Asy-Syami: Jangan Lupakan Kami dalam Doamu Menjelang Berbuka

KIBLAT.NET, Damaskus – “Saudaraku yang berpuasa. Manfaatkanlah waktu puasa dan ibadahmu. Terkhususnya, saat hendak berbuka puasa. Panjatkan doa untuk dirimu sendiri dan saudara-saudaramu. Berdoa untuk para mujahidin yang sedang melakukan Ribath dan Jihad“.

Begitulah nasehat yang disampaikan oleh Syaikh Abu Abdullah Asy-Syami, Anggota Dewan Syariah Jabahah Nusrah, dalam video berjudul “Untaian Kata Menyambut Ramadhan”. Nasehat berdurasi kurang dari tujuh menit itu diunggah di situs Youtube pada Selasa (07/06).

Di awal video, Syaikh Abi Abdillah mengucapkan “tahniah” kepada umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa tahun ini. Setelah itu, beliau menekankan agar tidak melupakan penduduk Syam dalam setiap untaian doa yang dipanjatkan, terutama ketika hendak berbuka puasa.

“Berdoa untuk (saudara kita) yatim dan piatu, orang-orang yang berhijrah dan mengungsi. Untuk para tawanan dan yang hidup dalam blokade. Jangan kalian lupakan mereka semua saat hendak berbuka. Sebutlah mereka dalam lantunan doa yang kalian panjatkan kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT mengabulkan doamu,” katanya.

Ulama yang memiliki nama asli Syaikh Abdurrahim Autan itu menjelaskan bahwa bulan Ramadhan dipenuhi ampunan dan rahmat Allah SWT. Bulan yang seharusnya diisi dengan amal kebajikan dan keikhlasan. Bulan yang di dalamnya terdapat lailatul Qadr. Bulan memiliki banyak keutamaan dari bulan-bulan sebelum atau pun sesudahnya.

“Bersama-sama kita berdoa kepada Allah SWT, agar memberi pertolongan dalam menghadapi musuh, dan menakdirkan untuk kita semua dalam bulan Ramadhan ini “fathun mubiina“,” tutupnya

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat