Tentara Iraq Dilaporkan Rebut 12 Kabupaten di Fallujah dari ISIS

KIBLAT.NET, Baghdad – Tentara pemerintah Iraq dilaporkan telah merebut kendali 12 kabupaten di Fallujah dari pihak ISIS beberapa jam setelah peluncuran kampanye militer di provinsi tersebut.

Seorang polisi federal Iraq, Raed Jawdat mengatakan pada Senin (23/05), pasukan gabungan yang terdiri dari tentara kontra terorisme, milisi pro pemerintah dan para militan suku telah merebut kendali kabupaten Subaihat, Al-Shihabi, Al-Lifiyya, Al-Karma, Al-Boaudh, Jamilah, Al-Bouhadid, Al-Nasser, Al-Sajr dan tiga lainnya.

Jawdat menambahkan, sebagaimana dikutip dari Anadolu Agency, bahwa serangan yang melibatkan senjata berat hingga menengah ini telah menewaskan sekitar empat puluh pejuang ISIS di Fallujah.

Sehari sebelumnya, Perdana Menteri Iraq Haider al-Abadi mengumumkan dimulainya operasi militer untuk merebut kembali Fallujah dari tangan ISIS, setelah sejak lama Fallujah dikepung oleh militer Irak.

“Kami di sini untuk mengumumkan bahwa bendera Irak akan segera berkibar di langit Fallujah. Kita akan meruntuhkan bendera hitam dari orang-orang asing tercela yang menyandera kota tercinta kita,” ujarnya.

Walau telah mengerahkan alutsista yang banyak, pemerintah Iraq diperkirakan akan menghadapi pertarungan sulit untuk mendorong ISIS keluar dari kota.

Sementara itu, Fallujah hanya berjarak 50 km dari barat ibu kota Irak Baghdad merupakan kota Iraq pertama yang jatuh ke tangan para pejuang ISIS pada tahun 2014 silam.

Reporter: Dio Alifullah
Editor: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat