Pesawat Milik NATO Ini Disiapkan untuk Mengintai Pergerakan ISIS

KIBLAT.NET, Brussels – Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan, NATO bisa memperluas dukungannya untuk membantu koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) dalam memerangi ISIS dengan menyebar pesawat pengintai canggih.

Sebagaimana dikutip dari World Bulletin, Jum’at (20/o5), Stoltenberg mengatakan pesawat pengintai AWACS milik NATO bisa diterbangkan dari wilayah di luar negara anggota dan wilayah udara internasional untuk membantu memerangi ISIS

AWACS adalah pesawat dengan radar canggih yang memungkinkan mereka untuk memantau wilayah udara sejauh ratusan kilometer di sekitarnya. Pesawat itu juga dapat dialihfungsikan menjadi pos komando untuk serangan bom dan operasi udara lainnya.

Pada bulan Februari lalu, secara prinsip NATO menyepakati permintaan AS untuk menyebarkan pesawat pengintai udara AWACS untuk membantu memerangi ISIS.

Perjanjian tersebut menyatakan bahwa pesawat NATO tidak akan terlibat langsung dalam memantau ekstrimis. Pesawat NATO bertugas mengisi bahan bakar bagi pesawat AS dan sekutunya yang akan bertugas mengumpulkan data intelijen.

NATO memutuskan untuk tidak bertindak atas permintaan AS agar sepenuhnya bergabung dengan aliansi anti-ISIS, bukan berjanji untuk memberikan dukungan non-garis depan.

Adapun di Irak, NATO nantinya juga akan memperluas pelatihan dan peningkatan kapasitas militer di dalam negara itu, sebagaimana permintaan Perdana Menteri Haidar Al-Abadi.

“Di Irak, kami membahas permintaan Perdana Menteri (Haider) Al-Abadi untuk memperluas pelatihan dan peningkatan kapasitas dalam Irak sendiri,” kata Stoltenberg.

NATO nantinya akan segera mengirim tim penguji ke Irak untuk mengeksplorasi kemungkinan pelatihan NATO di Irak.

“Kami sepakat untuk mengirim tim penilai ke Irak secepat mungkin untuk mengeksplorasi kemungkinan pelatihan NATO di Irak. Nantinya kita pastikan bagaimana untuk setiap upaya-upaya tersebut akan melengkapi dari apa yang koalisi global lakukan,” pungkasnya.

Sumber : World Bulletin
Reporter : Hafidz Salman

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat