Suriah Terkini: Ratusan Orang Tewas dalam Pekan Pertama Bulan Ramadhan

KIBLAT.NET, Damaskus – Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan korban tewas di pekan pertama Ramadhan telah mencapai 224 orang, termasuk korban serangan rezim Assad dan Rusia.

Menurut data Observatorium, dari tanggal 6 sampai 12 Juni (pekan pertama bulan Ramadhan) setidaknya 148 warga sipil, termasuk 50 anak-anak dan 15 wanita tewas saat helikopter Rezim Assad menjatuhkan bom barel. Sementara itu, 12 orang tewas saat berlangsungnya serangan oposisi terhadap Rezim.

“Kami kembali mengecam masyarakat internasional yang terus diam melihat tindak kejahatan terhadap rakyat Suriah,” katanya dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Al-Jazeera pada Senin (13/06).

Di sisi lain, korban juga masih terus berjatuhan akibat serangan udara di sebuah pasar di kota Idlib, yang mana 40 warga sipil tewas. Beberapa kelompok peneliti beserta otoritas Turki mengatakan Rusia berada di balik serangan. Namun, pihak Rusia menolak disebut terlibat dalam serangan ini.

Sebagaimana diketahui, konflik Suriah yang telah berjalan lebih dari lima tahun ini telah memakan banyak korban. Menurut laporan Pusat Penelitian Kebijakan Suriah, sekitar 470.000 warga Suriah telah tewas, hampir dua kali lipat dari jumlah 250.000 orang yang dihitung oleh PBB pada tahun lalu.

Reporter : Dio Alifullah
Editor : Muhammad Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat