Praktisi Kesehatan Jelaskan Banyaknya Kasus Kematian Akibat Miras

KIBLAT.NET, Jakarta – Praktisi kesehatan, Dr. Inggrid Tania, MSi menjelaskan bahwa nasib peminum alkohol kemungkinan besar akan berujung pada kematian. Hal itu lantaran banyaknya dampak kerusakan organ-organ tubuh dan sistem di dalam tubuh yang disebabkan oleh minuman tersebut. Dia mencontohkan dampak yang paling terlihat dalam kehidupan sehari-hari yaitu pecandu miras rawan mengalami kecelakaan lalu lintas.

“Konsumsi miras sendiri juga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan (misalnya kecelakaan lalu lintas dan lainnya) yang dapat berakibat fatal berupa kematian,” ujarnya kepada Kiblat.net, Kamis (26/05).

Lebih lanjut, dia menerangkan peminum/pecandu miras secara berlebihan (setara dengan 4 botol anggur) mengakibatkan intoksikasi/keracunan alkohol yang dapat menyebabkan kematian yang ditandai oleh pernafasan yang melambat dan hilangnya kesadaran. Pecandu tersebut, lanjut dia, juga cenderung akan mengalami depresi yang mengarah pada niat dan tindakan melakukan bunuh diri.

Dia menunjukan data bahwa selama 2015 angka kematian di seluruh dunia yang diakibatkan oleh miras sebanyak 3.3 juta orang. “Sedangkan di Indonesia sendiri pertahun sebanyak 18 ribu orang yang meninggal,” ungkapnya.

Dr. Inggrid juga menjelaskan faktor kriminalitas yang sering terjadi disebabkan oleh pengonsumsi miras. Karena alkohol dapat mempengaruhi pikiran peminumnya sehingga menginduksi perilaku anti sosial yang mengarah pada perilaku dan aksi kriminal. Selain itu, juga dapat menjadi pemicu terjadinya tindakan kekerasan karena peminum alkohol berdampak pada kehilangan kontrol diri.

BACA JUGA  Suparji Ahmad: Sumbangsih Syekh Jaber untuk Indonesia Sangat Besar

“Alkohol yang diminum secara berlebihan akan merubah alam perasaan peminumnya sehingga ia menjadi lebih mudah tersinggung,” tandasnya.

 

Reporter : Furqan Amrullah
Editor : Muhammad Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat