MA An-Nuur Solo: Idul Fitri 1437 Jatuh Hari Rabu 6 Juli 2016

KIBLAT.NET, Solo — Mah’ad Ali An-Nuur Sukoharjo mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1437 H akan jatuh pada hari Rabu 6 Juli 2016, berdasarkan pernyataan resmi lembaga pendidikan tinggi tersebut. Keputusan didasarkan pada hasil upaya kaum muslimin dalam melakukan rukyatul hilal di berbagai titik dan tidak satu pun menyatakan berhasil melihat hilal. Dengan demikian, puasa digenapkan menjadi 30 hari dan masih ada shalat Taraweh malam ini.

Pernyataan yang ditandatangani oleh Mudir Ma’had itu ditetapkan pada pukul 18.36 WIB di Sukoharjo, 30 Ramadhan 1437 H. Berikut ini lampiran pernyataan tersebut:

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠّﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟﺼَّﻼَﺓُ ﻭَﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﺷْﺮَﻑِ ﺍﻟْﻤُﺮْﺳَﻠِﻴْﻦَ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﺃَﺟْﻤَﻌِﻴْﻦَ

Mudir Ma’had ‘Aly an-Nuur Waru Baki Sukoharjo menyatakan, berdasarkan:

1. Sabda Nabi Muhammad saw,

إِذَا رَأَيْتُمْ الْهِلَالَ فَصُومُوا وَإِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَأَفْطِرُوا فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَصُومُوا ثَلَاثِينَ يَوْمًا

“Jika kalian telah melihat hilal, maka laksanakan shiyam, dan apabila kalian melihatnya kembali, maka berbukalah. Namun, bila hilal tertutup dari pandangan kalian (oleh mendung), maka kerjakanlah shiyam sebanyak tiga puluh hari.” (HR. Bukhari no. 1863 dan Muslim no. 1080)

2. Hasil upaya kaum muslimin dalam melakukan rukyatul hilal di berbagai titik dimana tidak satu pun menyatakan berhasil melihat hilal.

3. Peta visibilitas hilal dimana pada tanggal 29 Ramadhan, hilal tidak mungkin dapat dilihat di seluruh wilayah bumi kecuali di samudera pasifik (http://www.icoproject.org/icop/shw37.html).

BACA JUGA  Memotret Habib, Memotret Ulama

4. Hasil hisab dimana ketinggian hilal masih di bawah ufuk.

Memutuskan bahwa bulan Ramadhan berumur 30 hari dan bulan Syawal 1437 H. jatuh esok lusa, bertepatan dengan hari Rabu tanggal 6 Juli 2016 M.

Ditetapkan pada pukul 18.36 WIB di Sukoharjo, 30 Ramadhan 1437 H.

KH. Imtihan asy-Syafi’i
Mudir Ma’had ‘Aly an-Nuur

 

Reporter: Salem

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat