society atau flat earth society) melainkan q cma tringat akan pidato Dr. Zakir Naik mengenai satu ayat, bagi yg non muslim mgkin punya pegangan sndri dlm kitabnya msg2.
    Allah SWT berfirman:

    خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ بِالْحَقِّ ۚ يُكَوِّرُ الَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى الَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۗ كُلٌّ يَّجْرِيْ لِاَجَلٍ مُّسَمًّى ۗ اَ لَا هُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفَّارُ
    “Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia memasukkan malam atas siang dan memasukkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah! Dialah Yang Maha Mulia, Maha Pengampun.”
    (QS. Az-Zumar 39: Ayat 5)
    dr ayat tersebut jika kita cermati bumi ini berbentuk bulat atau datar secara logis? hehhehe wallahua’alam

  192. asas

    bumi itu tidak bulat, itu cuma akal2an saintis aja, ngukur ini itu gravitasi apalah tau darimana mereka angka2 itu? coba pikir, darimana mereka ngitung jarak bulan matahari ukurannya? semua cuma teori ditutup teori ditutup teori, bohong semua itu. bumi itu datar jangan mau ditipu kita

  193. Sundanese

    Cuy mau nanya atuh, VAN ALLEN BELT etateh naon sih?jelaskeun nya. Wassalam.

  194. Senfrie

    Kalo roket terbang bisa melengkung (tidak lurus). Kalo benar bumi berotasi 1×24 jam, Papua dan Sumatra beda 2jam. harusnya kalo saya terbangin drone di papua, 2jam kemudian sampai di Sumatra donk. Ini kenapa drone ga pindah tempat?30 menit masih aja di atas atap rumah (ga pindah2). Roket kok bisa melengkung dalam hitungan detik? itu roket ga kuat nanjak mungkin Yes?

  195. Budi Setiawan

    Ya kalo berdebat sama org bego ya berarti ikutan bego, selama teori begonya dipercaya benar ya mau dibuktikan apapun tetap salah hahaha dogol

  196. Sanggahan yg pekok pd bagian roket tdk terpengaruh rotasi

  197. kalau menurut teori lebih masuk akal flat earth. tapi saya juga belum yakin 100% sebelum saya bisa membuktikan sendiri… dan bukan katanya.

  198. An nur

    Hallo udah pada makan blom semuane ini

  199. Udah pada makan blom smuane ini

  200. Adit

    Yang benar tu bumi itu datar seperti di atas meja.. jadi seperti dalam permainan game

  201. Menurut saya anda itu melakukan bantahan ini tanpa adanya bukti yg kongkret, anda hanya menggunakan data dan fakta yg sudah anda pelajari sejak kecil, dan anda hanya melakukan perhitungan matematik tanpa adanya praktek di realitas atau praktek langsung. Jadi saya tidak setuju dengan bumi itu globe, kalau memang bumi itu globe kenapa melawati antartika di larang, dan juga mengapa pesawat atau dunia penerbangan menggunakan peta datar untuk rute penerbangannya ?? Sekali lagi berfikir secara logika aja anda sekarang, salam people power, kita sedang dibodohi oleh elite global atau para penyembah

  202. Unamed

    Bagi umat islam ada sepotong ayat.

    Hai jama’ah jin dan manusia jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.” (QS. Ar-Rahman: 33).

    Kalau disini ditulis begitu apakah ada yg sanggup melintasi penjuru langit / keluar dari langit ? Kekuatan super ? Mukjizat ?
    Jin aja gak bisa..

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rohah

Dua Cucu Rasulullah SAW Lomba Berwudhu?

KIBLAT.NET – Sejatinya seorang remaja masih membutuhkan bimbingan dari orang-orang yang sudah dewasa atau terlampau...

Rabu, 13/07/2016 16:30 0

Indonesia

Khawatir Rusak Aqidah Umat, Bupati Purwakarta Ditolak Warga Ciamis

KIBLAT.NET, Ciamis – Rencana kunjungan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ke Kecamatan Rancah, Desa Dadiharja, Kabupaten...

Rabu, 13/07/2016 14:46 1

Australia

Aksi Heroik Wanita Berjilbab Menyelamatkan Gadis Kecil dari Sambaran Kereta

KIBLAT.NET, Sydney – Video di bawah ini menunjukkan keberanian dan kecepatan seorang wanita berjilbab dalam...

Rabu, 13/07/2016 13:54 0

Suriah

Sejumlah Pengungsi Suriah Tewas Dihantam Bom Jet Rusia

KIBLAT.NET, Dier Zour – Jet tempur Rusia kembali dilaporkan membombardir kamp pengungsi Suriah di wilayah...

Rabu, 13/07/2016 11:34 0

Suriah

Seorang Jurnalis Al-Jazeera Tewas Dibom Jet Rusia

KIBLAT.NET, Doha – Jurnalis freelance kantor berita Al-Jazeera terbunuh dalam serangan jet tempur Rusia pada...

Rabu, 13/07/2016 06:30 0

Philipina

Bentrok dengan Abu Sayyaf, 1 Pasukan Elit Filipina Tewas dan 5 Lainnya Terluka

KIBLAT.NET, Mindanao – Satu tentara elit Filipina tewas dan lima lainnya luka-luka dalam operasi penyerangan...

Rabu, 13/07/2016 05:33 0

Syam

Pemimpin Al-Qaidah: Islamic Spring Mengoreksi Arab Spring

KIBLAT.NET – “Mujahidin Uighur cepat merespon cepat gerakan jihad global dengan ikut ambil bagian membantu...

Selasa, 12/07/2016 22:04 0

Rohah

Pencuri yang Pandai Berdalil

KIBLAT.NET – Imam Ibnul Jauzi meriwayatkan dengan sanad shahih sampai ke Ahmad bin Al-Mu’addil Al-Basri. Ia...

Selasa, 12/07/2016 16:30 0

News

Lagi Jatuh Cinta? Ini Nih Dapet Nasihat dari Syaikh Al-Arifi

“Ya Allah, biarlah ada Nur (cahaya) dalam hatiku, Nur di mataku, Nur di telingaku … “...

Selasa, 12/07/2016 15:30 0

Rohah

Si Miskin yang Masuk “Surga”

“Allahu Akbar Asy-hadu anna Wa’ad Allahi Haqqun! Al JANNAH! Al JANNAH! (Allah Maha Besar! Saya...

Selasa, 12/07/2016 14:42 0