Jumat Ini: Hari Suci Sekaligus Hari Paling Mudah untuk Pastikan Arah Kiblat

KIBLAT.NET – Jumat ini (27/5), selain menjadi hari suci umat Islam juga menjadi hari yang paling mudah untuk menentukan arah kiblat. Pasalnya, matahari pada hari ini akan berada tepat di atas Masjidil Haram kiblat kaum muslimin di seluruh dunia.

Para astronom mengatakan bahwa matahari berada tepat atas Ka’bah Masjidil Haram pada 12:18 waktu Arab Saudi, bertepatan dengan panggilan untuk salat Jumat di masjid. Dan ketika itu terjadi, kubus yang terbungkus sutra hitam di pusat suci umat Islam dunia itu tidak akan memiliki bayangan.

Muslim di seluruh dunia harus menghadap arah yang dikenal dengan istilah “kiblat” ketika shalat, yang tidak lain adalah Ka’bah. Ketepatan matahari di atas Ka’bah terjadi dua kali setahun, yang berarti umat beriman dapat melihat ulang arah kiblat hanya dengan menghadap ke arah matahari.

“Fenomena langit ini akan memungkinkan orang di seluruh bumi bisa melihat matahari pada saat itu untuk menentukan arah kiblat melalui cara yang paling sederhana dan paling mudah,” Mulhim bin Mohammed Al Hindi, seorang peneliti astronomi di Universitas King Abdul Aziz di Riyadh, mengatakan kepada kantor berita Saudi SPA. “Seorang pria menghadap matahari (pada saat itu) akan menuju ke kiblat dengan akurasi 100%,” tambahnya.

Reporter: Salem

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat