Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Puasa Ramadhan, Ini Lho Tipsnya

KIBLAT.NET, Jakarta – Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, sudah sepantasnya seorang muslim mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa. Bagi yang memiliki tubuh yang sehat, kedatangan bulan Ramadhan bukan menjadi hal yang menakutkan. Namun bagi mereka yang mempunyai masalah kesehatan, sering kali merasa gelisah karena khawatir mengganggu ibadah puasanya.

Untuk mengantisipasi kesehatan yang menurun saat Ramadhan, Dr. Inggrid Tania, MSi memberikan beberapa tips supaya nyaman dan tenang dalam menjalankan ibadah puasa.

“Selain persiapan ruhiyah, perlu juga persiapan jasmani agar tubuh kita siap memasuki bulan Ramadhan,” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (26/05).

Selain itu, ia juga memberikan beberapa tips kesehatan sebelum memasuki dan selama bulan Ramadhan. “Pertama, makanlah makanan bergizi seimbang (well balanced diet),” kata Dr. Inggrid.

Dia menjelaskan yang disebut makanan bergizi seimbang terdiri dari buah dan sayur (sekitar 30-40%), karbohidrat misalnya nasi atau kentang (sekitar 30%), protein misalnya daging atau ikan atau telur atau kacang-kacangan (sekitar 20%), susu atau produk turunan susu misalnya keju atau yogurt (sekitar 20%), serta lemak dan gula (kurang dari 10%).

Kedua, lanjut dia, yang harus disiapkan menjelang dan selama berpuasa untuk mengonsumsi suplemen yang dapat memelihara kesehatan tubuh.

“Jika perlu konsumsilah suplemen, seperti suplemen multivitamin dan mineral. Madu, jamu atau herbal seperti temulawak atau kunyit untuk memelihara kesehatan liver dan lambung,” terangnya.

BACA JUGA  Jejak Dakwah Habib untuk Bangsa

Terakhir, ia menyarankan agar melakukan olahraga ringan setiap hari. “Misalnya berjalan kaki, naik tangga, senam pagi,” pungkasnya.

Reporter : Furqon Amrullah
Editor : Muhammad Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat