... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Fakta atau Konspirasi? (Bag.1)

Foto: Flat Earth (Sumber: Mystupidtheory)

KIBLAT.NET – Belakangan ini, netizen kembali dihebohkan dengan teori ‘Flat Earth’ alias teori yang menegaskan bahwa bumi itu datar seperti piring.

Sebenarnya, ini bukanlah hal yang baru, teori ini diangkat sejak lama oleh Flat Earth Society, sebuah organisasi yang memiliki keyakinan bahwa bumi berbentuk datar, bertentangan dengan fakta-fakta ilmiah yang menunjukkan bahwa bumi itu bulat.

Organisasi modernnya didirikan oleh seorang pria asal Inggris, Samuel Shenton pada 1956, dan kemudian dipimpin oleh Charles K. Johnson, yang menjadikan rumahnya di Lancaster, California, sebagai basis organisasi.

Entah mengapa, teori ini kembali diperbincangkan oleh publik Indonesia (termasuk aktivis Islamnya) melalui forum-forum di dunia maya. Bahkan, video-video konspirasi bumi datar yang diunggah di Youtube jadi pembicaraan hangat di media sosial.

Tak tanggung-tanggung, pendukung teori Flat Earth menyuguhkan 10 argumen yang kesannya ilmiah untuk meyakinkan orang bahwa bumi tidak berbentuk bulat. Alih-alih menyajikan eksperimen ilmiah, serial video tersebut malah kebanyakan menyuplik sumber dari google dan potongan adegan film yang mendukung teori konspirasi.

Untuk mendudukkan masalah ini, Kiblat.net akan menyajikan bantahan ilmiah terhadap teori Flat Earth yang ditulis oleh Muhammad Mahfuzh Huda, yang sedang menempuh gelar Master di bidang studi Simulasi Molekular (Kimia) di Okayama University, Jepang.

Tulisan ini diambil dari blog pribadi yang dikelolanya di alamat mystupidtheory.com dengan seizin dan sepengetahuan yang bersangkutan. Selamat membaca!!


Apa yang akan kalian katakan kalau ternyata ada teman kalian yang menyatakan teori bahwa bumi itu datar? Shock? Kaget? atau langsung mengatakan kalau dia idiot dan gila? Aku sendiri merasa wajar, saat mendengarnya.

Kenapa? Karena aku sudah dengar tentang pergerakan Flat Earther ini di Flat Earth Society beberapa tahun silam. Teman kontrakanku yang kasih tahu, kemudian saat itu aku browsing dan mendapati bahwa ternyata banyak ilmuwan yang juga mengikuti gerakan ini.

Artinya apa? Flat Earth ialah sebuah teori konspirasi yang digagas dengan serius dan cukup cerdas!

Ketika tahun 2015 yang lalu gerakan ini kembali muncul di Amerika, seorang saintis Neil de Grease Tyson langsung maju dan menjelaskan (pada sebuah reality show). Kebetulan aku nonton di Youtube, dan dia mengatakan bahwasanya pemahaman ini tidaklah berdasar.

Akhirnya, karena aku kurang kerjaan, aku tonton videonya dan mencoba menyampaikan beberapa kritik hal yang perlu untuk kalian ketahui. Tulisan ini merupakan respon dari video pertama berikut ini:

Foto Bumi Bulat ialah Rekayasa CGI

Kalau kalian mencari gambar bumi di google, maka semua gambar bumi berbentuk bulat ialah CGI (computer generated imaginary/buatan komputer). Ini benar, bahkan semua foto bumi bulat yang dipublikasikan NASA juga CGI.

Tapi, darimana gambar CGI ini dibuat? Ternyata gambar-gambar CGI ini dibuat dari fotografi satelit NASA. Jadi gambar CGI ini dibuat berdasarkan sekumpulan gambar-gambar yang diperoleh oleh satelit luar angkasa yang dimiliki NASA yang kemudian digabungkan menjadi satu.

Kenapa perlu menggabungkan banyak foto untuk jadi satu foto bumi bulat? Karena bumi berukuran sangat besar dan satelit yang ada tidak cukup jauh untuk mengambil gambar satu bumi penuh (bumi bulat).

Misalkan saja kalian ingin memotret foto rumah, tetapi posisi kalian hanya satu meter di depan rumah, apa kalian bisa mengambil foto rumah kalian secara penuh? Tentu saja tidak, sekarang permasalahannya, kalian tidak bisa mundur, hanya bisa mengitari dalam jarak satu meter itu saja, bagaimana cara agar bisa dapat seluruh gambar rumah? Tentu saja dengan mengambil banyak foto dan kemudian menggabungkannya.

Buktinya NASA menampilkan potongan gambar bumi ini di homepage-nya:

Foto bumi Langsung
Ini adalah bagian dari bumi yang dipotret oleh salah satu satelit nasa. Terlihat di sini kalau ada lengkungan di bagian pinggiran bumi.

Banyak Satelit di Angkasa

Setidaknya ada 1.381 satelit di angkasa. Tidak semua foto satelit ini merupakan CGI, kalian bisa cari sendiri foto real satelit. Tetapi tetap saja kalau sudah nggak percaya akan susah urusannya. Di video dikatakan bahwa angkasa luar penuh sesak dengan satelit. Mari kita lihat dengan perspektif yang lebih baik.

Satelite yang paling dekat dengan permukaan bumi disebut sebagai LEO (Low Earth Orbit) yang beredar di bumi pada ketinggian 160-2000 km. Jumlah satelit LEO ini sekitar 500 satelit. Jika melihat luas permukaan bumi (bulat), maka ada 500 satelit yang beroperasi di luasan 510,072,000 km2.

Jika kita bagikan ialah 510,072,000 km2 : 500= +-1.000.000 km2. Jadi hanya akan ada 1 satelit setiap 1.000.000 km2. Artinya menemukan sebuah satelit tidaklah semudah yang pembuat video ini katakan.

Walapun begitu, tetap masuk akal sekali kalau kita seharusnya bisa melihat satelit di langit dengan teleskop. Oleh karena itu ada orang yang membuktikannya, ini sebuah video dimana seseorang mengamati satelit menggunakan teleskop:

Pasti akan muncul pertanyaan seperti ini “teleskop bisa menampilkan gambar planet-planet lain, tetapi satelit yang dekat nggak bisa dilihat dengan jelas?”

Itu karena ukuran satelit memang sangat kecil jika dibandingkan dengan planet. Seperti venus misalnya, kita bisa mengamati bahkan dengan mata telanjang. Jadi wajar kalau teramati dengan lebih jelas menggunakan teleskop, sedangkan satelit ukurannya sangat-sangat kecil bila dibandingkan dengan planet.

Kesimpulan

Video konspirasi bumi datar episode pertama itu berisi informasi yang kurang lengkap. Karena hanya memuat informasi-informasi yang mendukung pendapat bahwa bumi itu tidaklah bulat.

Seperti diberitahukannya bahwa gambar bumi bulat merupakan gambar CGI dari NASA, tetapi tidak pernah diberitahukan bagaimana gambar itu dibuat. (Sebagian besar orang akan mengira NASA 100% mengarang foto bumi tersebut).

Dipaparkan informasi kalau tidak pernah ada orang yang melihat satelite dari teleskop. Tetapi tidak pernah diberitahukan seberapa kecil satelit tersebut jika dibandingkan dengan bulan ataupun planet-planet di tata surya kita.

Fakta bahwa satelit berukuran sangat kecil jika dibandingkan planet, membuat kemungkinan satelit terlihat oleh teleskop sangatlah kecil, dan ini hal yang wajar.

Tenang, artikel ini belum selesai | Bersambung ke laman selanjutnya

 

Sumber: http://www.mystupidtheory.com/2016/07/teori-bumi-datar-flat-earth-theory.html
Editor: Fajar Shadiq

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

204 comments on “Bantahan Ilmiah Teori Konspirasi Flat Earth: Fakta atau Konspirasi? (Bag.1)”

  1. tapi sudah banyak eksperimen membuktikan bumi datar,,, yang dijelaskan di website ini juga sudah dibantah oleh flat earth society disini https://www.youtube.com/watch?v=u1xFcyBN8Vs

    gmna ya yang bener?

  2. sino

    yang jauh dan gede aja kelihatan
    masak yang deket malah ga keliahatan?
    mohon bimbingannya bang

  3. sahrul

    “Kenapa perlu menggabungkan banyak foto untuk jadi satu foto bumi bulat? Karena bumi berukuran sangat besar dan satelit yang ada tidak cukup jauh untuk mengambil gambar satu bumi penuh (bumi bulat).” ribuan satelit dan g ada 1 pun bisa nangkep gambar utuh bumi??? trus astronot2 yang ke bulan ngapain? cuma ambil krikil bulan trus balik? seharusnya bisa menfoto gambar bumi bulat, kalau g ada bukti foto bumi bulat dgn gambar asli ya masih opini namanya bukan fakta, trus kalo bumi itu bulat tolong pencerahanya tentang percobaan ini masta >>> https://www.youtube.com/watch?v=cNEUOnlcIAQ

  4. Anyone

    buat atas gua, enakan liat gajah jarak 10M atau liat semut 4 cm didepan elu?

  5. bumi datar dan “bulat”, buka globe, tetep bulat flat.. kalau timur kebarat dalam perjalan tetap akan kembali ke titik awal, nah bila menuju kutub selatan terus menerus tanpa belok, harusnya juga kembali ke titik awal, tapi tidak pernah terbukti, malahan bila diteruskan ke selatan terdapat bentangan hamparan yang tak berujung,

  6. tumin

    kalu bumi datar ujungnya dimana ya?

  7. tumin

    kalau bumi itu datar dimana ujungnya ya

  8. adi

    jika memang bulan dan matahari berputar pada poros lingkaran yang sama seperti pada gambar” yang saya lihat. kenapa penanggalan HIJRIYAH berbeda dengan dengan penanggalan MASEHI, ramadan tiap tahun beda tanggal kan?.

    kemudian dalam paham flath earth bentuk matahari sama bulan kayak gimana bentuknya bulat atau gimana,? kalau bulat cahayanya akan memancar kesegala arah dong dan ngak mungkin ada malamnya, apalagi dikatakan matahari dengan bumi itu jaraknya dekat.

  9. Octory Mardevin

    buat
    Aris Syaiful Huda
    kalau melintasi kutub selatan, memang hamparan luas. dan maka dari itu jarang sekali ada penerbangan melintasinya. dikarenkan suhu yang ekstrim, dan ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, makanya jarang ada pernbangan melintasi kutub selatan. lagi pula mau kemana?, ngapain?

  10. Zahid

    Mau nanya..

    Ini ayat al-quran bilang soal penjuru langit dan bumi..

    “Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.(ar-rahman:33)”.

    Kalo diliat di kamus bahasa indonesia online, arti kata penjuru adalah ujung atau sudut.

    Apa yang di maksud dengan ujung bumi dan ujung langit?

    Kalo bumi bulat, kira2 yang di maksud ujung itu di sebelah mana nya bumi?

  11. WehSing

    @adi :
    Penangalan Masehi dihitung berdasarkan peredaran bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi).
    Satu tahun dalam kalender Masehi adalah lamanya bumi mengelilingi matahari yaitu 365 1/4 hari. Empat kali seperempat hari digabung menjadi satu hari. Oleh karena itu, setiap 4 tahun sekali dalam satu tahun ada 366 hari. Tahun dengan jumlah 366 disebut sebagai Tahun Kabisat. Tambahan satu hari ditempatkan pada bulan Februari. Pada tahun kabisat, jumlah hari pada bulan Februari 29 hari. <-penanggalan make kalender gregorius

    Sedangkan,Penanggalan atau kalender Hijriah didasarkan pada kala revolusi bulan. Bulan mengelilingi bumi dalam waktu satu bulan yaitu selama 29 1/2 hari. Dalam satu tahun ada 12 bulan, maka jumlah hari dalam satu tahun dikalikan 12. Jadi, satu tahun dalam.kalender Hijriah ada 354 hari. Seperti halnya kalender Masehi, pada kalender Masehi, pada kalnder Hijriah pun terdapat tahun kabisat. Dinamakan tahun kabisat apabila dalam satu tahun terdapat 355 hari. Satu hari tambahan diletakkan pada bulan Zulhijah.
    Selisih perhitungan waktu antara tahun kabisat 12 hari. Kalender Hijriah lebih cepat 11 hari dibanding kalender Masehi pada tahun biasa. Hal ini karena sekali revolusi bumi jumlah.harinya lebih banyak 11 hari dibanding jumlah hari dalam 11 kali revolusi bulan

  12. Aa Im

    akh,
    islam itu,
    in jaakum fasiqun bi nabain fatabayyanu…
    chek dulu baru bantah kalau salah, dukung kalau benar

  13. ilham

    Yang ngmong bumi itu bulat buktinya apa, foto satelit luar angkasa? Mana ada satelit, ketipu semua. Ga ada yang mampu menembus kubah langit, kecuali dg kekuatan. Kekuatan di sini harus dimaknai sebagai kekuatan yg setara dg Allah. Maka mustahil jika manusia mampu menembus kubah langit. Nabi Muhammad saja waktu Mi’roj meneruskan ke Sidrotul Muntaha tanpa Jibril, sebab yang mendapat izin hanya Nabi Muhammad. Sekelas Malaikat saja tidak mampu menembus tanpa seizin Allah, apalagi manusia biasa.
    Foto bumi yang beredar itu bukan foto satelit, tapi foto dari drone. Dah logis aja, untuk mengeksplore laut kedalaman maksimal menggunakan teknologi tercanggih saat ini hanya 12 km. Untuk mencari pesawat yang hilang MH375, masih di bumi saja masih pada belum bisa, trus mau mengeksplore ruang angkasa dengan jarak ratusan juta km. Mikir logis dong…
    Nih lagi, mau jawab apa kalian yang percaya teori heliosentris. Katanya planet mengelilingi matahari karena gaya tarik. Meteoroid jatuh karena gravitasi bumi. Pasang surut air laut karena gravitasi bulan, padahal katanya di bulan gravitasinya lebih kecil daripada bumi, kenapa bisa narik air laut yang ada di bumi? Kenapa meteoroid jatuh ditarik bumi, sedangkan astronot, stasiun ruang angkasa, satelit tetap melayang ga ditarik bumi. IPA di SD mengatakan di ruang angkasa tdk dipengaruhi gravitasi, tapi kenapa bulan tidak lepas dari bumi? Kenapa meteoroid jatuh, padahal katanya meteoroid batu yang melayang di ruang angkasa. Itu dulu, silahkan yang mau jawab.

  14. sayyid

    Assalamualaikum wr.wb,
    “ Dan bumi itu kami hamparkan ,maka kamilah sebaik – baik yang menghamparkan . “ (QS.Adz- Dzaariyaat: 48)

    pada zamannya rasulAllah manusia masih belum mengetahui keadaan jagat raya ini.

    jika Allah mengatakan bahwa bumi ini bulat saat itu, saya yakin tidak kan ada yg mau masuk islam saat itu.

    perkataan hamparan adalah cocok untuk saat itu, tetapi zaman sekarang ini kewajiban kita sebagai manusia yg percaya kepada alquran agar menyelidiki bahwa bumi adalah benar bulat.

    kita akan dibawa lagi ke keadaan yg bodoh seperti dahulu oleh conspiracy dari kaum yahudi agar membodohkan umat muhammad agar percaya bahwa bumi adalah datar adanya.
    kaum yg ingkar memang suka membolakbalikkan kebenaran.
    jika kita bicara dengan orang bodoh, berikan saja dia makan lantas suruh dia pulang.

    wassalamualaikum wr.wb,
    sayyid

  15. tony

    jika bumi bulat, apa yang terjadi jika kita ke pusat kutub utara? kita akan terpental karena pusat jari-jari akan jauh lebih cepat berputar

  16. aufar

    coba anda lihat dengan alat bantu lainnya yg khusus melihat benda” langit lainnya yg lebih dekat. adakah ? pasti tidak ada.
    itu Gambar di atas juga CGI semua mas

  17. Mordi

    yang ngatain kubah langit itu sebenernya lapisan langit yang ada 7 diluar angkasa, jadi kalau ada yang Berargumen Tentang KUBAH LANGIT YANG TAK BISA DITEMBUS itu maksudnya lapisan langit diangkasa yang ada 7 , seperti halnya nabi MUHAMMAD yang melakukan mi’raj melintasi 7 langit atas izin ALLAH

  18. badrun

    aneh tu no 13 komennya bahahaha!! Al Quran yg mengikuti zaman atau sebaliknya?!Al Quran selamanya tidak akan pernah ketinggalan zaman sampai kiamat tiba. Al Quran pedoman manusia selamanya. ayat-ayat Nya tidak ada yg saling bertentangan maupun berubah-ubah oleh kemajuan zaman. andaikata manusia tidak percaya kandungan Al Quran, Allah SWT tidak dirugikan sedikitpun, banyak ayat2 dalam Al Quran yg tidak masuk akal ataupun ghaib tetapi terbukti dimasa sekarang.

  19. benny

    Gambar dari NASA rata2 CGI.
    Kemarin saya melihat mereka merekam permukaan bumi, tpi mungkin editornya kurang jeli, sehingga terlihat pantulan reflektif cahaya. Trus ada awan yang sama versinya.

  20. dhita

    hampir semua artikel bantahan flatearth hasilnya macam copas begini ya yang saya lihat gaaada bedanya. cuman dijelaskan tentang foto CGI sama satelit juga, itu cuman 1 eps kan, coba jelaskan yang eps laiinya tentang foto bumi datar dengan kamera biasa atau sbg. makasih

  21. tolong jelaskan peristiwa terbitnya matahari di ufuk timur dan tenggelam di ufuk barat?
    bila bumi ini bulat bagaimana caranya dan bila bumi ini datar bagaimana caranya?
    mohon penjelasannya, trims

  22. didik

    Mau tanya, tentang perjalanan ke bulan, kan kecepatan bumi mengelilingin matahari 100rb+ KM/Jam, nah terus kan ada astronot make pesawat ke bulan, terus nyampe kembali kebumi berarti kan harus mengejar bumi yang kecepatannya 100rb km/jam itu, sedangkan setau saya pesawat ulak alik kecepatannya cuma 28rb km /jam, nah itu pas balik lagi ke bumi berarti gk mungkin kekejar dong buminya? itu gimana ya? serius nanya.

  23. Iwaniiw

    Gw belum liat videonya, tapi liat commentnya yang posting ini video percaya sama FE. nahh sekalian gw mau nanya dong karna situ percaya sama FE dan kliatannya udah lumayan tau banyak
    1. Terjadinya gerhana matahari aja deh di FE gmna, kalo bisa ada penjelasan gambarnya gitu
    2. Kan ada tuh bantahan bumi bulat kalo kapal yang berlayar jauh bakalan lama” ilang padahal pas di zoom pake kamera kliatannya utuh sama. Nahh harusnya waktu malem hari di FE pake teleskop bintang atau apalah kita bisa dong liat matahari di bagian bumi yang sedang siang kan FE
    3. Pasang surutnya air laut di FE gmna

  24. Sains Gendeng

    alasannya ngeles,,gak bisa dapat foto bumi krna jarak bumi terlalu dekat..?? bukannya konon katanya NASA udah pergi ke bulan? sudah kirim robot pintar ke MARS..??? gak bisa ya kirim foto bumi dari robot yg di MARS..???? hahaha NGELES

  25. ade humaidi

    lihat videonya dulu sampai 9 episode, baru nyahok maksud sebenarnya.

  26. Rendra Azier

    banyak bukti kok kalau bumi itu datar.
    saya coba buat video bahasa indonesia tentang bumi datar, cek aja https://www.youtube.com/channel/UCvOYxyL2AuPQYNG2xsrrg3A

  27. ooooyyy para flat earther,, jangan cuman bisa ngomong doang,, kalo bisa buktikan sendiri..
    jangan cuman percaya sama katanya orang lain..
    itu bodoh namanya…

    buktikan..
    beli ko teleskop..
    (kalo lg bokek bikin sendiri aj, banyak tutor di internet)

    liat pake’ itu teleskop planet lain yang ada diluar sana..
    apa mereka datar???
    kalo bumi datar berarti matahari datar, bulan datar??

    sekarang coba pake’ itu teleskop digedung tinggi, trus tembak kedepan (bukan keatas), kalo yg kalian liat dinding es antartika seperti yg kalian percayai berarti bumi datar..
    tapi apa..
    yang kalian liat ya luar angkasa juga..
    masih yakin bumi datar??

    klo masih gak percaya..
    anggota flat earther kan banyak nih,
    knapa kalian gak patungan aja sewa roketnya NASA trus pergi liat sendiri dengan mata kepala kalian bumi itu bulat ato datar..

    buktikan jangn cuman ngomong doang..

  28. TheBlake

    Orang2 awam jika disuguhkan informasi Flath Earth pasti mereka akhirnya meragukan bumi itu bulat/globe karena mereka tidak berkecimpung dibidang pemetaan dgn satelit atau sejenisnya…
    Sebenarnya saya juga males mengomentari pertanyaan2 mereka, buang2 waktu kayak gak ada kerjaan lain aja..
    tapi untuk video01 (teori bumi datar) yang ditampilkan dlm web ini berikut ini kometar saya:
    1. Bahwa Foto bumi yang ditampilan oleh NASA dari tahun ke tahun kenapa bisa berbeda warna, hal ini bisa dikarenakan kondisi atmosfir bumi dan kondisi penyinaran matahari saat pengambilan gambar sangat berpengaruh, jadi bagi saya itu hal yang wajar jika hasil fotonya bisa berbeda2 warna dan itu adalah hal yang biasa saya temukan saat mengolah data citra satelit terutama satelit LANDSAT;sampai disini saya menyebutkan kata “Landsat” yang mungkin bagi orang awam akan berpikir apa itu Landsat?… Bagaimana saya menjelaskan hal teknis mengenai landsat supaya orang awam mengerti bahwa landsat adalah satelit yang benar adanya dan bukan hoax. Mungkin saya akan menjelaskan sedikit gambaran untuk yang awam, bahwasan Landsat adalah satelit yang merekam permukaan bumi secara terus menerus mengitari bumi dan akan kembali ke titik semula selama 16 hari dengan luas area per foto (scene) adalah 180 km x 180 km… lalu apa hubungannya dengan flatearth dan bantahan anda? mungkin anda berpikir demikian.
    Disini saya mau sampaikan bahwa hasil foto/scene td yang dihasilkan oleh satelit landsat saya olah menjadi peta2: diantaranya adalah peta perubahan lahan, peta penggunaan lahan, peta kebencanaan.
    Apakan hasil foto tersebut adalah rekayasa NASA dan saya hanya pendukung mereka? tentu tidak begitu, hasil foto/scene yang dihasilkan adalah benar adanya karena dari foto/scene Landsat secara berkala akan berubah sesuai dengan kondisi bumi yang berubah penggunaan lahannya dll. Jadi kesimpulannya bagaimana saya bisa bilang satelit Landsat yang saya gunakan adalah hoax.. (terjawab bahwa satelit itu ada)
    Lalu mengapa tidak ada orang yang memfotonya?
    walau dalam video diatas sudah ada telescope amatir yang merekam keberadaan satelit.. bagi orang awam yang cenderung mendukung flat earth akan mengatakan itu adalah hoax/fake atau CGI…
    lagi2 akan saya katakan bahwa satelit landsat atau satelit2 lain ada walau saya tidak melihat bentuk satelitnya diangkasa secara langsung karena ukurannya yang sangat kecil (anggaplah sebesar bus metromini), kita akan susah mengidentifikasi suatu benda diangkasa dengan telescope yang ada dibumi (misalkan Telescope Bossca) yang kepentingannya dibuat untuk melihat benda langit yang jauh lebih jauh dan besar jadi tidak fokus pada jarak 160 km-800km diangkasa, sebagai contohnya saat anda menggunakan “kekeran” atau teropong rumahan yang harganya 500rb-100jt, yang jarak fokusnya berbeda2 tergantung penggunaannya untuk apa?
    Jadi mungkin peneliti2 blm ada yang memfokuskan meneliti pergerakan satelit karena membutuhkan biaya yang lumayan tidak murah untuk itu.
    Lho masa sih 1 aja gak ada foto satelit diangkasa?
    ada tapi tidak fokus dan tidak teridentifikasi sempurna seperti vidio yang ditambilkan diweb ini. mengapa demikian? mengapa tidak dizoom supaya teridentifikasi sempurna?
    saya katakan sekali lagi bahwa kemampuan teleskop itu berbeda2 jadi mungkin memang tidak ada yang memfokuskan kesana arah penelitiannya.
    Begitu juga rumah atau kendaraan yang tidak teridentifikasi pada hasil pemotretan dari hasil foto/scene satelit Landsat karena kemampuannya hanya terbatas 1 pixel mewakili 15m, jadi jika sebuah rumah ukurannya 15m x 15m, maka di data citra satelit diwakili oleh 1 titik pixel saja.. bagaimana kita bisa mengidentifikasinya sebagai rumah atau mobil? tidak bisa, begitu juga teleskop rumahan yang meneropong ke angkasa akan tidak bisa mengidentifikasi satelit2 yang seukuran metromini atau kontainer.
    Demikian penjelasan saya untuk video 1, mudah2an pikiran teman2 flat earth terbuka.

    wassalam,

    Idries

  29. Jika ada bukti nyata bahwa manusia sudah pernah mengelilingi BUMI secara vertikal, melintasi Utara – Selatan kembali ke Utara, baru saya yakin dan percaya bahwa bumi itu bulat.

  30. Setelah membaca artikel ini… justru saya tambah yakin kalo bumi adalah DATAR….

  31. diyono

    bagi teman2 yg belum nonton videonya sebaiknya tonton dulu biar tidak salah persepsi dan tidak akan muncul pertanyaan yang sdh ada jawabannya di video itu.

  32. Nobody

    Gaperlu ke luar angkasa untuk tau bentuk bumi itu gimana. Bumi bulat? Saya yakin. Bukti bumi datar? Juga banyak yang benar.
    Coba pergi ke kutub selatan untuk dapat jawabannya. Buat petisi untuk melegalkan masyarakat dunia bereksplorasi di kutub selatan.

  33. Mansur

    menurut experiment yang saya lakukan, jikalau ada perputaran suatu benda, dan di permukaan benda tersebut diletakkan benda yang lebih kecil, maka benda tersebut akan terjatuh atau terpental. semakin kuat perputaran, semakin kuat pula pentalannya. tapi, kalau benda kecil tersebut diletakkan di dalam benda yang berputar, makan benda kecil itu cenderung tenang bahkan terdiam. sama halnya dengan di pesawat, kalau kita di dalam rasanya sangat tenang tak terasa kecepatan pesawat, tapi kalau kita berada di luar, wahh sudah pasti kita terpental jauh…

    pertanyaannya:
    kalau memang bumi bulat dan berputar cepat, sedangkan kita berada di permukaan bumi. kenapa kita tidak pernah terpental? malah selalu tenang.

    apa jawaban anda karena grafitasi? lalu memang sebesar apa grafitasi itu sampe2 kekuatan pentalan yang seharusnya maha dahsyat itu malah membuat kita tetap tenang berada di bumi? lalu benda2 yang memiliki anti grafitasi kenapa ga terpental saja? malah melayang pelaaaaaaaaan sekali?

  34. Maaf kalau menurut saya ,pada chanel youtube flat earth 101 tidak hanya menggunakan cuplikan film . dia tidak menggunakan cuplikan film pada video 1-5 yang dimana merupakan video bantahan bumi datar dan hanya menggunakan video pada episode 6 dan 7.

    kemudian bagaimana dengan kelengungan bumi . kalau bumi itu bulat pasti setiap 1 mil itu ada kelengkungannya tetapi fakta yang kita lihat tidak ada!!!
    tentang satelit :kalau benar bumi datar atau bulat apa hubungannya dengan satelit. kalau bumi datar maupun bulat fungsi satelit itu masih tetap berjalan.

  35. rizal

    itu kan yg dipermasalhaan kalo nasa berbohong…jd kalo ngambil bukti jgn dari nasa…dari sumber2 lain

  36. Abdullah

    Saya Percaya seperti kata Al-Qur-an saja, bahwa sudah menghamparkan bumi ini untuk kita. banyak Ulama-ulama dulu yang yakin dengan kata “DAHAHAA” dalam al quran, seperti Qurtubi dan Syeikh Bin Baz.

    intinya tidak ada fatwa akan masuk neraka orang yang percaya bumi ini datar, tapi kalau yang percaya globe earth, Wallahu A’lam, karena Allah sudah mengatakan bumi ini telah dia dihamparkan.

  37. jason

    Saya tidak peduli apapun bentuk bumi, yang jelas kehidupan ini terus berjalan. Jika bumi memang bulat, buktikan! Jika bumi memang datar, buktikan! Jangan hanya debat berdasarkan foto, video dan menggunakan kata orang. Just show me!

  38. Mia

    Wah seru ini. Saya baru liat ntuh video kakak” semua. Video itu membuat saya berkobar karena ada teori konspirasi, Tesla, dan Indonesia (saya suka kisah konspirasi meski benci dengannya). Kalau urusan bumi bulat atau datar mungkin juga segera kejawab. Karena “denger-denger” Flat Earth Society di Amerika Serikat sedang mengajukan surat kepada Om Bama tentang kebenarannya. Lain hal, saya mencari lebih detil tentang Nikola Tesla tentang penemuan terakhirnya. Bapak Nirkabel dalam catatan pernah mencoba menghidupkan turbin pesawat dengan energi listrik tanpa kabel. Wow! Bayangkan kita bisa kemana-mana dengan kendaraan tanpa BBM. Itu mungkin sangat berguna sekali. Sayangnya, hal itu disangkutkan dengan kejadian konspirasi yang mengakibatkan penemuan Pak Tesla itu gagal launching. Tolong ini kakak” yang tahu tentang listrik komen yaa

  39. Zen

    kiblat.net
    Seoalah2 media yang berhubungan dengan agama islam.
    Menurut saya janganlah menghubungkan agama dengan menulis tentang bumi datar atau bulat. Sedangkan dalam AL-Quran sendiri tidak jelaskan dengan jelas dan gamblang bentuk bumi ini.
    Para ulamapun banyak yang berbeda penafsirannya.
    Sepertinya Alquran bisa digunakan untuk kedua pendapat bumi bulat maupun datar.

  40. Toni

    Silahkan cek di kitab agama masing2,..!!!
    kalau di Al-qur’an banyak ayat yg menyebutkan jika Matahari, Bulan, Bintang, mereka itu berjalan mengitari Bumi. & dan tidak ada ayat yg menyebutkan bahwa bumi berjalan/ mengelilingi matahari. Kata2 yg sering diulang di Al-Qur’an adalah matahari, bulan, bintang “berjalan”. itu berarti bumi itu diam, tidak berputar/berjalan.

  41. lol123

    Lebih masuk akal mekah jadi pusat bumi pada model bumi bulat, sedangkan pada bumi datar yg jadi pusat bumi itu kutub utara, mekah hanya dibagian pinggiran haha…

  42. Thufeil Albatati

    “Fakta bahwa satelit berukuran sangat kecil jika dibandingkan planet, membuat kemungkinan satelit terlihat oleh teleskop sangatlah kecil, dan ini hal yang wajar”

    kalau NASA bisa mengambil foto tata surya kita dengan detail,kenapa satelit yang sangat dekat dengan bumi gak bisa?

    boleh bantah pernyataan bumi datar,tapi jaga setiap kata nya,bisa bisa bikin malu sendiri

    video pembuktian flat earth cukup logis,sebelumnya saya juga ga percaya bumi bulat,gak ada di al-qur’an pernyataan bumi bulat

    pertanyaannya,kalau memang benar bumi itu datar,lalu apa bentuk bulan & matahari?

  43. Black Hawk

    Kalau kiblat bet menuduh teori bumi datar itu konspirasi, bukannya teori bumi bulat itu juga konspirasi yg masih berdiri sampai sekarang.? Karna teori geosentris (bumi pusat tata surya) lebih dulu dianut oleh manusia. Nah, karna ada segelintir ilmuwan nonmuslim yg mengatakan bumi bulat dan membantah geosentris manusia mulai menganut paham baru itu. Dan sekarang teori itu juga rapuh karna smua data dan fakta yg mereka kemukakan saling bertentangan dan berlawanan dg logika org2 yg mau berpikir lurus. kebohongan bumi bulat itu juga konspirasi yg kita telan bulat2 selama ini.

  44. terserah

    Yg mmbwa bwa tafsir alquran kdalam prdbatan,,kalian sudah tau arti berapa ayat,, sudah khatamkah kalian alquran,, sudah mngerti kah arti dari setiap ayat,, dalam alquran trtulis hamparan,, sudah jlas kita pnduduk bumi mngtahui bhwa daratan itu trhampar,,tpi tdk di jlaskan itu datar atau bulat,,,,jika kalian prcya alquran,, sudahkah kalian mmprbaiki diri kalian trlbih dahulu,,dalam hal yang psti mmbuat anda lbuh baik ,,baru kalian mmprdbatkan hal lain……

  45. Nasa wiko permana

    Hmm setidaknya ada sekitar 10 video dan sekitar ratusan pembahasan mengenai teori bumi itu bulat dalam 10 video… tapi yg paling aneh dan masuk akal diantaranya tentang kutub Selatan, perhitungan gerhana bulan, pola matahari dan mengapa matahari disebagian tempat tidak tenggelam, gaya gravitasi dan bantahan teori relativitas melalui uji coba, gaya elektromagnetik, inti atom, dll. Untuk membantah teori flat earth masih sangat kekurangan informasi agan yg nulis artikel diatas

  46. Rhiri gass

    Jadi gini gan…. awalnya saya g mau komen nih.., karna ngindarin perdebatan orang awam seperti kita kita sekalian… dan juga jangan terlalu heboh dengan fakta bumi datar yang ada sekarang… karna jelas… teori ini bukan untuk kita2 yang awam, karna saya yakin g akan ada jawaban yang resmi dari perdebatan ini, kenapa demikian? Jawabannya kita2 ini g punya lisesnsi buat suatu sertifikat pernyataan yang resmi, nah yang seharusnya teori ini dijawab oleh badan yang berwenang, yang mempunyai kemampuan (izin) untuk menentukannya, dalam hal ini NASA, pertanyaan kita2 selalu sama, mana buktinya…? Trus,, aku balik nanya “kok tanya aku lagi”?. Datarnya bumi atau bumi bentuknya bola harus ditentukan oleh mereka2… tapi dengan catatan,… harus menjawab argumen yang di utarakan orang orang yang percaya bumi datar…

  47. Rhiri gass

    Jadi gini gan…. awalnya saya g mau komen nih.., karna ngindarin perdebatan orang awam seperti kita kita sekalian… dan juga jangan terlalu heboh dengan fakta bumi datar yang ada sekarang… karna jelas… teori ini bukan untuk kita2 yang awam, karna saya yakin g akan ada jawaban yang resmi dari perdebatan ini, kenapa demikian? Jawabannya kita2 ini g punya lisesnsi buat suatu sertifikat pernyataan yang resmi, nah yang seharusnya teori ini dijawab oleh badan yang berwenang, yang mempunyai kemampuan (izin) untuk menentukannya, dalam hal ini NASA, pertanyaan kita2 selalu sama, mana buktinya…? Trus,, aku balik nanya “kok tanya aku lagi”?. Datarnya bumi atau bumi bentuknya bola harus ditentukan oleh mereka2… tapi dengan catatan,… harus menjawab argumen yang di utarakan orang orang yang percaya bumi datar… itu..!!

  48. Santtanu

    Kalau memang bumi berputar dan bergerak, bagaimana bisa kita tidak merasakan pergerakan tersebut, padahal katanya bumi berputar dengan cepat.
    sementara gempa bumi dengan ke kuatan 6 skala richter saja kita jelas merasakan nya, bahkan bangunan pun bisa rusak.

  49. Wawan Abnan

    Sebagai Media Islam dan sebelum lebih jauh anda membuat bantahan terhadap kelompok orang yang kontra Solar SystemTeori, harus dijelaskan dulu posisi anda sebagai muslim dalam memandang SAINS. Bukankah sebagai Muslim, Wahyu adalah standard kebenaran dalam mengukut sesuatu? Karena Jika anda membantah Teori Bumi datar, sementara anda menggunakan kacamata SAINS yang pro Bumi Bulat (Globe Earth), bukankah hal ini akan membuat stigma bahwa Islam menolak ide dan atau teori bumi datar berdasarkan pokok-pokok keyakinan umat Islam? Jika ya, maksudnya jika anda menolak ide Bumi Datar karena berpihak pada pendapat SAINS, maka sadarkah anda bahwa sejak dulu hingga kini ada sekelompok umat Islam yang tidak meyakini Solar System Theory yang mewakili pandangan SAINS yg katanya Modern?

    Sebagai media Islam semestinya anda membahas dari sisi Islam itu sendiri. Bagaimana pandangan ulama-ulama Islam Klasik dan bagaimana pandangan Ulama Islam kontemporer dan bagaimana menurut Al Quran sendiri. Tentu saja anda boleh meyakini bumi ini bulat atau kotak sekalipun tetapi sikap anda ini tidak mewakili Islam dan ini seharusnya anda sampaikan biar tidak menyesatkan pembaca.

    Singkatnya, sikap anda pernyataan bahwa anda menolak ide Bumi Datar dan tidak sesuai dengan SAINS. Pertanyaanya adalah, apakah sesuatu yang tidak sesuai dengan SAINS itu pasti bertentangan dengan Islam? Bagaimana sebaliknya.

    Banyak muslim (tentu saja tidak mewakili Islam) menyatakan bahwa bigbang adalah teori tentang terjadinya alam semesta yang sejalan dengan Al Quran? Benarkah? Bukankah teori bigbang muncul dari penolakan ide adanya Tuhan? Bagaimana alama ini terjadi karena ledakan liar dan konyol dari sebuah titik yang bersuhu sangat tinggi yang akhirnya membentuk sesuatu yang sangat sempurna yang tidak mungkin dihasilkan dari ledakan liar tersebut? Bukankah ketika menganggap teori ini sejalan dengan Al Quran dengan cara lain anda mengatakan Tuhan lah yang meledakanya? Bagian mana dari Al Quran yang sejalan dengan ide tersebut? Maha Suci Allah dari cara demikian. Bukankah Al Quran menolak ide tentang titik bersuhu tinggi dan meledak?

    Konsep Solar System yang mewakili SAINS pun harus diuji. Jadi sebelum anda bicara jauh membantah teori bumi datar, sebagai media Islam anda harus mempertanyakan konsep ini. Tidak perlu takut dan khwawatir, bukankah pengujian selalu membuktikan sesuatu yang benar itu semakin benar?

    Bersambung….

  50. Wawan Abnan

    Sambungan sebelumnya.

    Ruang Lingkuk Alam
    Saya akan ambil satu contoh pengujian. Dalam Solar system dikatakan bahwa Alam ini atau Jagad Raya atau Universe adalah ruang yang sangat luas dan terus berkembang. Disini menyatakan ketiada batasan ruang tersebut. Sementara Al Quran menjelaskan bahwa Ruang (space) dibatasi oleh langit dan bumi. Dan ini seseuai dengan firman Allah yang mengatakan bahwa Allah Dialah pencipta (dalam ayat lain juga dikatakan “penguasa”) langit dan bumi dan apa saja yang bearada di ANTARA KEDUANYA. Apa yang ada diantara keduanya (Langit dan Bumi)? Jelas Ruang atau Space. Batasan Alam ini juga dijelaskan oleh Allah dalam firman Nya, Kekuasaan Allah melliputi Langit dan Bumi. Ini meunjukan bahwa batasan Alam ini Langit dan Bumi, bukan Ruang (SPACE) yang terus mengembang.

    Benda-benda Ruang (SPACE)
    Solar system mengatakan bahwa Bumi adalah salah satu benda-benda yang berada di ruang (SPACE). Mereka berenang, melayang di Ruang (SPACE) dan seterusnya sebagaimana yang banyak kita dengan dalam teori Solar System yang mewakili SAINS yg katanya MODERN. Apa kata Al Quran?

    Ruang ini adalah sesuatu yang berada antara Langit dan Bumi dimana langit adalah Atap yang melindungi Bumi dan ruang (space) adalah sesuatu yang berada diantara keduanya. Jadi Ruang atau Space ada diantara Langit dan Bumi dan jelas terbatas dimana batas atas adalah Langit dan batas bawah adalah Bumi. Disini sekali lagi Solar System bertentangan dengan Al Quran.

    Solar system mengatakan Bumi adalah salah satu dari benda-benda Ruang. Ini bertolak belakang dengan Al Quran. Perhatikan kronologis penciptaan berdasarkan Al Quran. RUANG (SPACE) ada karena adanya pemisahan langit dan Bumi. Tidak ada Ruang (SPACE) jika tidak ada Pemisahan Langit dan Bumi dan ini ketergantungan atau sebab akibat yang benar. Urutan penciptaan jelas menggambarkan bahwa urutan pertama lebih besar dan lebih rumit dibanding dengan urutan kemudian. Penciptaan dan penyempurnaan Langit dan Bumi disebutkan dalam Enam Masa/Hari, dimana langit dua hari/masa dan Bumi dan segala urusan yang ada padanya dicptakan dalam 4 hari (masa).

    Bulan, Matahari dan bintang-bintang adalah benda-benda yang diciptakan kemudian yang ketergantunganya adalah karena adanya Pemisahan Langit dan Bumi yang mengakibatkan adanya Ruang. Diruang itulah diciptakan Bulan, Matahari dan Bintang-bintang.Bintang-bintang diciptakan sebagai hiasan langit dan diletakkan dekat langit yang terdekat dengan Bumi. Sementara Bulan dan Matahari adalah sebagai pelita dan penerang Bumi. Tidak mungkin Bulan, Matahari dan Bintang diciptakan lebih besar dari bumi karena mereka adalah benda-benda yang bergantuntung dengan RUANG (SPACE) sementara Ruang atau space mengikuti seberapa lebar langit dan bumi dan seberapa besar tinggi langit. Jika dikatakan Matahari lebih besar dari bumi ini sungguh keliru. Kalau kita mau berandai-anda Matahari itu sesuatu yang besar, maximal besarnya adalah seluas Ruang atau SPACE. Tetapi apa manfaatnya. Anda membuat Rumah, lalu diruang antara lantai dan atap anda letakan sebuah benda yang besarnya memenuhi ruang tersebut. Apa manfaatnya? Jika anda punya lampu dirumah, maka pastinya lampu itu berukuran sebgaimana lampu yang kita lihat dirumah kita. Dan inilah seimbang nya ciptaan Allah.

    Masih ada beberapa hal yang membuat SOLAR SYSTEM bertentangan dengan Al Quran dan juga wahyu Allah yang lainya. Tetapi karena waktu dan tempat maka lain kali saya akan bahas.

    Pertanyaanya adalah dimana sejalanya Solar System dengan Al Quran? Saya bukan ahli fisika dan astronomi tetapi melihat perbedaan dasar ini , sebagai muslim saya memilih versi Al Quran meskipun saya akan dikatakan anti SAINS atau apapun julukanya.

    Nah sebagai media Islam, bagaimana sikap Tribun Islam menyikapi ketidak selarasan SAINS dengan Al Quran? Apakah tetap ingin memaksakan bahwa SAIN pasti tidak bertentagan dengan Al Quran? Paparan saya suadh membuktikan bahwa SAINS yg nota bene bercampur dengan pemikiran orang yg tidak mempercayai Tuhan itu tidak sejalan dengan Al Quran. SAINS yang salah atau Al Quran yang salah?

    Terkait dengan masalah ini, maka peryataan yang benar dari dua premise yang bertolak belakang tersebut adalah, SAINS dikatakan benar jika dan hanya Jika Al Quran harus dilempar. Sebaliknya Al Quran dikatakan benar jika dan hanya jika SAINS harus dilempar. Tidak mungkin kita mengatakan kedua-duanya sejalan kecuali kita mengalami gangguan jiwa. Dan sebagai muslim saya katakan, Al Quran yang benar dan artinya pendapat SAINS harus saya lempar. Bagaimana dengan anda? Ingat SAINS adalah usaha terbaik manusia. Manusia bukan Tuhan dan tidak terhindar dari kesalahan.

    Saya memberi anda alternative pemikiran. silahkan baca disini http://bumihayalan.blogspot.co.id/2016/09/flat-earth-vs-globe-earth-menurut-sains.html

    Salam

  51. Al Hazmi

    buset, “knp teleskop ga bisa ngeliat satelit sedangkan planet ama bintang bisa??”…. :v …. nah, sekarang gw tanya, knp teleskop ga bisa ngeliat asteroid dan debu angkasa ama bekas komet ada miliyaran dimnana-mana, malah langsung ke planet :’v
    dan satelit ada di Low orbit yg paling dekat dengan bumi(+-100k ft), dan gaya inersia nya sampai low orbit bulan (jangan bilang lu yg nonton ga tahu gaya inersia, itu yg bikin lu bisa meloncat ditempat yg sama dalam mobil yg bergerak cepat)

    “kuman, virus flu yg melayang diudara aja lu kaga nampak ngeliat pake mata telanjang atau ama teropong perbesaran jutaan kalipun(soalnya bukan mikroskop), jarak 100.000ft beda ama skala 1 cm …. edan emang yg bikin ( mata manusia powernya cuma +- 25)… dan harus ada kemampuan snapshoot dari mata kalo memang satelit bisa keliatan di teleskop

    knp orang mudah percaya ama flat earth
    1). orang cendrung suka nerima alasan sederhana dibanding yg rumit (ibaratnya jumlah yg suka kuliah di jurusan matematika komputer kaga sebanding ama yg dimata kuliah lain)
    2). hampir semua perhitungan komputasi dibuat dengan paralesasi komputer, seperti Tianhe atau sunlight (contoh HPC), dan anak yg kuliah di jurasan komputasi dan HPC pasti tahu susah dan lamanya ngerunning 1 model simulasi, dan setiap kampus pasti ada Lab HPC(rakitan parelisasi sendiri biasanya), dan ribuan TA permodelan pertahunnya, kaga mungkin mereka bisa ditipu kalo benar yg seperti dijelaskan Video(udah pada sadar dan ngeluarin protes kalo bumi datar, buat bikin permodelan iklim , mereka juga ngirim balon dengan sensor ke low orbit, seperti tes iphone), lu suruh cari rumusnya ama manusia, kan biadab amat :v
    3).teori konspirasi biasanya dibuat untuk nutupin hal lain yg lebih penting

  52. Ferry

    Itu video teleskop kok satelit jalanya ada yg terbalik arah??? Katanya gk kelihatan karena terlalu kecil di banding luas cakrawala bumi??? Emangnya itu satelit di tabur aja di angkasa??? Kan di tempatkan di orbit… Ah bantahan yg koplak

  53. enal

    kalian bisa cari sendiri foto real satelit, sy garisi kalimat ini klw memang ada kenapa tidak di sertakan gambarnya di sini? sy bukanya tidak percaya sy cuma ingin tau

  54. semakin seru aja nih perbincangan bumi datar/bola?
    sebenarnya sih kita orang awam gak perlu repot2 berdebat kusir,,
    kita suruh aja pesulap handal yg bisa teleportasi. kan banyak tuh di youtube pesulap teleportasi.
    atau kita berbondong2 pergi ke jepang.
    kita minta ke doraemon pintu kemanasaja

    kalian ini sungguh ironis

  55. Iblis putih

    Gini ajah… Yg percaya bumi datar bukan orang2 awam dan gak punya modal kan…

    Yg percaya bumi bulat itu kan pemegang kekuasaan dan modal yg besar…

    Gak usah jauh ke luar angkasa… Gini ajah masing2 pihak bawa media yg sangat2 dipercaya oleh pihaknya.. Tembus antartika ada apa dibaliknya… Siarkan lewat media anda masing2.

    Nah amerika rusia dan aliansinya yg “menjaga” antartika beri ijin hanya ke merka2 itu untuk membuktikannya, teori siapa yg benar..

    Klo kayak gini kan jadi meragukan keduanya.. Namanya teori harus dibuktikan…

    Terlepas apa yang akan terjadi nanti.. Yang penting jangan cuman debat kusir untuk yang awam awam… Yang scientist jangan saling menghujat.

  56. unknown

    satelit itu bergerak 32,186.88 km/jam bagaimana bisa bertahan lama smpai skrg dan msh beroperasi? sedangkan bahan bakarnya pasti habis dan bagaimana cara mengisinya dan dimanakah?

  57. Abu

    Dan sattu lagi,bumi adalah pusat alam semesta,karena nabi2 hanya diturunkan di bumi,kalau melihat film flat earth,sy curiga bahawa tembok dikutub itu adalah tembok ja’juj dan ma’juj?

  58. Manik

    Tahun 1958 AMERIKA mengirimkan +-6500 pasukan untuk pergi ke KUTUB selatan. dan sang Laksamana membuat pesan tertulis agar waspada terhadap serangan dari KUTUB SELATAN, dan menemukan pulau seperti AS ? padahal kalo di teori GLOBE EARTH setelah kutub selatan ada negara negara yg sudah diketahui oleh sang Laksamana tersebut.
    Oh iya satu lagi. kan katanya nih, PLanet” itu memutari matahari dikarenakan Gravitasi dari matahari tsb, terus kenapa setelah sekian lama kita tidak semakin mendekat dengan matahari ? padahal di teori gravitasi tidak ada istilah saling TARIK dan saling TOLAK ?

  59. Adjus

    Beri penjelasan tentang satelit az dari A sampe Z,

  60. Lek Timboel

    terlepas dari semua perdebatan di atas, saya punya satu pertanyaan barangkali ada yang bisa menjelaskan,
    benarkah Neil Amstrong sudah sampai di bulan, dan apakah foto dan video Neil Amstrong di bulan itu asli atau rekayasa,
    maaf saya hanya orang awam yang sempat bingung dengan teori flat earth

  61. Rezqi octab

    Subhanallah.. Teman teman disini.. Mau bulat mau datar mau lonjong yg penting ibadah kita teman teman biarlah itu mjd urusan Allah yg maha kuasa. Toh kita ga abadi jyga di bumi kok membuang waktu mmperdebatkan atau mencoba meyakini bumi itu datar atau bulat . Syukron

  62. Ahmad Rizal

    Alhamdulillah saya tidak tinggal di bumi, karna saya tinggal di dunia yg ALLAH SWT ciptakan, jd saya pikir saya tidak perlu meributkan hal ini..

  63. fadli

    Yg lebih bodoh lagi gimana cara bisa munculkan foto satelit dan bumi…tapi foto bumi utuh gak bisa…kasih alasan yg logis donk…saya aja yg orang awam gak tolol kayak situ…kasih bantahan kok gak masuk akal…yg percaya juga ikutan tolol

  64. yang mempunyai kebenaran sbenarnya hanya Tuhan.
    tapi di chanel yt flat earth 101 banyak video yg menjelaskan bagaiaman bntuk bumi meskipun tidak menkalim tapi setidaknya kita bisa berpikir.

  65. bams

    Tapi kenapa juga NASA tidak memberikan gambar satelite asli dari teleskop ? Seharusnya mereka tahu dimana letak satelit mereka di angkasa. Mereka yang buat satelit, mereka pasti tau posisinya dimana terus mereka bisa lihat dari teleskop. Kemudian, kalau mereka bisa menerbangkan satelite, terus satelitnya nggak pake bahan bakar ? Ya pake lah… Terus ngisi bahan bakarnya gimana ??? pake roket lagi ???

  66. teuku

    Allah telah menjelaskan bentuk bumi dalam al-qur’an..
    Kalo saya lebih percaya kepada firman Allah dari pada pendapat manusia.. karna Allah yang membuat bumi bukan manusia..

  67. Adi

    saya lebih setuju dengan konsep flat earth,,
    karena semua fakta dan observasi nya sudah banya yang di publikasi kan di web, dan itu jelas, kalau belum ada pembuktian yang kuat, semua itu tidk akan di publikasikan

  68. Dr. Nyanpasu

    GW AKAN MENJAWAB SEMUA COMMENT LU PADA DARI ATAS SAMPE BAWAH YANG PERCAYA BUMI DATAR

    1. rahmat 15 July 2016 at 18:39
    (tapi sudah banyak eksperimen membuktikan bumi datar,,, yang dijelaskan di website ini juga sudah dibantah oleh flat earth society disini https://www.youtube.com/watch?v=u1xFcyBN8Vs
    gmna ya yang bener?)
    JAWABANNYA : itu videonya di potong2 cuma ditampilkannya kameranya yang selalu mengarah horizontal atau bisa dibilang tidak mengarah ke atas dan kebawah dan oleh sebab itu di video dari edge ke edge itu datar
    DAN itu diliat dari jarak dekat bumi jadi ujung bumi yang tampak pada video itu tidak keliatan melengkung

    2. sino 24 July 2016 at 05:59
    (yang jauh dan gede aja kelihatan
    masak yang deket malah ga keliahatan?
    mohon bimbingannya bang)
    JAWABANNYA : LOL lu kira planet venus sama satelit itu kecil perbedaannya planet venus itu diameternya 12,104 Km DAN satelit itu diameternya 4.2 M jadi perbandingan yg besar ini yang membuaat satelit tidak bisa diliat oleh mata telanjang daan harus memakai teleskop yg zoomnya tinggi

    3, sahrul 26 July 2016 at 18:52
    (“Kenapa perlu menggabungkan banyak foto untuk jadi satu foto bumi bulat? Karena bumi berukuran sangat besar dan satelit yang ada tidak cukup jauh untuk mengambil gambar satu bumi penuh (bumi bulat).” ribuan satelit dan g ada 1 pun bisa nangkep gambar utuh bumi??? trus astronot2 yang ke bulan ngapain? cuma ambil krikil bulan trus balik? seharusnya bisa menfoto gambar bumi bulat, kalau g ada bukti foto bumi bulat dgn gambar asli ya masih opini namanya bukan fakta, trus kalo bumi itu bulat tolong pencerahanya tentang percobaan ini masta >>> https://www.youtube.com/watch?v=cNEUOnlcIAQ)
    JAWABANNYA : gk semua satelit fungsinya untuk memotret ada yg untuk membetulkan satelit lain ada yg berfungsi sebagai gps neil amstrong ke bulan itu masih konspirasi jadi gw gk bisa jelasin :v
    dan yang link itu menurut gw karena mereka mencoba experimentnya di sore hari dan mendapatkan hasil yang tetap sama pada malam hari karena pada malam hari ada bulan jadi air itu agak naik sedikit disebabkan oleh gravitasi bulan

    4. Aris Syaiful Huda 27 July 2016 at 12:18
    (bumi datar dan “bulat”, buka globe, tetep bulat flat.. kalau timur kebarat dalam perjalan tetap akan kembali ke titik awal, nah bila menuju kutub selatan terus menerus tanpa belok, harusnya juga kembali ke titik awal, tapi tidak pernah terbukti, malahan bila diteruskan ke selatan terdapat bentangan hamparan yang tak berujung,)
    JAWABANNYA : -_- kalo timur ke barat udh pernah di lakukan dan kembali ke titik awal bukannya itu membuktikan bumi itu Bulat -_-
    dan untuk apa orang cape2 melintasi kutub untuk mengelilingi bumi orang udh ada jalan yang lebih pasti gk bersuhu dingin
    Bentangan ? LOLLLL tembok es ? LOLLLL palsu tembok es itu belum ada yg pernah liat ke asliannya

    5. ilham 11 August 2016 at 08:56
    (Yang ngmong bumi itu bulat buktinya apa, foto satelit luar angkasa? Mana ada satelit, ketipu semua. Ga ada yang mampu menembus kubah langit, kecuali dg kekuatan. Kekuatan di sini harus dimaknai sebagai kekuatan yg setara dg Allah. Maka mustahil jika manusia mampu menembus kubah langit. Nabi Muhammad saja waktu Mi’roj meneruskan ke Sidrotul Muntaha tanpa Jibril, sebab yang mendapat izin hanya Nabi Muhammad. Sekelas Malaikat saja tidak mampu menembus tanpa seizin Allah, apalagi manusia biasa.
    Foto bumi yang beredar itu bukan foto satelit, tapi foto dari drone. Dah logis aja, untuk mengeksplore laut kedalaman maksimal menggunakan teknologi tercanggih saat ini hanya 12 km. Untuk mencari pesawat yang hilang MH375, masih di bumi saja masih pada belum bisa, trus mau mengeksplore ruang angkasa dengan jarak ratusan juta km. Mikir logis dong…
    Nih lagi, mau jawab apa kalian yang percaya teori heliosentris. Katanya planet mengelilingi matahari karena gaya tarik. Meteoroid jatuh karena gravitasi bumi. Pasang surut air laut karena gravitasi bulan, padahal katanya di bulan gravitasinya lebih kecil daripada bumi, kenapa bisa narik air laut yang ada di bumi? Kenapa meteoroid jatuh ditarik bumi, sedangkan astronot, stasiun ruang angkasa, satelit tetap melayang ga ditarik bumi. IPA di SD mengatakan di ruang angkasa tdk dipengaruhi gravitasi, tapi kenapa bulan tidak lepas dari bumi? Kenapa meteoroid jatuh, padahal katanya meteoroid batu yang melayang di ruang angkasa. Itu dulu, silahkan yang mau jawab.)
    JAWABANNYA : easy as fuck :) buktinya adalah adanya satelit yang memfoto bumi Foto drone ? lol drone di angkasa ? stupid as fuck <—(this word is only for make your mental down wkkwkw) menurut kardashev scale kita dibumi sudah mengexplor 0,73 scale atau 73% dari semua mineral di bumi apasalah nya mencoba explor mineral di luar angkasa kan dua duanya berkembang secara bersamaan tidak ada yang terhenti satu dari keduanya teori gravitasi ? lolll Yang bener HUKUM Gravitasi yang ini gw jelasin bisa terlalu panjang lu baca aja HUKUM GRAVITASI -_- bukannya gk bisa jawab soalnya kalo gw jawab bisa berabe :v coeggg

    6. tony16 August 2016 at 09:50
    jika bumi bulat, apa yang terjadi jika kita ke pusat kutub utara? kita akan terpental karena pusat jari-jari akan jauh lebih cepat berputar
    JAWABANNYA : nope karena ada gravitasi

    7. aufar16 August 2016 at 10:18
    coba anda lihat dengan alat bantu lainnya yg khusus melihat benda” langit lainnya yg lebih dekat. adakah ? pasti tidak ada.
    itu Gambar di atas juga CGI semua mas
    JAWABANNYA : maksud lu apaan sih tong gw kaga ngerti belajar kbi tentang bahasa baku dulu sono noh Dan gara2 lu juga ini jadi tambah panjang gw ngetiknya :v kwkwkkw

    8. benny19 August 2016 at 01:21
    Gambar dari NASA rata2 CGI.
    Kemarin saya melihat mereka merekam permukaan bumi, tpi mungkin editornya kurang jeli, sehingga terlihat pantulan reflektif cahaya. Trus ada awan yang sama versinya.
    JAWABANNYA : Lu liat di mana tong ? di youtube live channel space video ? -_- itu bukan official NASA asli jadi itu cuma membantu dan itu sebenernya bukan LIVE itu cuma video durasi 20 menit yang di ulang2 makanya awan dan segalanya sama + Itu CGI dan bukan Nasa yg membuatnya Hanya orang biasa

    9. didik24 August 2016 at 16:20
    (Mau tanya, tentang perjalanan ke bulan, kan kecepatan bumi mengelilingin matahari 100rb+ KM/Jam, nah terus kan ada astronot make pesawat ke bulan, terus nyampe kembali kebumi berarti kan harus mengejar bumi yang kecepatannya 100rb km/jam itu, sedangkan setau saya pesawat ulak alik kecepatannya cuma 28rb km /jam, nah itu pas balik lagi ke bumi berarti gk mungkin kekejar dong buminya? itu gimana ya? serius nanya.)
    JAWABANNYA : NEIL AMSTRON KE BULAN MASIH KONSPIRASI dan seperti biasanya ane gk mau jelasin karena gk berhubungan dengan topik ntar tambah ribet pusing pala berbi

    10. Sains Gendeng 25 August 2016 at 09:20
    alasannya ngeles,,gak bisa dapat foto bumi krna jarak bumi terlalu dekat..?? bukannya konon katanya NASA udah pergi ke bulan? sudah kirim robot pintar ke MARS..??? gak bisa ya kirim foto bumi dari robot yg di MARS..???? hahaha NGELES
    JAWABANNYA : Bilang yang buat situs ini ngeles lu sendiri Ngeles/Bego :V _<

  69. Ilbar

    kalo bumi itu datar kaya piringan, berarti bulan itu kaya teflon melayang dong? dan planet” lain juga kaya piring yg menghadap bumi begitu? lucu juga ya

  70. Me

    Cariin saya pacar dong?

  71. https://m.youtube.com/watch?v=WNkvASxfEWQ
    gan, ini acara tv kesukaan ane di BBC, top gear, acara ke tengah-tengah persis kutub utara, tapi yg saya heran, knp ga muter ikut rotasi bumi ya? kalo emang bumi itu bulat dan berotasi

  72. NOEH

    Hai teman2 kita ktemuan ajah.. buktikan bareng2, gk ada manfaatnya… berdepat gini. Pakai nalar n buktikan

  73. herry

    Seru sekali ya,

    Saya masih ada beberapa pertanyaan nih :
    1. Penerbangan sort cut misal Australia – Amerika Selatan.
    2. Gambar sekala real ukuran dan jarak Matahari, Bumi dan Bulan berikut kemampuan radius pencahayaan Matahari dan bila terhalang sesuatu.
    3. Satelit itu bergerak atau diam, kalau diam, berarti versi bumi berputar satelit berputar sama persis dgn putaran bumi, karena parabola di desa2 terpencil akan sulit sekali membidik benda jauh dan kecil kalau bergerak terus.
    4. Gravitasi memang aneh, kalau di jarak >400km saja orang sdh melayang2 gimana bumi bisa menarik Bulan, ada lagi lintasan Planet2 yang macem2 ada yg oval dsb.
    5. Banyak Space program swasta mungkin bisa sharing dengan Nasa tentang Ilmu explorasi Angkasa dengan pesawat2 yang baru sehingga pengetahuannya bisa lebih di share, misal supaya tdk meledak.

    Salam.

  74. Merkurius, Venus, Mars, Saturnus, UrAnus, Neptunus, Pluto, NuBiru dll… Apakah mereka adalah planet-planet “Hayalan”? Atau nama-nama Manusia Penentang Tuhan?

  75. kur

    orang2 awam yg suka nurut disuruh klik like lalu ketik amien biar masuk surga pasti percaya kalo bumi datar.. aneh baru liat teori sebatas video aja dah pada percaya sampe mau adu otot.. parah

  76. Rusli

    “yang jauh dan gede aja kelihatan
    masak yang deket malah ga keliahatan?
    mohon bimbingannya bang”

    aduh @sino masih belon paham juga..

    ambil contoh kecil deh misalkan “tembok cina” dari jarak jauh ente pasti bisa liat full itu bangunan. tapi kalo ente liat jarak deket 1 Cm dari mata, ente cuma bisa liat batako doang.
    paham kan?

  77. Umar

    Saya sudah tonton semua episode dr Flat Earth 101. Yg saya dapat adalah : “dia menemukan potensi kebohongan besar” dan tujuannya adalah klarifikasi dr pihak NASA atau elite global. Dia hanya ingin kita semua sebagai rakyat dunia menuntut penjelasan lengkap (perhitungan angka dan penjelasan logika lengkap jg pembuktian real time) atas 3 hal jika setiap angka dan data yg mereka terbitkan itu benar jika benar bumi itu globe.
    1. Gerhana 2. Gravitasi 3. Antartika

    Mari kita sama2 menuntut penjelasan. Penjelasan dr para Elite. Tdk perlu kita debat kusir yg berdasar pd keyakinan, pendapat dan opini. Biar data, fakta dan angka yg bicara. Biar para elite yg bicara. Bikin tranding topic di setiap medsos. Sampai pd akhirnya para elite menjawab itu. Dan kita mendapat kebenaran.

    KARENA INI HAL YANG HARUSNYA MENJADI HAL YANG SANGAT PERLU PARA ELITE TANGGAPI. KARENA JIKA SEMAKIN BANYAK YG RAGU ATAU SAMPAI TIDAK PERCAYA, SEMAKIN DEKAT MEREKA DENGAN KEHANCURANNYA. SEMAKIN DEKAT JUGA DUNIA DENGAN KEHANCURANNYA.

  78. Coba kau putar bola basket sekali putar dalam 24 jam bayangan bila ada suatu yg kecil.. kuman contohnya.. apakah terpental

  79. noname

    Kenapa ndak dilakukan percobaan mengebor bumi aja?dan kiya bisa tau apa ada ujungnya apa tidak kalau pengeboran bumi itu dilakukan?

  80. Cari fakta

    Untuk para FE yang benar2 mengerti tlg di jawab aja siklus siang dan malam di FE itu seperti apa?

  81. sandea

    Kalau bumi globe , bagaimana muslim menentukan arah kiblat ke mekah ??? Kalo bumi berputar mengelilingi matahari bagaimana pesawat terbang bisa mendarat di tempat yg di tuju dg tepat dan sesuai waktunya ??

  82. Fahmi fauzan

    Kebanyakan orang yang bilang bumi datar juga cuma nonton youtube.
    Nonton youtube mah anak sd juga bisa.
    Terus cuma gara-gara youtube lu langsung menyalahkan semua hasil penelitian dan menganggap itu hoax?

    Cuma modal kuota buat streaming udah koar koar bumi datar, modal dikit lah….
    Beli telescop yang mahal dan range nya lumayan terus lu bidik lurus dari tempat tinggi. Harusnya akan terlihat dinding es yang kalian bilang sendiri karena kata kalian bumi itu datar, tapi faktanya? Lu bakal liat luar angkasa boss!

  83. Hehe.

    Saya udah baca blog sang ilmuwan yang di Jepang itu.

    So science adorable. Ingin membantah sains dengan argumen yang darinya juga ‘religi sains’.

    Percuma dijelasin disini sih, intinya yang bilang Islam sesat karena ikuti Yahudi dan apalah, saran saya sebagai agnostik yang tadinya menggilai science dan beralih menjadi percaya agama dan Tuhan: pelajari sejarah!

    Sebelum kalian uda sibuk bahas gravitasi ini itulah. Itu kuncinya!
    Pelajari, bagaimana Copernicus memutuskan bumi itu bulat!!?

    Sebelum sok kepinterak bawa2 sains.
    Kenapa? Karena disitulah letak awal permasalahanya :)

  84. Aab eL-Thefatir

    jika memang bumi itu datar.
    tolongdong jangan hanya mengeritik bahwa bumi itu bulat.
    silahkan unggah foto atau vidio batas bumi.

    terlalu banyak teori. buktinya gak ada

    ini kan sederhana saja. kalau memang bumi datar, buktinya gak usah ngeritik. cukup dengan bukti itu saja.

  85. Anggra

    Kereeeeen… nyimak banyak debat di atas.
    Sana sama2 naik keatas……
    Mau pake pesawat ulang-alik, pake balon, to ketapel jg boleh….
    Yg penting dapet bukti kuat..mau bulet/kotak/segitiga/jajar genjang..
    “Debat selama tidak ada bukti yg di inginkan”((melihat dengan mata kepala sendiri/benar2 telah melakukanya dan akhirnya merasakan sendiri)) untuk pendukung A/B..tidak akan lega. Geger teruss..
    Keduanya tu kaya lihat makan yg belum pernah dilihat/dicicipi..tapi keduanya gk mau menyentuh/memakanya….. yg A mikir enak, B gk enak to sebaliknya. . Yo wes.. debat no terus sampe garing.
    Untuk orang yg bukan bidangnya jangan mencoba mengikuti.. nahh ikut bulat dan datar otak kanan kiri lu.. pasrah aj.. nunggu yg dibidangnya bs buktiin secara real, detail dan akurat hingga tidak bs terbantahkan secara nalar / logika.
    ikut nyimak aj otak ni ky mau mlorot.”Bukan bidang q”
    Sekian…………..

  86. Anggra

    Aaaaaaaa……..

  87. mahesa p.pratama

    Tidak perlu debat kusir, yang utama anda lihat, dan rasakan sistem yang berjalan sudah benar atau belum, ada mind control atau tidak, dan lakukan lah riset sendiri.

  88. Ricky Reinaldy

    Jika bumi datar apakah sudah ada foto keseluruhannya? Jika bumi datar apakah yang ada di sisi lain itu batu atau apa? Jika bumi datar dan matahari lebih kecil begitupun bulan seharusnya kita bisa liat bulan dan matahari 24 jam, atau liat matahari karna pada dasarnya cahaya lebih kuat dari gelap! Jika bumi datar bagaimana terjadinya gerhana matahari atau bulan, sedangkan meraka berputar seperti ying dan yang? Jika bumi datar seberapa besarkah luas bumi ini?

    Masih banyak pertanyaan yang saya mau ajukan. Saya masih tidak mengerti teori yang ada didunia ini jika di relasikan dengan bumi datar tapi kalo bumi bola ( bulat ) masih bisa paham..

    Penasaran banget

  89. Ricky Reinaldy

    Jika bumi datar apakah sudah ada foto keseluruhannya? Jika bumi datar apakah yang ada di sisi lain itu batu atau apa? Jika bumi datar dan matahari lebih kecil begitupun bulan seharusnya kita bisa liat bulan dan matahari 24 jam, atau liat matahari karna pada dasarnya cahaya lebih kuat dari gelap! Jika bumi datar bagaimana terjadinya gerhana matahari atau bulan, sedangkan meraka berputar seperti ying dan yang? Jika bumi datar seberapa besarkah luas bumi ini?

    Masih banyak pertanyaan yang saya mau ajukan. Saya masih tidak mengerti teori yang ada didunia ini jika di relasikan dengan bumi datar tapi kalo bumi bola ( bulat ) masih bisa paham..
    Ada yang bisa jawab

  90. Ask nih?

    1. Untuk pendukung bumi bulat.

    Katanya satelit buatan beredar juga kaya satelit alami…tapi kok dalam live streaming nasa…pencahayaannya tetep aja sama…kan harusnya bukanya gelap waktu malam dan terlihat sangat terang waktu siang dan buminya juga gk pernah keliatan malem?

    2. Untuk pendukung flat earth

    Tolong jelasin dong kok bintang Selatan juga terlihat di teleskop…katanya hanya ada bintang Utara.. kalo di bilang itu cuma perspektif atau refleksi cahaya…pantulannya dari apa?..

    Mohon di jawab… Cuma pngen tau mana aja yg paling meyakinkan jawabanya

  91. Aditya

    Jika bumi itu datar, ujung timur, selatan, utara, itu berada dimana, dan sudah ada yang pernah melihat ujung bumi atau belum, kalo bumi datar berarti di ujung bumi kita bisa melihat luar bumi.

  92. Aditya

    Kasih minyak lagi biar makin panas!!!!

  93. Metek

    Astaga di indonesia makin banyak orang GOBLOKnya..
    terus buat apa disekolahin di SD?
    klo emang Flat Earth yg bener, kenapa pelajaran SD pakek Globe?
    Percaya kok ama konspirasi..
    Yg FE ubah dulu kurikulum di seluruh dunia pake FE biar ane pake paham FE..

    LAWAK2.. kasian orang tua sekolahin tp gak masuk di otag.

  94. Berarti ada ujung dunia dong ya……..dan jangan juga bilang kalau yg bisa ke ujung dunia hanya yang punya ‘kekuatan’……….. Kalo hanya yg punya ‘kekuatan’ yg bisa ke sana lebih baik yg pendukung flat earth diam……..

  95. helmy

    Kalo bumi datar bates batesnya yang ada es itu dimana aja?

    Kalo bumi bulat misalnya orang indonesia kiblatnya ke barat berarti bisa ke arah timur juga dong ya

  96. thesoultaker

    Bumi itu datar yang bulet mah tahu aja deh…..berantem mulu cari tau dulu kebenaran jangan katanya yabroo

  97. Yuri Gagarin

    Terserah lah. Mau bulet kek, datar kek. Yang terpenting kita jaga bumi kita. Sebaiknya dijaman yang sekarang ini kita udah gak perlu lagi mikirin bentuk bumi. Bentuk bumi yang bulat itu sudah dipikirkan dan di teliti beratus-ratus tahun lalu. Bahkan hal itu dicetuskan tanpa NASA dan astronot-astronotnya. Pake peralatan dan percobaan sederhana aja. Nah sekarang tugas kita sebagai umat manusia adalah menjaga rumah kita ini. Menjaga bumi kita ini. Bukan malah ngurusin hal yang kaya gini. Yang saling bantah lah, saling ini, saling itulah. Lagi pula kalo emang teori flat earth itu bener kenapa gak di jelaskan pas jaman dulu aja. Kalo baru sekarang mah kesannya kaya mengada-ada. Kalo flat earth bisa ngebuktikan ujung dari bumi datar aja, teorinya pasti bisa lebih baik. Nah ini cuma kaya ngompor2in “kita ditipu, ini konspirasi wahyudi, bumi bulat kok kita ga jatoh” gitu misalnya. Malah ga ada bukti akuratnya. Jadi dari pada kalian saling menguatkan pendapat mending istirahat. Yang penting adalah gimana ngejagain bumi ini agar anak cucu kita lahir dan menikmati indahnya tempat tinggal ini. Gitu-gitu lah pokonya.

  98. kerupuuuk

    Kalo dari teori flath earth yg masuk logika org awam kayak ane cuma bagian pesawat mendarat darurat dialaska karna ada ibu2 ngelahirin.
    Perjalanan bali to LA.
    Dimana kalo bumi bulet pendaratan darurat nya malah ngejauhin pesawat dari tujuan (LA).
    Sedangkan kalo pake bumi datar , itu memang kalo ke LA lewat atas alaska.

    Tapi ya entahlah ….

  99. jank.donank

    lihat dulu videonya bos baru comen, itu ada 11 video di flat earth,
    itu bukan sekedar masalah bumi bulat lonjong kotak maupun kayak telor tapi kita umat manusia umat manusia sedang di bodohi dan di adu domba sama kaum iluminati

  100. Paper

    Kenapa bumi tidak dapat difoto? coba kalian ngambil foto nyamuk terbang,gk bisa kan. sama halnya dengan bumi. bumi tidak dapat diambil gambar karena berotasi terlalu cepat. tidak ada teknologi saat ini yang mampu merekam rotasi bumi.

  101. Teori bumi datar atau globe sebenarnya tidak menjadi inti dari perdebatan bentuk ini, tp yang intinya yg jgn lupa adalah para Freemasonary di belakang ini. Jelas mereka muncul di iklan tv terkenal bahwa Indonesia dengan bilang dunia akan berakhir, setting sistem ekonomi ribawi, kontrak freeport yang tdk jelas sharingnya skrng stlh Indonesia diancam bom jl. Thamrin, konflik di Ambon tahun 2000an, konflik di Papua, hutang luar negeri yg ga pernah lunas2 meski sdh puluhan tahun dicicil.
    Kesimpulannya kita jgn smapai diadu domba oleh strategi Freemason

  102. Budi

    Kalau memang benar bumi itu datar.. Berati kita umat sedunia telah dibodohi sama NASA. tp jika Flat Earth salah.. . Itu maklum karna tidak memiliki bdan hkum.. Ini hanya fakta yang tidak dianggap.. Dan sudah pasti akan Malu NASA dan ISS. Biarpun dia salah mana mau ngaku.. GENGSI LAAH…

  103. Ipul

    Bagi yang tanya bahan bakar satelit di atas bumi… Satelit kalo udah masuk orbit bumi gak perlu bahan bakar utk bergerak mengikuti perputaran bumi, sama aja kayak naik helikopter vertikal ke atas dari monas.. tetep aja di atas monas terus tapi karena masih terkena gaya gravitasi jadi harus punya bahan bakar biar tetap di atas beda dengan satelit yang melayang terus

  104. Zoro

    Maaf sebelumnya min, mmg penjelasan dari flat earth sudah cukup logis dan bisa dibandingkan dgn pnjelasan dari ball earth, sy selama ini percaya bumi itu bulat seperti bola tapi msh belum mendapat bukti real. Kan yg benar itu ada ketika ada pembandingnya, sy mah belum persoalkan mau itu datar atau kayak bola, soalnya gini kan “katanya” manusia sudah pernah mendarat di bulan, terus kenapa nggak sekalian diambil aja gambar bumi dari bulan atau rekamanya yah? selama ini sy hanya mendapat teori2 yg mengatakan bumi itu bulat kyak bola, tapi belakangan muncul juga teori pembanding bumi bulat dan teorinya bisa dikatakan lebih logis kalau bumi itu berbentuk bulat datar.

  105. Zoro

    Maaf sebelumnya min, mmg penjelasan dari flat earth sudah cukup logis dan bisa dibandingkan dgn pnjelasan dari ball earth, sy selama ini percaya bumi itu bulat seperti bola tapi msh belum mendapat bukti real. Kan yg benar itu ada ketika ada pembandingnya, sy mah belum persoalkan mau itu datar atau kayak bola, soalnya gini kan “katanya” manusia sudah pernah mendarat di bulan, terus kenapa nggak sekalian diambil aja gambar bumi dari bulan atau rekamanya yah? selama ini sy hanya mendapat teori2 yg mengatakan bumi itu bulat kyak bola, tapi belakangan muncul juga teori pembanding bumi bulat dan teorinya bisa dikatakan lebih logis kalau bumi itu berbentuk bulat datar..

  106. yuho

    kok bego banget sih…yang ngatain bumi datar… mungkin kebanyakan nonton kartun. anak kecil aja bisa tau bentuk bulat kok, bulan contohnya..

  107. yuho

    bulan aja bulat. haduh..masa bumi datar..gak berdasar banget..

  108. DAN BROWN

    Teori bumi itu bulat dibuat oleh manusia, teori bumi datat juga oleh manusia. Kita ga ada yang tau tujuannya mereka apa. But kalo gue anak IT gue percaya kalo satelit ada, krn gue sering installasi vsat (parabola yg diatas ATM) dan gunain hape satelite (yg buat di tengah2 hutan) kalo org awam pasti mau bilang kan ada fiber optic ada 8 tower besar didunia buset skrng mana foto tower2 besarnya? Trs emng lu kira di tengah hutan udh ada fiber optic bos? Mau pake cara white alice ? Hellow pantulan titik2 vsat bukan cuma dr titik a-b aja itu luliat vsat diatas kapal perang or lain mereka bisa komunikasi multipoint(satu ke banyak or banyak ke satu) bos dengan metode change frequency atau vsat auto track (yang bisa muter2 sendiri)… btw kalo emng teori flath bener knp ga di publis aja isi dari ujung kutun selatan banyak yg jagain disana? Lu percaya dari manaa banyak yg jaga??? Ngeliat di yutub? Wkwkwk kasian… lu percaya gambar foto yg diupload flathearth di internet? Wkwkwk sepele itu org juga yg buat bisa juga fakekan?…

    Jangan terlalu percaya dengan conspirasi2 yg ada,, mau bahas ayat al-quran? Mentafsirkan al-quran ga segampang itu bos…

    Jaman sekarang makin canggih, semua bisa dimanipulasi entah dr globeearth or flathearth bos… jan gampang percaya…

    Kalo kehidupan lo belum berkecimpung ke hal2 kaya gitu pemikiran lo cuma bisa di bego2in doang hahaha #DanBrown

    SEJARAH DIBUAT OLEH PEMENANG, BUKAN ASLINYA GAES… kecuali Al-Quran

    Kalo menurut gue bumi itu oval, kaya telor coba aja lu kuras lautan dibumi #OvalEarth

    Wkwkwkwk

  109. Abiyyu

    Kalau bumi itu datar itu tidak mungkin karena 1. Kalau datar kita bisa traveling ke pinggir bumi
    2. Kalau datar kenapa di indonesia siang di amerika atau arab malam???

  110. Aldebaran

    Kalian itu jangan terlalu mendewakan ulama atau ilmuwan..jelas manusia itu tempatnya salah!. Kembali kepada al quran, pertanyaan mendasar: APAKAH BETUL BUMI BAGIAN DARI LANGIT (MELAYANG2 DILANGIT)? ATAU MATAHARI DAN GUGUSAN BINTANG YANG MELAYANG2 DILANGIT (antara langit dan bumi)? Silakan yang muslim cek, (QS. Al Anbiya: 30), (QS. Qaf : 6), (QS. Al Ghashiyah:18-20), (QS. Al Mu’min: 64), (QS. Az Zukhruf:10), (QS Al Hijr:15), (QS. Al-‘Anbya : 16), (QS Qaf: 6-7.), (QS. Al Mulk: 3-5), (QS. Ash Shofaat: 6), (QS Al Hijr:16), (QS Al Fuqon:61), (QS Fushilat:12), dsb…silakan cari pemaknaanya, betul seperti?! Itu ayat saling menguatkan satu sama lain bos, al quran ga mungkin salah (kalau anda seorang muslim, pasti meyakininya)!! Kalau mau saya kirim email, hasil tulisan saya. Silakan cantumkan emailnya!

  111. Aldebaran

    Satu hal lagi yang aneh, kata beberapa ilmuwan bumi itu tidak bulat2 amat, elips (agak elips) karena rotasi bumi. Logikanya, bumi awalnya bulat, tapi karena rotasi jadi elips. Tapi kenapa foto bumi yang resmi DIAMBIL LANGSUNG dari satelit NASA, foto bumi tidak ada yang elips (sedikit pipih di Timur dan Baratnya), semuanya terlihat globe atau bahkan bulat sempurna. Kalaupun ada elips hanya ilustrasi gambar penelitian dan bukan dari foto resmi NASA. Apa ketika di foto oleh satelit, bumi selfie dulu (diam tidak berotasi) jadi kembali ke bentuk semula menjadi globe? Hahaha..katanya langsung ngambil gambar dari satelit? Gimana ini? Wkwkw..

  112. Aldebaran

    Carilah kebenaran dari sumber Ilahi, bukan pembenaran dari Mukidi, Ok! Kehidupan ini penuh konspirasi, guys! Hahaha…

  113. Aldebaran

    Saya muslim, saya percaya kepada ulama, tapi ulama yang mana dulu? jangan terbius dengan nama arab/muslimnya (ustad, syeik, muhammad, muslim..dll). Hadis aja ada yang dhoif ada yang sahih. Berarti masih ada “oknum ulama” yang mengaburkan kebenaran hadis nabi Muhammad..Silakan pikir!!

  114. jumardi

    Tapi bagaimana dengan kebohongan NASA yang katanya mendarat ke Bulan ?

  115. Jadi intinya kita semua ga ada kerjaan membahas tentang bumi, hahahaha
    Debat antara bola sepak ama piring nasi,,
    Kalo ane lebih milih ikan bakar aja,
    Semuanya wallohu a’lam gan.

  116. Joe

    Kepada Flat Earthers.
    Mohon ajarkan kepada anak-anak Anda sekalian bahwa Bumi itu Datar.
    Ajarkan mereka bahwa satelit itu tidak ada.
    Ajarkan mereka seluruh ilmu yang Anda dapatkan dari Flat Earth Society.
    Jika nanti mereka tidak lulus ujian ataupun tidak naik kelas, silakan nikmati saja.

  117. amir

    aku percaya bumi itu datar,dan matahari mengelilingi bumi. matahari lebih kecil dari bumi.lihat aja matahari hari ini,cuma sebesar kuku jempol,padahal di gambar nasa matahari terlihat puluhan kali ukuran bumi,klo matahari puluhan kali ukuran bumi,tentu langit dari timur kebarat tertutupi matahari.

  118. amir

    mendarat di bulan? pergi ke mars? kutub selatan aja sampe sekarang gak terjamah.orang hidup cuma di kutub utara,di kutub selatan area terlarang dan mustahil bisa hidup.karena kutub selatan itu area terluar bumi kita yang datar ini.

  119. dila ersaga

    At-Thabari meriwayatkan bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu tentang Baitul Makmur.

    Jawaban Ali Radhiyallahu ‘anhu,

    بيت في السماء بحيال البيت، حرمة هذا في السماء كحرمة هذا في الأرض، يدخله كل يوم سبعون ألف ملك، ولا يعودون إليه

    Itu adalah bangunan di langit, sejajar dengan Ka’bah. Kemuliaan bangunan ini di langit sebagaimana kemuliaan Ka’bah di bumi. Setiap hari dimasuki oleh 70.000 malaikat, dan mereka tidak kembali lagi. (Tafsir at-Thabari 22/455 dan dishahihkan al-Albani).

    At-Thabari juga menyebutkan riwayat yang mursal dari Qatadah (ulama tabi’in), beliau mengatakan,

    ذكر لنا؛ أن النبي صلى الله عليه وسلم قال يوماً لأصحابه: هل تدرون ما البيت المعمور؟ قالوا: الله ورسوله أعلم، قال: فإنه مسجد في السماء، تحته الكعبة، لو خرّ لخر عليها

    Sampai kepada kami informasi bahwa satu hari, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda di hadapan para sahabatnya, “Tahukah kalian, apa itu Baitul Makmur?” jawab beliau, “Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu.”

    Lalu beliau menjelaskan, “Baitul Makmur adalah bangunan masjid di langit, tepat di bawahnya adalah Ka’bah. Andai masjid ini jatuh, dia akan jatuh di atas Ka’bah.” (Tafsir at-Thabari 22/456. Riwayat ini juga dikutip Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, 7/429).

    Dalam Silsilah as-Shahihah dinyatakan,

    وجملة القول أن هذه الزيادة ((حيال الكعبة)) ثابتة بمجموع طرقها

    Kesimpulan keterangan bahwa tambahan riwayat ‘sejajar dengan Ka’bah’ statusnya shahih, dengan gabungan semua jalur periwayatannya. (as-Silsilah as-Shahihah, 1/476).

  120. bodhink

    sudah saatnya kita DATARKAN TEKAD,coz the earth is flat…kalau BULATKAN TEKAD,đah biasaa….H▲²H△²H▲² ..

  121. Erik

    Semasa kecil saya memang selalu di ajarkan kalau bumi itu bulat .. Tapi setelah melihat vidio tentang pembuktian” bumi datar memang masuk di akal juga .. TPI jika bumi itu datar .. Memanglah ketika gerhana matahari yg menutupi bulan .. Tapi ketika gerhana bulan, apa yg menutupi matahari . ????? Karena di youtube saya belum menemukan penjelasan adanya gerhana bulan pada flat erth .. Tolong di jawab .. Trimakasih ..

  122. Irvan zaky

    Gw gak gak peduli bumi bulat atau datar yang gw tau tahu bulat di goreng dadakan.

  123. yoto

    jika bintang kecil dapat difoto,adakah yang pernah memotret sateli secara langsung?mohon informasinya jika ada ..terima kasih

  124. Khan

    Ga cuma foto tp videonya malahan,sotoy..
    Pertanyaan simple nich buat yg udh dibodohin teory flat earth..
    Klo bumi itu datar coba dong tunjukin dimana ujungnya..? Ga usah ngeles kemana mana pake bilang satelite itu ga ada.. sampe bawa Quran n tafsirin semau gue.. yg bilang bumi datar itu bible,cek aja sana.. bible ya bukan injil.. xixixi..
    So Tunjukin aja dimana ujungnya klo emang bumi itu datar,mo video kek,photo kek.. terserah..
    Yg yakin ma teory flat earth ibaratnya sama aja percaya klo manusia merupakan evolusi dri kera!!!

  125. lu mau liat bumi itu bulat cek aja di yutub. live lagi kalo live mustahil cgi!!!

    menurut ane bumi itu jhajhar genzang

  126. Andi Setiawan

    Yang bilang live di youtube itu asli kalian sudah di tipu. Adalah green sceen dan akting dari aktor aktor hollywood nasa, mereka bisa melayang karena bantuan tali, nyelem di air, dan dg bantuan pesawat yg bisa memanipulasi gravitasi. Klo kalian ga percaya cek aja di youtube, malah pas live ada yg ketauan kliatan gelembung airnya. Ditambah lagi satelitenya, kalo dia bener diatas angkasa dg kecepatan yg katanya 28x kecepatan suara dia pasti udah hancur dg bentuk satelit yg spt itu padahal pesawat dg kecepatan 3x kecepatan suara aja harus dibuat aerodinamis. Di atmosfer itu suhunya bisa mencapai 6500°C, dg suhu tsb bisa lelehin baja tapi kok ga leleh ya tuh satelit, pake bahan apa coba. Kemudian saya mau bahas antartika. Christoper Colombus pernah hampir 4 taun keliling dipinggiran antartika dan yg dia temui hanyalah tembok es menjulang tinggi. Sampe pada suatu saat ada seorang penerbang namanya Richard Evelyn Byrd yg mendapat gelar medal of honor menjelajah dan melewati antartika selama 4 bulan. Ini nyata karena dia bilang sendiri di sebuah wawancara, klo setelah antartika ada sebuah daerah yg belum pernah dilihat manusia. Daerah tsb kaya akan minyak yg bisa memasok seluruh dunia selama ratusan tahun. Wow. Tapi apa yg terjadi sekarang, antartika spt disembunyikan, tidak boleh ada yg mengeksplore antartika kecuali cuman camp dipinggiran. Malah dibangun pangkalan militer beberapa negara besar. Kalo antartika memang kaya sda kenapa malah di tutup? Sedangkan di kutub utara banyak perusahaan di berbagai negara yg nambang minyak disitu? What a propaganda.

  127. Apis

    GILA INDONESIA BANYAK SAINTIS

  128. Misteri

    Mohon yg punya banyak ilmu bantu jawab..
    Menurut globe earth, satelit bergerak mengikuti rotasi bumi. Sehingga tidak perlu bahan bakar.. Lantas di vidio yang diatas dia berhasil neropong satelis.. Ada yg ke kiri ada yg ke kanan.. Bahkan trlihat brjalan melawan rotasi bumi..
    Bukankah itu perlu bahan bakar?
    -kalaupun memiliki bahan bakar, berwujud apa dia? Menembakkan Api sperti yg kita liat2 di tv itu?.. Di luar angkasa katanya kedap udara sama skali.. Lalu kenapa api bisa keluar..

    -lalu di vidio trsebut terlihat juga satelit melawan arah rotasi bumi.. Bukankah seharusnya satelit yg lawan arah itu justru melesat cepat seperti kita lari kencang ke arah pesawat jet yg menuju ke arah kita..

    Ini saya tanya tentang satelit dulu biar gk ganggu konsentrasi

  129. Farhat

    Seandainya bumi benar datar, dimana dapat dipastikan posisi magma dan atenosfernya tsb.

  130. baimaki

    gw gak banyak2 nanya . . . jelasin soal transit pesawat terbang aja . . . logika nya bener tu . . masak transit jauh2 dari afrika ke alaska baru australia . . logika kemana . . ngapa g tembak lurus aja . . . trus penyesuaian jam terbang nya jga akurat kalo FET . .

  131. Nipoh

    Saya bukan pengikut teori flat earth dan namun bukan bearti saya juga mempercayai teori globe earth.

    Dari banyak artikel, video yang bersifat analisa sains, kemudian yang muncul di benak saya adalah apa kepentingan dari konspirasi flat earth?

    Bagi saya, ilmu sains itu dinamis.Tidak mengenal batas zaman. Selalu ada penemuan untuk pembuktian yang menurut teori itu benar. Kembali tentang konspirasi flat earth, saya belum menemukan 1 nama di dunia ini yang benar-benar sudah mengelilingi bumi di era modern ini sehingga menguatkan teori bahwa bumi adalah bulat atau datar.

    Jika saya menarik 1 kesimpulan dari ke dua teori bumi bulat atau datar, kecendrungan bahwa bumi adalah flat itu lebih mendekati jika perbandingannya adalah sains ketimbang teori bumi adalah bulat. Karna saya masih menemukan inkonsisten di setiap teori sainsnya.

  132. Art

    Sepertinya diskusi antara Flat Earth dengan Globe Earth makin panas. Mungkin hal berikut ini bisa langsung kita lakukan (seperti kata narator di video FE: “Sebelum bertanya atau menyanggah, lakukan riset dulu, biar nggak debat kusir”)

    Pertama, untuk tahu bahwa satelit itu ada atau tidak, sebenarnya sangat simpel. Langganan/pasang aja TV yg pakai parabola, cari provider yang sedang promo (biar murah, paling-paling keluar dana Rp.300rb). Saat sudah dipasang sama providernya, dan gambar di TV sudah sempurna penerimaannya, coba saja diubah/geser arah parabolanya. Seandainya gambar di TV jadi renyek, artinya bahwa satelit itu nyata ada, karena salah satu fungsi satelit adalah sebagai penangkap sinyal yang dipancarkan dari bumi dan memancarkan lagi supaya bisa diterima di bumi kembali. Mirip seperti antena TV biasa, yg selalu kita pasang tinggi-tinggi supaya nggak terhalang dan kita dapat gambar siaran yg bagus.

    Yang kedua, peta bumi datar dengan mudah bisa kita download dari internet. Kemudian, putar peta tersebut arahkan posisi indonesia berada di selatan. Karena kebetulan saya ada di Jawa Barat, maka saya tempatkan posisi Jawa Barat tegak lurus di bawah Kutub Utara.
    Tarik garis lurus dari Jawa Barat ke arah kota Mekah (karena itu adalah jarak terdekat Jawa Barat ke arah kiblat). Selanjutnya dengan bantuan busur derajat kita ukur sudut antara garis dari Jawa Barat ke kota Mekah dengan garis dari Jawa Barat ke kutub Utara. Dari pengukuran itu saya memperoleh sudut 37 derajat dari arah Utara ke arah Barat, atau 53 derajat (=90-37) dari arah Barat ke Utara. Sedangkan saat ini, saya selalu sholat membentuk sudut 23 derajat dari arah Barat ke Utara. Jika mengikuti peta Bumi datar arah Kiblat sholat di daerah Jawa Barat kira-kira 53 derajat dari arah Barat ke Utara. Kesimpulannya: “Bagi yang percaya bahwa Bumi datar, ada baiknya untuk mengukur ulang sudut arah kiblat anda, karena arah kiblat yang kita pakai saat ini sesuai dengan bentuk Bumi bulat”

  133. Muhammad Haikal Ervan

    wow, bnyk bgt yg ikutan debat wkwk

    oke, saya disini bakal bantu jawab pertanyaan” para flat earthers.
    FAQ:
    1. gimna bisa liat benda langit yang jauh tapi satelit yang dekat aja gabisa?
    nih ya, benda yang jauh itu ukurannya bisa beribu bahkan berjuta kali ukuran bumi. contohnya Jupiter yang punya ukuran 69.911km aja dari bumi walaupun pakai teleskop pun ukurannya gasampe segede kacang. saya udah pernah liat sendiri. jupiter yang ukurannya segitu bisa ketangkep walaupun jauh sedangkan satelit yang dekat ga keliatan? kenapa? karena mayoritas teleskop yang ada itu memang memfokuskan untuk melihat objek yang jauh.
    2. satelit beredar di orbit bumi, lama lama bahan bakarnya habis dong?
    nope. pengisian bahan bakar nuklir untuk satelit dilakukan saat satelit mengorbit bumi di bagian belakang sehingga tidak terkena sinar matahari. tapi kalo satelit mengorbit diantara bumi dan matahari, stelit akan melakukan pengisian bahan bakar melalui panel surya.
    3. batas gravitasi bumi sekitar +- 400km tapi kenapa bulan bisa terpengaruh gravitasi bumi?
    pengaruh gravitasi +-400km itu hanya untuk benda benda seukuran 0-200m saja. sedangkan ukuran bulan itu masih bisa ditarik oleh bumi. intinya, benda kecil pada ketinggian tersebut tidak akan terpengaruh oleh gravitasi bumi sedangkan benda besar masih terpengaruh.
    jika diibaratkan dalam kehidupan sehari hari, manusia dan hal hal di bumi ini diibaratkan debu dan virus, sedangkan bulan kita ibaratkan bola basket. apakah debu dan virus tertarik ke bumi, well i dont think so, mereka mengambang, beterbangan diudara, itu karena berat jenis masing masing benda berbeda. dan bole basket? masih tetap tertarik ke arah bumi karena berat jenisnya jauh lebih besar dibandingkan debu dan virus.
    4. rute pesawat kenapa ga langsung ambil garis lurus saja?
    well, walaupun masih agak ragu, tapi akan saya jawab. mengapa megambil rute yang panjang? sebenarnya, jika anda perhatika baik baik, rute rute yang diambil selalu tidak jauh dari daratan, kenapa? karena kalau ada sesuatu terjadi pada saat penerbangan berlangsung, masih bisa dan sempat melakukan pendaratan darurat setidaknya pendaratan di Zona Ekonomi Eksklusif yang panjangnya 200mil ditarik dari garis pantai terluar. kalau mengambil rute langsung garis lurus, jika pesawat mengalami kerusakan dan mendarat di air, siapa yang akan selamat? walaupun bisa berenang apakah mungkin berenang dari tengah samudra ke pinggir pantai? ga lepas tuh tangan? faktor lainnya adalah keberadaan predator perairan berupa hiu dan jenis paus orca.
    5. seandainya bumi bulat dan berotasi? kenapa manusia tidak terpental keluar angkasa?
    karena bumi berputar secara konstan dengan kecepatan putaran 965km/jam. jadi manusia yang tertarik gravitasi dengan percepatan 9,87m/s2 yang tidak seimbang dengan massa manusia. sehingga manusia akan tetap mengikuti perputaran bumi pada porosnya sambil melakukan gerak inersia. tau gerak inersia kan?
    nah apa jadinya kalau bumi berhenti? apa manusia akan terpental keluar angkasa? nope. manusia hanya akan terpental sejauh sekitar +-970km dan tetap berada di bumi karena masih tertahan gravitasi.
    6. kenapa benda langit (planet di tata surya) berputar pada poros matahari tanpa tertarik semakin dekat ke matahari. karena benda benda langit tersebut juga memiliki gravitasi tersendiri dan terpengaruh oleh gaya tarikan dari luar tata surya namun gaya tarikan ini tidaklah besar, melainkan hanya mempertahankan posisi benda langit tersebut.
    7. kalau roket dari bulan mau balik ke bumi harus mengejar bumi yang kecepatannya 108.000km/jam mengitari matahari?
    bumi berevolsi dan berotasi. bulan punmelakukan 3 gerakan, rotasi, revolusi thd bumi, revolusi thd matahari. sedangkan jarak bumi dan bulan masih sama, sangat sangat memungkinkan kalau roket tersebut dapat kembali ke bumi dengan cara melawan arah rotasi bumi yaitu roket masuk dari arah timur, kemudian melakukan gerakan konstan, sehingga bisa tiba di space centre (ikut berputar bersama bumi) lebih cepat.
    8. dari banyaknya satelit, tidak ada yang membuktikan bumi buat?
    foto bumi dari bulan membuktikan bumi itu bulat, namun tidak seperti yang diharapkan, bumi yang terlihat hanya sebesar kacang atom karena jarak antara bumi dan bulan yang bisa dibilang cukup jauh.

    sekian dulu dari saya.
    apabila ada salah tolong koreksi, saya hanya siswa sma biasa. tapi tolong jangan remehkan saya, karena sangat bisa jadi pemikiran saya setara dengan anda dikarenakan saya siswa anggota olimpiade ilmu kebumian dan astronomi, jadi pengetahuan saya sudah cukup untuk ikut debat seperti ini. mohon maaf bila ada kata yang susah dimengerti hehe.

    masih bingung ato mau tanya tanya email aja ya [email protected]

    thanks a lot

  134. roby

    jika GPS terhubung lansung dengan satelite?.
    mengapa akses ponsel yg jauh dari tower sangat sulit untuk di akses?
    jika dengan satelite maka mudah saja untuk akses ponsel. tidak perlu tower…..
    gue cerita sedikit. satelite di luncurkan setelah selesai perang dunia kedua(katasiapa). bagaimana mungkin AMERIKA Serikat membumi hanguskan HIROSHIMA DAN NAGASAKI tepat sasaran?. padahal ketika perang itu satelite belum diluncurkan ke angkasa?. AMERIka tetap menggunakan GPS. tapi melalui sistem sonar dan tower.
    saya suruh anda melihat ke langit. amati satelite itu. ada atau tidak yg terpintas satelite yg mengelilingi bumi ini?. katanya ada 13.000 satelite yg mengitari bumi? tanpa tabrakan. pesawat yg terbang di udara bisa tabrakan padahal luas. kok satelite gx pernah tabrakan?. tanpa awak lagi..

    saya bertanya tentang GPS saja. gx usah bumi datar atau bulat..

  135. Zadkiel18

    menurut saya sih …
    bumi itu kagak datar juga kagak bulat …
    tapi bumi itu luas ….

    jika memang benar bumi itu datar dan bulan dengan matahari itu sama besar dan berputar beriringan .. bagaimana kalian menjelaskan tentang adanya periode bulan ….???

    dan …

    jika bumi itu bulat .kenapa dan berputar pada porosnya secepat 1600kmph …. mengapa permukaan bumi itu tidak rata/bersih seperti tanah lapang ….
    mengapa gaya grafitasinya tidak berlebihan …..
    mengapa masih ada pesawat terbang ,balon udara ,dan juga ada “roket” yg terbang keangkasa untuk mengirim satelite ke angkasa luar ???
    jika memang benar bahwa kutup selatan itu ada pusatnya … mengapa ada larangan untuk kesana ?? mengapa pihak AS mengatakan bahwa disana adalah daerah terlarang ???
    jika bumi bulat kenapa seseorang yg berada di dataran tinggi .tetap bisa melihat ujung daratan yg membentang ke bawah nya ????

    itu saja

  136. fandy

    Hidup flat earth

  137. fandy

    Arah angin membuktikan bumi datar…arah angin mengarah ke segala arah dan ada nuga saat tidak ada angin sama sekali

  138. MRA

    Anggap jika permukaan bumi itu datar seperti yang disebutkan diatas. Lalu ada juga yang namanya kubah langit diatsnya seperti disebutkan sebelumnya. Lalu yang ada dibawanya apa? Apakah cuma dataran berbentuk kotak atau mungkin jurang yang dasarnya tidak di ketahui? Untuk hal ini saya yakin kita para manusia belum ada yang bisa memastikan. Tapi bagaimana jika bagian bawahnya adalah sebuah kubah juga, Bukankah berarti bumi yang datar tersebut berada didalam sebuah bola? Bukankah artinya bola tersebut adalah bumi? dan Bukankah artinya bumi itu bulat?

  139. EPISODE 11 SUDAH MUNCUL, INDONESIA PUN TERLIBAT MEMBIAYAI ELITE GLOBAL PADA AKHIR2 VIDEO INI,
    KONTRA-BANTAHAN JUGA DIJELASKAN PADA VIDEO INI, SILAKAN BERDEBAT, TETAPI INI SANGAT LOGIS DAN MASUK AKAL,
    Untuk itu ajak para ulama dan saintis sama-sama TAFAKUR ALAM , ini link videonya https://www.youtube.com/watch?v=1WIIJcGdsAw

  140. aponk

    assalamualaikum
    saya ingin bertanya cukup satu saja dulu,saya pun tidak mendungukung kedua teori bumi bulat atau datar, walaupun setelah liat video tentang bumi datar “menurut saya” lebih logis, namun tetap sebagi muslim saya berpegang teguh pada Alqur’an
    yg ingin saya tanyakan ini bukan berarti mendukung salah satu teori bumi datar, hanya minta penjelasan saja , bila ada yg berkenan…
    misalkan bumi itu bulat, sering disebutkan apabila kita bergerak lurus kedepan tentu akan kembali kearah kita semula karena prinsip bumi bulat 360 derajat, lalu dalam islam jelas kita diperintahkan Sholat menghadap kiblat yaitu Ka’bah, dan tidak boleh membelakanginya, nah apabila pada prinsip bumi bulat dikatakan bahwa kita akan kembali ketempat asal kita bila bergerak lurus kedepan karena prinsip bulat tadi 360 derajat, kenapa kita tidak boleh sholat membelakangi arah kiblat, sedangkan arah kebalikan akan kembali kearah semula, walaupun mungkin arah kebalikan itu berbeda jaraknya,hal ini akan membuat rancu prisip bumi bulat..silahkan praktekan dengan contoh bola sebagi bumi bulat..sedangkan pada prinsip bumi datar jelas arah depan ya depan tidak mungkin kembali ke arah semula atau sebaliknya arah belakang tidak akan kembali ke arah depan , dan ini sejalan dengan dengan Islam sebagai pedoman saya yg tidak boleh sholat membelakangi arah kiblat…
    mohon penjelasannya..terima kasih, ( maaf bukan ingin berdebat, hanya ingin tahu jawabannya saja )
    Wassalam..

  141. athar haqi

    Tenang aja sob. Mau bumi nya bulat atau datar, itu gak bakalan di tanyak malaikat di alam kubur, melainkan amal apa yg kita bawa semasa hidup di bumi ini.

  142. dafit_efendi

    Bumi itu alam bukan planet, seperti halnya surga, neraka, barzah. Semua alam itu datar. Nggak terbatas (sangat luas). Lebih masuk aka bumi itu dihamparkan bukan bulat atau oval. Dulu teori bumi bulat dibuat oleh orang yang g percaya adanya Tuhan.

  143. dafit

    Bumi itu alam bukan planet, seperti halnya surga, neraka, barzah. Semua alam itu datar. Nggak terbatas (sangat luas). Lebih masuk akal bumi itu dihamparkan bukan bulat atau oval menurut tafsiran al quran. Dulu teori bumi bulat dibuat oleh orang yang g percaya adanya Tuhan.

  144. To all,

    ngapain mikirin bentuk bumi buang2 energy ,,mendingan kita mikirin akhirat jadi banyakin istigfar aj,,

    toh bulat atau datar itu g ada masalahkan, ini namanya debat kusir

  145. Pugman

    Ga usah mikir satelit, ga usah mikir nasa. Terlalu sulit untuk dibuktikan. Ini cara paling mudah dimengerti dan hampir semua orang bisa buktikan. Buka peta versi bumi bulat dan buka peta versi bumi datar. Lihat dan ingat posisi kutub utara dimana, Indonesia dimana lalu kutub selatan dimana? Okelah penganut bumi datar tidak percaya kutub selatan itu ada, coba ke utara sedikit dan lihat new Zealand!
    Bagaimana pembuktiannya?

    1. Pergilah ke kutub utara atau eropa utara pada musim panas. Saat itu siang akan lebih panjang dari malam bahkan matahari tidak terbenam. Apa yang terjadi di New Zealand? Mereka mengalami musim dingin dan malam lebih panjang. Bagaimana Indonesia? Tetap, siang malam 12jam.

    2.Pergilah Saat musim panas ke New Zealand, anda akan dapati siang lebih panjang dari malam dan eropa mengalami musim dingin dengan malam lebih panjang dari siang.

    Lalu cek peta bumi datar, lihat bahwa new Zealand ada pada radius lebih luar dan lebih jauh dari Indonesia terhadap kutub utara jadi walaupun matahari dekat ke selatan maka tetap tidak akan mungkin new Zealand akan mengalami siang hari lebih panjang dari malam. Karena kalau negara yang ada di radius lebih jauh dari kutub utara bisa siang lebih lama maka kita juga ngalami hal serupa. Toh kita yang di peta versi bumi datar lebih berada diradius lebih dalam dari New Zealand sepanjang tahun tetap siang dan malam +/- 12 jam, kalaupun geser hitungannya tidak sampai 1 jam.

    Seperti divideo flat earth yang menantang dengan pembuktian simulasi skala mekanis ataupun software, coba dibuktikan gimana caranya New Zealand dapat siang lebih panjang dari malam dan Indonesia selalu tetap siang dan malam 12 jam?

    Lalu soal langit berbentuk kubah, maka hal tersebut akan bertentangan dengan ayat yang mengatakan “Allah meninggikan langit tanpa tiang”.

    Kalau langitnya berbentuk kubah berarti ada bagian langit yang pendek karena bersentuhan dengan bagian tertentu di bumi, dan bagian yang bersandar/bersentuhan dengan bumi itu secara makna akan juga berfungsi sebagai tiang.

  146. arsenger

    ada yg bisa sanggah argumen saya ? , kenapa porsi es di kutub utara dan kutub selatan berbeda ? kenapa es di Antartika lebih banyak dari es di kutub utara ? jika matahari menyinari di tengah menurut bumi bulat seharusnya porsi es di kedua kutub sama!! , tapi jika kita asumsikan di bumi datar dengan kutub utara ada di tengah ini logis karena bagian Antartika yg tidak terkena sinar matahari berada di sisi terjauh dari sinar matahari. Lalu muncul pertanyaan lagi, kalau datar kenapa ada malam? Kenapa sinar matahari tdk menyinari semua daratan. karena kubah nya tidak bisa dilewati sinar matahari dan jaraknya terlalu jauh untuk bisa menyinari seluruh bumi, saya beri contoh di Indonesia siang Amerika malam, lintasan matahari di khatulistiwa Indonesia sehingga sinarnya tidak sampai di Amerika dan tidak bisa menembus kemiringan atmosfir karena jarak yg jauh. perhatikan dengan seksama saat matahari lewat , bukan tenggelam tetapi berputar ke arah barat sehingga mengecil dan lama2 hilang. kutub utara mendapat porsi sinar matahari lebih banyak sehingga es nya lebih sedikit dari pada kutub selatan. sampai disini saya rasa anak2 bisa paham ya. jangan ribut lagi ya. Hhe…

  147. Muhammad Arnis

    dalam semua Al kitab agama di seluruh dunia mengatakan bahwa bumi itu dihamparkan dan bukan di lemparkan,, bumi itu datar dikatakan dalam semua Al kitab (zabur, injil, taurat, dan Al Quran.) petunjuk kehidupan. percayalah pada kitab kalian masing-masing, jgn perdebatkan dogma yg menghancurkan ketuhanan kalian.
    yg menulis bantahan ini tidak berkitab mungkin.

  148. dannynagano

    Ok deh saya setuju bumi itu datar,
    Soalnya yang jualan tanah juga berdasarkan panjang x Lebar, bukan berdasarkan diameter lingkaran.

    Ngapain ngurusin bumi bulat atau datar ?
    Untungnya ?

  149. Andryan

    Saya yakin bumi itu tidak senuh nya bulat kok, intinya bumi jadi pusat poros benda di angkasa, matahari, bulan dan bintang, mengelilingi bumi,,, betapa mulia nya manusia,,, klau kurang yakin, buka surat al-qur’an surat yasin 36, ayat 38, dgn ayat ini, keyakinan ku, semakin bertambah…

  150. rizki

    ehmmm, ini artikelnya ambil dari my stupid theory bukan ya? ko’ penjelasannya sama persis?

  151. FE

    Sangat di sayangkan analogi bodoh ini:

    Misalkan saja kalian ingin memotret foto rumah, tetapi posisi kalian hanya satu meter di depan rumah, apa kalian bisa mengambil foto rumah kalian secara penuh? Tentu saja tidak, sekarang permasalahannya, kalian tidak bisa mundur, hanya bisa mengitari dalam jarak satu meter itu saja, bagaimana cara agar bisa dapat seluruh gambar rumah? Tentu saja dengan mengambil banyak foto dan kemudian menggabungkannya.

    Analogi macam apa itu?! Mengambil banyak foto trus di gabung?? Kan konyol namanya,

    trus pernyataan ini malah lebih konyol:

    teleskop bisa menampilkan gambar planet-planet lain, tetapi satelit yang dekat nggak bisa dilihat dengan jelas?”

    Itu karena ukuran satelit memang sangat kecil jika dibandingkan dengan planet. Seperti venus misalnya, kita bisa mengamati bahkan dengan mata telanjang. Jadi wajar kalau teramati dengan lebih jelas menggunakan teleskop, sedangkan satelit ukurannya sangat-sangat kecil bila dibandingkan dengan planet.

    Super sekali… Jelas tdi si penulis bilang memang mgkin jumlah satelit sebanyak itu tpi karna ukuran satelit kecil makanya tak terlihat oleh teleskop wkwkwkw kok seperti bikin jatuh argumen sendiri, sesekali ada baiknya kita berpikir bagaimana mgkin pluto yang pernah dianggap planet terlihat jelas oleh teleskop sedangkan satelit yang berhamburan di luar angkasa tak terlihat walau sdkit??, buat yang percaya satelit pasti mereka sadar dalam pikiran mrk, di atas negara kita ada sebuah satelit yang sedang menjalankan tugasnya sebagai mana yang org awam tau pada umumnya, tapi sayang sekali satelit kita itu tak pernah terlihat di angkasa luar, dan coba kalian cari di youtube dan pernah di beritakan kalo “Nasa menyampaikan secara resmi ada bnyak sampah satelit di angkasa luar yang sudah tak terpakai, tapi mana ??!!!! Nonton live nasa kok gak ada sampah satelit itu loh?!!!

  152. FE

    Sebenarnya flat earth society bukan mempermasalahkan bentuk bumi sepenuhnya tapi adalah propaganda elit global yang mengatakan bumi itu bulat agar kita percaya dgn theory atau pernyataan yang mengarah pada cara indah mereka menipu kita dan rakyat dari seluruh dunia agar prinsip bahwa adanya tuhan itu di hilangkan, dan ingatlah wahai saudara muslimku, Nabi isa belum wafat dia msh punya satu tugas yakni membunuh dajjal, dan para elite global itu adalah penyembah dajjal, dan satu tugas dajjal adalah menyesatkan umat manusia agar tdk mempercayai tuhan, nah melalui mereka ini lah para elite global yang perlahan membutakan kita

    Segala sesuatu apapun itu dan semua yang kita kerjakan akan kembali dan akan di pertanggungjawabkan di hadapan Allah S.w.t
    Allah sudah bnyak memperingatkan kita agar selalu berfikir dgn tnda2nya, yang Maha benar itu Al-qur’an sudah jelas isinya perkataan Allah untuk muhammad dan umatnya agar kita memahami.

  153. 1.Surat Yunus Ayat 5 (10:5)
    huwa alladhi ja’ala l-shamsa diyaan wal-qamara nuran waqaddarahu manazila lita’lamu adada l-sinina wal-hisaba ma khalaqa i-lahu dhalika illa bil-haqi yufassilu l-ayati liqawmin ya’lamuna.

    Artinya :

    English : It is He who made the sun a shining light and the moon a derived light and determined for it phases – that you may know the number of years and account [of time]. Allah has not created this except in truth. He details the signs for a people who know

    Indonesia : Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

    2. Surat Al Anbiya Ayat 33 (21:33)
    wahuwa alladhi khalaqa al-layla wal-nahara wal-shamsa wal-qamara kullun fi falaqin yasbahuna

    Artinya :

    English : And it is He who created the night and the day and the sun and the moon; all [heavenly bodies] in an orbit are swimming.

    Indonesia : Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.

    3. Surat Luqman Ayat 29 (31:29)
    Alam tara anna l-laha yuliju al-layla fi l-nahari wayuliju l-nahara fi al-layli wasakhara l-shamsa wal-qamara kullun yajri ila ajalin musamman wa-anna l-laha bima ta’maluna khabirun.

    Artinya :

    English : Do you not see that Allah causes the night to enter the day and causes the day to enter the night and has subjected the sun and the moon, each running [its course] for a specified term, and that Allah , with whatever you do, is Acquainted?

    Indonesia : Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

    4. Surat Fatir Ayat 13 (35:13)
    yuliju al-layla fi l-nahari wayuliju l-nahara fi al-layli wasakhara l-shamsa wal-qamara kullun yajri li-ajalin musamman dhalikumu l-lahu rabbukum lahu l-mul’ku wa-alladhina tad’una min dunihi ma yamlikuna min qit’mirin

    Artinya :

    English : He causes the night to enter the day, and He causes the day to enter the night and has subjected the sun and the moon – each running [its course] for a specified term. That is Allah , your Lord; to Him belongs sovereignty. And those whom you invoke other than Him do not possess [as much as] the membrane of a date seed.

    Indonesia : Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nya-lah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.

    5. Surat Ya-Sin Ayat 38 (36:38)
    wal-shamsu tajri limus’taqarrin laha dhalika taqdiru l-azizi l-alimi

    Artinya :

    English : And the sun runs [on course] toward its stopping point. That is the determination of the Exalted in Might, the Knowing.

    Indonesia : dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

    6. Surat Ya-Sin Ayat 40 (36:40)
    la l-shamsu yanbaghi laha an tud’rika l-qamara wala al-laylu sabiqu l-nahari wakullun falakin yasbahuna.

    Artinya :

    English : It is not allowable for the sun to reach the moon, nor does the night overtake the day, but each, in an orbit, is swimming.

    Indonesia : Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

    7. Surat Az Zumar Ayat 5 (39:5)
    khalaqa l-samawati wal-arda bil-haqi yukawwiru al-layla ala l-nahari wayukawwiru l-nahara ala al-layli wasakhara l-shamsa wal-qamara kullun yajri li-ajalin musamman ala huwa l-azizu l-ghafaru

    Artinya :

    English : He created the heavens and earth in truth. He wraps the night over the day and wraps the day over the night and has subjected the sun and the moon, each running [its course] for a specified term. Unquestionably, He is the Exalted in Might, the Perpetual Forgiver.

    Indonesia : Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

    8. Surat Ar Rahman Ayat 5 (55:5)
    al-shamsu wal-qamaru bihus’banin

    Artinya :

    English : The sun and the moon [move] by precise calculation,
    Indonesia : Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.

  154. Setiap video konspirasi flat earth memang dapat diterima akal sehat !! TAPI bisakah anda lebih mencerna nya kembali!! Itu video dibuat orang yg memiliki akal pinter untuk ngelabuhin akal pikiran!! Dari mana lo tau antartika daerah terlarang yg d jaga ketat militer?? LO tau dr TEORI video tsb!! Dri mana lo tau sattelite itu tidak ada?? LO tau dr TEORI video tsb!! Dari mana lo tau ELITE GLOBAL telah mempropaganda rakyat dunia?? Lah lo tau dr beberapa video doank!!!LO aja ga tau persis apa itu ELITE GLOBAL!!! PERNAHKAN ANDA SENDIRI MEMBUKTIKAN BUMI ITU DATAR?? DI JAMIN tidak pernah!! Lo hanya tau dari sekumpulan video yg di buat sedimikian rupa agar ngelabuhin akal manusia!! Lo tau bumi datar dr alquran yg jelaskan dr beberapa ayat!! Lo ga bsa menyimpulkan langsung bumi datar !!Bnyk juga ayat dan Hadist yg mendukung Globe Earth!! = “Demikian pula mereka telah bersepakat bahwa bumi ini dengan seluruh pergerakannya baik itu di daratan maupun lautan, seperti bola!! Alam semesta adalah ciptaan Allah Swt!!Alam semesta memiliki jutaan lebih rahasia yg masih blom terungkap oleh manusia!! Lo boleh-boleh aja percaya FLAT EARTH/GLOBE EARTH ! Itu merupakan hak pribadi anda!! Tpi anda juga harus memperhatikan sopan santun anda!! jangan langsung mengungkapkan kata tanpa bukti!! Salam FIII

  155. Santoz Ariego

    Banyak banget tiba tiba mendadak AHLI soal Flat or Globe Earth, dengan semua argumen cang cing cong.., Setelah nonton fakta Flat Earth, Pendapat gw sederhana; GW AKAN MELAKUKAN APA SAJA TERMASUK MENIPU DAN MEREKAYASA APAPUN DENGAN MAHAR 40.000 TRILYUN. Dan gw yakin, bukan cuma gw doang yg punya pendapat itu.. 40.000 Trilyun bro, ada yg pernah liat? hahahahaha… Jadi ya wajar ada konspirasi bla bla bla.., cuma sayang aja klo suatu hari nanti, klo kita ga punya pola pikir yg kritis, kita Meninggalkan dunia (Wafat) dalam keadaan yg ga tau apa yang terjadi sebenarnya.. so, Good luck untuk para Flaters dan para Globeratoz, selamat berjuang lebih keras lagi untuk hidden another fact. :)

  156. prayit ikhsan abdul aziz

    kalau anda orang muslim yang taat terhadap agama, saya bisa berikan riwayat-riwayat hadist dan tafsir ulama yang menunjukan kepada bumi datar tanpa ada keraguan sedikitpun.tapi tidak disini, via email. teori bumi bulat memang benar di buat oleh orang-orang yang tidak percaya adanya Alah dan Hari Akhir.
    meyakini bumi datar lebih menenangkan hati.

  157. kalau anda orang muslim yang taat beragama, saya bisa tunjukan kepada saudara nash riwayat hadist dan tafsir ulama klasik tentang bumi datar. tapi ntidak disini via email saja. teori bumi bulat memang benar dibuat oleh orang yang tidak percaya adanya Allah dan tidak percaya datangnya hari kiamat. saya lebih tengan hatinya ketika meyakini bumi datar.

  158. kalau anda orang muslim yang taat agama. saya bisa tunjukan nash kepada anda riwayat hadist dan tafsir para ulama yang menunjukan bumi datar dengan yakin. via email. insha Allah
    teori bumi bulat memang dibuat oleh orang yang tidak percaya akan hari Kiamat, Surga dan Neraka. lebih lagi tidak percaya adanya Tuhan. terbukti teori bumi bulat semua berseberangan dan berlawanan dengan hal-hal yang berkaitan dengan iman kepada Hari Akhir.

  159. Memang jika kita lihat dari video tersebut kebanyakan di ambil dari data skunder sehingga sulit mempercayinya jika kita bicara dari sudut pandang keilmuan. tapi bumi bulat atau datar masihlah sebuah teori bukan hukum jadi masih bisa dibantah. tapi jika kita perhatikan umur teori bumi bulat sudah lama kenapa tidk dijadikan sebuah hukum?? hari ini teori besok teori sampai kiamat??
    Kalau Saya bicara dari sudut pandang keagamaan Kitab Alqur’an tidak pernah berbohong, walau saya bukan ahli tafsir tapi saya membaca dari referensi kata Allah menjadikan bumi berupa hamparan (dahaha). hanya ulama pendukung bumi bulat menafsirkan dahaha sebagai telur burung unta. saya yakin bumi ini datar walau itu nantinya akan salah atau benar. terkadang orang-orang yang mencetus bumi bulat ingin menjatuhkan (Membuatnya terlihat salah) Al-qur’an.

  160. hardi

    saya mhasiswa pertanian. sering mmbantu dosen jg dlm mmbuat peta. kbanyakan sy ambil dari nasa dan drone…mmang btul jarak mempengaruhi luas. jdi saat sy ambil foto skala kecil maka benda2 makin gak terlihat.. maka harus ambil skala yg besar trus digabung2 jadi foto udara utuh. bumi itu luas.. FE bilang tidak ada satelit.. trus bagaimana foto udara slama 2 minggu sekali di tempat yg sama? bagaimanapun lebih besar biayanya klo pke drone. tambah lagi..alasan NASA membohongi puluhan ribu pegawainya sangat gak masuk akal.. org barat sana meski ada yg gak beragama juga lebih sadar akan kbenaran..lebih cinta sama alamnya.. lebih menjaga kebersihan lingkungannya hatinya tergelitik klo mndengar hal2 tipu menipu.. dan gak masuk akal lagi ahli astronomi indonesia gak sadar dibohongi. awalan ilmu itu setidaknya dari seminar nasional..baru internasional yg murni sains. bukan dimulai dari sangkut paut kebohongan pihak lain.

  161. Jika bumi itu datar, kita bisa melihat gunung tertinggi di dunia dengan mata telanjang..
    Jika bumi itu datar, bagaimana sistem waktu bekerja,…
    Jika bumi itu datar, bawalah penjelasan yang lebih reality… Sudah kah anda berfikir,, ilmuan sudah susah payah membuat teori yang bisa di terima akal sehat, tapi kalian membuatnya menjadi lebih buruk…
    Dan penganut agama yang baik,, jangan hubungkan hal goib dengan hal nyata,, langit yang kalian lihat sekarang itu bukanlah langit yang terdapat didalam alqur’an, langit di dalam alqur’an itu adalah goib, goib itu berbeda dari dunia nyata, jadi ga mungkin bisa terlihat oleh kamera seperti yang terlihat di video nuklir yang terdapat di youtube,,,
    penganut bumi datar, sudahkah kalian berfikir, segala perputaran alam semesta tentang orbit, tentang bulan, bintang, itu berputar di jalannya masing2. Itu adalah kekuasaanNYA. Tidak bisa difikirkan oleh fikiran manusia, manusia hanya bisa menelity, manusia bisa pergi ke luar dunia, itu bukan hal mustahil, manusia di ciptakan dengan otak yang belajar, mempelajari ilmu, , , jika kalian menyangkal keberadaan satelite, sama halnya kalian tidak mempercayai kekuasaan tuhan…

    Emang nya dunia ini mainan, yang hanya bisa di nalar dengan 10 bab,,,

    ilmu itu dari al’quran,, secara tidak langsung penemu penemu, yang menemukan teory bumi bulat itu sudah berfikir matang2, dengan segala hal yang bersangkutan, antara pergerakan, bulan, bumi, matahari, dan segala yang ada di alam semesta, tapi kalian malah membuat semua hal menjadi tidak masuk akal, uang 5000 trilion itu ga sebanding dengan kekuasaan tuhan… Berfikir yang dalam sedikit brooww…. Untuk apa bersih kukuh mempertahankan pendapat yang sudah 100% salah

  162. Roni

    Saya percaya bumi itu datar dan luas…dan saya tidak menyalahkan orang yg percaya bumi bulat….kebenaran hanya milik Allah SWT….manusialah tempat salah dan dosa…selalu mohon ampun kepada Nyq

  163. Oni

    Untuk mengetahui rahasia alam semesta btuh waktu…. Teknologi masih terbatas, sekarang blm bisa memotret setelit mungkin nanti bisa. Sekarang aja mobil bisa terbang. Org dulu mungkin berkata mustahil….. Ilmu pengetahuan bukan milik 1 org. Jadi nanti fakta yg akan mengungkapkan. Karena 1000 teori tanpa fakta yah semuanya hanya buat otak cape. Teknologi luar angkasa harus di kejar oleh semua negara supaya jgn tergantung oleh NASA dan Rusia. Korea Utara sedang giat2nya mengembangkan teknologi nuklir. Reaktor nuklir yg di gunakan new horison sebagai bahan bakar untuk sampai ke Pluto… Jd tidak usah debat soal teori kembangkan saja teknologi luar angkasa supaya semuanya jelas….

  164. Arizal

    Buat fe 2 pertanyaaan saja…
    Bulan itu bulat atau datar?
    Jawab!!!!!!
    Klo lo jawab bulat lo ngak rabun. Klo lo jawab datar lo rabun ato katarak lo semua.

    Bumi itu bulat atau datar?
    Untuk jawab ini lo hrs pergi ke bulan, liat noh bumi dari sana bulat apa datar?
    Ngak bisa jawab lo semua karna lo ngak pernah ke bulan sama sekali.
    Gwa jamin semua yg komen disini lom pernah ada yg liat bumi dri bulan.

    Gwa mah ngak usah pake teori. Logikaaa pake!!!!!!!

  165. Ehh semua. Kalo bumi itu datar…
    Air di bumi pasti akan jatuh ke bawah..

    Trus klo ada hujan pasti airnya jatuh juga.
    Ke bawah.

    Dah jelas jelas bumi itu bulat.

  166. Netral

    Bumi… bulat emang blum terbukti.. fotonya palsu…!! truss. gw nanya.. foto bumi datar ada ngak.. terlebih lagi untuk Flat earrh society.. buktikan dulu bumi itu datar apa ngak,, fotonya ada apa ngak. yang di video kan hanya gambar editan bumi datar juga.. kalo udah pasti baru munculkan konspirasi…. kalo lu semua pada ngerti. nonton.. cobah maknai baik2 videonya.. itu kan video berat sebelah. hanya mengklaim bahwa bumi itu tidak bulat.. trus nga ada bukti. kalo bumi itu datar…….
    yang jelas… Mana yang benar itu pasti didukung jika sudah terbukti…!!

  167. CODET

    Kalo bumi datar , air tumpah nya kemana?

  168. Jimz

    Kenapa bumi berputar dgn kecepatan tinggi kita tdk merasakannya? Jawabannya simpel, karena kita juga ikut dalam perputarannya.

    Contoh, jika kamu berada dalam mobil dgn kecepatan 100km/jam, coba lempar sesuatu ke atas, apakah beda tersebut tertinggal? Jawabannya tidak, karena benda tsb juga ikut dlm kecepatan 100km/jam tersebut.
    Hal itu sama jg dgn perputaran bumi yg tetap dan tak mengalami perubahan yang berarti selama miliyaran tahun. Semua benda yg ada di bumi pun ikut dalam kecepatan perputaran tsb.

    Dan juga grafitasi. Sifat grafitasi itu menarik benda yang memiliki massa dari semua arah ke arah tengah, yaitu pusat grafitasi. Hal ini yg membuat bentuk bumi itu bulat. Kalau bumi datar, dimana pusat grafitasi?

    Percobaan simpel, coba taruh magnet bentuk bulat dengan kekuatan besar ke dalam serbuk besi. Pasti serbuk besi akan menyatu dan menjadi bulat seperti bentuk magnet tsb. Ya emang ga bulat amat, tapi tetap terlihat bulat. Sama dgn bumi yg sebenarnya tidak terlalu bulat.

    Dan yang terakhir, kalau bumi datar, ada orang yg pernah menemukan ujung bumi?

  169. koey14

    Bumi datar atau Flath earth disini kalo di analogiin adalah bentuk permukaan bumi yang datar bukan bentuk utuh bumi yang datar. coba saya mau tanya Permukaan bumi itu datar atau melengkung ? Apa kabar airlaut jika bumi ini bulat? Coba analogiin lagi ada gak benda atau apapun yg memiliki permukaan datar tapi bentuknya bulat ? Dari situ aja bisa tau kok.

  170. Ages tyara

    Kenapa pas collumbus dan penjelajah2 dunia lainnya bisa kembali ke tempat semula? Bukan karena bumi bulat, tetapi mereka menggunakan kompas sebagai patokannya, jarum kompas selalu mengarah ke arah utara(medan magnet), contoh gambarannya kaya kita main kapal2an di ember, kita cuma keliling mengitari lingkaran. Flat earth lebih bisa ngejawab semua pertanyaan yg sering aku pikirin sih, kalo bumi bulat penunjuk arah orang jaman dulu kan rasi bintang, sedangkan nasa blg di luar angkasa sana banyak bintang yg gerakannya tak beraturan padahal bintang cuma berputar aja kaya star trail dan pusatnya adalah north star (bintang utara) penunjuk arah utara, kalo bumi bulat rasi bintangnyaberubah2 arah dong?.selama ini kalo liat ke langit jg gerakan bintang itu lingkaran, kalo bumi bulat harusnya gerakan bintang menggeser bukan berputar

  171. Bang Jozz

    Bantahannya pun gak masuk akal wkwk kalo mengacu flatter yg di youtube emang kurang logis bro, coba tester2 dari barat bukannya lebih logis dari pada sekedar teori and ngikutin katanya2? Pernag ngukur sendiri??

  172. Ahmad

    Simple aja gak usah debat, lakukan pengamatan xperimen terhadap air, digelas, di ember, di kali, di laut. Apakah airnya datar ato lengkung.. ?

  173. Simple aja gak usah debat, lakukan pengamatan xperimen terhadap air, digelas, di ember, di kali, di laut. Apakah airnya datar ato lengkung.. ?

  174. sYaiful

    Teori flat earth lebih mudah dijelaskan secara logis dan mudah diterima akal orang sederhana, kalo teori bumi bulat njlimet… mumet dan bikin pusing… intinya tidak perlu bukti foto yg bisa diedit… tp realitas saja saja bahwa sesuatu harus bisa diterangkan secara ilmiah dan mudah diterima akal sehat….

  175. Miftah

    Kalo bumi itu bulat matahari Bulan dan lain nya juga harus bulat?, kalo bumi itu datar matahari Bulan juga harus datar? Pemikiran macam apa ini… Manusia itu unik bumi kita unik kita bukan cuman sekumpulan debu di alam semesta seperti yg di katakan ilmuan nasa kita itu ciptaan yang paling sempurna dan bumi itu adalah pusat nya bukan matahari

  176. Totok

    Ternyata banyak bukti ya kalo bumi itu tidak bulat globe, terus mengapa kok d bilang bumi bulat ya dan d ajarkan d sekolah2 sejak sd, ternyata kebenaran sejati emang masih d gali, dan kebenaran yg benar2 haq satu2nya adalah dari quran dan sunnah, wallohu a’lam

  177. Daruru

    Masih rame nih, tapi baca2 komen di atas ,ada yg sok tau juga teori2nya, coba analisis sampe detail semua teori2 yg menyatakan bumi bulat & bumi datar
    Terutama masalah gravitasi, atmosfer, antartika, menghitung jarak bumi – bulan, bumi-matahari, pengujian curve bumi

    Ga usah ribut dlu teori flat earth salah/benar, coba cari tau dlu, teori bumi bulat udah bner atau belum.

  178. bermanfaat, terimakasih

  179. adam

    Ts govlok yg FE jgn percay
    Ts kurang nakan bangku sekolah

  180. Dear mia, tesla menghidupkan turbin pesawat dengan listrik tanpa kabel. Yang dimaksud turbin pesawat adalah mesin jet turbin yang di gerakan dengan listrik kemudian berputar dan memerlukan bahan bakar dalam hal ini avtur, jadi bukanya listrik sebagai tenaga pesawat.. ada juga kok jet turbin yang digerakan kompresor.. silakan cari tentang jet turbin.. intinya sama aja kaya mesin piston yang harus diputar dinamo atau di ongkel.. setelah jet berputar mandiri itulah dinamakan afterburner. Oh iya. Saya percaya bumi bulat, saya juga percaya allah dan alquran. Buat manusia2 flat earth, lakukan sesuatu yang berguna saja, jangan berdebat.. buat bangga orang tuamu saja sudah cukup gausah membantah teori yang sudah ada.

  181. Vandika Utama

    saya punya pertanyaan:
    Pertama : bagaimana mungkin air di permukaan bumi melengkung? permukaan air selalu datar dimanapun ia berada… air melengkung? mustahil..!!

    Kedua : saya tanya kepada yang beragama Islam, bagaimana mungkin kita bisa menghadapkan wajah ke arah qibat jika bumi itu bulat,, hanya orang2 yang tinggal di sekitar arabia saja yang bisa menghadapkan wajahnya ke qiblat jika bumi itu bulat,,,

    tapi

    Jika bumi itu datar, maka ia cocok dengan sifat air, karena permukaan air selalu datar, dan umat Islam bisa menghadapkan wajahnya ke qiblat… dan ini sangat masuk akal

  182. Vandika Utama

    pertanyaan : bagaiamana mungkin permukaan air melengkung?
    kedua : bagaimana cara menghadapkan wajah ke arah qiblat jika bumi itu bulat?

    pertanyaan ini hanya bisa dijawab jika bumi itu datar

  183. Nomo

    Assalamualaikum para saudara sekalian. Entah bumi bulat atau datar, sekiranya memang masih menjadi misteri..para ulama Muslim dunia pun sebenernya masih ada 2 pendapat. Dan di alquran juga tidak dijelaskan secara pasti bahwa bumi itu bulat atau datar, yg ada adalah hasil dari tafsir para ulama, dan ulama itu juga manusia, dan manusia juga punya pikiran , sehingga tafsir juga sangat dipengaruhi oleh pemikiran pemikiran. Dan pemikiran manusia itu tidak absolut, bisa berkembang. Jika saat ini teori bumi bulat sudah berkembang ratusan tahun, maka mungkin perkembangan berikutnya menampilkan fakta bahwa bumi itu datar. Mari kita hormati masing masing pribadi atas dasar pendapat nya. Penelitian bumi datar juga valid dan ilmiah, tak terbantah, sedangkan bumi bulat adalah teori ratusan tahun dari para ilmuwan ilmuwan. Kita yg ada di group mari mengkaji semuanya dengan kepala jernih, jangan sampai kita saling mencela akan pendapat masing masing.

  184. Rayhan

    Penjelasan di website ini memang kurang lengkap jadi banyak pendukung kaum flatearh berkicau. Kalo mau lihat penjelasan yang lebih banyak silahkan cek: http://kajian-sains.blogspot.com/2017/01/jawaban-klaim-flat-earth-101-video-1.html

  185. Dramant

    Bersyukur byk yg interest soal hal ini bcoz ini serius…kajian yg asli is pengamatan sendiri jgn dengar asumsi diatas asumsi alih2 hitungan matemTis…lu..bisa kriting tu rambut. padahal nyata benaaaaar di mata kita sendiri.

  186. jamil

    Bola diamati microscope untuk mendapat detail secara keseluruhan adalah agak mustahil, kecuali harus citra digabung, dan penggabungan citra bola akan menhasilkan bentuk lain yg tidak bundar karena setiap citra akan mengambil citra yg datar pada setiap spotnya, kita dapat mengambil citra bola utuh dengan camera tapi kita tidak dapat memperoleh citra detail untuk tiap spotnya dan itupun hanya separuh bola.

  187. jamil

    Bumi sekali putar 24 jam, tidak sampai 1 hertz, tidak seperti kipas angin yg sudah rpm sebagai unit ukurnya.

  188. Ammet

    Ngapain repot2 pake satelit kan katanya udah ada yg kebulan. Kan bisa photo bumi dari bulan secara utuh. Kok sy smakin yakin bumi tidaklah bulat seperti penggambaran selama ini.!!! Skak

  189. Slamet (astronot Indonesia Di Apolo 11)

    Duh.. rame sekali.. kikiki.. asik y, saling ejek? awam vs awam, apalagi q lebil awam lagi… semua pada debat bumi n satlit. klo bumi katanya punya grafitasi, tiap minggu di cas ma Allah biar energi grafitasinya tidak berkurang atau habis (jika energinya abis semua di muka bumi akan melayang semua) kikiki.. kan katanya dukun ilmu (saintis) g ada energi yg kekal, krn katanya umur bumi dah milyaran tahun.
    dan satlit, menurut saya lain kali nasa foto deh itu mainan layang2, banyk diatas desa saya, kikiki.. dan di edit lg ngorbit dg keceptn 23x kecptan suara di temperatur 1600 derajat. biar lebih gagah seolah tahan dengan kecepatan, dan temperatur tinggi di pasangi baju ironman. Salam ngakak.. kakakakak…

  190. ken grage de

    Langit 7 lapis itu jelas tertulis di al quran, kita dibumi belumada yang sampai ke batas langit, matahari 7 lapis saya tidak pernah mendengar, belum pernah mebacanya ,yang saya lihat matahari itu kecil dilihat dari bumi, begitu juga bulan, bumi datar kedalaman, dan berapa lapisnya tidak pernah ada yang tahu,yang jelas semua diciptakan berpasang pasangan, di situ bukti adanya Tuhan, Bukan tuhan matahari, menuhankan akal kita, atau tentang monyet evolusi, adinul aqli yang selaras yang diterima akal itulah yang benar, kalo gak ya akal akalan, kembalikan semuanya pada Tuhan, sujud dan tunduk lah kepada-Nya

  191. Gimana mau foto bumi utuh kalo satelitnya digantung pake balon udara… hahahaha…
    Mau bantah analisa artikelnya tapi… gak perlu juga, kalo sampe percaya sama omong kosong bantahan diatas ya udah keukur ilmu nya…
    Percuma juga dijelasin… pasti ujung2nya kebon binatang sama alat kelamin yg dibahas (tipikal kaum GE kalo udah gak bisa kasi penjelasan) …. ^_^

  192. Wonkz

    Baca komen ketawa ketawa sendiri.

  193. logic

    1. Ambil bola, dekatkan bola dengan mata Anda dengan jarak 1 cm. Bagaimana bentuk bola? Bola akan terlihat datar.

    Lalu Jauhkan bola dari mata Anda dengan jarak 30 cm. Bagaimana bentuk bola? Bola akan terlihat bulat.

    Bola yang bentuk aslinya saja bulat, bisa terlihat datar jika dilihat dari jarak 1 cm dari mata kita, untuk melihat bentuk sebenarnya dibutuhkan jarak yang tepat yaitu jarak mata dan bola minimal sejauh diameter bola.

    2. Untuk melihat bumi dalam bentuk aslinya, jauhkan mata Anda sejauh radius diameter bumi (+/- 12.742 km). Apakah mata manusia mampu melihat benda yang jaraknya sejauh itu?

    Kalau bumi dilihat dari jarak kurang dari diameter bumi, maka jelas bumi terlihat datar. Tetapi kalau dilihat dari jarak minimal diameter bumi atau lebih jauh, maka akan terlihat bentuk aslinya.

  194. anonim

    Dlm alquran dikatakan bumi dihamparkan.coba anda cari dalam kamus bahasa,apa itu hampar,dihamparkan,menghampar.
    Secara keseluruhan artinya,TAMPAK/KELIHATAN datar.
    Sedangkan arti lain,tampak datar sebatas mata memandang.
    Jadi itulah ujian manusia,percaya dengan apa yang dia lihat saja meskipun terbatas,atau percaya dengan kitab suci Alquran.
    Wassalam

  195. Sodara

    Di saat orang2 pintar sedang berdebat, di lain sisi ada org lebih pintar sedang mencetak uang dengan keadaan ini..tertawa la mreka.. di situ ad virus pasti ad anti virus nya, jangan mau terpicu jadi ribut, dunia lagi kacau, kebenaran terungkap pun ada harga nya, kasian anak cucu nanti nya, kirim saran sampe ke mreka2 yg bsa kirim roket, peluncuran berikut nya tolonglah kamera d banyakin, jaman uda canggih mobil aja kamera stiap sudut bisa, biar skalian buat bukti juga

  196. Reza588

    Tidak ada yg namanya pendukung theory bumi bulat dan pendukung theory bumi datar, yang ada hanya pendukung theory bumi datar dan orang waras yang sadar bumi memang bulat. Jadi tidak ada gunanya di debat disini. Mereka cm sedang mengalami sedikit gangguan mental dan krisis kecerdasan.

  197. Sterben

    coba nonton film The Principle, film dokumenter tentang kebenaran yg sebenarnya bahwa teori Heliosentrik itu salah, bumi mengelilingi matahari dan seterusnya itu salah, yg benar adalah semuanya mengelilingi bumi. bahkan para ahli pun sempat mencoba membantah hal tsb. tapi pada akhirnya juga tidak dapat dibantah. jika matahari dan yg lainnya yg mengelilingi bumi, maka dapat menjadi penguat bagi Flath Earth bahwa bumi itu datar

  198. Dogloh24

    Rego TEMPE GORENG NEK BUMI DATAR piro bray arep tuku?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Khawatir Rusak Aqidah Umat, Bupati Purwakarta Ditolak Warga Ciamis

KIBLAT.NET, Ciamis – Rencana kunjungan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ke Kecamatan Rancah, Desa Dadiharja, Kabupaten...

Rabu, 13/07/2016 14:46 1

Australia

Aksi Heroik Wanita Berjilbab Menyelamatkan Gadis Kecil dari Sambaran Kereta

KIBLAT.NET, Sydney – Video di bawah ini menunjukkan keberanian dan kecepatan seorang wanita berjilbab dalam...

Rabu, 13/07/2016 13:54 0

Suriah

Sejumlah Pengungsi Suriah Tewas Dihantam Bom Jet Rusia

KIBLAT.NET, Dier Zour – Jet tempur Rusia kembali dilaporkan membombardir kamp pengungsi Suriah di wilayah...

Rabu, 13/07/2016 11:34 0

Suriah

Seorang Jurnalis Al-Jazeera Tewas Dibom Jet Rusia

KIBLAT.NET, Doha – Jurnalis freelance kantor berita Al-Jazeera terbunuh dalam serangan jet tempur Rusia pada...

Rabu, 13/07/2016 06:30 0

Philipina

Bentrok dengan Abu Sayyaf, 1 Pasukan Elit Filipina Tewas dan 5 Lainnya Terluka

KIBLAT.NET, Mindanao – Satu tentara elit Filipina tewas dan lima lainnya luka-luka dalam operasi penyerangan...

Rabu, 13/07/2016 05:33 0

Syam

Pemimpin Al-Qaidah: Islamic Spring Mengoreksi Arab Spring

KIBLAT.NET – “Mujahidin Uighur cepat merespon cepat gerakan jihad global dengan ikut ambil bagian membantu...

Selasa, 12/07/2016 22:04 0

Rohah

Pencuri yang Pandai Berdalil

KIBLAT.NET – Imam Ibnul Jauzi meriwayatkan dengan sanad shahih sampai ke Ahmad bin Al-Mu’addil Al-Basri. Ia...

Selasa, 12/07/2016 16:30 0

News

Lagi Jatuh Cinta? Ini Nih Dapet Nasihat dari Syaikh Al-Arifi

“Ya Allah, biarlah ada Nur (cahaya) dalam hatiku, Nur di mataku, Nur di telingaku … “...

Selasa, 12/07/2016 15:30 0

Rohah

Si Miskin yang Masuk “Surga”

“Allahu Akbar Asy-hadu anna Wa’ad Allahi Haqqun! Al JANNAH! Al JANNAH! (Allah Maha Besar! Saya...

Selasa, 12/07/2016 14:42 0

News

Burasa, Opor Ayam dan Pesan Ukhuwah Muslim Poso

KIBLAT.NET, Poso – Sinar mentari pagi memancarkan cahaya merah. Udara segar pun masih berhembus lembut...

Selasa, 12/07/2016 13:35 0