... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Mengerikan, Ini Ancaman Bagi Mereka yang Enggan Berzakat

Foto: Ilustrasi. (Wisdom Times)

KIBLAT.NET – Selain zakat fitrah, umat Islam juga diwajibkan mengeluarkan zakat perhiasan, yaitu apabila hartanya sudah mencapai nishab dan genap berlalu satu tahun (haul). Namun tidak seperti zakat fitrah, dalam menunaikannya zakat perhiasan ini sering luput dari perhatian sebagian umat Islam.

Padahal syariat telah menetapkan bahwa perhiasan yang disimpan dan tidak dipakai, apabila mencapai 85 gram atau lebih maka harus dizakati sebesar 2.5% setelah berlalu satu tahun penuh.

Adalah bagian dari dosa besar apabila seseorang meninggalkan kewajiban zakat yang harus ia keluarkan, apapun itu jenis zakatnya. Keterangan tersebut dijelaskan langsung oleh Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an, firman-Nya:

وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ * يَوْمَ يُحْمَىٰ عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَىٰ بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ ۖ هَٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ

 ”…Dan orang-orang yang menyimpan emas, perak, dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah pada mereka bahwa mereka akan mendapat siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi, lambung, dan punggung mereka. Lalu dikatakan pada mereka, ’Ini harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang akibat dari apa yang kamu simpan itu’.” (At-Taubah: 34-35)

Dalam menjelaskan ayat di atas, sebuah riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ صَاحِبِ ذَهَبٍ وَلَا فِضَّةٍ لَا يُؤَدِّي مِنْهَا حَقَّهَا إِلَّا إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ صُفِّحَتْ لَهُ صَفَائِحَ مِنْ نَارٍ فَأُحْمِيَ عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَيُكْوَى بِهَا جَنْبُهُ وَجَبِينُهُ وَظَهْرُهُ كُلَّمَا بَرَدَتْ أُعِيدَتْ لَهُ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى يُقْضَى بَيْنَ الْعِبَادِ فَيَرَى سَبِيلَهُ إِمَّا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِمَّا إِلَى النَّارِ

BACA JUGA  Rasionalisasi Potensi Konflik Lebanon-Israel

“Tidaklah pemilik emas dan perak yang tidak menunaikan haknya darinya (zakat), kecuali jika tiba hari kiamat, (perhiasan tersebut) dijadikan lempengan-lempengan di neraka, kemudian dipanaskan di dalam neraka Jahannam, lalu dibakarlah dahinya, lambungnya dan punggungnya. Tiap-tiap lempengan itu dingin, dikembalikan dipanaskan untuk menyiksanya. Itu dilakukan pada hari kiamat, dimana satu hari ukurannya 50 ribu tahun, sehingga diputuskan (hukuman) di antara seluruh hamba. Kemudian dia akan melihat jalannya, kemungkinan menuju surga, dan kemungkinan menuju neraka.” (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dengan rinci mengisahkan tentang nasib mereka yang tidak mau membayar zakat kelak di hari kiamat. Beliau bersabda:

”Seseorang yang memiliki emas dan perak kemudian ia tidak mau mengeluarkan haknya (zakatnya), pada hari kiamat kelak akan dipersiapkan untuknya sebuah lempengan besar yang terbuat dari besi lalu ia akan dipanggang di atasnya dalam api neraka. Kening, rusuk, dan punggungnya akan diseterika dengannya.Demikian Rasulullah mengawali kisahnya.

“Setiap kali lempengan besi itu dingin, ia akan dipanaskan lagi untuk menyiksanya pada hari yang lamanya lima puluh ribu tahun (di dunia) sampai Allah selesai menghakimi manusia, hingga ia melihat jalannya; ke surga atau ke neraka.” Jelas Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam.

Lalu para sahabat pun bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan pemilik unta?”

Rasul menjawab, “Seseorang yang memiliki unta, lalu ia tidak mau mengeluarkan haknya (zakatnya), pada hari kiamat nanti ia akan dilemparkan ke sebuah hamparan tanah datar yang luas lalu diinjak-injak oleh kaki anak unta dan digigit olehnya.

Setiap kali yang pertama selesai menginjaknya, ia dikembalikan ke unta yang paling terakhir pada hari yang lamanya lima puluh ribu tahun sampai Allah selesai menghakimi manusia, hingga ia melihat jalannya; ke surga atau ke neraka.’

Shahabat bertanya lagi, ’Wahai Rasulullah, bagaimana dengan pemilik kerbau dan kambing?’

BACA JUGA  Di Balik Pekik Takbir Bung Tomo

Rasul menjawab, ’Seseorang yang memiliki kerbau atau kambing yang tidak mau mengeluarkan haknya (zakatnya), pada hari kiamat kelak ia akan dilemparkan ke sebuah hamparan tanah datar yang luas, dimana semua (hewan) bertanduk, atau yang tidak bertanduk, atau yang tanduknya patah, pasti akan menanduknya dan menginjak-injaknya.

Setiap kali yang pertama selesai dikembalikan pada yang terakhir pada hari yang lamanya lima puluh ribu tahun sampai Allah selesai menghakimi manusia, hingga ia melihat jalannya; ke surga atau ke neraka’.” (HR. Muslim)

Besarnya ancaman yang disebutkan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam di atas menegaskan bahwa kewajiban zakat bukanlah perkara remah yang bisa digantikan dalam bentuk pemberian lain, sepertin infak dan sedekah. Namun ia merupakan kewajiban yang harus ditunaikan secara spesifik. Selama kewajiban tersebut ditunaikan maka segala bentuk azab yang disebutkan di atas akan menjadi ancaman baginya.

Penulis: Fakhruddin

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Inggris

Aksi Cepat Sopir Taksi Muslim Selamatkan Seorang Bayi di Inggris

KIBLAT.NET – Tindakan cepat dan tepat oleh sopir taksi di Inggris ini akhirnya dapat menolong...

Senin, 04/07/2016 12:00 0

Indonesia

Temukan Manipulasi Data, Warga Karanganyar Tolak Pendirian Gereja

KIBLAT.NET, Karanganyar – Warga Colomadu, Karanganyar melakukan audiensi bersama Laskar Umat Islam Surakarta(LUIS) untuk menolak pendirian gereja....

Senin, 04/07/2016 09:30 1

Amerika

Menerka Hubungan Iran-Amerika Melalui Jawaban Direktur CIA

KIBLAT.NET – Ada yang menarik dari dialog tentang hubungan Amerika Serikat dan Iran yang melibatkan...

Senin, 04/07/2016 08:28 0

Indonesia

Pro-Kontra Bayar Zakat Fitrah Dengan Uang, Ini Penjelasan Ust. Imtihan

KIBLAT.NET — Ramadhan sudah menampakkan tanda-tanda perpisahan. Persiapan Idul Fitri mulai menyibukkan kaum Muslimin. Salah...

Senin, 04/07/2016 07:41 1

Irak

Bom ISIS di Pusat Kota Baghdad Tewaskan 115 Orang

KIBLAT.NET – Sebuah bom truk meledak di pusat kota Baghdad menewaskan 115 orang dan melukai...

Senin, 04/07/2016 06:57 0

Inggris

Pasca-Brexit, Kejahatan Kebencian Terhadap Muslim Melonjak 57 Persen

KIBLAT.NET – Laporan kejahatan kebencian telah melonjak 57 persen setelah kemenangan suara Brexit, menurut Dewan...

Senin, 04/07/2016 06:31 0

Rohah

Pingin Nikah? Wajib Baca Ini Dulu

KIBLAT.NET – Al-Hafidh Al-Mizzi dalam Tahdib al-Kamal, 11/194: Yahya bin Yayha An-Naisaburi mengatakan: Saya bersama Sufyan...

Ahad, 03/07/2016 15:00 0

Rohah

Kemesraan Nabi dengan Aisyah

KIBLAT.NET – Aisyah meriwayatkan: “Suatu ketika aku melihat Nabi dalam suasana hati yang baik, lalu aku...

Ahad, 03/07/2016 14:12 0

Turki

Erdogan Akan Berikan Kewarganegaraan Turki bagi Warga Suriah

KIBLAT.NET – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan oleh Anatolia hari...

Ahad, 03/07/2016 12:00 0

Afghanistan

Amir Baru Taliban Menyeru AS Untuk Akhiri Invasi Afghanistan

KIBLAT.NET – Amir baru Taliban Mullah Haibatullah Akhundzada menyampaikan seruan kepada Amerika Serikat untuk mengakhiri...

Ahad, 03/07/2016 10:52 0

Close