Pantauan di Pantai Kartini Jepara: Hilal Tidak Terlihat

KIBLAT.NET – Departemen Agama Jepara, Jawa Tengah, menyatakan hilal tidak terlihat berdasarkan pemantauan letak posisi hilal pada titik pengamatan di Pantai Kartini Jepara.

“Hilal tidak terlihat, penetapan 1 Syawal dikembalikan ke pemerintah,” Depag Jepara menyatakan dalam keterangan pers di lokasi pemantauan.

Rukyah hilal dilaksanakan pada pukul 17.35 di Pantai Kartini Jepara. Berdasarkan pantauan, tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, bagaimana waktu matahari tenggelam dapat dilihat dengan jelas. Perkiraan hilal akan muncul 10 menit, namun setelah diteropong, tidak ada yang melihat.

Seperti diketahui, Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama, dijadwalkan akan menggelar sidang itsbat (penetapan) awal bulan Syawal 1437H pada sore ini. Sebagaimana biasa, sidang itsbat sebagai forum penetapan Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawwal 1437H.

Sidang itsbat akan dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam di seluruh Indonesia, serta para duta besar negara sahabat. Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1437H. Sidang itsbatnya sendiri akan berlangsung selepas salat Maghrib setelah mendapatkan laporan dari hasil rukyatul hilal dari berbagai lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.

Reporter: Hunef
Editor: Salem

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat