... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Laporan Shalat Idul Fitri 1437 H di Berbagai Wilayah Indonesia

Foto: Shalat Idul Fitri di Parik Malintang, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat

KIBLAT.NET, Jakarta – Tahun ini umat Islam Indonesia serentak merayakan Idul Fitri 1437 H pada hari Rabu 6 Juli 2016. Gema takbir berkumandang, manusia pun berduyun-duyun menuju area pelaksanaan Shalat Id guna menjalankan sunnah yang dilakukan usai berpuasa 1 bulan penuh pada bulan Ramadhan.

Reporter Kiblat.net secara langsung melaporkan suasana pelaksanaan Shalat Idul Fitri di berbagai daerah di Indonesia. Dari kota Payakumbuh di Sumatera Barat, hingga pelaksanaan Shalat Id yang dilakukan kaum muslimin Bali di bandara Ngurah Rai.

Payakumbuh, Sumatera Barat

Shalat Idul Fitri yang dilaksanakan di Parik Malintang, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat ini menghadirkan Ustadz Dzulkifli Muhammad Ali Lc. MA. sebagai khatib.

Dalam khutbahnya yang berlangsung selama hampir setengah jam, khatib menegaskan akan pentingnya menjaga hawa nafsu. Pasalnya, Ramadhan ialah waktu-waktu yang digunakan untuk menjinakkan hawa nafsu.

“Hawa-nafsu hanya bisa dijinakan dengan lapar,” paparnya, sembari mengingatkan agar semua usaha umat Islam selama Ramadhan tidak sia-sia dan dapat direalisasikan di bulan-bulan selanjutnya.

Tangerang, Jawa Barat

Sekitar 300 kaum muslimin dan muslimat menghadiri ibadah sunnah Shalat Idul Fitri di Teluknaga, Tangerang. Bertindak sebagai imam adalah Ustadz Abu Syahbuddin yang merupakan Imam Rowatib di masjid Nurul Huda, Teluknaga. Sedangkan khatib Shalat Id adalah Ustadz Mulyadi S.Ag.

Ustadz Mulyadi menjelaskan tentang empat ciri orang bertaqwa. Yaitu sebagaimana termaktub dalam Surat Ali Imran ayat 134-135.

“Pertama, memiliki kecerdasan finansial yaitu menafkahkan harta baik di waktu lapang maupun sempit; kedua, memiliki kecerdasan emosional (menahan emosi /amarah); ketiga, memiliki kecerdasan sosial (memaafkan kesalahan orang lain); dan yang keempat memiliki kecerdasan spiritual (apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat Allah, lalu memohon ampunan terhadap dosa-dosa),” jelas Khatib.

Shalat Idul Fitri di Teluknaga, Tangerang

Shalat Idul Fitri di Teluknaga, Tangerang

Brebes, Jawa Tengah

Sebagian umat Islam di Brebes melaksanakan shalat Idul Fitri 1437 H di Desa Pesantunan Kec.Wanasari Kab. Brebes, Rt.05 Rw 06 di jalan desa Teuku Cik Ditiro.

Bertindak sebagai imam dan khotib Ustadz Drs. H. Syaefuddin, MM., dosen Universitas Pancasila (UPS) Tegal. Sekitar 1500an jamaah hadir memadati tempat shalat Id yang disediakan panitia. Shalat Id dimulai sekitar pukul 07.05 dan berakhir pada pukul 07.30 WIB.

BACA JUGA  Peserta Reuni 212 Ini Keluhkan Ghirah Persatuan Menurun

Dalam khutbahnya, Ustadz Syaefuddin menerangkan tentang makna takwa. Yaitu bukan sekedar melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah ta’ala, namun juga harus ridho (menerima dan ikhlas) dengan hukum-hukum dan ketentuan Allah ta’ala.

Selain mengajak kepada ketaqwaan, khatin juga menyampaikan pentingnya Al-Qur’an.

Kendal, Jawa Tengah

Sekitar 200 kaum Muslimin dan Muslimat desa Wadas, kecamatan Plantungan, kabupatem Kendal berduyun-duyun ke tanah lapang untuk melaksanakan ibadah sunnah sebagai pertanda akhir dari bulan suci Ramadhan.

Bertindak sebagai imam dan khatib adalah Ust. Sholeh Saifudin, M.Pd.I.

Dalam khutbahnya, khatib menegaskan bahwa ketika bulan Ramadhan berakhir seharusnya Al Qur’an lebih melekat pada diri kita.

Namun hal itu sulit terjadi apabila jumlah Al Qur’an yang kita mili sedikit dan kita jauh dari Al Qur’an.

“Bagaimana kita bisa akrab dengan Al Qur’an kalau jumlah Al Qur’an di rumah lebih sedikit dari jumlah anggota rumah,” tegasnya

Jepara, Jawa Tengah

Suara takbir bertalu-talu, memecah keheningan pagi yang cerah di Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara. Bertempat di halaman Ponpes Al Muttaqin Jepara sekitar 500an kaum Muslimin melaksanakan shalat Idul Fitri 1437 H yang jatuh pada hari ini, Rabu 6 Juli 2016.

Shalat Idul Fitri di Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara

Shalat Idul Fitri di Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara

Bertindak selaku imam dan khatib adalah KH Sartono Munadi, Pimpinan Ponpes Islam Al Muttaqin. Khatib mengajak umat Islam untuk mensyukuri nikmat ibadah puasa dan qiyam di bulan Ramadhan, karena hal itu adalah pertolongan Allah.

Lebih lanjut, khatib menjelaskan ciri-ciri ibadah Ramadhan yang diterima oleh Allah. Yaitu amalan yang diterima akan menghasilkan amalan-amalan berikutnya.

“Siapa yg melakuakan kebaik dan disusul dg kebaikan selanjutnya, itu tanda amal diterima. Namun sebaliknya, bila amalan itu disusul dengan perbuatan maksiat itu sebagai tanda amalny ditolak,” terangnya menyitir sejumlah keterangan ulama salaf.

Kudus, Jawa Tengah

BACA JUGA  PKS: Kembalinya Habib Rizieq Tugas Negara

Sekitar 2000 lebih kaum muslimin melaksanakan shalat Idul Fitri 1437 H di GOR Wergu Wetan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Shalat Id dimulai pukul 06.33 waktu setempat, kemudian dilanjut dengan khutbah Idul Fitri hingga pukul 07.04.

Ustad Ali Zamroni, SPd, pimpinan Muhammadiyah Kudus selaku imam dan khatib mengajak umat Islam untuk melakukan introspeksi diri.

Selain itu, khatib juga mewasiatkan agar tetap bersemangat melakukan ibadah dan menghindari maksiat selepas Ramadhan, dalam 11 bulan kedepan.

shalat Idul Fitri 1437 H di GOR Wergu Wetan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Shalat Idul Fitri 1437 H di GOR Wergu Wetan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Klaten, Jawa Tengah

Sejak pukul 06.00 WIB, kaum muslimin dan muslimat mulai berdatangan, memadati halaman PKU Muhamadiyah Bayat, Klaten.

Bertindak sebagai imam dan khatib adalah Ustadz Waluyo Lc. MA. Khatib mengingatkan tentang lima prinsip dasar yang harus dimiliki ummat Islam agar menjadi umat terbaik. Yaitu kejujuran, amanah, berlaku adil, saling tolong menolong dalam kebaikan, dan istiqomah.

Bandara Ngurah Rai, Bali

Lapangan Parkir Masjid Al Ikhlas Bandara Ngurah Rai menjadi salah satu tempat yang dijadikan kaum muslimin Bali untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri. Bertindak sebagai imam dan khatib adalah Ustadz Hasan Bashri SE, MBA.

Dalam khutbahnya, khatib menegaskan bahwa umat Islam ini tidak menjadi teladan umat terbaik tanpa diringi tafaqquh fieddien melalui Al-Qur’an dan Sunnah. Karena dengan keagungan keduanya telah menjadikan mukjizat terbesar sepanjang sejarah yang meninggikan kejayaan di mata dunia.

Apalagi sejarah mencatat bahwa imperium Romawi dan Persi berhasil tunduk di bawah kekuasaan panji Islam. Karena Al Qur’an adalah hujjah atas manusia dan mu’jizat sepanjang masa bagi Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

“Allah akan mengangkat suatu kaum lantaran kitab suci ini, dan sebaliknya akan merendahkan kaum yang lainya, karena meninggalkanya,” kata Ustadz Hasan menyitir sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim ini.

Shalat Idul Fitri di Lapangan Parkir Masjid Al Ikhlas Bandara Ngurah Rai

Shalat Idul Fitri di Lapangan Parkir Masjid Al Ikhlas Bandara Ngurah Rai

Kegiatan ini diselenggarakan oleh DKM Masjid Al Ikhlas sekaligus mengundang jajaran Manager dan Staff Manajemen Angkasa Pura Airport di kawasan Bandara Ngurah Rai. Shalat Idul Fitri dihadiri sekitar 700-an kaum Muslimin dan Muslimat. Shalat dimulai tepat pada pukul 07.10 Wita, disusul dengan khutbah yang berakhir pada pukul 08.30 Wita.

Reporter : Tim Jurnalis Kiblat
Editor : Muhammad Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Milisi Syiah Memanfaatkan Operasi Fallujah untuk Membunuh Warga Sunni Irak

KIBLAT.NET, Fallujah – Sebuah laporan terbaru dari kepala urusan Hak Asasi Manusia PBB Zeid Ra’ad...

Rabu, 06/07/2016 16:27 0

Rohah

Cemburu Berujung Syahdu

KIBLAT.NET – Selama abad ke-3 H, Hakim dari Ray dan Ahwaz, Musa bin Ishaq, mengadili kasus...

Rabu, 06/07/2016 12:00 0

Rohah

Kisah Orang Shalih yang Kehilangan Kebaikan

KIBLAT.NET – Kisah ini tentang sekelompok orang yang pernah bekerja di perusahaan Al-Hasan Al-Basri. Kemudian beberapa...

Rabu, 06/07/2016 10:00 0

Artikel

Hikmah Zakat Fitrah dan Inilah Waktu Afdal Untuk Menunaikannya

KIBLAT.NET – Zakat Fitrah dikenal secara hukum sebagai sedekah wajib ketika hari raya sebagai akhir...

Rabu, 06/07/2016 05:50 0

Arab Saudi

Imam Masjid Quba Madinah Kecam Aksi Teror di Tanah Suci

KIBLAT.NET – Imam Masjid Quba di Madinah, Syaikh Shalih Al-Mughamisi mengutuk aksi teror yang menargetkan...

Rabu, 06/07/2016 04:36 0

Irak

Menteri Dalam Negeri Irak Mundur Pasca Bom Baghdad

KIBLAT.NET, Baghdad – Menteri Dalam Negeri Irak Muhammad Salem Al Ghabban mengundurkan diri pada Selasa...

Selasa, 05/07/2016 23:12 0

Palestina

Akhirnya, Kapal Bantuan Kemanusiaan Turki Merapat di Jalur Gaza

KIBLAT.NET, Gaza – Kapal Turki yang membawa bantuan kemanusiaan akhirnya merapat di Jalur Gaza, Senin...

Selasa, 05/07/2016 22:40 0

Editorial

Editorial: Selamat Datang di Ujian Pasca Ramadhan

KIBLAT.NET — Tiga puluh hari sudah kita melewati tempaan iman dalam Ramadhan. Bulan sejuta pahala...

Selasa, 05/07/2016 21:33 0

Artikel

Beberapa Amalan Usai Mengkhatamkan Al-Qur’an

KIBLAT.NET – Mengkhatamkan al-Qur’an merupakan amalan yang senantiasa dijaga oleh orang-orang mukmin. Terlebih ketika berada...

Selasa, 05/07/2016 19:33 0

Artikel

Zakat untuk Pesantren dan Santri, Bolehkah?

KIBLAT.NET – Para ulama sepakat bahwa zakat tidak boleh disalurkan kecuali kepada delapan golongan saj,...

Selasa, 05/07/2016 19:27 0

Close