Empat Juta Muslim Hadir Malam Khatam Quran di Masjid Dua Tanah Suci

KIBLAT.NET – Dua Masjid Suci Mekkah dan Madinah, pusat spiritualitas dan suasana iman penuh ketenangan dan hormat bagi umat Islam seluruh dunia, menjadi saksi sekitar empat juta jamaah yang menghadiri shalat Taraweh dan doa khatam Qur’an, tadi malam waktu setempat.

Banyak muslim, lokal maupun luar negeri, tertarik untuk menghadiri malam 29 Ramadhan untuk mengikuti shalat Taraweh dan doa khatam Qur’an, berharap malam ganjil itu menjadi malam Lailatul Qadar, yang lebih baik dari seribu bulan.

Malam ke-29 yang didedikasikan untuk mengkhatamkan Alquran merupakan tradisi yang berlanjut. Pada malam ini bacaan dalam shalat Taraweh telah khatam 30 juz. Malam ke-29 adalah kemungkinan malam terakhir Ramadhan, yang berarti malam berikutnya tidak ada lagi shalat Taraweh pada malam Idul Fitri.

Menurut perkiraan Badan Pers resmi Saudi (SPA), lebih dari dua juta jamaah dari pengunjung dan peziarah dan warga negara datang ke Masjidil Haram untuk menghadiri Khataman Al-Qur’an tersebut. Mereka berbondong-bondong ke Masjid sejak awal hari.

Sementara itu di Masjid Nabawi dihadiri oleh lebih dari dua juta jamaah untuk melakukan shalat Taraweh dan doa khatam Qur’an, menurut perkiraan resmi negara Saudi. Jumlah ini merupakan yang terbanyak dari sebelumnya.

Dalam doa khatam Qur’an pada shalat Tarawih itu, Imam dan Khatib Masjidil Haram Syaikh Abdurrahman Sudais memanjatkan doa untuk kaum muslimin di Palestina, rakyat Suriah, Irak, Yaman, Burma dan Muslim tertindas di mana pun mereka.

BACA JUGA  Phobia Cadar dan Kontribusi Media

Reporter: Salem
Sumber: Anatolia

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat