AS Mulai Gunakan Heli Apache untuk Perangi ISIS di Iraq

KIBLAT.NET, Mosul – Helikopter tempur jenis Apache mulai digunakan oleh militer AS dalam perang melawan Negara Islam (ISIS) di Iraq utara. Seorang pejabat senior Pentagon mengatakan, salah satu helikopter angkatan darat AS menembakkan rudal hellfire ke arah kendaraan lapis baja milik ISIS yang penuh bahan peledak.

“Sepasang Apache terbang bersama-sama, dan salah satu dari mereka mengambil tembakan,” kata pejabat yang enggan disebut namanya itu kepada Fox News, Senin (13/06).

“Tidak ada keterangan berapa banyak militan ISIS yang tewas dalam serangan tersebut,” imbuhnya.

Serangan heli AS yang diklaim tahan segala cuaca ini terjadi di dekat kota Qayyarah, sekitar 50 mil selatan Mosul tempat mayoritas militan ISIS. Mosul sendiri jatuh ke ISIS dua tahun lalu, tepatnya bulan Juni 2014.

Bulan April lalu, Menteri Pertahanan Ash Carter telah mengesahkan penggunaan helikopter Apache untuk mendukung tentara Irak dalam memerangi ISIS. Hal ini sekaligus menandai keterlibatan AS dalam perang Iraq. Para pejabat pertahanan menambahkan bahwa helikopter Apache ini hanya akan digunakan di Iraq, bukan di negara-negara lain.

Padahal sebelumnya, AS pernah menggunakan heli jenis ini saat invasi AS ke Panama tahun 1989, Perang Teluk, dan perang di Afghanistan.

Reporter : Ibas Fuadi
Editor : Muhammad Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat